.
.
PAUD ………………………
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
PENGGUNAAN BELANJA HIBAH
BANTUAN OPERASIONAL
PENYELENGGARAAN (BOP) PAUD
TAHUN ANGGARAN ……………..
KECAMATAN ………………………..
KABUPATEN ………………………………
TAHUN 2016
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar ................................................................................................................. i
Data Produk
Penerima Bantuan ...................................................................................... ii
I.
Laporan Kegiatan
1. Latar
Belakang ............................................................................................... 1
2. Maksud dan
Tujuan......................................................................................... 1
3. Ruang
Lingkup Kegiatan ................................................................................. 2
4. Realisasi
Pelaksanaan Kegiatan ..................................................................... 3
5. Daftar
Personalia Pelaksana........................................................................... 3
6. Daftar
Warga Belajar .................................................................................. 3
7. Penutup........................................................................................................... 4
II.
Laporan Keuangan
1. Realisasi
Penerimaan Belanja Hibah.............................................................. 5
2. Realisasi
Penggunaan..................................................................................... 5
III.
Lampiran
1. Dokumentasi
Kegiatan/Barang....................................................................... 6
2. Salinan
Naskah Perjanjian Hibah.................................................................... 6
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji dan
syukur kehadirat Allah SWT, atas berkat dan rahmat-Nya dalam kesempatan
ini kami dapat menyelesaikan laporan pertanggungjawaban Dana Bantuan Hibah BOP
PAUD Tahun 2016.
Adapun Proposal ini memuat pelaksanaan
kegiatan Dana Bantuan yang dilaksanakan oleh PAUD AL AMIN.
Kami berharap semoga Laporan ini dapat
menjadi acuan dalam membantu dan mendukung terselenggaranya kegiatan ini.
Akhirnya kami mohon maaf atas segala kekurangannya
dan terima kasih atas segala bantuannya.
...................., ................................20.....
KEPALA PAUD ....................................
__________________
I.
LAPORAN
KEGIATAN
1. Latar
Belakang
Pendidikan adalah investasi jangka panjang
yang menentukan kelangsungan masa depan suatu bangsa. Perkembangan dan
perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
di Indonesia akibat adanya pengaruh
perubahan global, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta seni
budaya menuntut perbaikan sistem pendidikan nasional. Upaya peningkatan
kualitas merupakan salah satu fokus dalam dunia pendidikan.
Program-program pendidikan nasional telah
dirancang sedemikian rupa untuk meningkatkan kualitas para generasi penerus.
Namun demikian tidak dapat dipungkiri dengan semakin pesatnya kejuan dunia yang
ada, menuntut biaya pendidikan yang relatif tinggi, hal ini membuat masyarakat
menengah ke bawah tidak bisa menikmati kemajuan yang ada.
Pendidikan Usia Dini (PAUD) sebagai lembaga
pendidikan pra sekolah berusaha mewujudkan generasi bangsa yang cerdas dan terampil,
mengikuti kemajuan-kemajuan yang ada dan bisa bermanfaat untuk semua lapisan
masyarakat. Untuk mewujudkan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu, dibutuhan
alokasi dana untuk biaya operasional yang tidak sedikit, sedangkan kondisi
keuangan di PAUD saat ini masih sangat minim sehingga dibutuhkan sumber dana
lain sebagai tambahan. Adanya Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) lembaga PAUD
Tahun Anggaran 2016 diharapkan dapat mewujudkan pengelolaan / manajemen PAUD
dengan mutu sarana dan prasarana serta tata kelola PAUD yang memadai.
2. Maksud dan
tujuan
Tujuan
pemberian bantuan Biaya Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD ini adalah:
a.
Agar pelaksanaan proses
belajar mengajar pada PAUD dapat memenuhi standar pelayanan minimal dan demi
terwujudnya peningkatan kwalitas pendidikan PAUD sebagaimana yang diharapkan;
b.
Membantu agar
terpenuhinya standar sarana dan prasarana sehingga terwujud Pendidikan Usia
Dini (PAUD) yang nyaman, aman, bersih dan sehat untuk membentuk jiwa dan
kepribadian anak yang baik sebagai generasi penerus bangsa;
c.
Mendorong kreatifitas
Kepala PAUD dan pengelola PAUD untuk mengelola lembaga pendidikannya yang ideal,
proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan;
Agar dengan
adanya bantuan ini dapat meluluskan peseta didik yang berkualitas dan
kompetitif sebagai row input calon siswa baru pada SD yang bermutu.
3. Ruang
Lingkup Kegiatan
No
|
Uraian Kegiatan
|
Biaya
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Pembelajaran (50%)
|
|
|
|
Buku-buku
Penunjang Pembelajatan Anak
(1 Paket Buku x 15 siswa) |
1.200.000
|
Juni
2016 - Agustus 2016
|
Buku
Pegangan Guru
|
800.000
|
Juni
2016 - Agustus 2017
|
|
Belanja
Bahan Habis Pakai/ATK
|
2.250.000
|
Januari
2016
|
|
Kegiatan
Pertemuan dengan Orang Tua
|
1.750.000
|
Januari
- Desember 2016
|
|
Buku-buku
Penunjang Pembelajatan Anak
(1 Paket Buku x 15 siswa) |
1.200.000
|
Januari
- Desember 2016
|
|
Total
|
6.000.000
|
||
|
|||
2
|
Kegiatan
Pendukung (35%)
|
||
|
Penyediaan
Buku Administrasi
|
500.000
|
Juni
2016 - Agustus 2016
|
Pembelian
alat-alat Deteksi Dini Tumbuh (DDTK)
|
500.000
|
Juni
2016 - Desember 2016
|
|
Pembelian
obat-obatan ringan (P3K)
|
150.000
|
Juni
2016
|
|
Biaya
pertemuan guru di kegiatan gugus PAUD
|
150.000
|
Januari
- Desember 2016
|
|
Kegiatan
peningkatan kapasitas pendidik
|
150.000
|
Januari
- Desember 2016
|
|
Transport
kunjungan petugas kesehatan
|
150.000
|
Januari
|
|
Menambah
transport pendidik (2 orang)
|
1.800.000
|
Januari
|
|
Penyediaan
makanan sehat.
|
800.000
|
Januari
|
|
|
Total
|
4.200.000
|
|
3
|
Kegiatan
Lainnya (15%)
|
||
|
Perawatan
sarana dan prasarana termasuk perbaikan dan pengecatan ringan
|
1.000.000
|
Agustus
2016
|
Dukungan
penyediaan alat-alat publikasi PAUD
|
200.000
|
Mei
2016 - Juni 2016
|
|
Langganan
listrik, telepon/internet, air.
|
600.000
|
Januari
- Desember 2016
|
|
Total
|
1.800.000
|
|
|
Jumlah Total
|
12.000.000
|
|
(diuraikan latar belakang kekuatan
sesuai dengan proposal yang diajukan sebelumnya)
4. Realisasi
Pelaksanaan Kegiatan
Program bantuan Bantuan Operasional
Penyelenggaraan (BOP) PAUD ini dilaksanakan setelah bantuan cair guna
untuk memenuhi kebutuhan bahan habis pakai / Alat tulis, penerimaan
siswa baru, pembiayaan langganan dan jasa, pembiayaan administrasi penyelenggaraan
pendidikan, pengembangan profesi dan guru dll.
Pelaksanaan
program bantuan ini dilaksanakn untuk memenuhi kebutuhan tersebut di atas pada
tahun ajaran 2015-2016.
5. Daftar
personalia Pelaksanaan
a. Data
Pendidik dan Tenaga Kepandidikan
No
|
Nama
Lengkap
|
Tempat
Tgl Lahir
|
Alamat
|
Pekerjaan
|
Pendidikan
Terakhir
|
L/P
|
Nomor
KTP
|
NPWP
|
Jabatan
|
|
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
||||||||||
4
|
||||||||||
5
|
b. Daftar
Warga Belajar
No
|
Nama
|
Usia (tahun)
|
Nama Orang Tua
|
Pekerjaan
|
Alamat
|
1
|
Adis Maulana
|
5
|
Wartono
|
Wiraswasta
|
Kp, Sukajadi
|
2
|
Ahmad Pauzi
|
5
|
Carman
|
Petani
|
Kp, Gajah
|
3
|
Ai Nurhanipah
|
5
|
Saepudin
|
Petani
|
Kp, Ciseuti
|
4
|
Aira khoerunisa
|
5
|
Idris
|
Petani
|
Kp. Cigadog
|
5
|
Aisah Risnia Sari
|
5
|
Sambas
|
Petani
|
Kp, Sukajadi
|
6
|
Ali HUsni L
|
5
|
Saepudin
|
Petani
|
Kp,Ciseuti
|
7
|
Angga Maulana Putra
|
5
|
Asep Maulana
|
Petani
|
Kp.Cinerang
|
8
|
Arkan Ataya
|
5
|
Muhamad
|
Petani
|
Kp.Cigadog
|
9
|
Danda
|
4
|
Asep Gunawan
|
Petani
|
Kp. Sukajadi
|
10
|
Dante
|
5
|
Rudi Hardini
|
Petani
|
Kp. Gajah
|
11
|
Ineu
|
5
|
Utis
|
Petani
|
Kp, Gajah
|
12
|
Karis Cahya Ramadhani
|
5
|
Pahrudin
|
Petani
|
Kp. Sinargalih
|
13
|
Karwan
|
4
|
Daim
|
Petani
|
Kp, SUkajadi
|
14
|
Kenanga Eiga Putry
|
4
|
Gagan Sugandi
|
Petani
|
Kp,cigadog
|
15
|
Kusnandar
|
4
|
Apin
|
Petani
|
Kp. Pasirangin
|
16
|
Nina R W
|
4
|
Sopian
|
Petani
|
Kp. Sukajadi
|
17
|
Nurulaeni
|
4
|
Sapdi
|
Petani
|
Kp.Sukajadi
|
18
|
Radiah Nurulpaujiah
|
5
|
Asep
|
Petani
|
Kp, Pasirangin
|
19
|
Risal
|
4
|
Misbah
|
Petani
|
Kp, Sukajadi
|
20
|
Santika Lestari
|
4
|
Sesep
|
Petani
|
Kp, Pasirangin
|
6. Penutup
Alhamdulillah Puji Syukur kita ucapkan
kehadirat Allah SWT dengan adanya Bantuan Operasioanal Pendidikan ( BOP ) dapat
menambah sarana pembelajaran yang kami butuhkan. Besar harapan kami agar
Bantuan Operasional Penyelenggaraan ( BOP ) ini dapat berkelanjutan
untuk tahun anggaran berikutnya agar kami dapat meningkatkan kualitas dan
kuantitas pendidikan yang ada pada lembaga kami
Dengan adanya bantuan ini semoga kami dapat
melaksanakan pendidikan yang mengahasilkan generasi penerus bangsa yang sehat,
cerdas ceria.
Ucapan terimakasih atas bantuan dan perhatian
dari Dinas Pendidikan berupa bantuan Operasional Pendidikan ( BOP ) PAUD
tersebut. Semoga bantuan dapat memberi manfaat dan barokah yang melimpah
dan bermanfaat bagi lembaga yang menerima khususnya.
PENERIMA BELANJA HIBAH
______________________
LAPORAN KEUANGAN
1. Realisasi
Penerimaan Bantuan
Realisasi
penerimaan kibah tahun 2016 adalah sebesar Rp. 12.000.000 Dana bantuan tersebut
diterima melalui Rekening : BJB Nomor : 0072569970100 pada tanggal 15 Nopember 2016.
2. Realisasi
penerimaan dan penggunaan Dana
Realisasi penerimaan dana hibah
tahun 2016 sebesar Rp. 12.000.000 dan penggunaan dananya sebesar Rp. 12.000.000
sehingga terdapat saldo dana sebesar Rp. -
Rincian penerimaan dan tahun 2016 Adalah sebagai
berikut :
NO
|
Uraian Penggunaan
|
Anggaran sesuai rencana penggunaan
belanja
|
Realisasi
|
% Realisasi
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5=4/3*100
|
|
1
|
Kegiatan Pembelajaran (50
%)
|
|
|
|
|
|
1
|
Buku-buku
Penunjang Pembelajatan Anak
(1 Paket Buku x 15 siswa) |
1.200.000
|
1.200.000
|
10,00 %
|
|
2
|
Buku
Pegangan Guru
|
800.000
|
800.000
|
6,67 %
|
|
3
|
Belanja
Bahan Habis Pakai/ATK
|
2.250.000
|
2.250.000
|
18,75 %
|
|
4
|
Kegiatan
Pertemuan dengan Orang Tua
|
1.750.000
|
1.750.000
|
14,58 %
|
5
|
Buku-buku
Penunjang Pembelajatan Anak
(1 Paket Buku x 15 siswa) |
1.200.000
|
1.200.000
|
10,00 %
|
|
|
|
|
JUMLAH 1
|
6.000.000
|
|
2
|
Kegiatan Pendukung (35%)
|
|
|
|
|
|
1
|
Penyediaan
Buku Administrasi
|
500.000
|
500.000
|
4,17 %
|
|
2
|
Pembelian
alat-alat Deteksi Dini Tumbuh (DDTK)
|
500.000
|
500.000
|
4,17 %
|
|
3
|
Pembelian
obat-obatan ringan (P3K)
|
150.000
|
150.000
|
1,25 %
|
|
4
|
Biaya
pertemuan guru di kegiatan gugus PAUD
|
150.000
|
150.000
|
1,25 %
|
|
5
|
Kegiatan
peningkatan kapasitas pendidik
|
150.000
|
150.000
|
1,25 %
|
|
6
|
Transport
kunjungan petugas kesehatan
|
150.000
|
150.000
|
2,50 %
|
|
7
|
Menambah
transport pendidik (2 orang)
|
1.800.000
|
1.800.000
|
30,00 %
|
|
8
|
Penyediaan
makanan sehat.
|
800.000
|
800.000
|
13,33 %
|
JUMLAH
2
|
4.200.000
|
|
|||
3
|
Kegiatan Lainnya (15%)
|
|
|||
|
1
|
Perawatan
sarana dan prasarana termasuk perbaikan dan pengecatan ringan
|
1.000.000
|
1.000.000
|
8,33 %
|
|
2
|
Dukungan
penyediaan alat-alat publikasi PAUD
|
200.000
|
200.000
|
1,67 %
|
|
3
|
Langganan
listrik, telepon/internet, air.
|
600.000
|
600.000
|
5,00 %
|
JUMLAH
3
|
1.800.000
|
|
|||
JUMLAH
TOTAL
|
12.000.000
|
100 %
|
KETUA PENERIMA BELANJA HIBAH
____________________________
|
|
BENDAHARA PENERIMA BELANJA
______________________
|
II.
LAMPIRAN
1) Dokumentasi
Kegiatan/Barang
2) Salinan
Naskah Perjanjian Hibah
FORMAT-F.1.1
FAKTA INTEGRITAS/SURAT PERNYATAAN TANGGUNG JAWAB
PENGGUNAAN BELANJA HIBAH UANG
Yang bertanda
tangan dibawah ini :
Nama : ...........................................................
Jabatan : KEPALA
PAUD
Pertindak
untuk dan atas nama : PAUD ................................................................
Alamat : .......................................................................
No. KTP : ..................................................
Telepon/HP/Fax
: .............................................................
E-Mail : ............................................................................
Dengan ini,
menyatakan dengan sebenarnya bahwa untuk memenuhi tujuan transparansi dan
akuntabilitas penggunaan dan belanja hibah :
1. Bertanggungjawab
penuh baik formal maupun materiil atas penggunaan belanja hibah yang diterima.
2. Telah
menggunakan belanja hibah sesuai dengan rencana penggunaan proposal dan naskah
perjanjian hibah daerah (NPHD) yang telah disetujui
3. Menyampaikan
laporan penggunaan dana hibah
4. Bersedia di
audit secara independen sesuai peraturan perundang-undangan
Demikian
pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggungjawab serta tidak
ada unsur paksaan dari pihak apapun.
.................................,...............................20....
PENERIMA BELANJA HIBAH
MATERAI 6000
___________________
0 komentar:
Post a Comment