Home » » CONTOH LPJ PAUD 2017

CONTOH LPJ PAUD 2017

.
.


Logo Edit.gif




PAUD ………………………
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
PENGGUNAAN BELANJA HIBAH
BANTUAN OPERASIONAL PENYELENGGARAAN (BOP) PAUD

TAHUN ANGGARAN ……………..









KECAMATAN ………………………..
KABUPATEN ………………………………
TAHUN 2016

DAFTAR ISI
Kata Pengantar .................................................................................................................            i
Data Produk Penerima Bantuan ......................................................................................           ii
I.                    Laporan Kegiatan
1.      Latar Belakang ...............................................................................................           1
2.      Maksud dan Tujuan.........................................................................................           1
3.      Ruang Lingkup Kegiatan .................................................................................           2
4.      Realisasi Pelaksanaan Kegiatan .....................................................................           3
5.      Daftar Personalia Pelaksana...........................................................................           3
6.      Daftar Warga Belajar   ..................................................................................           3
7.      Penutup...........................................................................................................           4
II.                  Laporan Keuangan
1.      Realisasi Penerimaan Belanja Hibah..............................................................           5
2.      Realisasi Penggunaan.....................................................................................           5
III.                Lampiran
1.      Dokumentasi Kegiatan/Barang.......................................................................           6
2.      Salinan Naskah Perjanjian Hibah....................................................................           6



KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji dan syukur  kehadirat Allah SWT, atas berkat dan rahmat-Nya dalam kesempatan ini kami dapat menyelesaikan laporan pertanggungjawaban Dana Bantuan Hibah BOP PAUD Tahun 2016.
Adapun Proposal ini memuat pelaksanaan kegiatan Dana Bantuan yang dilaksanakan oleh PAUD AL AMIN.
Kami berharap semoga Laporan ini dapat menjadi acuan dalam membantu dan mendukung terselenggaranya kegiatan ini.
Akhirnya kami mohon maaf atas segala kekurangannya dan terima kasih atas segala bantuannya.

...................., ................................20.....
KEPALA PAUD ....................................





 __________________

I.          LAPORAN KEGIATAN

1.      Latar Belakang
Pendidikan adalah investasi jangka panjang yang menentukan kelangsungan masa depan suatu bangsa. Perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia akibat adanya  pengaruh perubahan global, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta seni budaya menuntut perbaikan sistem pendidikan nasional. Upaya peningkatan kualitas merupakan salah satu fokus dalam dunia pendidikan.
Program-program pendidikan nasional telah dirancang sedemikian rupa untuk meningkatkan kualitas para generasi penerus. Namun demikian tidak dapat dipungkiri dengan semakin pesatnya kejuan dunia yang ada, menuntut biaya pendidikan yang relatif tinggi, hal ini membuat masyarakat menengah ke bawah tidak bisa menikmati kemajuan yang ada.
Pendidikan Usia Dini (PAUD) sebagai lembaga pendidikan pra sekolah berusaha mewujudkan generasi bangsa yang cerdas dan terampil, mengikuti kemajuan-kemajuan yang ada dan bisa bermanfaat untuk semua lapisan masyarakat. Untuk mewujudkan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu, dibutuhan alokasi dana untuk biaya operasional yang tidak sedikit, sedangkan kondisi keuangan di PAUD saat ini masih sangat minim sehingga dibutuhkan sumber dana lain sebagai tambahan. Adanya Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) lembaga PAUD Tahun Anggaran 2016 diharapkan dapat mewujudkan pengelolaan / manajemen PAUD dengan mutu sarana dan prasarana serta tata kelola PAUD yang memadai.
2.      Maksud dan tujuan
Tujuan pemberian bantuan Biaya Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD ini adalah:
a.        Agar pelaksanaan proses belajar mengajar pada PAUD dapat memenuhi standar pelayanan minimal dan demi terwujudnya peningkatan kwalitas pendidikan PAUD sebagaimana yang diharapkan;
b.        Membantu agar terpenuhinya standar sarana dan prasarana sehingga terwujud Pendidikan Usia Dini (PAUD) yang nyaman, aman, bersih dan sehat untuk membentuk jiwa dan kepribadian anak yang baik sebagai generasi penerus bangsa;
c.         Mendorong kreatifitas Kepala PAUD dan pengelola PAUD untuk mengelola lembaga pendidikannya yang ideal, proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan;
Agar dengan adanya bantuan ini dapat meluluskan peseta didik yang berkualitas dan kompetitif sebagai row input calon siswa baru pada SD yang bermutu.
3.      Ruang Lingkup Kegiatan
No
Uraian Kegiatan
Biaya
Waktu
1
Kegiatan Pembelajaran (50%)








Buku-buku Penunjang Pembelajatan Anak
(1 Paket Buku x 15 siswa)
1.200.000
Juni 2016 - Agustus 2016
Buku Pegangan Guru
800.000
Juni 2016 - Agustus 2017
Belanja Bahan Habis Pakai/ATK
2.250.000
Januari 2016
Kegiatan Pertemuan dengan Orang Tua
1.750.000
Januari - Desember 2016
Buku-buku Penunjang Pembelajatan Anak
(1 Paket Buku x 15 siswa)
1.200.000
Januari - Desember 2016
Total
6.000.000





2
Kegiatan Pendukung (35%)







Penyediaan Buku Administrasi
500.000
Juni 2016 - Agustus 2016
Pembelian alat-alat Deteksi Dini Tumbuh (DDTK)
500.000
Juni 2016 - Desember 2016
Pembelian obat-obatan ringan (P3K)
150.000
Juni 2016
Biaya pertemuan guru di kegiatan gugus PAUD
150.000
Januari - Desember 2016
Kegiatan peningkatan kapasitas pendidik
150.000
Januari - Desember 2016
Transport kunjungan petugas kesehatan
150.000
Januari
Menambah transport pendidik (2 orang)
1.800.000
Januari
Penyediaan makanan sehat.
800.000
Januari

Total
4.200.000

3
Kegiatan Lainnya (15%)






Perawatan sarana dan prasarana termasuk perbaikan dan pengecatan ringan
1.000.000
Agustus 2016
Dukungan penyediaan alat-alat publikasi PAUD
200.000
Mei 2016 - Juni 2016
Langganan listrik, telepon/internet, air.
600.000
Januari - Desember 2016
Total
1.800.000

Jumlah Total
12.000.000


(diuraikan latar belakang kekuatan sesuai dengan proposal yang diajukan sebelumnya)
4.      Realisasi Pelaksanaan Kegiatan
Program bantuan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD ini  dilaksanakan setelah bantuan cair guna untuk memenuhi   kebutuhan bahan habis pakai / Alat tulis, penerimaan siswa baru, pembiayaan langganan dan jasa, pembiayaan administrasi penyelenggaraan pendidikan, pengembangan profesi dan guru  dll.
Pelaksanaan program bantuan ini dilaksanakn untuk memenuhi kebutuhan tersebut di atas pada tahun ajaran 2015-2016.
5.      Daftar personalia Pelaksanaan
a.      Data Pendidik dan Tenaga Kepandidikan
No
Nama Lengkap
Tempat Tgl Lahir
Alamat
Pekerjaan
Pendidikan Terakhir
L/P
Nomor KTP
NPWP
Jabatan



1










2










3










4










5










b.      Daftar Warga Belajar
No
Nama
Usia (tahun)
Nama Orang Tua
Pekerjaan
Alamat
1
Adis Maulana
5
Wartono
Wiraswasta
Kp, Sukajadi
2
Ahmad Pauzi
5
Carman
Petani
Kp, Gajah
3
Ai Nurhanipah
5
Saepudin
Petani
Kp, Ciseuti
4
Aira khoerunisa
5
Idris
Petani
Kp. Cigadog
5
Aisah Risnia Sari
5
Sambas
Petani
Kp, Sukajadi
6
Ali HUsni L
5
Saepudin
Petani
Kp,Ciseuti
7
Angga Maulana Putra
5
Asep Maulana
Petani
Kp.Cinerang
8
Arkan Ataya
5
Muhamad
Petani
Kp.Cigadog
9
Danda
4
Asep Gunawan
Petani
Kp. Sukajadi
10
Dante
5
Rudi Hardini
Petani
Kp. Gajah
11
Ineu
5
Utis
Petani
Kp, Gajah
12
Karis Cahya Ramadhani
5
Pahrudin
Petani
Kp. Sinargalih
13
Karwan
4
Daim
Petani
Kp, SUkajadi
14
Kenanga Eiga Putry
4
Gagan Sugandi
Petani
Kp,cigadog
15
Kusnandar
4
Apin
Petani
Kp. Pasirangin
16
Nina R W
4
Sopian
Petani
Kp. Sukajadi
17
Nurulaeni
4
Sapdi
Petani
Kp.Sukajadi
18
Radiah Nurulpaujiah
5
Asep
Petani
Kp, Pasirangin
19
Risal
4
Misbah
Petani
Kp, Sukajadi
20
Santika Lestari
4
Sesep
Petani
Kp, Pasirangin
6.      Penutup
Alhamdulillah  Puji Syukur kita ucapkan kehadirat Allah SWT dengan adanya Bantuan Operasioanal Pendidikan ( BOP ) dapat menambah sarana pembelajaran yang kami butuhkan. Besar harapan kami agar Bantuan Operasional Penyelenggaraan (  BOP )  ini dapat berkelanjutan  untuk tahun anggaran berikutnya agar kami dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan yang ada pada lembaga kami
Dengan adanya bantuan ini semoga kami dapat melaksanakan pendidikan yang mengahasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas ceria.
Ucapan terimakasih atas bantuan dan perhatian dari Dinas Pendidikan berupa bantuan Operasional Pendidikan  ( BOP ) PAUD tersebut. Semoga bantuan dapat memberi manfaat dan barokah yang melimpah  dan bermanfaat bagi lembaga yang menerima khususnya.

PENERIMA BELANJA HIBAH






______________________

LAPORAN KEUANGAN
1.      Realisasi Penerimaan Bantuan
Realisasi penerimaan kibah tahun 2016 adalah sebesar Rp. 12.000.000 Dana bantuan tersebut diterima melalui Rekening : BJB Nomor : 0072569970100 pada tanggal 15 Nopember 2016.
2.      Realisasi penerimaan dan penggunaan Dana
Realisasi penerimaan dana hibah tahun 2016 sebesar Rp. 12.000.000 dan penggunaan dananya sebesar Rp. 12.000.000 sehingga terdapat saldo dana sebesar Rp. -
Rincian penerimaan dan tahun 2016 Adalah sebagai berikut :
NO
Uraian Penggunaan
Anggaran sesuai rencana penggunaan belanja
Realisasi
% Realisasi
1
2
3
4
5=4/3*100
1
Kegiatan Pembelajaran  (50 %)




1
Buku-buku Penunjang Pembelajatan Anak
(1 Paket Buku x 15 siswa)
1.200.000
1.200.000
10,00 %

2
Buku Pegangan Guru
800.000
800.000
6,67 %

3
Belanja Bahan Habis Pakai/ATK
2.250.000
2.250.000
18,75 %

4
Kegiatan Pertemuan dengan Orang Tua
1.750.000
1.750.000
14,58 %

5
Buku-buku Penunjang Pembelajatan Anak
(1 Paket Buku x 15 siswa)
1.200.000
1.200.000
10,00 %



JUMLAH 1
6.000.000

2
Kegiatan Pendukung  (35%)




1
Penyediaan Buku Administrasi
500.000
500.000
4,17 %

2
Pembelian alat-alat Deteksi Dini Tumbuh (DDTK)
500.000
500.000
4,17 %

3
Pembelian obat-obatan ringan (P3K)
150.000
150.000
1,25 %

4
Biaya pertemuan guru di kegiatan gugus PAUD
150.000
150.000
1,25 %

5
Kegiatan peningkatan kapasitas pendidik
150.000
150.000
1,25 %

6
Transport kunjungan petugas kesehatan
150.000
150.000
2,50 %

7
Menambah transport pendidik (2 orang)
1.800.000
1.800.000
30,00 %

8
Penyediaan makanan sehat.
800.000
800.000
13,33 %



JUMLAH 2
4.200.000

3
Kegiatan Lainnya (15%)




1
Perawatan sarana dan prasarana termasuk perbaikan dan pengecatan ringan
1.000.000
1.000.000
8,33 %

2
Dukungan penyediaan alat-alat publikasi PAUD
200.000
200.000
1,67 %

3
Langganan listrik, telepon/internet, air.
600.000
600.000
5,00 %


JUMLAH 3
1.800.000


JUMLAH TOTAL
12.000.000
100 %




KETUA PENERIMA BELANJA HIBAH





____________________________

BENDAHARA PENERIMA BELANJA





______________________

II.                  LAMPIRAN
1)      Dokumentasi Kegiatan/Barang
2)      Salinan Naskah Perjanjian Hibah


FORMAT-F.1.1
FAKTA INTEGRITAS/SURAT PERNYATAAN TANGGUNG JAWAB
PENGGUNAAN BELANJA HIBAH UANG
Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama                                          : ...........................................................
Jabatan                                        : KEPALA PAUD
Pertindak untuk dan atas nama : PAUD ................................................................
Alamat                                        : .......................................................................
No. KTP                                        : ..................................................
Telepon/HP/Fax                          : .............................................................
E-Mail                                         : ............................................................................
Dengan ini, menyatakan dengan sebenarnya bahwa untuk memenuhi tujuan transparansi dan akuntabilitas penggunaan dan belanja hibah :
1.      Bertanggungjawab penuh baik formal maupun materiil atas penggunaan belanja hibah yang diterima.
2.      Telah menggunakan belanja hibah sesuai dengan rencana penggunaan proposal dan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) yang telah disetujui
3.      Menyampaikan laporan penggunaan dana hibah
4.      Bersedia di audit secara independen sesuai peraturan perundang-undangan
Demikian pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggungjawab serta tidak ada unsur  paksaan dari pihak apapun.
.................................,...............................20....
PENERIMA BELANJA HIBAH
MATERAI 6000





___________________

0 komentar:

Search This Blog

Popular Posts

Followers

Followers

Total Pageviews