.
.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama PAUD : Insan
Kencana
Bulan :
Juli
Semester :
1 (Satu)
Tema :
Diri Sendiri
Sub Tema :
Siapa Aku
AKU CIPTAAN TUHAN YANG MAHA ESA
Tujuan
Pembelajaran :
-
Anak
mensyukuri bahwa dirinya adalah ciptaan Tuhan yang sempurna
-
Anak
mulai berinteraksi dengan lingkungannya.
I.
Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama
Guru
menceritakan mengenai ciptaan Tuhan yang beraneka ragam, kemudian guru
memberikan contoh perbedaan yang merupakan anugrah Tuhan antara lain :
Ukuran Tubuh :
Gemuk, Langsing, Kurus
Warna Kulit :
Coklat, Kuning, Putih, Hitam
Tinggi Badan :
Tinggi, Sedang, Pendek
Rambut :
Lurus, Kriting, Ikal.
Penjelasan
:
-
Mengawali
setiap kegiatan dengan membaca Basmalah.
-
Bersyukur
atas karunia Tuhan dengan mengucapkan Hamdalah.
-
Mengajak
anak bersyukur serta mengucapkan Alhamdulillah (segala puji hanya bagi Allah
semata), Subhanallah (Maha suci Allah), Allahuakbar (Allah yang maha besar).
Guru
menjelaskan nama dan sifat-sifat Tuhan dari al Asmaul Husnah. Dua diantara
sifat-sifat Tuhan yang paling sering disebut-sebut ialah : ar-rahman (Yang Maha
Pemurah) dan ar-rahim (Yang Maha Penyayang).
Indikator
: Anak Mampu ...............
-
menirukan
sikap berdoa
-
menyebut
nama Tuhan
-
menyebutkan
contoh ciptaan Tuhan
-
menirukan
lagu-lagu keagamaan
-
mengucapkan
kalimat santun : maaf....., atau tolong....
Kegiatan
:
anak
diajak mengenali beragam karunia Tuhan kepada dirinya. Kegiatan mengenali
melalui cerita dan eksplorasi tubuh anak sendiri. Saat membacakan cerita berikut
ini, ajaklah anak; misalnya menutup mata untuk membuktikan manfaat mata.
II.
Pengembangan Sosial Emosional dan Kemandirian
Indikator : Anak Mampu ...............
1.
Bermain
dengan teman-teman sebaya
2.
Berpisah
dengan orang tua tanpa menangis
3.
Menunjukkan
rasa sayang
4.
Berkomunikasi
dengan orang-orang yang ditemuinya
Kegiatan
:
guru
mengajak anak-anak untuk saling berkenalan : berjabat tangan sambil menyebutkan
nama diri
guru
memfasilitasi terjadinya komunikasi diantara anak-anak, misalnya saling bertanya
: kesekolah naik apa? Siapa yang mengantar ke sekolah?
guru
mendorong keberanian anak untuk menunjukkan sikap mandiri serta menumbuhkan
rasa percaya diri. Dapat dilihat pada saat anak bermain di dalam dan diluar
kelas.
III.
Pengembanga Bahasa:
Indikator :
Anak Mampu ...........
1.
menyebutkan
nama diri dan orang tua
2.
memberikan
reaksi terhadap perintah yang diberikan
3.
menyebutkan
ciri-ciri tubuhnya sendiri
4.
bercerita
tentang dirinya dengan kalimat sederhana
5.
menggunakan
3-4 dalam satu kalimat.
Kosa
kata yang diperkenalkan :
-
rambut lurus - wajah lonjong -
hujan - jujur
-
rambut ikal - angin - anak
sulung - sopan
-
rambut keriting - awan - anak bungsu
-
wajah bulat - mendung - orang tua
Kegiatan
:
1.
anak
mengamati dirinya dicermin agar dapat mengenali ciri-ciri tubuhnya. Guru
meminta anak mengatakan hal-hal yang terlihat dicermin.
2.
anak-anak
mendengarkan cerita guru. Guru bercerita dengan menggunakan boneka tangan atau
gambar.
3.
anak
memperkenalkan diri didepan kelas
4.
misalya
: Namaku ......, Umurku ......., Nama Ibuku ........., Nama Ayahku ......
IV.
Pengembangan Kognisi
Indikator :
Anak Mampu ............
1.
membedakan
ukuran sederhana (besar dan kecil)
2.
membedakan
bentuk tubuh yang gemuk dengan yang kurus
3.
menyebutkan
dan menunjukkan 5 warna
4.
menyebutkan
urutan bilangan 1 sampai dengan 10 (tanpa mengenal konsep).
Kegiatan
:
Anak
diajak bereksplorasi menggunakan sensori metorik untuk mengenal konsep ukuran
sederhana : besar-kecil, gemuk-kurus, dan membedakan 5 warna. Manfaatkan
benda-benda nyata disekeliling anak.
Contoh
: Anak-anak berdiri berjajar didepan cermin agar dapat mengetahui perbedaan
ukuran tubuh dirinya dan kawan-kawannya. Guru meminta anak mengatakan hal-hal
yang terlihat dicermin.
mebilang
1 sampai dengan 10 tanpa mengenal konsep. Manfaatkan penggaris sebagai alat
permainan edukatif atau kartu angka yang disusun bagai urutan angka pada
penggaris.
V.
Pengembangan Fisik/Motorik
Indikator : Anak Mampu .................
1.
berjalan
dengan kaki stabil
2.
berjingkat,
berjalan dengan bertumpu pada ujung kaki
3.
meremas
kertas menjadi bentuk bola
4.
melempar
bola kertas dengan tangan kanan dan tangan kiri bergantian
5.
melipatkan
kertas dengan dua lipatan sederhana
Kegitan
:
a.
melakukan
gerak dasar sederhana : berdiri tegak dalam posisi bersiap. Lalu mengangkat dua
lengan keatas sambil berjinjit. Lalu kembali pada posisi semula. Gunakan lagu
untuk mengiringi latihan ini agar lebih menarik minat anak.
b.
melakukan
gerakan menggenggam dan membuka genggaman. Latihan ini memeperkuat otot jemari
tangan, untuk mendukung kemampuan motorik halus.
c.
tangan
kanan dan kiri meremas menjadi bola. Lalu melemparkan bola kertas ditangan
kanan dan kiri bergantian.
d.
melipat
selembar kertas dengan beberapa kali lipatan hingga menjadi kecil. Kegiatan melipat
bisa dibilang menjadi sebuah karya, misalnya saputangan, atau dompet.
VI.
Pengembangan ........
Indikator : Anak Mampu ..........
1.
bergerak
sesuai dengan irama musik secara sederhana
2.
menirukan
ucapan syair lagu Puji-pujian
3.
menyanyikan
lagu : Pelangi dan beberapa lagu anak-anak
4.
melukis
dengan jari
kegiatan
:
AsyhaduAllah ilaha illallah
Wa asyhadu anna Muhammadarrasulullah
Tiada Tuhan, selain Allah
Nabi Muhammad, Pesuruh Allah
Alhamdulillah, pujian bagi Allah
Subhanallah, Maha Suci Allah
Allahuakbar, Allah Maha Besar
Segala Puji hanya bagi Allah
Lagu
Puji-pujian diatas untuk memantapkan ucapan kalimat keagamaan!
Membuat
suatu karya dengan jari, misalnya melukis,bermain playdough atau plastisin
Nyanyikan
lagu : Pelangi, dan lagu lain sebagai ungkapan mengagumi ciptaan Tuhan.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama PAUD : Insan
Kencana
Bulan :
Agustus
Semestaer :
1 (Satu)
Tema :
Diri Sendiri
Sub Tema :
Indra dan Fungsinya
PANCA
INDRA ADALAH KARUNIA TUHAN
Tujuan
: Pembelajaran :
1.
memelihara
kesehatan tubuh karunia Tuhan dengan sebaik-baiknya
2.
membiasakan
anak bersikap sopan dalam perilaku dan ucapan.
I.
Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama
Indikator
: Anak Mampu .........
a.
menirukan
gerakan ibadah lainnya yang sederhana
b.
bertutur
kata santun :"terima kasih", "silakan".
c.
mengucapkan
salam
d.
meletakkan
sesuatu pada tempatnya
e.
merapikan
alat-alat setelah melakukan kegiatan.
Pembiasaan
a.
panca
indra adalah karunia Tuhan. Kesehatan dan kebersihan panca indra harus kita
pelihara agar dapat berfungsi dengan baik. Cuci tangan setelah bermain adalah
cara menjaga kesehatan panca indra.
b.
ciptakanlah
situasi untuk melatih anak terbiasa mengucapkan "terima kasih,
"silakan".
c.
ajaklah
anak untuk meletakkan atau mengembalikan sendiri alat sekolah atau alat bermain
ditempatnya.
II.
Pengembangan Sosial, Emosional dan Kemandirian
Indikator : Anak Mampu .........
a.
berbagi
dengan teman
b.
minta
ijin bila menggunakan benda milik orang lain
c.
sabar
menunggu giliran bermain
III.
Pengembangan Bahasa
Indikator : Anak Mampu .........
a.
mengikuti
petunjuk yang terdiri atas satu tahap atau lebih
b.
berbicara
dengan kalimat sederhana
c.
menyebutkan
bagian-bagian tubuh
d.
bercerita
menggunakan gambar
e.
menyebutkan
nama diri dan orang tua.
Kegiatan
:
a.
guru
bercerita sambil menunjuk bagian-bagian tubuh, diulang-ulang. Anak diminta
menyebutkan bagian-bagian tubuh.
b.
Nyanyikan
lagu "Ibu jari berkata ........
c.
bacakan
syair : Ibu Jari
ibu jari, jari telunjuk, jari tengah yang panjang
jari manis pakai cincin, jari kelingking yang kecil
kosa
kata yang diperkenalkan :
bagian-bagian
tubuh :
-
kepala - betis - jari jempol
-
leher - lutut -
jari telunjuk
-
pundak - kaki kanan - jari tengah
-
dada - kaki kiri -
jari manis
-
perut - tangan
kanan - jari kelingking
-
paha - tangan kiriKegiatan :
setiap
anak mengamati telapak tangannya. Lalu menyebutkan nama jemari.
setiap
anak diajak mengamati tubuhnya dicermin, lalu menyebutkan bagian-bagian tubuh
seperti pada gambar.
IV.
Pengembangan Kognisi
Indikator
: Anak Mampu ...........
a.
membedakan
ukuran sederhana : besar-kecil
b.
membedakan
posisi suatu benda : jauh-dekat
c.
mengenal
suara yang nyaring dan yang pelan
d.
merasakan
permukaan benda yang kasar dan yang halus
e.
menyebutkan
fungsi lidah dengan kalimat yang sederhana
f.
membedakan
bermacam-macam bau
g.
menyusun
puzzle wajah.
Kegiatan
:
ajaklah
anak melakukan pengamatan diluar kelas. Melalui sensorik motoriknya, anak dapat
mengamati benda-benda dan mendengarkan berbagai suara yang terdengar di
sekitarnya.
kegiatan
eksplorasi menggunakan sensorik motorik untuk mengenal konsep :
a.
membedakan ukuran besar-kecil
b.
membedakan letak benda jauh-dekat
c.
membedalkan suara nyaring-pelan
d.
merasakan permukaan benda kasar-halus.
Percobaan
sederhana
a.
percobaan
petama : sediakan dua cangkir, cangki pertama berisi air tanpa gula (rasa
tawar), cangkir kedua diisi air diberi gula (rasa manis). Beri kesempatan anak
mencicipi untuk membedakan rsanya (fungsi lidah).
b.
Percobaan
kedua: sediakan dua botol kecil. Botol pertama diisi minyak kayu putih, botol
kedua diisi minyak wangi. Beri kesempatan anak mencium bau kedua isi botol
tersebut. Anak dapat membedakan bau kedua botol tersebut (fungsi hidung).
c.
pemecahan
masalah. Misalnya : dengan mata tertutup anak dapat menentukan arah dan
mendatangngi sumber bunyi, yang berasal dari bunyi sempritan.
V.
Pengembangan Fisik/Motorik
Indikator
: Anak Mampu ...............
a.
berjingkat,
berjalan bertumpu pada ujung kaki
b.
berjalan
dengan berbagai gerakan : lurus, menyimpang dan zig-zag
c.
berdiri
diatas satu kaki selama 1-10 detik
d.
menangkap
bola besar dengan satu atau kedua tangan
e.
memasukkan
bola ke dalam keranjang dari jarak 1 atau 2 meter.
Kegiatan
:
a.
Melakukan
berbagai kegiatan bermain untuk melihat anak agar mereka mampu :
b.
bergerak
berpindah dengan koordinasi yang lebih baik dalam permainan
c.
mengajak
anak untuk memainkan benda secara sederhana
d.
guru
melatih anak melakukan gerakan tangan dengan kelenturan, kelincahan dan kekuatan.
VI.
Pengembangan Seni
Indikator
: Anak Mampu ..............
a.
bergerak
bebas sesuai dengan irama musik
b.
menggerakkan
kepala tangan dan kaki mengikuti irama musik
c.
bertepuk
tangan membentuk irama
d.
bertepuk
tangan dengan dua pola untuk membuat irama.
Kegiatan
:
a.
anak
diajak menggerak-gerakkan anggota tubuh sesuai irama musik
b.
membuat
irama secara sederhana, dengan bertepuk tangan. Cobalah menyanyi dengan irama
yang berbeda yaitu : 2/3 dan ¾. Misalnya, lagu : Dua Mata Saya dan Cemara.
c.
menyanyikan
lagu Dua Mata Saya, ciptaan Pak Kasur, agar lebih mengenal panca indra.
Dua Mata Saya
Dua Mata Saya, hidung saya satu
Dua kaki saya, pakai sepatu baru
Dua tangan saya, yang kiri dan kanan
Satu mulut pandai baca al-qur'an
Ucapan
lirik : "Kepala,Pundak, Lutut Kaki- Lutut kaki". Sambil menunjuk
bagian tubuh dengan jari bagian tubuh yang disebutkan!
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama PAUD : Insan
Kencana
Bulan :
Agustus
Semester :
1 (Satu)
Tema :
Lingkunganku
Sub Tema :
Keluargaku
KELUARGA
YANG AKU CINTAI
Tujuan
Pembelajaran :
anak
mulai bersikap dan berprilaku sopan dalam kehidupan sehari-hari
saling
memperhatikan kepentingan setiap anggota keluarga.
I.
Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama
Menjelaskan
fungsi keluarga dalam rumah.
Indikator
: Anak Mampu .........
a.
mengikuti
bacaan doa/berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
b.
mengucapkan
salam
c.
menunjukkan
kasih sayang melalui belaian
d.
ikut
melakukan kegiatan kebersihan di rumahnya.
Kegitan
:
Guru
mengenalkan dan memberi contoh sikap dan perilaku santun. Bagaimana cara
menyapa guru, menurut kebiasaan setempat.
II.
Pengembangan Sosial, Emosional dan Kemandirian
Indikator
: Anak Mampu ..............
a.
ikut
bermain bersama teman sebaya dengan gembira
b.
berkomunikasi
dengan orang-orang yang ditemuinya
c.
berbagi
dengan teman
d.
memilih
kegiatan sendiri
e.
menunjukkan
rasa sayang terhadap binatang piaraannya.
Kegiatan
:
Guru
mendorong anak agar memperlihatkan lingkungannya, sehingga memiliki sikap
peduli terhadap lingkungannya. Misalnya; menyapa teman dengan ramah, berbagi
benda miliknya dengan senang.
III.
Pengembangan Bahasa
Indikator
: Anak Mampu .........
a.
bercerita
dengan menggunakan 3-4 kata dalam satu kalimat
b.
menggunakan
kata tanya "apa, siapa, dimana".
c.
menyebutkan
nama diri dan orang tua serta alamat rumah secara sederhana.
d.
menyebutkan
beberapa contoh binatang peliharaan
e.
menyebutkan
berbagai bunyi dan suara tertentu
f.
bercerita
menggunakan gambar.
g.
Kosa
kata yang diperkenalkan :
- kakek -
adik - pembagian tugas
- nenek -
kakak - menyapu lantai
- paman -
saudara kandung - binatang peliharaan
-
bibi - kerabat dekat - dibelai
Pertanyaan
berikut ini untuk mendorong kemampuan anak bercerita :
apa
pekerjaan ayahmu? Pakah ibumu juga bekerja?
berapa
banyak saudaramu? Berapa banyak saudara laki-laki/perempuanmu?
apakah
keluargamu punya binatang peliharaan?
IV.
Pengembangan Kognisi
Indikator
: Anak Mampu ..............
a.
menyebutkan
anggota keluarga
b.
mengetahui
jenis kelamin
c.
mengetahui
nama diri dan anggotaa keluarga
d.
membilang
dengan benda.
Kegiatan
:
a.
Anak
perlu mengenal semua orang yang tinggal serumah, termasuk kerabat dekat yang
ikut tinggal disitu. Anak perlu tahu nama nenek dan kakek mereka.
b.
Anak
memperkenalkan anggota keluarganya :
c.
Menyebutkan
semua anggota keluarga yang tinggal serumah
d.
menyebutkan
alamat rumah
e.
menyebutkan
siapa nama kakek dan nenek
f.
menyebutkan
kerabat dekat yang ikut tinggal serumah.
g.
setiap
anak diberi tugas membawa foto keluarga untuk diperkenalkan kepada
teman-temannya didepan kelas.
V.
Perkembangan Fisik / Motorik
Indikator
: Anak Mampu ...........
a.
berdiri
diatas satu kaki selama 5-10 detik
b.
berjalan
dengan stabil
c.
memegang
benda dengan pegangan yang benar
d.
memegang
benda yang kecil dengan telunjuk dan ibu jari.
Kegiatan
:
melatih
anak berdiri satu kai sambil membilang jumlah anggota keluarganya. Contoh, jika
jumlah anggota keluarganya tiga, maka anak berdiri dengan satu kaki sambil
membilang "satu,dua,tiga".
melatih
kelenturan otot tangan anak dengan cara memungut benda-benda kecil yang
diletakkan berserak dilantai
VI.
Pengembangan Seni
Indikator
: Anak Mampu ..........
a.
bergerak
bebas sesuai irama musik
b.
menggerakkan
kepala tangan dan kaki mengikuti irama musik
c.
bertepuk
tangan membentuk irama
d.
membuat
bunyi-bunyian dengan berbagai alat, memukul-mukul alat perkusi sederhana.
Kegiatan
:
a.
anak
diajak melakukan berbagai gerakan mengikuti irama musik, menurut dorongan hati
mereka.
b.
bangkitkan
keberanian anak untuk membuat irama dengan bertepuk tangan. Atau ajak anak
memukul-mukul atal perkusi sederhana (kaleng bekas/galon kosong).
Sebagai
ungkapan cinta kasih kepada ibu, nyanyikanlah lagu : Kasih Ibu, Oleh SM.
Mochtar.
Kasih
Ibu
Kasih
Ibu kepada beta
Tak
terhingga sepanjang masa
Hanya memberi tak harap kembali,
Bagai sang surya menerangi dunia.
Lagu
lain yang relevan : Sayang Semuanya, ciptaan Pak Kasur
Sayang
Semuanya
Satu
satu aku sayang ibu
Dua
dua juga sayang ayah
Tiga
tiga sayang adik kakak
Satu
dua tiga sayang semuanya
Bulan
: Agustus
Tema
: Lingkunganku
Sub
Tema : Sekolahku
AKU
SENANG DI SEKOLAH
Tujuan
Pembelajaran :
menumbuhkan
sikap bertanggung jawab pada anak
anak
merasa senang bemain dan belajar disekolah.
I.
Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama
Pembiasaan
:
a.
memanfaatkan
waktu dengan baik
b.
saat
tiba disekolah, menyapa kawan dan guru saat dijumpai
c.
masuk
ke kelas dengan tertib dan antri
d.
berdoa
bersama sebelum mulai kegiatan belajar dan sesudahnya.
Guru
bercerita sedikit tentang "lingkungan Sekolahku Indah dan Bersih"
Indikator
: Anak mampu .........
a.
mengikuti
bacaan doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
b.
mengucapkan
salam kepada guru dan teman-temannya
c.
merapikan
peralatan sekolahnya setelah melakukan kegiatan
d.
meletakkan
sesuatu pada tempatnya.
II.
Pengembangan Sosial, Emosional dan Kemandirian
Indikator
: Anak Mmapu ............
a.
memiliki
kebiasaan yang teratur (makan,mandi,tidur)
b.
menolong
dirinya sendiri (makan,kegiatan ke toilet)
c.
membuang
sampah ke keranjang sampah
d.
menunggu
giliran bermain dengan sabar
e.
menolong
teman-temannya, bila diperlukan.
Kegiatan
:
a.
anak
mulai mengenal dan mematuhi tata tertib sekolah. Guru menyadarkan anak agar
datang kesekolah tepat waktu. Ketika bel berbunyi anak masuk kelas dengan
tertib dan menyalami guru. Didalam kelas anak mendengarkan gurunya.
b.
biasakanlah
anak ikut memelihara kebersihan kelas dengan membuang sampah ke tempat sampah.
Anak mulai menjaga kebersihan dirinya, memakai pakaian seragam sekolah yang
bersih dan rapi, memotong kuku dan rambut dengan rapi.
III.
Pengembangan Bahasa
Indikator
: Anak Mampu ...........
a.
Menyebutkan
nama salah seorang guru
b.
mendengarkan
cerita guru
c.
menjawab
sebab akibat
d.
berkomentar
atas cerita yang dibacakan
e.
menggunakan
kata tanya "apa", "siapa", "dimana".
Tugas
:
memberikan
pertanyaan sederhana, agar anak dapat bercerita dengan kalimat sederhana.
Kosa
kata yang diperkenalkan :
- meja - melipat
kertas - kepala sekolah
- kursi - rapi -
guru
- lemari - meronce - petugas kebersihan
- keranjang sampah - aneka warna
IV.
Pengembangan Kognisi
Indikator
: Anak Mampu ............
a.
menunjukkan
benda yang besar dan kecil
b.
membedakan
benda yang panjang dan pendek
c.
menunjukkan
warna merah dan kuning
d.
mengelompokkan
balok-balok yang sama warnanya
e.
menunjukkan
benda dengan bentuk dasar : lingkaran, segitiga, dan segiempat
f.
membilang
dengan benda.
Kegiatan
:
a.
Anak
diajak berekplorasi menggunakan sensorik motorik untuk mengenal konsep
sederhana ;
b.
Membedakan
ukuran benda besar-kecil, panjang dan pendek
c.
mengelompokkan
benda berdasarkan warna
d.
mengenal
tiga bentuk geometri.
e.
tunjukkan
kepada anak benda yang berbentuk dasar : lingkaran,segitiga dan segiempat.
Gunakan benda-benda disekitarnya.
f.
membilang
dengan menunjukkan banyak bendanya.
V.
Pengembangan Fisik/Motorik
Indikator
: Anak Mampu ...............
a.
senam
menirukan gerakan pohon
b.
menung
air atau biji-bijian ke dalam baskom tanpa tumpah
c.
mengaduk
cairan dengan alat adukan (sendok)
d.
meronce
dengan manik manik besar
e.
memegang
pensil (belum sempurna)
f.
merekat/menempel
kertas merah dan putih
kegiatan
:
a.
ajaklah
anak melakukan gerakan di tempat dengan koordinasi yang lebih baik, misalnya
gerakan senam yang sederhana
b.
mengajak
anak melakukan gerakan tangan untuk melatih kelenturan,kelincahan dan kekuatan.
Misalnya : menirukan pucuk pohon sedang ditiup angin. Menggerakan kedua lengan
dengan gerakan gemulai.
c.
menempel
kertas merah dan putih untuk membuat bendera merah putih.
VI.
Pengembangan Seni
Indikator
: Anak Mampu ............
a.
melukis
dengan menggunakan jari
b.
mewarnai
bentuk gambar sederhana
c.
meniru
gerakan binatang sedang melompat
d.
membuat
bunyi-bunyian dengan alat perkusi sederhana (misalnya kaleng bekas).
Kegiatan
a.
merangsang
anak agar berani menampilkan karya seni dengan jari misalnya melukis
b.
mengajak
anak bergerak dan menyanyi dengan gembira mengikuti irama
c.
bulan
Agustus bertepat dengan peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI.
d.
Ajak
anak-anak menyanyikan lagu : Indonesia Tetap Merdeka, ciptaan Cornel
Simanjuntak, dengan bersemangat dan gembira. Nyanyikan juga lagu-lagu wajib
lainnya.
Indonesia
Tetap Merdeka
Sorak
sorak bergembira, bergembira semua
Sudah
bebas negeri kita, indonesia merdeka
Indonesia merdeka, Republik Indonesia
Itulah hak milik kita, untuk slama-lamanya.
Ajak
anak berdiri sambil menyanyikan mengibar-ngibarkan bendera kecil dari kertas.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama PAUD : Insan
Kencana
Bulan :
September
Semester :
1 (Satu)
Tema :
Lingkunganku
Sub Tema :
Rumahku
RUMAH
TEMPAT TINGGAL KELUARGAKU
Tujuan
Pembelajaran :
mengenalkan
anak pada lingkungan rumah yang sehat
anak
senang berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
I.
Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama
Pembahasan
:
1.
anak
mulai bertanggung jawab terhadap tugas
2.
anak
memiliki keperdulian terhadap keluarga di rumahnya.
Indikator
: Anak Mampu ...........
a.
mengucapkan
kata-kata santun : "tolong...,"maaf....".
b.
mengucapkan
salam ketika meninggalkan rumah dan setelah tiba dirumah
c.
meletakkan
sesuatu pada tempatnya
d.
merapikan
alat-alat setelah melakukan kegiatan.
II.
Pengembangan Sosial Emosional dan Kemandirian
Indikator
: Anak Mampu .........
a.
bertegur
sapa dengan sopan pada orang yang dijumpainya
b.
menolong
dirinya sendiri untuk melakukan kegiatan ke kamar kecil
c.
berpisah
dengan orang tuanya tanpa menangis.
d.
menunjukkan
rasa bangga atas hasil kerjanya.
Kegiatan
:
a.
guru
memotivasi anak agar bersikap mandiri, mampu menolong dirinya sendiri. Misalnya
: makan dan kegiatan ketoilet.
b.
mengajak
anak mulai bersikap dan berprilaku tertib. Misalnya : mengembalikan mainannya
sendiri, mencoba memberesi tempat tidurnya (dengan bantuan).
III.
Pengembangan Bahasa
Indikator
: Anak Mampu .........
a.
menyebutkan
bagian-bagian rumah
b.
memperhatikan
ketika guru bercerita
c.
menceritakan
kembali cerita yang didengar
d.
menyebutkan
benda sesuai fungsinya
e.
menirukan
kembali 4 urutan kata yang diucapkan guru.
Kegiatan
:
a.
Setelah
mendengar cerita guru tentang rumah, anak mencawab melalui pertanyaan yang
ajukan guru :
b.
apa
guna rumah bagi keluarga?
c.
ada
berapa kamar dirumahmu?
d.
sebutkan
kembali 4 urutan tentang barang pecah belah yang diucapkan guru!
e.
apa
guna jendela kamar?
Kosa
kata yang diperkenalkan :
- rumah sehat - pintu - rumah makan
- atap rumah - jendela -
pergantian udara
- lantai rumah - kamar tidur - pengap
Barang pecah belah :
- piring - sendok - baskom
- cangkir - garfu - tempat nasi
- gelas - pisau dapur - centong
IV.
Pengembangan Kognisi
Indikato
: Anak Mampu ..............
a.
mengenali
tiga bentuk geometri (lingkaran,segiempat,segitiga)
b.
mengelompokkan
benda berdasarkan bentuk geometri
c.
menyebutkan
urutan bilangan 1-10, tanpa konsep
d.
membedakan
ukuran benda yang panjang dan yang pendek.
Kegiatan
:
a.
anak
bereksplorasi menggunakan sensorik motorik untuk mengenal konsep sederhana:
b.
membedakan
ukuran besar dan kecil, panjang dan pendek
c.
mengelompokkan
benda berdasarkan bentuk geometri
d.
mengenal
3 bentuk geometri : lingkaran, segiempat dan segitiga.
e.
siapkan
tiga bentuk geometri : lingkaran,segiempat,segitiga. Masing-masing bentuk
terdiri 3 atau 4. biarkan anak-anak bermain dalam kelompok untuk menyusun
bentuk apa saja dengan ketiga bentuk geometri itu.
f.
anak
diminta membilang urutan bilangan 1-10 (tanpa konsep).
g.
Mewarnai
: bentuk lingkaran, beri warna merah. Bentuk segiempat beri warna biru. Bentuk
segitiga beri warna kuning.
Kegiatan
:
a.
rumah
memiliki kamar-kamar untuk berbagai macam keperluan : ruang tamu, kamar tidur,
ruang makan, dapur serta kamar mandi dan WC, mintalah anak bercerita tentang
macam-macam ruangan dirumahnya.
b.
mintalah
anak menyebutkan perkakas rumah yang ada dikamar tidur dan ruang tamu
dirumahnya.
V.
Pengembangan Fisik/Motorik
Indikator
: Anak Mampu ...........
a.
melompat
kedepan dengan kedua kaki bersama-sama
b.
meloncat
turundari ketinggian 10-20 cm
c.
menciptakan
alat perkusi sederhana
d.
mencipta
bentuk dengan lidi
e.
meniru
mengucapkan syair lagu.
Kegiatan
:
a.
anak
menirukan gerakan kelinci melompat,pucuk pohon bergoyang ditiup angin.
b.
anak
diajak mendentingkan gelas dengan sendok. Permainan ini melatih kesabaran dan
kontrol gerakan tangan.
c.
galon
air kosong bisa digunakan sebagai alat perkusi.
d.
mencipta
bentuk dengan lidi : lihat bentuk rumah dari batang korek api .
latihan
mengucapkan syair/lirik lagu :
Pergi
Sekolah
Oh,ibu
dan ayah, selamat pagi
Kupergi
sekolah sampai kan nanti
Selamat belajar nak, penuh semangat
Rajinlah selalu tentu kaudapat
Hormati gurumu sayangi teman
Itulah tandanya kau murid budiman
Langkah
kegiatan :
a.
jelaskan
makna kata-kata yang sulit agar mudah dimengerti anak
b.
ucapkan
kata-demi kata dengan intonasi yang tepat. Ucapkan berulang-ulang sampai
ucapannya benar.
c.
syair
lagu diucapkan berulang-ulang,agar anak mudah menghafalnya
d.
beri
kesempatan anak yang sudah mampu menghafal syair lagu untuk tampil di depan
kelas.
e.
beri
pujian kepada mereka yang berani tampil di depan kelas.
Bulan
: September
Tema
: Kebutuhanku
Sub
Tema : Makanan dan Minuman
MAKANAN
SEHAT, MAKANAN BERGIZI
Tujuan
Pembelajaran :
1.
memperkenalkan
aturan (tata cara) makan bersama
2.
mempekenalkan
makanan bergizi.
I.
Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama
Pembahasan
:
a.
mengenal
dan mematuhi tata cara makan bersama
b.
melakukan
cara makan yang sehat
c.
berdoa
sebelum dan sesudah makan sebagai ungkapan rasa syukur atas Karunia Tuhan Yang
Maha Pemberi.
Indikator
: Anak Mampu ............
a.
mengikuti
bacaan doa sebelum dan sesudah makan
b.
meneladani
cara makan yang baik
c.
mengenal
dan memahami sifat-sifat Tuhan
d.
merapikan
peralatan makan setelah selesai melakukan kegiatan
Kegiatan
:
1.
anak-anak
mendengarkan cerita tentang sayur dan buah: tempat tumbuhnya, kandungan vitaminnya,
manfaatnya bagi kesehatan.
2.
beri
kesempatan anak-anak memanfaatkan sensorik motoriknya, misalnya
memegang,membau.
II.
Pengembangan Sosial,Emosional dan Kemandirian
Indikator
: Anak Mampu ........
a.
memiliki
kebiasaan teratur
b.
menolong
diri sendiri (dalam kegiatan makan minum)
c.
menunjukkan
rasa bangga atas pekerjaannya
d.
menunggu
giliran dengan sabar ketika mengambil hidangan di meja makan.
Tugas
: Bermain Peran
Mengajak
anak menata hidangan di meja makan.
Kegiatan
:
a.
anak-anak
harus mencuci kedua tangan sebelum makan
b.
guru
mengajak kelompok anak untuk makan bersama, dan memberi contoh tata cara makan
bersama.
c.
guru
menyebutkan ragam hidangan tersedia dan secara singkat menjelaskan manfaatnya
bagi kesehatan tubuh. Hal ini dapat membangkitkan minat anak untuk menyantap
hidangan yang tersedia.
d.
memperagakan
penggunaan sendok-garpu.
e.
menggunakan
sisi sendok untuk memotong makanan
f.
saat
kegiatan makan bersama usai, libatkan anak-anak untuk membereskan peralatan
makanan dan membersihkan meja makan.
g.
guru
bercerita tentang manfaat makan pagi sebelum pergi ke sekolah.
III.
Penegembangan Bahasa
Indikator
: Anak Mampu .............
1.
menceritakan
pengalaman makan bersama dalam kalimat sederhana
2.
menjawab
sebabakibat
3.
mengenali
tulisan nama sendiri
4.
menceritakan
kembali cerita yang didengarkannya (tentang makanan bergizi) secara sederhana.
5.
menyebutkan
tugas apa yang dilakukan anak setelah makan bersama keluarga.
Kosakata
yang diperkenalkan :
-
tata cara makan - sayur mayur - menyuap
-
makanan bergizi - buah –buahan - mengunyah
-
empat sekat lima sempurna
- hidangan - menelan
- lauk-pauk - mencepak
Kegiatan
:
guru
memfasilitasi kemampuan anak menceritakan pengalaman makan bersama. Dapat
dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan sederhana, lalu mengembangkan
pertanyaan sesuai kemampuan anak memahami dan menjawabnya :
siapa
yang tadi pagi makan bersama ibu dan ayah dirumah?
siapa
yang suka makan sayur atau buah?
2.
menggambar atau mewarna sayur atau buah kesukaan anak.
mencuci
sayur atau buah yang disediakan guru.
IV.
Pengembangan Kognisi
Guru
memberikan penjelasan tentang makanan bergizi yang diperlukan tubuh.
Indikator
: Anak Mampu ................
1.
mengelompokkan benda berdasarkan warna,bentuk dan ukuran.
2.
merasakan permukaan benda halus dan kasar
3.
menyusun bentuk dengan berbagai media
4.
menggambar bebas dengan berbagai media (krayon)
Kegiatan
:
a.
hadirkan
beragam sayur dan buah. Anak-anak dapat dilibatkan dengan membawa sayur atau
buah. Lakukan kegiatan yang melibatkan sensorik motorik anak. Melakukan
pengelompokan, misalnya berdasarkan jenis (sayur atau buah), berdasar
warna,bedasar ukuran (besar,sedang,kecil), berdasar bentuk (bulat,lonjong),
berdasar permukaan kulit (kasar,halus).
b.
Mintalah
anak menyusun buah untuk membuat: bentuk lingkaran,segitiga dan segiempat.
Menyusun menara dari 2 atau 3 buah tomat atau jeruk, yang dapat dilakukan anak
dengan mudah.
c.
Bermain
peran : penjual dan pembeli sayur dan buah. Persiapkan lembar-lembar kertas
untuk dijadikan uang, dilibatkan anak saat membagi-bagikan "uang
kertas", untuk membeli buah atau sayur kepada anak yang berperan sebagai
penjual.
V.
Pengembangan Fisik/Motorik
Guru
memberikan penjelasan sederhana tentang "kesehatan gigi".
Indikator
: Anak Mampu ..............
1.
menggosok gigi dengan cara yang benar, berkumur dan mengeluarkan airnya.
2.
membedakan permukaan 5 jenis benda melalui perabaan.
3.
menjiplak dan meniru membuat garis tegak,datar,miring dan lengkung.
4.
menggunting mengikuti bentuk gambar buah yang bergaris tebal.
5.
merekat dan menempel gambar buah yang sudah disiapkan oleh guru.
Kegiatan
:
mengajak
anak-anak menyikat giginya didepan cermin.
guru
melatih kepekaan alat peraba anak, terutama ujung jari tangan. Jika sudah
terlatih anak dapat membedakan : licin (permukaan kaca) ; halus (permukaan
kertas);halus berkontur (permukaan kain drill);kasar (permukaan tikar);kasar
sekali atau tajam (permukaan kulit salak,namgka). Ajaklah anak meraba berbagai
macam permukaan benda yang berbeda.
siapkan
kertas bergambar buah yang bergaris tebal agar anak mudag menggunting mengikuti
garis tebal itu. Ajak juga anak menggunting, merekat lalu menempel!
Bulan
: September
Tema
: Kebutuhanku
Sub
Tema : Pakaian
PAKAIAN
SEBAGAI PENUTUP AURAT DAN PELINDUNG TUBUH
Tujuan
Pembelajaran :
anak
mampu menolong diri sendiri melalui kegiatan bermain dan belajar.
anak
mengenal berbagai fungsi pakaian.
I.
Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama
Guru
menjelaskan tentang Fungsi Pakaian.
Pembiasaan
menyiapkan
sendiri sepatu dan kaos kaki yang hendak dipakai kesekolah
berpakaian
dengan cara yang benar agar tampil dengan pakaian rapi dan sopan
mengenakan
pakaian yang sesuai dengan kebutuhan : pakaian seragam sekolah, pakaian
sehari-hari dirumah, atau pakaian untuk pesta.
Indikator
: Anak Mampu ............
menirukan
sikap berdoa
meletakkan
sesuatu (sepatu dan kaos kaki) pada tempatnya
mengenakan
pkaian sendiri (bila perlu dibantu)
melakukan
kegiatan kebersihan diri dan pakaiannya.
Kegiatan
:
anak-anak
berdiri didepan cermin,mengamati pakaian yang dikenakan. Guru memfasilitasi
anak dengan pertanyaan sederhana untuk mengenali dirinya sendiri dalam
berpakaian. Contoh pertanyaan tersebut adalah :
lihatlah
dirimu dicermin. Apakah kamu berpakaian rapi?
Coba
sebutkan warna apa saja yang ada pada pakaianmu?
Sebutkan
nama pakaian yang sedang kamu kenakan/
Melipat
Pakaian : Mintalah anak –anak membawa pakaian dari rumah. Boleh
kaos,celana,gaun atau rok. Bersama-sama ajak mereka membentangkan pakaiannya
dilantai lalu melipat, kemudian menumpuk menjadi satu tumpukan untuk dilihat
jenis pakaian yang sama. Kegiatan dapat dilanjutkan dengan bergantian mengambil
pakaiannya sambil tetap menjaga kerapian pakaian yang lain.
kegiatan
melepas sepatu sebelum masuk kelas, dapat pula dijadikan pembiasaan untuk
mencoba memasang dan menanggalkan sepatu sendiri.
II.
Pengembangan Sosial,Emosional dan Kemandirian
Indikator
: Anak Mampu .............
a.
menolong
dirinya sendiri ketika berpakaian (memasang dan membuka kancing baju, memakai
sepatu dan kaos kaki sendiri).
b.
bekerja
sama dalam kelompok
c.
memilih
kegiatan sendiri
d.
membedakan
sepatu kanan dan sepatu kiri.
Kegiatan
:
1.
Beri
kegiatan pada anak-anak untuk menolong dirinya sendiri menyelesaikan sesuatu.
Kegiatan ini merupakan pembelajaran yang dapat membangkitkan rasa percaya diri
anak.
2.
beri
kegiatan anak-anak untuk menyelesaikan sesuatu secara kerjasama
III.
Pengembangan Bahasa
Guru
menjelaskan tentang jenis-jenis pakaian.
Indikator
: Anak Mampu...
a.
mengikuti
petunjuk yang terdiri dari satu tahap atau lebih
b.
menyebutkan
kata-kata dengan suku kata awal atau suku kata akhir yang sama.
c.
menyebutkan
benda sesuai fungsinya
d.
berbicara
dengan kalimat sederhana
e.
mulai
bertanya dengan suatu tujuan.
Kegiatan
:
a.
permainan
suku kata
b.
mintalah
anak menemukan kata-kata yang mengandung suku kata yang dicontohkan guru.
Misalnya guru mengucapkan suku kata awal ku (Ku-ku, Ku-da, Ku-li, Ku-Pu,
Ku-Tu). Dan kata-kata dengan suku kata akhir ku (du-ku,bu-ku,pa-ku,sa-ku).
c.
bercakap-cakap
dengan anak tentang macam-macam pelengkap pakaian seperti : topi,ikat pinggang
serta gunanya. Gunakan gambar untuk membangun persepsi yang sama tentang
perlengkapan pakaian yang dimaksud.
d.
guru
mengajukan pertanyaan dengan kata tanya : apa,siapa dan dimana. Anak dapat
menjawab dengan kalimat sederhana.
e.
anak
perlu dirangsang agar mereka bertanya. Misalnya : anak mulai bertanya tentang
pakaian daerah yang diceritakan oleh guru.
Kosa
kata yang diperkenalkan :
-
pakaian seragam - pakaian adat -
mukena - peci
-
pakaian olah raga - baju bodo - baju
kurung - kata
-
pakaian dalam - kain katun -
kebaya - suku kata
IV.
Pengembangan Kognisi
Guru
menjelaskan tentang bahan pakaian.
Indikator
: Anak Mampu ...........
a.
merasakan
permukaan kain yang kasar dengan yang halus.
b.
mengelompokkan
benda (potongan-potongan kain perca) berdasarkan warna.
c.
mengenal
konsep 1-3
d.
membilang
dengan benda.
Kegiatan
:
a.
anak
diminta dari rumah beberapa potong kain perca dengan warna polos yang berbeda.
Kemudian anak mengelompokkan kain perca tersebut berdasarkan warna.
b.
anak
bereksplorasi menggunakan sensorik motorik untuk mengenal konsep sederhana; a).
Kain kasar dan halus, b). Mengenal 5 warna: merah,kuning,biru,hijau dan coklat.
c.
membilang
sambil menunjukkan benda. Anak mulai memahami konsep 1-3.
V.
Pengembangan Fisik/Motorik
Indikator
: Anak Mampu ............
a.
melompat
kedepan dengan dua kaki bersama-sama
b.
mengikuti
gerakan senam
c.
memegang
benda kecil dengan menggunakan telunjuk dan ibu jari
d.
menggunting
kertas pada garis tebal
e.
melipat
kertas dengan lipatan sederhana.
Kegiatan
:
a.
melakukan
gerakan berpindah tempat dalam permainan. Misalnya : melompat kedepan dengan
kedua kaki bersama-sama.
b.
mintalah
anak membawa pakaian dari rumah : (baju,celana tau rok). Ajaklah mereka melipat
baju yang mereka bawa dengan benar.
c.
guru
melatih otot-otot tangan agar anak mudah menggunakan telunjuk dan ibu jari
memegang benda-benda kecil.
d.
anak
melakukan gerakan ditempat sebagai latihan gerakan senam sederhana.
VI.
Pengembangan Seni
Indikator
: Anak Mampu ............
a.
bergerak
sesuai irama musik secara sederhana
b.
menggerakkan
kepala, tangan dan kaki sesuai dengan irama musik.
c.
melakukan
senan irama dengan berbagai variasi.
d.
melukis
dengan jari.
e.
melipat
kertas secara sederhana.
Kegiatan
:
a.
memotivasi
anak agar berani menampilkan karya yaitu melukis dengan jari.
b.
mengajak
anak melakukan berbagai gerakan sesuai irama musik. Perdengarkan irama musik
sederhana. Ajak anak bergerak, misalnya ; senam irama atau gerakan-gerakan
anggota tubuhnya mengikuti irama musik.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama PAUD : Insan
Kencana
Bulan :
Oktober
Semestaer :
1 (Satu)
Tema :
Kebutuhanku
Sub Tema :
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
BERSIH
PANGKAL SEHAT
Tujuan
Pembelajaran :
Anak
Mulai mampu memperhatikan kebersihan diri dan lingkungannya.
Menyedarkan
anak akan manfaat kebersihan bagi kesehatan.
I.
Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama
Guru
menjelaskan tentang "memelihara kebersihan diri dan lingkungan".
Indikator
: Anak Mampu ............
a.
berdoa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
b.
melakukan
kebersihan diri dan lingkungannya
c.
menggosok
gigi setiap bangun pagi dan sehabis makan
d.
meletakkan
sesuatu pada tempatnya.
Pembiasaan
:
a.
Sehat
itu adalah karunia Tuhan yang sangat berharga. Karena itu jagalah kesehatan
dengan :
b.
hidupa
teratur : makan,istirahat,mandi, dan tidur dilakukan secara tertib
c.
pelihara
kebersihan diri termasuk menggosok gigi,cuci tangan dan kebersihan lingkungan.
d.
menolong
diri sendiri dengan mengemasi sendiri alat-alat permainan sehabis digunakan.
II.
Pengembangan Sosial,Emosional dan Kemandirian
Indikator
: Anak Mampu ...........
a.
bermain
bersama teman-teman sebaya
b.
memilih
kegiatan sendiri
c.
bekerjasama
dalam kelompok kecil untuk memelihara kebersihan kelas.
d.
menunjukkan
rasa bangga atas hasil kerjanya
e.
memiliki
kebiasaan yang teratur (makan,minum,mandi dan tidur).
Kegiatan
:
bermain
APE Rantai berkait. APE ini bermanfaat antara lain untuk :
mengenal
konsep urutan warna,urutan pola.
b.melatih
motorik halus : merangkai rantai berkait menjadi gelang atau kalung.
c.
merangsang kreatifitas,menciptakan kegembiraan dalam permainan bersama.
kemampuan
bekerjasama dapat dibangun melalui kegiatan yang melibatkan semua anak untuk
menyelesaikannya. Ada pembagian tugas dari guru untuk masing-masing kelompok
anak.
guru
perlu memotivasi anak agar mereka mampu bersosialisasi dengan teman sekolah.
Kegiatan yang dapat dilakukan adalah bermain peran mikro atau makro, tentang
dokter.
III.
Pengembangan Bahasa
Indikator
: Anak Mampu .............
a.
memberikan
reaksi terhadap perintah yang diberikan
b.
mengambil
keputusan ketika dihadapkan pada pilihan
c.
mengikuti
petunjuk dalam sebuah lagu (lagu: Bangun Tidur)
d.
menyanyikan
lagu sederhana
e.
menggunakan
kata tanya : "apa", "siapa", "dimana".
Kegiatan
:
a.
bermain
peran tentang "memelihara kebersihan rumah".
b.
menyenyikan
lagu bangun tidur. Apa saja yang dilakukan anak setelah bangun tidur? Anak
diminta mengikuti petunjuk lagu tersebut.
c.
ajak
anak-anak untuk mengajukan pertanyaan dengan kata tanya
:"apa","siapa","dimana". Misalnya guru bercerita
dulu lalu fasilitasi mereka untuk bertanya kepada teman-temannya.
Kosa
kata yang diperkenalkan :
- kebersihan diri - sapu
- kebersihan lingkungan -
kain pel
- pemukiman - kain lap
- penduduk - kemucing (sulak)
Lembaga
pelayanan kesehatan masyarakat :
- rumah sakit - puskesmas
- poliklinik - posyandu
Petugas
yang melayani kesehatan masyarakat :
- dokter - mantri kesehatan - bidan
- dokter gigi - juru rawat
Pengembangan
kognisi :
Indikator
: Anak Mampu ..............
a.
membedakan
letak suatu benda : di atas atau di bawah, di luar atau di dalam.
b.
Mengelompokkan
benda berdasarkan bentuk.
c.
Menyusun
bentuk dengan berbagai media.
d.
Mengurutkan
pola sederhana : lingkaran, segitiga dan segiempat. Sampai dua urutan pola.
Kegiatan
:
a.
Guru
mengajak anak-anak melakukan pengamatan. Melalui indra anak-anak dapat mengenal
konsep sederhana dan mengklasifikasi. a)Menyebutkan letak suatu benda : diatas
atau dibawah, b) menyebutkan benda apa saja yang terletak diluar atau didalam
ruangan.
b.
Siapkan
juga beberapa kubus yang sama besarnya sesuai keperluan agar beberapa anak
dapat bekerja sama dalam kelompok menyusun menara setinggi 4 kubus.
c.
Siapkan
menara geometri. Gunakan tiga bentuk geometri : lingkaran, segitiga,dan
segiempat. Masing-masing sebanyak 3 keping dengan warna yang berbeda. Anak
diminta mengelompokkan berdasarkan bentuknya atau berdasarkan warna. Alat
permainan ini juga digunakan untuk menyusun pola urutan : lingkaran, segitiga
dan segiempat.
V.
Pengembangan Fisik/Motorik
a.
Indikator
: Anak Mampu .............
b.
berjalan
diatas papan titian, kaki melangkah satu-satu
c.
mengikuti
gerakan senam
d.
menangkap
bola besar dari jarak 1-2 meter dengan dua tangan.
e.
membuat
bentuk bulatan atau memanjang dari bahan playdough
f.
menjiplak
garis datar dan garis tegak.
Kegiatan
a.
kegiatan
berjalan-jalan, berjalan di atas papan titian, bermain di luar kelas, gerakan
senam mengikuti irama musik sebagai kegiatan berolah raga. Guru memberi contoh melakukan
kegiatan olah raga secara teratur demi kesehatan.
b.
Ajak
anak menggerak-gerakkan otot-otot tangan untuk melatih kelenturan,kelincahan
dan kekuatan.
VI.
Pengembangan Seni
Indikator
: Anak Mampu ..........
a.
menyanyikan
beberapa lagu anak-anak yang telah diajarkan oleh guru.
b.
melukis
dengan jari.
c.
bergerak
bebas mengikuti irama musik.
d.
bertepuk
tangan membentuk irama.
e.
mewarnai
bentuk-bentuk geometri dengan ukuran besar.
Kegiatan
a.
anak
diajak membuat coretan dengan spidol, krayon atau kuas. Ajak pula mereka untuk
menggoreskan beberapa warna. Siapkan gambar bentuk-bentuk geometri berukuran
besar supaya anak dapat mewarnainya.
b.
sambil
menyanyi bersama-sama ajak anak-anak untuk bergerak bebas mengikuti irama lagu.
c.
Mengulang-ulang
beberapa lagu yang telah dikuasai anak. Ajak mereka bertepuk tangan mengiringi
irama lagu yang mereka nyanyikan. Pilih lagu-lagu yang beriramanya berbeda :
2/4 dan ¾.
d.
Pilih
lagu yang sesuai dengan perkembangan jiwa anak-anak.
Bangun Tidur
Bangun tidu kuterus mandi.
Tidak lupa menggosok gigi.
Habis
mandi kutolong ibu.
Membersihkan tempat tidurku.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama PAUD : Insan
Kencana
Bulan :
November
Semestaer :
1 (Satu)
Tema :
Binatang
Sub Tema :
Binatang kesayangan
BINATANG
MAKHLUK CIPTAAN TUHAN
Tujuan
Pembelajaran :
anak
mengenal dan menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan.
I.
Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama
Guru
menceritakan tentang menyayangi binatang.
Indikator
: Anak Mampu ...........
1.
menirukan sikap berdoa.
2.
memberi dua contoh binatang ternak.
3.
menyebutkan contoh binatang ciptaan Tuhan yang hidup di udara.
4.
menunjukkan rasa sayang terhadap binatang melalui belaian.
5.
memberi makan binatang piaraan sendiri.
Kegiatan
:
anak
diminta menyebutkan nama binatang, melalui penjelasan guru.
Guru
menjelaskan jenis-jenis binatang serta lingkungan hidup binatang.
II.
Pengembangan Sosial,Emosional dan Kemandirian
Indikator
: Anak Mampu .........
Menunjukkan
ekspesi emosi yang wajar.
Menghindari
dari bahaya.
Menunjukkan
rasa sayang kepada semua makhluk ciptaan Tuhan.
Menolak
sesuatau yang tidak nyaman bagi dirinya.
Kegiatan
:
Menghias
gambar tubuh binatang.
Membelai
atau memegang tubuh binatang.
Mendengarkan
dongeng guru.
III.
Pengembangan Bahasa :
Indikator
: Anak Mampu .............
Memperhatikan
ketika guru bercerita.
Menceritakan
kembali tentang ciri-ciri gajah yang didengarnya secara sederhana.
Bercerita
menggunakan gambar.
Berkomentar
atas cerita yang dibacakan.
Menjawab
sebab akibat.
Kosa
kata yang diperkenalkan :
-
binatang kesayangan - belalai - petani
-
binatang ternak - gading gajah - peternak
-
binatang liar - taring harimau
-
binatang buas - cakar binatang
Kegiatan
:
Bacakanlah
syair tentang gajah! Anak-anak menirukannya dengan ucapan dan intonasi yang
jelas!
Gajah
Gajah binatang yang amat besar.
Matanya kecil, telinganya lebar.
Kakinya empat, belalainya panjang.
Mintalah
pendapat anak tentang binatang gajah ini
Guru
bercerita tentang perkembangan ayam.
Anak
diminta menggambar binatang kesukaannya serta menceritakan.
IV.
Pengembangan kognisi
Indikator
: Anak Mampu .........
a. Menyebutkan beberapa binatang
ternak yang besar atau kecil.
b. Menyebutkan
sebanyak-banyaknya binatang berkaki empat.
c. Membedakan suara kokok ayam
jantan dan betina.
d. Merasakan benda yang berat
dan yang ringan.
e. Menggambar bebas dengan media
krayon atau pensil.
Kegiatan
:
Guru
mengajak anak-anak mengamati binatang ternak.
Guru
menceritakan tentang perkembangbiakan binatang.
Meminta
anak-anak memegang dengan dua tangan benda yang berat dan ringan. Agar anak
dapat membedakan benda tersebut.
V.
Pengembangan Fisik/Motorik
Indikator
: Anak Mampu ............
a. Naik turun tangga tanpa
berpegangan
b. Melompat kedepan dengan dua
kaki bersama-sama
c. Melompat dengan salah satu
kaki
d. Menendang bola besar dengan
kaki kanan dan kaki kiri bergantian.
e. Senam menirukan gerakan
binatang.
f. Membentuk bulatan atau bentuk
lain yang mudah dengan playdough.
Kegiatan
:
a. Anak diajak melakukan gerak
berpindah tempat menirukan gerakan binatang.
b. Anak melakukan gerak di
tempat.
c. Melakukan gerakan tangan
untuk melatih kelenturan dan kelincahan.
VI.
Pengembangan Seni
Indikator
: Anak Mampu ..............
a. Menggerakkan kepala, tangan
dan kaki mengikuti irama musik.
b. Bergerak bebas sesuai irama
musik.
c. Menyanyikan beberapa beberapa
lagu anak-anak yang sudah diajarkan oleh guru.
d. Bertepuk tangan membentuk
irama.
Kegiatan
mengajak
anak-anak bernyanyi dengan nada yang berbeda-beda.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama PAUD : Insan
Kencana
Bulan :
Desember
Semestaer :
1 (Satu)
Tema :
Tanaman
Sub Tema :
Kebunku
TANAMAN
YANG INDAH
Tujuan
Pembelajaran :
mensyukuri
karunia Tuhan yang telah menciptakan berbagai jenis tanaman.
Anak
mulai mengenal manfaat aneka ragam tanaman.
I.
Perkembangan Moral dan Nilai-nilai Agama
Menjelaskan
berbagai jenis Tanaman Karunia Tuhan.
Indikator
: Anak Mampu ...............
a. Menirukan lagu-lagu keagamaan
b. Menyebutkan beberapa contoh
ciptaan Tuhan
c. Menunjukkan rasa sayang pada
tanaman dengan ikut menyirami tanaman.
d. Melakukan kebersihan
lingkungan sekitarnya.
Kegiatan
a. Setiap anak diajak menanam
biji-bijian di pot kecil masing-masing.
b. Setelah bijian tumbuh menjadi
tanaman guru menceritakan bagian tanaman tersebut.
c. Ajak anak menghitung hari
yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh.
d. Guru bercerita tentang
manfaat tanaman.
II.
Pengembangan Kognisi
Indikator
: Anak Mampu ..........
a. Mengelompokkan dan
menyebutkan empat macam warna.
b. Mengelompokkan beberapa bunga
berdasarkan warnanya.
c. Membedakan bau bunga mawar
dan melati.
d. Menyebutkan tanaman yang
dapat tumbuh dengan menancapkan batangnya.
e. Mengurutkan pola sederhana
(warna bunga: merah,putih dan kuning).
Kegiatan
a. Ajaklah anak mengamati
tanaman bunga
b. Siapkan bunga mawar dan
melati
c. Guru menceritakan dan
memberikan contoh tanaman.
III.
Pengambangan Fisik/Motorik
Indikator
: Anak Mampu ..............
a. Berjingkat,berjalan dengan
bertumpu pada ujung kaki
b. Berjalan diatas titian,melangkahkan
kaki satu demi satu.
c. Melempar bola dengan
menggunakan tangan kanan dan kiri bergantian.
d. Berlari berputar-putar tanpa
kendala.
e. Membuat lukisan pohon
menggunakan cap sidik jari tangan.
Kegiatan
a. Guru mengajak anak untuk
melakukan gerak berpindah tempat dalam permaian.
b. Ajak anak untuk bermain
melempar bola.
c. Guru memberi contoh cara
melukis pohon dengan sidik jari tangan.
Indikator
: Anak Mampu .........
a. Menggunakan kata kepunyaan.
b. Menyebutkan fungsi akar bagi
tanaman.
c. Menceritaka kembali cerita
guru yang didengarnya secara sederhana.
d. Tertarik pada buku cerita dan
berusaha membaca.
e. Menjelaskan apa yang terjadi
di dalam gambar.
f. Mengikuti petunjuk dalam
sebuah lagu.
Kosa
kata yang diperkenalkan :
-
pohon - akar -
tanaman pangan
-
perdu -
batang - menyiram tanaman
-
alang-alang - ranting - memupuk tanaman
-
hutan - daun -
menyiangi tanaman
-
tanaman hias - bunga - kebun yang indah
Kegiatan
:
Anak
diajak mengucapkan kata demi kata syair lagu kebunku dengan ucapan yang benar.
Dengan membangkitkan imajinasi anak agar mereka dapat menghayati dengan
keindahan tanaman bunga.
Lihat Kebunku
Lihat kebunku, penuh dengan bunga.
Ada yang putih dan ada yang merah.
Setiap hari, kusiram semua.
Mawar melati, semuanya indah.
Anak
diajak bercakap cakap menggunakan kata ganti "ku" dan "mu".
Guru
bercerita menggunakan buku cerita bergambar.
Anak
diajak menceritakan gambar yang dilihat.
Mengajak
anak untuk menggambar pohon dengan sidik jari mereka.
VI.
Pengembangan Seni
Indikator
: Anak Mampu ...........
a. Bergerak bebas sesuai dengan
irama musik.
b. Menggerakkan kepala,tangan
dan kaki sesuai dengan irama musik.
c. Membentuk irama dengan
bertepuk tangan atau memukul-mukul alat perkusi sederhana.
d. Mengekspresikan diri secara
bebas sesuai irama musik.
e. Menyanyikan beberapa lagu
anak-anak yang sudah diajarkan guru.
Kegiatan
:
a. Anak diajak melakukan gerakan
sesuai dengan irama lagu.
b. Bbberi kesempatan pada anak
untuk membuat birama dengan memukul-mukul alat perkusi sederhana, misalnya
kaleng kosong atau galon kosong.
c. Beri kesempatan pada anak
agar mereka dapat mengekspresikan diri.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PANDUAN BERMAIN SAMBIL BELAJAR UNTUK PENDIDIKAN
ANAK USIA DINI (PAUD)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PANDUAN BERMAIN SAMBIL BELAJAR
UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
SEMESTER 1
TAHUN AJARAN 2017/2018
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
( PAUD )
CIANJUR
2016
KATA PENGANTAR
Salah
satu yang sangat mendasar dengan diberlakukannya Undang-undang Nomor 20 Tahun
2003 tentang Sisitem Pendidikan Nasional, yakni "Suatu upaya pembinaan
yang ditujukan kepada anak sejak dini usia yang dilakukan melalui pemberian
rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan
rohani agaranak memiliki persiapan dalam memasuki pendidikan dan kehidupan
tahap berikutnya".
Dalam
pelaksanaan pendidikan tersebut biasanya pemerintah menuntut pelaksanaan
tersebut melalui otonomi daerah dan wawasan demokrasi yang artinya pengelolaan
pendidikan diberikan wewenang kepada Pengelola untuk menyusun kurikulumnya.
Dari
interaksi kami dengan masyarakat daerah setempat, kami terkesan untuk membuka
tempat atau sarana belajar yang divariasikan dengan bermain khususnya untuk
anak-anak, yang mana hal tersebut dapat membantu orang tua (masyarakat) yang
kurang mampu khususnya dalam membimbing serta mendidik anak-anaknya. Untuk
itulah kami mencoba membuat rencana pembelajaran sebagai panduan/acuan/pedoman
untuk terlaksananya kegiatan belajar tersebut.
Panduan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini juga berdasarkan kurikulum sekarang
yaitu kurikulum KTSP. Adanya Rencana Pembelajaran ini sebagai motivasi untuk
menambah wawasan, semangat, serta memperkaya metodologi pembelajaran sekaligus
mempermudah guru PAUD khususnya dalam merancang dan melaksanakan KBM di tempat
masing-masing. Dengan tujuan ; mengembangkan seluruh potensi secara optimal
sejak dini agar terbentuk perilaku dan kemampuan dasar yang seimbang dengan tingkat
perkembangan anak, serta terwujudnya anak usia dini yang sehat, ceria dan
berakhlak mulia juga memiliki kesiapan baik fisik maupun mental untuk memasuki
pendidikan lebih lanjut.
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar ……………………………………………………… i
Daftar
Isi ……………………………………………………… ii
Tema
I Diri Sendiri
……………………………………………… 1
Sub
Tema Siapa Aku ………………………..
Panca
Indra ………………………..
Tema
II Lingkunganku ………………………………………….
Sub
Tema Keluargaku ………………………….
Sekolahku
………………………….
Rumahku
………………………….
Tema
III Kebutuhanku ………………………………………….
Sub
Tema Makanan dan Minuman ……………..
Pakaian
..............................................
Perilaku
Hidup Bersih dan Sehat …….
Tema
IV Binatang …………………………………………..
Sub
Tema Binatang Kesayangan …………………
Tema
V Tanaman ……………………………………………
Sub
Tema Kebunku ………………………………..
0 komentar:
Post a Comment