.
.
Uraian dari setiap Kompetensi Dasar untuk setiap
kompetensi inti adalah sebagai berikut.
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
KI-1. Menerima ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.
Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
|
|
1.2. Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa
syukur kepada Tuhan
|
||
KI-2. Memiliki perilaku
hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin,
mandiri, peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan
santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan
teman
|
2.1.
Memiliki perilaku yang
mencerminkan hidup sehat
|
|
2.2. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin
tahu
|
||
2.3.
Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap kreatif
|
||
2.4.
Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap estetis
|
||
2.5.
Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap percaya diri
|
||
2.6.
Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
|
||
2.7.
Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang
lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
|
||
2.8.
Memiliki perilaku yang
mencerminkan kemandirian
|
||
2.9. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya
|
||
2.10.
Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap kerjasama
|
||
2.11. Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri
|
||
2.12.
Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap jujur
|
||
2.13. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
santun kepada orang tua, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
|
||
KI-3. Mengenali diri,
keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi,
seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUDdengan cara:
mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba);
menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/ mengasosiasikan, dan
mengkomunikasi-kan melalui kegiatan bermain
|
3.1.
Mengenal
kegiatan beribadah sehari-hari
|
|
3.2.
Mengenal
perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
|
||
3.3.
Mengenal anggota
tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik
halus
|
||
3.4.
Mengetahui
cara hidup sehat
|
||
3.5.
Mengetahui
cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
|
||
3.6.
Mengenal benda
-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara,
tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
|
||
3.7.
Mengenal
lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,
budaya, transportasi)
|
||
3.8.
Mengenal
lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
||
3.9.
Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
|
||
3.10.
Memahami
bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
||
3.11.
Memahami
bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
|
||
3.12.
Mengenal
keaksaraan awal melalui bermain
|
||
3.13.
Mengenal emosi
diri dan orang lain
|
||
3.14.
Mengenali
kebutuhan, keinginan, dan minat diri
|
||
3.15.
Mengenal
berbagai karya dan aktivitas seni
|
||
KI-4. Menunjukkan yang
diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik,
gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku
anak berakhlak mulia
|
4.1.
Melakukan
kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
|
4.2.
Menunjukkan
perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
|
||
4.3.
Menggunakan
anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
|
||
4.4.
Mampu menolong
diri sendiri untuk hidup sehat
|
||
4.5.
Menyelesaikan
masalah sehari-hari secara kreatif
|
||
4.6.
Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan
ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
|
||
4.7.
Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll
tentang lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya,
transportasi)
|
||
4.8.
Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll
tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air,
batu-batuan, dll)
|
||
4.9.
Menggunakan
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
|
||
4.10.
Menunjukkan
kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
||
4.11.
Menunjukkan
kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non
verbal)
|
||
4.12.
Menunjukkan
kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
|
||
4.13.
Menunjukkan
reaksi emosi diri secara wajar
|
||
4.14.
Mengungkapkan
kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
|
||
4.15.
Menunjukkan
karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
|
CONTOH
KOMPETENSI
ISI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
KI-1: Menerima
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mempercayai
adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
|
-
Benda-benda
ciptaan Tuhan: batu, gunung, pasir, dst
-
Makhluk hidup
ciptaan Tuhan: binatang, manusia, tumbuhan
-
Gejala alam:
hujan, siang-malam, awan, dll
|
1.2 Menghargai
diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada
Tuhan
|
- memelihara diri sendiri:
bangga dengan diri sendiri, tidak mengejek teman,
- memelihara benda:
membersihkan, menyimpan yang masih diperlukan, menggunakan dengan tepat.
- memelihara makhluk hidup
yang ada di sekitar:memberi makan, menyiram bunga, dll
|
|
KI-3: Mengenali
diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar,
teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan
cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya;
mengumpulkan informasi; mengolah informasi/mengasosiasikan,dan
mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain
|
3.4 Mengetahui
cara hidup sehat
|
-
Makanan, dan
minuman sehat: makanan/minuman yang diperlukan tubuh, kandungan, zat makanan,
kehalalan,
-
Kebiasaan
sehat: mencuci tangan, menggosok gigi, merawat mata, merawat gigi, merawat
telinga
-
Lingkungan
sehat:membuang sampah,
|
3.6 Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola,
sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
|
- warna primer dan
sekunder: biru, merah, kuning, ungu, hijau, jingga, merah muda
-
bentuk: lingkaran, segi tiga, persegi, persegi pajang, oval, kubus, kerucut,
tabung
-
ukuran: besar-kecil, panjang, pendek, berat-ringan, lama-sebentar,
sekarang-kemarin-besok.
-
Pola: pola satu indicator AB-AB, ABC-ABC. Pola dua indicator AB-AB, ABC,ABC
-
Sifat: cair-padat-gas
-
suara: sumber suara, jenis suara, cepat-lambat suara, keras-lunak,
tinggi-rendah, dll
|
|
Dll
|
LATIHAN KERJA 1
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
KI-1: Menerima ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
|
|
1.2 Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa
syukur kepada Tuhan
|
||
KI-2: Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis,
percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerja sama, mampu
menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga,
pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
|
2.1. Memiliki
perilaku yang mencerminkan hidup sehat
|
|
2.2. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
|
||
2.3. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
|
||
2.4. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap estetis
|
||
2.5. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
|
||
2.6. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk
melatih kedisiplinan
|
||
2.7. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar
ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
|
||
2.8. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain
Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
|
||
2.9. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta
bantuannya
|
||
2.10. .
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang
lain
|
||
2.11. Memiliki perilaku yang dapat menye-suaikan diri
|
||
2.12. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
tanggungjawab
|
||
2.13. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur
|
||
2.14 . Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah
hati dan santun kepada orang tua, pendidik, dan teman
|
||
KI-3: Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar,
teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan
cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba);
menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/mengasosiasikan,dan
mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain
|
3.1 Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
|
|
3.2 Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
|
||
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik
kasar dan motorik halus
|
||
3.4 Mengetahui cara hidup sehat
|
||
3.5 Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
|
||
3.6 Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola,
sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
|
||
3.7 Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat
ibadah, budaya, transportasi)
|
||
3.8 Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan,
dll)
|
||
3.9 Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain,
peralatan pertukangan, dll)
|
||
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
||
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non
verbal)
|
||
3.12 Mengenal
keaksaraan awal melalui bermain
|
||
3.13 Mengenal
emosi diri dan orang lain
|
||
3.14
Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri
|
||
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
|
||
KI-4: Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan,dan dipikirkan melalui
bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta
mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
|
4.1 Melakukan
kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
|
4.2
Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
|
||
4.3
Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
|
||
4.4 Mampu
menolong diri sendiri untuk hidup sehat
|
||
4.5
Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
|
||
4.6
Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
|
||
4.7
Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak
tubuh, dll tentang lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat
ibadah, budaya, transportasi)
|
||
4.8
Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak
tubuh, dll tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air,
batu-batuan, dll)
|
||
4.9
Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain,
peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
|
||
4.10
Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
||
4.11
Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal)
|
||
4.12
Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
|
||
4.13
Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar
|
||
4.14
Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
|
||
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
|
No
|
Aspek Perkembangan
|
Kompetensi dasar
|
1
|
Nilai Agama
dan Moral
|
|
2
|
Fisik-Motorik
|
|
3
|
Kognitif
|
|
4
|
Bahasa
|
|
5
|
Sosial-emosional
|
|
6
|
Seni
|
Contoh
Perencanaan Program Semester
CONTOH PROGRAM SMESTER PAUD
PAUD “INSAN INSAN KENCANA”
No
|
Tema
|
Sub Tema
|
KD
|
Waktu
|
1
|
Diriku
|
1. Tubuhku
2. Kesukaanku
3. Identitasku
|
1.1, Mempercayai
Tuhan melalui ciptaan-Nya
1.2 Menghargai diri, orang lain, & lingk
2.1 Perilaku hidup sehat
2.2 Perilaku sikap ingin tahu
2.4 Sikap estetis
2.5 sikap percaya diri
3.1 dan 4.1 Kegiatan ibadah sehari-hari
3.3 dan 4.3 Mengenal
anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya
3.7 dan 4.7 Mengenal lingkungan keluarga
3.10 dan 4.10 Mampu menyimak cerita
|
Juli m. 2 s/d m. 4
|
2
|
Keluargaku
|
1. Anggota Keluargaku
2. Pekerjaan keluargaku
|
1.1
Mempercayai Tuhan melalui ciptaanNya
1.2 Menghargai
diri, orang lain, & lingk
2.3 Sikap
kreatif
2.5 sikap
percaya diri
2.8 Sikap Kemandirian
2.10 Sikap
kerjasama
3.3 dan 4.3
Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya
3.4 dan 4.4
Cara hidup sehat
3.12 dan 4.12
keaksaraan awal
|
Agustus m.1 dan m.2
|
3
|
Binatang peliharaan
|
1. Ayam
2. Kambing
3. Burung
|
1.2 Menghargai lingk sebagai rasa syukur
2.1 Perilaku hidup sehat
2.3. Sikap
kreatif
2.13. Sikap
santun kepada orang tua, guru, dan teman
3.1. Kegiatan
beribadah sehari-hari
3.6. Mengenal
benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
3.8. Mengenal
lingkungan alam (hewan)
3.14.
Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri
|
Agustus m 3 dan 4
|
4
|
Tanaman
|
1. Sayuran
2. Buah-buahan
3. Umbi-umbian
|
1.2 Menghargai lingk sebagai rasa syukur
2.1 Perilaku hidup sehat
2.3. Sikap
kreatif
2.13. Sikap
santun kepada orang tua, guru, dan teman
3.1. Kegiatan
beribadah sehari-hari
3.6. Mengenal
benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara,
tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
3.8. Mengenal
lingkungan alam (hewan)
3.14.
Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri
|
September m 1 - m4
|
Dst
|
Dst
|
Dst
|
Contoh:
RENCANA PROGRAM MINGGUAN (RPM)
SPS PAUD INSAN KENCANA
Smester : 1/Juli/Minggu ke 2-3-4
Tema : Diriku
Kelompok : B
(usia 5-6 Tahun)
KD : 1.1 – 1.2
– 2.3 – 2.5 – 2.8 – 2.10 – 3.3-4.3 – 3.4-4.4 – 3.12-4.12
No
|
Sub Tema
|
Materi
|
Rencana Kegiatan
|
1.
|
Tubuhku
|
1. Tubuhku
ciptaan Tuhan
2. Berterima
kasih sebagai kebiasaan sopan
3. Bagian
tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh
4. Kerapihan
berpakaian
5. Doa
sebelum dan sesudah belajar
6. Nama
anggota tubuh dan merawatnya
7. Keaksaraan
awal nama anggota tubun
|
1. Membuat
bingkai foto dengan ragam media
2. Membuat
boneka dari bahan bekas
3. Menggambar
dan Melukis orang
4. Gerak
dan lagu tentang tubuh
5. Membuat
anggota tubuh dengan ragam media
6. Bermain
peran di Rumah Sakit Mata
7. Melengkapi
huruf sesuai dengan gambar anggota tubuh dengan berbagai media
8. Mengelompokkan
gambar anggota tubuh dengan berbagai media
9. Membuat
bangunan rumah dengan balok
10. Dst
|
2
|
Kesukaanku
|
1.
Tuhan
menciptakan makananku
2.
berbicara
sopan menggunakan kata terima kasih
3.
menggosok gigi
setelah makan
4.
Kerapihan
menyimpan sepatu
5.
doa sebelum
dan sesudah makan
6.
nama anggota
tubuh dan merawatnya
7.
mengenal
tulisan nama makanan kesukaannu
|
-
|
3
|
Identitasku
|
1.
Tuhan
menciptakan manusia
2.
berbicara
sopan menggunakan kata tolong, maaf,
3.
Cara mencuci
tangan dengan sabun
4.
Kerapihan
berpakaian
5.
doa sebelum
dan sesudah belajar dan makan
6.
Ciri-ciri
tubuhku dan tubuh temanku
7.
Mengenal
tulisan nama sendiri
|
CONTOH
PENULISAN RPPH
Contoh
1. Model Sentra
Semester
/ bulan/Minggu ke : 1/Juli/2
Hari /
Tanggal
: Senin /14 Juli 2014
Kelompok / Usia
: B/5 – 6 Tahun
Tema / Sub Tema
: Diriku/Tubuhku
Materi
: Tubuhku ciptaan Tuhan
Menjawab pertanyaan dengan sopan
Bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh
Kerapihan berpakaian
Doa sebelum dan sesudah belajar
Nama anggota tubuh dan merawatnya
Keaksaraan awal nama anggota tubuh
Kegiatan Main
di
: Sentra Persiapan
Alat dan bahan: - Huruf-huruf
dari kertas atau plastic
- Kertas manila, gunting, lem, kapas, foto diri
- Kertas, spidol, krayon
- Gambar anggota tubuh, gunting, kertas untuk menempel, lem
PROSES
KEGIATAN:
A. Pembukaan
1.
Bernyanyi “ AKU”
2.
Tepuk “AKU”
3.
Mengamati diri
sendiri (cirri-ciri, atribut yang dikenakan, huruf-huruf nama diri)
4.
Berdiskusi
bagian-bagian tubuh yang boleh disentuh dan yang harus dijaga
5.
Diskusi yang
harus dilakukan sebagai rasa terimakasih terhadap Tuhan atas tubuhnya
6.
Berdiskusi cara
berpakaian yang bersih, sopan, dan rapi sebagai bentuk menjaga tubuh
7.
Berdoa sebelum
belajar
8.
Menggunakan kata
tolong, terima kasih, dan maaf dalam setiap kesempatan yang tepat
9.
Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain.
B.
Inti
1.
Menyusun huruf
nama diri
2.
Membuat hiasan
dinding dengan foto diri
3.
Menggambar foto
diri
4.
Menggunting dan
menempel anggota tubuh
Recalling:
1.
Merapikan mainan
2.
Diskusi tentang
perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.
Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.
Menceritakan dan
menunjukkan hasil karyanya
5.
Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
C. PENUTUP
1.
Menanyakan perasaan
selama hari ini
2.
Berdiskusi
kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.
Bercerita pendek
yang berisi pesan-pesan
4.
Menginformasikan
kegiatan untuk esok hari
5.
Berdoa setelah
belajar.
D. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap:
a.
Menyadari tubuhnya sebagai ciptaan Tuhan
b.
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan
dan keterampilan:
a.
Menunjukkan bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain
b.
Menjaga bajunya agar tetap rapi
c.
Dapat berdoa sebelum dan sesudah belajar
d.
Dapat merawat anggota tubuhnya
e.
Dapat menunjukkan huruf awal dari nama anggota tubuh
contoh 2: RPPH Model
AREA
Semester
/ bulan/Minggu ke : 1/Juli/2
Hari /
Tanggal
: Senin /14 Juli 2014
Kelompok / Usia
: B/5 – 6 Tahun
Tema / Sub Tema
: Diriku/Tubuhku
Materi
: Tubuhku ciptaan Tuhan
Menjawab pertanyaan dengan sopan
Bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh
Kerapihan berpakaian
Doa sebelum dan sesudah belajar
Nama anggota tubuh dan merawatnya
Keaksaraan awal nama anggota tubuh
Kegiatan Main
:1. Menyusun huruf nama diri (area baca tulis)
2.
Menyiapkan
sarapan di dapur (area drama)
3.
Melukis dengan
cat air (area seni)
4.
Bermain balok
(area balok)
Alat dan bahan: - Huruf-huruf
dari kertas atau plastic
- Alat-alat dapur dengan setting dapur untuk main peran
menyiapkan sarapan pagi
- Kertas, cat air, kuas
- Set balok
PROSES
KEGIATAN:
A. Pembukaan
1.
Bernyanyi “ AKU”
2.
Tepuk “AKU”
3.
Mengamati diri
sendiri (cirri-ciri, atribut yang dikenakan, huruf-huruf nama diri)
4.
Berdiskusi
bagian-bagian tubuh yang boleh disentuh dan yang harus dijaga
5.
Diskusi yang
harus dilakukan sebagai rasa terimakasih terhadap Tuhan atas tubuhnya
6.
Berdiskusi cara
berpakaian yang bersih, sopan, dan rapi sebagai bentuk menjaga tubuh
7.
Berdoa sebelum
belajar
8.
Menggunakan kata
tolong, terima kasih, dan maaf dalam setiap kesempatan yang tepat
9.
Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain.
B.
Inti
1.
Menyusun huruf
nama diri (area baca tulis)
2.
Menyiapkan
sarapan di dapur (area drama)
3.
Melukis dengan
cat air (area seni)
4.
Bermain balok
(area balok)
Recalling:
1.
Merapikan mainan
2.
Diskusi tentang
perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.
Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.
Menceritakan dan
menunjukkan hasil karyanya
5.
Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
C. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan selama hari ini
2.
Berdiskusi
kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.
Bercerita pendek
yang berisi pesan-pesan
4.
Menginformasikan
kegiatan untuk esok hari
5.
Berdoa setelah
belajar.
D. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap:
a.
Menyadari tubuhnya sebagai ciptaan Tuhan
b.
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan
dan keterampilan:
a.
Menunjukkan bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain
b.
Menjaga bajunya agar tetap rapi
c.
Dapat berdoa sebelum dan sesudah belajar
d.
Dapat merawat anggota tubuhnya
e.
Dapat menunjukkan huruf awal dari nama anggota tubuh
0 komentar:
Post a Comment