Home » » Promes, RPPM, RPPH K-13

Promes, RPPM, RPPH K-13

.
.


Uraian dari setiap Kompetensi Dasar untuk setiap kompetensi inti adalah sebagai berikut.

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR


KI-1. Menerima ajaran agama yang dianutnya
1.1.          Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya

1.2.          Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan


KI-2. Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
2.1.          Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat

2.2.          Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu

2.3.          Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif

2.4.          Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis

2.5.          Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri

2.6.          Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan

2.7.          Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan

2.8.          Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian

2.9.          Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya

2.10.       Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kerjasama

2.11.       Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri

2.12.       Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur

2.13.       Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun kepada orang tua, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman



KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUDdengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/ mengasosiasikan, dan mengkomunikasi-kan melalui kegiatan bermain





3.1.        Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari

3.2.        Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia

3.3.        Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus

3.4.        Mengetahui cara hidup sehat

3.5.        Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif

3.6.        Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya)

3.7.        Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,  budaya, transportasi)

3.8.        Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)

3.9.        Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)

3.10.    Memahami bahasa  reseptif (menyimak dan membaca)

3.11.    Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)

3.12.    Mengenal keaksaraan awal melalui  bermain

3.13.    Mengenal emosi diri dan orang lain

3.14.    Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri

3.15.    Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni

KI-4. Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
4.1.         Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa

4.2.         Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia

4.3.         Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus

4.4.         Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat

4.5.         Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif

4.6.         Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya

4.7.         Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)

4.8.         Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang  lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)

4.9.         Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya

4.10.     Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)

4.11.     Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)

4.12.     Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya

4.13.     Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar

4.14.     Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat

4.15.     Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media


CONTOH
KOMPETENSI ISI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
KI-1: Menerima ajaran agama yang dianutnya
1.1 Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
-      Benda-benda ciptaan Tuhan: batu, gunung, pasir, dst
-      Makhluk hidup ciptaan Tuhan: binatang, manusia, tumbuhan
-      Gejala alam: hujan, siang-malam, awan, dll
1.2 Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
- memelihara diri sendiri: bangga dengan diri sendiri, tidak mengejek teman,
- memelihara benda: membersihkan, menyimpan yang masih diperlukan, menggunakan dengan tepat.
- memelihara makhluk hidup yang ada di sekitar:memberi makan, menyiram bunga, dll
KI-3: Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/mengasosiasikan,dan mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain
3.4 Mengetahui cara hidup sehat
-      Makanan, dan minuman sehat: makanan/minuman yang diperlukan tubuh, kandungan, zat makanan, kehalalan,
-      Kebiasaan sehat: mencuci tangan, menggosok gigi, merawat mata, merawat gigi, merawat telinga
-      Lingkungan sehat:membuang sampah,
3.6  Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
- warna primer dan sekunder: biru, merah, kuning, ungu, hijau, jingga, merah muda
-  bentuk: lingkaran, segi tiga, persegi, persegi pajang, oval, kubus, kerucut, tabung
-  ukuran: besar-kecil, panjang, pendek, berat-ringan, lama-sebentar, sekarang-kemarin-besok.
-  Pola: pola satu indicator AB-AB, ABC-ABC. Pola dua indicator AB-AB, ABC,ABC
-  Sifat: cair-padat-gas
- suara: sumber suara, jenis suara, cepat-lambat suara, keras-lunak, tinggi-rendah, dll
Dll




LATIHAN KERJA 1
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI

KI-1: Menerima ajaran agama yang dianutnya
1.1  Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya

1.2 Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan



KI-2: Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
2.1. Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat

2.2. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu

2.3. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif

2.4. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis

2.5. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri

2.6. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan

2.7. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan

2.8. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian

2.9. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya

2.10. . Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain

2.11. Memiliki perilaku yang dapat menye-suaikan diri

2.12. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggungjawab

2.13. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur


2.14 . Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orang tua, pendidik, dan teman


KI-3: Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/mengasosiasikan,dan mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain
3.1 Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari

3.2 Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia

3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus

3.4 Mengetahui cara hidup sehat

3.5 Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif

3.6  Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya)

3.7 Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,  budaya, transportasi)

3.8 Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)

3.9 Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)

3.10 Memahami bahasa  reseptif (menyimak dan membaca)

3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)

3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui  bermain

3.13 Mengenal emosi diri dan orang lain

3.14 Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri

3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni


KI-4: Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan,dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
4.1 Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa

4.2 Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia

4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus

4.4 Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat

4.5 Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif

4.6 Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya

4.7 Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)

4.8  Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang  lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)

4.9 Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya

4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)

4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)

4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya

4.13 Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar

4.14 Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat


4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media





No
Aspek Perkembangan
Kompetensi dasar
1
Nilai Agama dan Moral

2
Fisik-Motorik

3
Kognitif

4
Bahasa

5
Sosial-emosional

6
Seni


  
Contoh Perencanaan Program Semester

CONTOH PROGRAM SMESTER PAUD
PAUD “INSAN INSAN KENCANA”

                                 No
Tema
Sub Tema
KD
Waktu
1
Diriku
1.   Tubuhku
2.   Kesukaanku
3.   Identitasku
1.1,  Mempercayai Tuhan melalui ciptaan-Nya
1.2 Menghargai diri, orang lain, & lingk
2.1 Perilaku hidup sehat
2.2 Perilaku sikap ingin tahu
2.4 Sikap estetis
2.5 sikap percaya diri
3.1 dan 4.1  Kegiatan ibadah sehari-hari
3.3 dan 4.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya
3.7 dan 4.7  Mengenal lingkungan keluarga
3.10 dan 4.10 Mampu menyimak cerita
Juli m. 2 s/d m. 4
2
Keluargaku
1.      Anggota Keluargaku
2.      Pekerjaan keluargaku
1.1 Mempercayai Tuhan melalui ciptaanNya
1.2 Menghargai diri, orang lain, & lingk
2.3 Sikap kreatif
2.5 sikap percaya diri
2.8 Sikap Kemandirian
2.10 Sikap kerjasama
3.3 dan 4.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya
3.4 dan 4.4 Cara hidup sehat
3.12 dan 4.12 keaksaraan awal
Agustus m.1 dan m.2
3
Binatang peliharaan
1.      Ayam
2.      Kambing
3.      Burung
1.2 Menghargai lingk sebagai rasa syukur
2.1 Perilaku hidup sehat
2.3. Sikap kreatif
2.13. Sikap santun kepada orang tua, guru, dan teman
3.1. Kegiatan beribadah sehari-hari
3.6. Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
3.8. Mengenal lingkungan alam (hewan)
3.14. Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri
Agustus m 3 dan 4
4
Tanaman
1.      Sayuran
2.      Buah-buahan
3.      Umbi-umbian
1.2 Menghargai lingk sebagai rasa syukur
2.1 Perilaku hidup sehat
2.3. Sikap kreatif
2.13. Sikap santun kepada orang tua, guru, dan teman
3.1. Kegiatan beribadah sehari-hari
3.6. Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
3.8. Mengenal lingkungan alam (hewan)
3.14. Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri
September m 1 - m4

Dst

Dst
Dst
Contoh:
RENCANA PROGRAM MINGGUAN (RPM)
SPS PAUD INSAN KENCANA
Smester : 1/Juli/Minggu ke 2-3-4
Tema : Diriku
Kelompok : B (usia 5-6 Tahun)
KD : 1.1 – 1.2 – 2.3 – 2.5 – 2.8 – 2.10 – 3.3-4.3 – 3.4-4.4 – 3.12-4.12

    No  
Sub Tema
Materi
Rencana Kegiatan
1.
Tubuhku
1.      Tubuhku ciptaan Tuhan
2.      Berterima kasih sebagai kebiasaan sopan
3.      Bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh
4.      Kerapihan berpakaian
5.      Doa sebelum dan sesudah belajar
6.      Nama anggota tubuh dan merawatnya
7.      Keaksaraan awal nama anggota tubun
1.      Membuat bingkai foto dengan ragam media
2.      Membuat boneka  dari bahan bekas
3.      Menggambar dan  Melukis orang
4.      Gerak dan lagu tentang tubuh
5.      Membuat anggota tubuh dengan ragam media
6.      Bermain peran di Rumah Sakit Mata
7.      Melengkapi huruf sesuai dengan gambar anggota tubuh dengan berbagai media
8.      Mengelompokkan gambar anggota tubuh dengan berbagai media
9.      Membuat bangunan rumah dengan balok
10.  Dst
2
Kesukaanku
1.      Tuhan menciptakan makananku
2.      berbicara sopan menggunakan kata terima kasih
3.      menggosok gigi setelah makan
4.      Kerapihan menyimpan sepatu
5.      doa sebelum dan sesudah makan
6.      nama anggota tubuh dan merawatnya
7.      mengenal tulisan nama makanan kesukaannu
-    
3
Identitasku
1.      Tuhan menciptakan manusia
2.      berbicara sopan menggunakan kata tolong, maaf,
3.      Cara mencuci tangan dengan sabun
4.      Kerapihan berpakaian
5.      doa sebelum dan sesudah belajar dan makan
6.      Ciri-ciri tubuhku dan tubuh temanku
7.      Mengenal tulisan nama sendiri




 CONTOH PENULISAN RPPH


 Contoh 1. Model Sentra
Semester / bulan/Minggu ke  : 1/Juli/2
Hari / Tanggal                         : Senin /14 Juli 2014
Kelompok / Usia                     : B/5 – 6 Tahun
Tema / Sub Tema                    : Diriku/Tubuhku
Materi                                      : Tubuhku ciptaan Tuhan
  Menjawab pertanyaan dengan sopan
Bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh
Kerapihan berpakaian
Doa sebelum dan sesudah belajar
Nama anggota tubuh dan merawatnya
 Keaksaraan awal nama anggota tubuh

Kegiatan Main di                    : Sentra Persiapan
Alat dan bahan: - Huruf-huruf dari kertas atau plastic
-    Kertas manila, gunting, lem, kapas, foto diri
-    Kertas, spidol, krayon
-    Gambar anggota tubuh, gunting, kertas untuk menempel, lem

PROSES KEGIATAN:
A.    Pembukaan
1.      Bernyanyi “ AKU”
2.      Tepuk “AKU”
3.      Mengamati diri sendiri (cirri-ciri, atribut yang dikenakan, huruf-huruf nama diri)
4.      Berdiskusi bagian-bagian tubuh yang boleh disentuh dan yang harus dijaga
5.      Diskusi yang harus dilakukan sebagai rasa terimakasih terhadap Tuhan atas tubuhnya
6.      Berdiskusi cara berpakaian yang bersih, sopan, dan rapi sebagai bentuk menjaga tubuh
7.      Berdoa sebelum belajar
8.      Menggunakan kata tolong, terima kasih, dan maaf dalam setiap kesempatan yang tepat
9.      Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain.

B.     Inti
1.      Menyusun huruf nama diri
2.      Membuat hiasan dinding dengan foto diri
3.      Menggambar foto diri
4.      Menggunting dan menempel anggota tubuh
      Recalling:
1.      Merapikan mainan
2.      Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.      Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.      Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.      Penguatan pengetahuan yang didapat anak

C.     PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan selama hari ini
2.      Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.      Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
5.      Berdoa setelah belajar.

D.    RENCANA PENILAIAN
1.      Sikap:
a.       Menyadari tubuhnya sebagai ciptaan Tuhan
b.      Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2.      Pengetahuan dan keterampilan:
a.       Menunjukkan bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain
b.      Menjaga bajunya agar tetap rapi
c.       Dapat berdoa sebelum dan sesudah belajar
d.      Dapat merawat anggota tubuhnya
e.       Dapat menunjukkan huruf awal dari nama anggota tubuh


contoh  2: RPPH  Model AREA
Semester / bulan/Minggu ke  : 1/Juli/2
Hari / Tanggal                         : Senin /14 Juli 2014
Kelompok / Usia                     : B/5 – 6 Tahun
Tema / Sub Tema                    : Diriku/Tubuhku
Materi                                      : Tubuhku ciptaan Tuhan
  Menjawab pertanyaan dengan sopan
Bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh
Kerapihan berpakaian
Doa sebelum dan sesudah belajar
Nama anggota tubuh dan merawatnya
 Keaksaraan awal nama anggota tubuh

Kegiatan Main                        :1. Menyusun huruf nama diri (area baca tulis)
2.      Menyiapkan sarapan di dapur (area drama)
3.      Melukis dengan cat air (area seni)
4.      Bermain balok (area balok)

Alat dan bahan: - Huruf-huruf dari kertas atau plastic
-    Alat-alat dapur dengan setting dapur untuk main peran menyiapkan sarapan pagi
-    Kertas, cat air, kuas
-    Set balok

PROSES KEGIATAN:
A.    Pembukaan
1.      Bernyanyi “ AKU”
2.      Tepuk “AKU”
3.      Mengamati diri sendiri (cirri-ciri, atribut yang dikenakan, huruf-huruf nama diri)
4.      Berdiskusi bagian-bagian tubuh yang boleh disentuh dan yang harus dijaga
5.      Diskusi yang harus dilakukan sebagai rasa terimakasih terhadap Tuhan atas tubuhnya
6.      Berdiskusi cara berpakaian yang bersih, sopan, dan rapi sebagai bentuk menjaga tubuh
7.      Berdoa sebelum belajar
8.      Menggunakan kata tolong, terima kasih, dan maaf dalam setiap kesempatan yang tepat
9.      Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain.

B.     Inti
1.      Menyusun huruf nama diri (area baca tulis)
2.      Menyiapkan sarapan di dapur (area drama)
3.      Melukis dengan cat air (area seni)
4.      Bermain balok (area balok)
   



  Recalling:
1.      Merapikan mainan
2.      Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.      Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.      Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.      Penguatan pengetahuan yang didapat anak

C.     PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan selama hari ini
2.      Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.      Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
5.      Berdoa setelah belajar.

D.    RENCANA PENILAIAN
1.      Sikap:
a.       Menyadari tubuhnya sebagai ciptaan Tuhan
b.      Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2.      Pengetahuan dan keterampilan:
a.       Menunjukkan bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain
b.      Menjaga bajunya agar tetap rapi
c.       Dapat berdoa sebelum dan sesudah belajar
d.      Dapat merawat anggota tubuhnya
e.       Dapat menunjukkan huruf awal dari nama anggota tubuh

0 komentar:

Search This Blog

Popular Posts

Followers

Followers

Total Pageviews