Home » » Pembuatan Kerupuk Jagung

Pembuatan Kerupuk Jagung

.
.
BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Sesuai Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan bahwa lulusan SMK diharapkan menjadi siswa yang siap pakai di masyarakat. Di dalam kurikulum sekolah ditetapkan bahwa untuk mewujudkan program tersebut para siswa diharuskan mengikuti dan melaksanakan prakerin antara lain: ketentuan kurikulum SMK, Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan berdasarkan pendekatan Pendidikan Pendidikan Sistem Ganda, Visi dan Misi SMK.
Program pendidikan sistem ganda sangat dibutuhkan dalam penguasaan kompetensi dan pembentukan sikap profesi siswa seperti tercermin dalam tujuan pendidikan dan pelatihan SMk yaitu melaksanakan pendidikan dan pelatihan terutama bertujuan untuk membekali peserta diklat mengembangkan kepribadian, potensi akademik, dan dasar-dasar keahlian yang kuat dan benar melalui pembelajaran program adaktif, normatif, dan produktif. Dan pendidikan pelatihan di dunia kerja bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja yang sesungguhnya agar peserta mengusai kompetensi keahlian produktif standar, menginternalisasi kepada standar mutu, nilai-nilai ekonomi dan jiwa kewirausahawan, serta membentuk etos kerja yang kritis, produktif, kompetitif.
Karena melihat besarnya manfaat dari kegiatan praktek kerja industri ini dalam meningkatkan potensi yang ada di dalam siswa maka sampai saat ini program ini sudah menjadi keharusan untuk lanjut ketingkat berikutnya serta uji kompetensi yang harus diselesaikan.
Sesuai dengan praktek kerja industri yang penulis lakukan telah selesai, maka penulis menyampaikan laopran kegiatan PRAKERIN sebagai tahapan sebagai tugas akhir yang harus penulis lakukan. Laporan yang penulis sampaikan adalah laporan kegiatan yang penulis lakukan selama PRAKERIN di Perusahaan Putri Mandiri di Jl.Kertamanah PTPN VIII Margamukti-Pangalengan Bandung.
Adanya beberapa kegiatan PRAKERIN yang penulis pelajari yang ada diperusahaan baik yang telah penulis baik langsung ataupun tidak langsung merupakan salah satu acuan bagi penulis untuk penyajian laporan PRAKERIN dengan mengangkat topik “.............”
Maka sesuai dengan tujuannya uraian-uraian dalam laopran ini berusaha memberikan laporan umum tentang keterlibatan penulis dalam PRAKERIN selama tiga bulan di perusahaan Putri Mandiri Pangalengan. Dalam laporan ini juga dijelaskan pelaksanaan PRAKERIN.
  1. Identifikasi Masalah
Untuk memudahkan penyusunan laporan ini penulis membatasi masalah yang akan dibahas. Dengan demikian yang menjadi pokok masalah adalah sebagai berikut dibawah ini :
1.      Bagaimana sejarah Pembuatannya Kerupuk Jagung?
2.      Dimana lokasi produksi Kerupuk jagung?
3.        Bahan-bahan dan alat-alat yang diperlukan dalam proses pembuatan Kerupuk jagung?
4.      Bagaimana proses pembuatan Kerupuk Jagung?
5.      Bagaimana ketenagakerjaan disana?
6.      Bagaimana pendistribusian Kerupuk jagung?
 Dengan melihat pokok-pokok permasalahan diatas penyusun berusaha menjelaskan hal-hal tersebut di atas.
  1. Tujuan
1.3.1        Tujuan Khusus
Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)  adalah hasil penulisan Siswa setalah menyelesaikan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)  berdasarkan data yang di peroleh dan dituangkan dalam bentuk laporan. Adapun tujuan pembuatan laporan ini antara lain:  
a.      Sebagai pertanggungjawaban siswa yang telah melaksanakan Tugas Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)  yang berkaitan dengan program tekhnik Pengolahan hasil Pertanian.
b.     Sebagai salah satu bukti bahwa siswa yang bersangkutan telah melakukan   Praktek Kerja Industri dengan baik.
1.      Mendorong siswa agar mampu mengembangkan atau mengemukakan  pikiran dan pendapatnya serta mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan yang sistematis, logis, dan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2.         Meningkatkan kreativitas Siswa dalam penulisan yang bersikap objektif dan  ilmiah.
1.3.2        Tujuan Umum
Praktek kerja industri pada dasarnya mempunyai tujuan yang sangat bermanfaat bagi para siswa/i yang telah melakukannya, adapun tujuan dari program ini adalah sebagai berikut :
  1. memberikan kesempatan pada setiap siswa/i agar mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja,
  2. Menumbuhkan dan memantapkan sikap prefesional yang di perlukan siswa/i sebelum memasuki dunia kerja.
  3. Memperluas pengetahuan dan keterampilan siswa/i tentang tekhnik pengolahan hasil pertanian.
  4. Melati mental, sikap disiplin, dan tanggung jawab sebagai bekal saat memasuki dan terlibat dalam Industri.
  1. Manfaat Prakerin
1.   Menambah pengetahuan serta pengalaman di dunia kerja
2.   Meningkatkan kedisplinan dalam bekerja
3.   Mengembangkan sikap profesionalisme dalam bekerja
4.   Menambah wawasan tentang dunia kerja
BAB II
PELAKSANAAN 
Untuk lebih lengkapnya silahkan download Disini

0 komentar:

Search This Blog

Popular Posts

Followers

Followers

Total Pageviews