Home » » Proses Penjemuran Pada Keripik Kentang

Proses Penjemuran Pada Keripik Kentang

.
.


KATA PENGANTAR


Segala puji bagi Allah SWT, sebagai pencipta alam semesta ini, shalawat beserta salam semoga tercurah limpahkan kepada jungjunan kita nabi besar Muhammad SAW, yang mana telah  melimpahkan rakhmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat melaksanakan dan menyelesaikan laporan pra tik kerja industri ini dengan baik dan lancar serta tepat pada waktunya.
Penulis menyusun laporan ini adalah dalam rangka unutk memenuhi standar kompetensi lullusan, dalam program keahlian Tekhnologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) di SMK Negeri 1 Naringgul, penulis berharap laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis sendiri dan umumnya bagi pembaca.
Adapun dalam kesempatan ini penulis mengambil judul “Proses Penjemuran Pada Keripik Kentang” di Perusahaan Keripik Kentang Babakan Cianjur (BBC) Ds. Sukamanah, Kec. Pangalengan Kab. Bandung. Dalam kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya  kepada :
1.        Bapak Drs. Jajat Sudrajat, selaku kepala sekolah SMK Negeri 1 Naringgul.
2.        Bapak Riyanto, S.Pd.I selaku Ketua Prakerin SMK N 1 Naringgul Tahun Pelajaran 2014-2014.
3.        Bapak Dede Supriadi, S.P selaku Ketua Jurusan dan Pembimbing I Tekhnologi Pengolahan Hasil Pertanian SMK N 1 Naringgul
4.        Bapak Pirman Refi Sutrisna, S.Pd selaku PKSU Kesiswaan SMK Negeri 1 Naringgul yang membantu laporan ini.
5.        Bapak Sahlin, S.Pd selaku pembimbing 2 dalam Praktik Kerja Industri
6.        Bapak Mamat Rachmat selaku pimpinan perusahaan;
7.        Kedua orang tua tercinta dan saudara yang telah memberikan begitu banyak dukungan yang besar berupa moril maupun materiil
8.        Rekan-rekan siswa/siswi SMK Negeri 1 Naringgul yang telah berupaya membantu peulis laporan ini.
Dengan demikian hanya kepada Allah SWT, penulis memanjatkan do’a semoga amal kebaikan yang baik/ibu dan berbagai pihak berikan kepada penulis menjadi ibadah yang akan mendapat imbalan dari-Nya aamiin.
Cianjur,  Juni 2014
Penulis



DAFTAR ISI


Hal
KATA PENGANTAR..........................................................................................       i
DAFTAR ISI .......................................................................................................     iii
DAFTAR TABEL ...............................................................................................     iv
DAFTAR LAMPIRAN.........................................................................................      v
BAB I PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang...........................................................................................      1
1.2         Identifikasi Masalah...................................................................................      3           
1.3         Tujuan Prakerin..........................................................................................      3
1.4         Manfaat Prakerin........................................................................................      3                       
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1         Kentang......................................................................................................      5
2.2         Kandungan Gizi Kentang...........................................................................      6
2.3         Manfaat Kentang Bagi Kesehatan...............................................................      8
BAB III METODE PELAKSANAAN PRAKERIN
3.1         Waktu dan Tempat.....................................................................................    10           
3.2         Sejarah Singkat Perusahaan........................................................................    10
3.3         Metode Pelaksanaan Prakerin.....................................................................    11
3.4         Struktur Organisasi Perusahaan .................................................................    13
3.5         Jumlah Tenaga Kerja..................................................................................    13
3.6         Strategi Pelaksanaan Prakerin.....................................................................    14
BAB IV PEMBAHASAN        
4.1         Proses Penjemuran Pada Pengolahan Keripik Kentang...............................    15
4.2         Masalah dan Pemecahannya.......................................................................    15
BAB V PENUTUP
5.1         Kesimpulan................................................................................................    16                       
5.2         Saran..........................................................................................................    17           
DAFTAR PUSTAKA...........................................................................................    18
LAMPIRAN-LAMPIRAN....................................................................................    19



DAFTAR TABEL
                                                                                               
No
Keterangan
Halaman
1
Tabel 1. Kandungan Gizi pada setiap 100 gram dagingnya
6
2
Tabel 2. Kandungan Mineral pada Kentang
7
3
Tabel 3. Kandungan Gizi Umbi Kentang
8




DAFTAR LAMPIRAN
                                                                                               
No
Keterangan
Halaman
1
Lampiran  1  Panen kentang di perusahaan keripik kentang BBC
20
2
Lampiran  2  Kentang yang sudahdi cuci
21
3
Lampiran  3  Penjemuran Keripik Kentang BBC
22


BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
Seiring dengan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang perekonomian mengakibatkan permasalahan di bidang lingkungan bisnis. Disamping itu meningkatkan perokonomian masyarakat secara keseluruhan dan kesadaran masyarakat tentang ekonomi masing-masing. Jika dianalisa kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang perekonomian yang telah dicapai dewasa ini, seharusnya semakin memberikepuasan untuk hidup berekonomi sehingga menghasilkan ketenangan dan kebahagian yang lebih bayak kepada individu dalam hidupnya.
Harga kentang yang turun naik dari setiap  musim panen sering dialami oleh petani. Pengolahan hasil kentang menjadi keripik kentang meningkatkan diversikasi produk kentang sehingga dapat meningkatkan nilai jualnya di pasar.
Keripik kentang salah satu produk pengolahan kentang. Camilan  ini rasanya enak, disukai banyak orang karena kerenyahannya  dan relatif tahan untuk disimpan. Untuk membuatnya bahan yang diperlukan tidak terlalu mahal dan mudah didapat, karena kentang adalah semusim dan menyukai iklim yang sejuk. Di daerah tropis cocok ditanam di dataran tinggi. Daerah yang cocok untuk budi daya kentang adalah dataran tinggi atau pegunungan dengan ketinggian 1.000-1.300 meter di atas permukaan laut, curah hujan 1.500 mm per tahun, suhu rata-rata harian 18-210 C, serta kelembaban udara 80-90 persen.
Prospek usaha di dalam pembuatan kripik kentang cukup besar karena ini adalah salah satu makanan cemilan yang banyak diminati oleh konsumen sehingga peluang usahanya cukup besar. Dengan permintaan pasar yang cukup tinggi, ketersediaan bahan baku yang melimpah serta cara pembuatan yang relatif mudah menjadikan usaha keripik kentang ini layak dijadikan peluang usaha rumahan yang berprospek cerah.
Masalah yang dihadapi saat ini oleh pengusaha keripik kentang adalah membuat keripik kentang yang tidak berwarna kecoklatan, umbi kentang sangat banyak mengandung enzim yaitu enzim polipenolase, oleh karena itu umbi kentang sangat mudah mengalami perubahan warna terutama menjadi warna coklat (browning) karena rekasi enzimatis dan non enzimatis yaitu rekasi mailard (sunarjono, 1975).
Hasil olahan dari kentang harus mempunyai warna dan bentuk yang menarik, rasa dan aroma yang enak disrtai tekstur yang baik. Disamping itu, kentang yang akan dipakai untuk industri pengolahan juga harus mengandung padatan yang tinggi dengan bentuk yang baik disertai dengan permukaan yang rata (Juanda, 1988).
Perusahaan keripik kentang yang ada di Pangalengan adalah pabrik kentang Babakan Cianjur (BBC). Pabrik keripik kentang BBC termasuk kedalam industri rumah tangga (home industry). Bahan baku yang digunakannya adalah jenis kentang Granola karena varietas ini mempunyai potensi produksi yang sangat tinggi, yaitu dapat mencapai 30-35 ton perhektare, kulit umbi dan daging umbi berwarna kuning, umbinya berbentuk oval, kualitas baik berumur 90 hari, meskipun umur 80 hari sudah bosa dipanen, umumnya tahan terhadap beberapa penyakit yang sering menyerang tanaman kentang (Budi Samadi, 1997).
Pabrik keripik kentang BBC, setiap hari memproduksi sebanyak 1 kwintal, dimana kentang telah melalui proses sortasi sebelumnya, dengan produk yang dihasilkan sekitar 12 Kg atau kurang lebih 12-14% dari berat kentang, sampai saat ini produksi kentang BBC dipasarkan di kios-kios yang ada di daerah Pangalengan dan Bandung.



1.2         Identifikasi Masalah
a.       Bagaimana proses penggorengan pada keripik kentang ?
b.      Masalah dan pecahannya ?
1.3         Tujuan Prakerin
Maksud dari Prakerin yaitu untuk memenuhi sarat UAN dan untuk mengumpulkan data-data informasi sebagai sumber yang dijadikan bahan acuan untuk memenuhi tugas sekolah yaitu laporan Praktikum.
Sedangkan tujuan Prakerin adalah :
a.              Membentuk mental siswa-siswi agar mempunyai jiwa pekerja keras yang mampu konsisten.
b.             Menambah pengetahuan siswa-siswi dimasing-masing bidangnya.
c.              Memberikan suatu motivasi dari siswa-siswi menuntun dirinya mampu melakukan pekerjaan yang sesuai dengan ahlinya.
d.             Memberikan bekal gambaran pada siswa-siswi seperti apakah bekerja itu.
e.              Terjadinya pemindahan atau transfer ilmu pengetahuan dan tekhnologi dunia usaha atau industri ke sekolah.
f.              Meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam pencapaian tamatan SMK yang professional.
1.4         Manfaat Prakerin
Dalam pelaksanaan Prakerin banyak sekali manfaat bagi penulis (pelaksana Prakerin) diantaranya sebagai berikut :
a.              Manfaat bagi penulis
1)            Meningkatkan keterampilan serta kemampuan dalam dunia industri dan dunia kerja.
2)            Memperluas masukan guna memperbaiki dan mengembangkan bakat sesuai pendidikan kejuruan;
3)            Meningkatkan pengenalan kerja pada siswa yang potensial dalam lapangan kerja antara lain struktur organisasi usaha serta manajemen itu sendiri.
4)            Meningkatkan, memperluas dan memantapkan proses penyerapan teknologi baru dari sekolah, lapangan kerja dan sebagainya.
5)            Memberi peluang usaha serta menempatkan tamatan yang terdidik
6)            Menumbuhkan sifat kerja sama dalam sebuah organisasi
7)            Menumbuhkan semangat jiwa wira usaha
8)            Siswa lebih siap menghadapi masa depan dalam bidang usaha dan bisnis yang mandiri.
9)            Untuk menghasilkan keterampilan dalam bidang pemberian vitamin ayam petelur.
10)        Siswa mampu dalam mencari alternative pemecahan masalah kejuruan secara lebih luas dan mendalam dari isi laporan ini.
11)        Siswa mampu memahami, memanfaatkan serta mengembangkan pelajaran yang didapat dari sekolah dan menerapkan di dunia usaha.
12)        Mengumpulkan data-data guna kepentingan sekolah dan dirinya sendiri membantu dan meringankan beban perusahaan.
b.             Manfaat Bagi Sekolah
Manfaat prakerin bagi sekolah antara lain sebagai berikut :
1)            Untuk menghasilkan keterampilan para  siswa dibidang Teknologi Hasil Pertanian (TPHP)
2)            Tercapainya Visi dan Misi sekolah SMK Negeri 1 Naringgul dan meningkatkan keterampilan siswa mampu bersaing dengan sekolah lain.
c.              Manfaat bagi Perusahaan
Manfaat Prakerin bagi perusahaan antara lain sebagai berikut :
1)            Bisa membantu semua kegiatan yang berlangsung di perusahaan
2)            Membantu menciptakan tenaga kerja yang handal dan berkualitas,
3)            Menjalin kerjasama atau silaturahmi antara pihak sekolah dan perusahaan
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1              Kentang

Umbi kentang (Solanum tuberasum L.) termasuk jenis tanaman sayuran semusim, berumur pendek, dan berbentuk perdu atau semak. Kentang termasuk tanaman semusim karena hanya satu kali berproduksi, setelah itu mati. Kentang berumur pendek yaitu hanya 90-180 hari. Umur tanaman kentang bervariasi menurut varietasnya (Samadi, 2003).
Tanaman kentang dapat menghasilkan bahan pangan yang bergizi secara lebih cepat pada lahan yang lebih sempit serta kondisi iklim lebih keras, dibandingkan dengan tanaman pangan utama lainnya (Horton, 1981). Di negara-negara berkembang dan beriklim tropis, kentang lebih berfungsi sebagai sumber protein berkualitas tinggi dibandingkan sebagai sumber energi, karena harus bersaing dengan tanaman pangan lain yang merupakan bahan makanan pokok (misalnya padi). Sebagai salah satu jenis sayuran, kentang memiliki kandungan ascorbic acid, thiamin, niacin, pyridoxine dan pantothenic acid yang setara dengan jenis sayuran lainnya (Woolfe, 1987).
Kentang merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang bergizi. Zat gizi yang terdapat dalam umbi kentang antara lain karbohidrat, mineral (besi, fosfor, magnesium, natrium, kalsium, dan kalium), protein, serta vitamin terutama vitamin C dan B1. Kentang juga memiliki kadar air cukup tinggi yaitu sekitar 78%. Nilai energi sebuah umbi kentang yang berukuran sedang ini adalah 100 kalori yang sama
Kentang (potato solanum tuberosum) sejenis sayur yang masih famili dengan umbi-umbian, bentuknya yang sederhana menyimpan sejuta manfaat bagi tubuh kita. Tidak hanya itu kentang juga sangat fleksibel untuk diolah menjadi berbagai macam penganan. Digoreng, direbus, dipanggang, dimakan dengan bistik dan sayuran dan dibuat sebagai campuran dalam pembuatan kue. Kentang dipakai sebagai makanan pokok diberbagai negara, juga di Indonesia kentang pertama kali diperkenalkan oleh bangsa Belanda dan kerapkali digunakan sebagai pengganti nasi terutama bagi penderita diabetes.
Selain sebagai sumber energi, kandungan mineral kalsium dan fosfor pada kentang cukup tinggi sehingga bermanfaat memelihara kesehatan tulang. 
Kandungan mineral natrium dengan kadar alkalin yang cukup tinggi dapat meningkatkan pH yang terlalu asam pada tubuh, sehingga dapat memelihara hati, mempertinggi elastisitas jaringan dan lenturnya otot-otot tubuh. Manfaat kentang lainnya yaitu untuk menetralisir asam urat dalam darah, mengobati penyakit ginjal, jantung dan dapat mengurangi lendir pada tenggorokan dan hidung.
Segala jenis makanan jika dimakan dalam jumlah yang berlebih akan menimbulkan efek yang tidak baik bagi tubuh. Demikian pula kentang disamping manfaatnya yang luar biasa, kentang juga mempunyai kelemahan yakni mengandung solanin. Jika kentang dimakan dalam jumlah berlebihan, kandungan solanin-nya dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare.
2.2              Kandungan Gizi Kentang
Berikut adalah daftar 30 kandungan gizi pada kentang dalam setiap 100gr dagingnya.
Tabel 1. Kandungan Gizi pada setiap 100 gram dagingnya
Kandungan
Jumlah
Air (g)
77
Energi (kJ)
360
Protein (g)
1.6
Lemak (g)
0.05
Karbohidrat (g)
20
Fiber (g)
3
Gula (g)
4.18
Kalsium (mg)
30
Besi (mg)
0.61
Magnesium (mg)
25
Fosfor (mg)
47
Kalium (mg)
337
Sodium (mg)
55
Zinc (mg)
0.3
Tembaga (mg)
0.15
Manggan (mg)
0.26
Selenium (μg)
0.6
Vitamin C (mg)
2.4
Thiamin (mg)
0.08
Riboflavin (mg)
0.06
Niacin (mg)
0.56
Pantothenic acid (mg)
0.80
Vitamin B6 (mg)
0.21
Folate Total (μg)
11
Vitamin A (IU)
14187
Vitamin E, alpha-tocopherol (mg)
0.26
Vitamin K (μg)
1.8
Beta-karoten (μg)
8509
Asam Lemak Jenuh (g)
0.02
Asam Lemak tak jenuh (g)
0.01
Sumber : Wikipedia
Tabel 2. Kandungan Mineral pada Kentang
Mineral
Jumlah
Kalsium (Ca)
30 mg
Magnesium (mg)
23 mg
Fosfor (p)
38 mg
Tembaga (Cu)
0,432 mg
Mangan (Mn)
0,602 mg
Seng, Zn
0,35 mg
Besi (Fe)
3,24 mg
Pottasium (K)
413 mg
Sodium (Na)
10 mg
Sumber : Anonymous, 2005




Tabel 3. Kandungan Gizi Umbi Kentang
Kandungan
Jumlah (%)
Air
72,10 – 80 %
Bahan padat kering
23,0 %
Protein
2,00%
Lemak
0,056-0,11 %
Karbohidrat
12,40%
Gula
0,20 – 6,80 %
Abu
0,96 %
Serat Kasar
0,40-1,00%
Sumber : Anonymous, 2005

2.3              Manfaat Kentang Bagi Kesehatan
Kentang sebagai sumber makanan yang sangat popular dan juga  memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia di antaranya :
1.             Berat badan
Kentang kaya akan karbohidrat dan kurang protein. Hal ini menjadikan kentang makanan yang ideal bagi mereka yang ingin meningkatkan berat badan. Vitamin yang terkandung dalam kentang seperti vitamin C dan B kompleks juga penting untuk penyerapan karbohidrat.
2.             Pencernaan
Karena kentang kaya karbohidrat, sehingga mudah untuk dicerna dan memperlancar pencernaan. Hal ini membuat kentang manjadi makanan baik bagi pasien, bayi dan orang-orang yang mengalami masalah pencernaan.
3.             Perawatan kulit
 Vitamin B-kompleks dan mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, dan seng adalah sumber yang baik untuk kesehatan kulit. Ampas kentang yang dilumatkan dan dicampur dengan madu, juga dapat digunakan sebagai pembersih keriput dan noda kulit lainnya akibat penuaan.
4.             Fungsi otak
Kinerja otak sangat tergantung pada pasokan oksigen, kadar glukosa, magnesium, vitamin B kompleks dan beberapa hormon, seperti asam amino dan asam lemak seperti omega-3 asam lemak. Kentang memenuhi hampir semua kebutuhan yang disebutkan di atas. Selain itu, kentang juga mengandung zat tertentu seperti seng dan fosfor yang baik untuk otak juga.
5.             Peradangan
Nutrisi yang terkandung dalam kentang seperti vitamin C, vitamin B dan potasium adalah sumber yang baik untuk meredakan peradangan, baik internal maupun eksternal seperti radang usus dan sistem pencernaan. Karena lembut dan mudah dicerna membuat kentang makanan yang baik bagi mereka yang memiliki luka mulut.
6.             Rematik
Beberapa nutrisi seperti vitamin, kalsium dan magnesium dalam kentang dapat membantu mengurangi rematik.



BAB III
METODE PELAKSANAAN PRAKERIN

3.1         Waktu dan Tempat
Pelaksanaan Prakerin dilaksanakan selama kurang lebih 3 bulan, terhitung dari mulai tanggal 15 Januari – 24 Maret 2014, yang bertempat di RT 02 RW. 04 Kp. Babakan Cianjur (BBC), Sukamanah Pangalengan Bandung.
3.2         Sejarah Singkat Perusahaan
Pada tahun 1998 pabrik keripik kentang BBC didirikan dan mulai memproduksi pada tahun yang sama pula, merek dagang keripik kentang diambil dari nama jalam dimana lokasi pabrik itu berada, yaitu di Jalan Babakan Cianjur yang berda di daerah Pangalengan.
Pabrik keripik kentang BBC didirikan oleh Bapak Rachmat, dimana Bapak Rachmat ini adalah petani kentang, pada saat itu Bapak M. Rachmat sedang memikirkan bagaimana caranya agar hasil panen umbi kentang di perkebunannya tidak menjadi sia-sia, karena kentang pada saat itu sulit dipasarkan disebabkan harga kentang turun drastis. Pada saat iitu pak Rachmat jalan-jalan ke Bandung, di daerah kebon kalapa  yang banyak menjual makanan ringan sebagai oleh-oleh Bandung, yang salah satu diantaranya keripik kentang. Setelah melihat-lihat Pak Rachmat terpikirkan untuk membuat keripik kentang dirumahnya.
Bapak M. Rachmat ini mulai melakukan percobaan untuk menemukan resep keripik kentang olahannya dengan dibantu oleh isterinya, walupun sudah beberapa kali mengalami kegagalan, tetapi Pak Rachmat tidak putus asa ia terus menerus mencoba resep-resep baru hingga akhirnya ia berhasil dan mulai memesarkan keripik kentang hasil olahannya ke warung-warung tetangga dan kios-kios disekitar Pangalengan dan ternyata disukai konsumen.
Setelah usanya berkembang, maka Pak Rachmat menginfestasikan beberapa perlengkapan produksinya dengan membebaskan sebagaian lahannya untuk dijadikan tempat produksinya.
Pada tahun 1996 pabrik keripik kentang BBC telah mendapatkan izin Depkes RI, SP, XIO.430/10:20/96, setelah Pak Rachmat dapat memnuhi para pelanggan dan adanya penawaran pemasolan dari beberapa supermarket.
3.3         Metode Pelaksanaan Prakerin
Pelaksanaan kegiatan Prakerin dilaksanakan secara bertahap sebagaimana bagan dibawah ini :
Survei
Pembekalan
Penjemputan
Bimbingan Pembuatan Laporan
Pemberangkatan
Kegiatan Industri

Ujian Praktek

Persentasi Laporan
Monitoring
Penilaian dan Sertifikat
 






Keterangan :
a.              Survei
Pertama para pembimbing melakukan survey (peninjauan) keperusahaan untuk ditempatkan dibidang praktek kerja industri (Prakerin) dengan waktu yang berbeda.
b.             Pembekalan
Setelah survey telah disetujui antara pihak perusahaan maupun pihak sekolah, dan sebelum siswa diberangkatkan maka ketua jurusan terlebih dahulu memberikan pembekalan pada siswa yang akan melaksanakan Prakerin, yang berisi pengarahan dan nasihat baik itu secara materi maupun secara lisan tentang semua yang menyangkut kegiatan Prakerin.
c.              Pemberangkatan
Dilaksanakan pada tanggal 15 Januari 2014 pada pukul 06.30 WIB beserta semua peserta dengan transportasi mobil bersama para pembimbing, setelah sampai ditempat tujuan peserta Prakerin dipisahkan sesuai dengan kelompok yang berbeda kecuali kelompok 1 dan 2 tempatnya di Pangalengan. Oleh karena itu, ketua jurusan mewajibkan siswa untuk mengikuti kegiatan Prakerin sesuai dengan prosedur kegiatan kerja yang telah ditentukan oleh sekolah dan perusahaan.
d.             Kegiatan Industri
Dilaksanakan setiap hari senin sampai sabtu, dimulai pada pukul 07.00-15.00 WIB, atau biasa juga dimulai pada 15.00-23.00 WIB, system pembagian kerja terdiri dari 2 kelompok, satu kelompok terdiri dari 5 orang,  setiap siswa harus mengikuti kegiatan rutin sehari-hari yang ditempat kerja kecuali hari minggu karena libur.
e.              Monitoring
Dilakukan oleh pembimbing setiap satu bulan sesuai yang berisi pengarahan penyampaian materi dan cara pembuatan laporan.
f.              Penjemputan
Setelah Prakerin selagi dilaksanakan selama 3 bulan kemudian para pembimbing melakukan penjemputan pada tanggal yang telah ditentukan.



g.             Pembimbing pembuatan laporan
Setelah siswa dipulangkan dari tempat Prakerin, maka siswa diwajibkan untuk membuat laporan dengan dibantu para pembimbing masing-masing.
h.             Persentasi  Laporan
Setelah laporan selesai maka wajib dilakukan persentasi laporan yang baik dan benar untuk diajukan dalam sidang nanti dan harus dikumpulkan dengan tepat waktu.
i.               Ujian Prakerin
Dilaksanakan sebelum UAS siswa kelas X dan XI, maka para peserta Prakerin melaksanakan dengan tepat waktu yang telah ditentukan.
j.               Penilaian dan Sertifikat
Selain ujian Praktek (sidang) dilakukan, maka siswa Prakerin mendapatkan nilai dan sertifikat dari pihak sekolah maupun dari pihak industri.
3.4         Struktur Organisasi Perusahaan
PIMPINAN
PERUSAHAAN
ADMINISTRASI
DAN KEUANGAN

PRODUKSI

PEMASARAN

KARYAWAN

3.5         Jumlah Tenaga Kerja
Perusahaan keripik kentang BBC Pak Rachmat memiliki jumlah karyawan yang terdiri dari 6 orang karyawan, yang terdiri dari 5 orang karyawan wanita dan 1 karyawan pria hamppir semua tenaga kerja berasal dari sekitar pabrik. Lulusan pendidikan karyawan lulusan  tingkat sekolah dasar (SD) sebagian diantaranya belum berpengalaman pada saat diterima sebagai karyawan di pabrik keripik kentang BBC.
3.6         Strategi pelaksanaan Prakerin
Kegiatan praktek kerja industri dilaksanakan secara bertahap sebagaimana uraian dibawah ini
PENERIMAAN
PESERTA


PENGARAHAN
PENGENALAN
LOKASI
PERUSAHAAN

PENYAMPAIAN
TEORI
PELAKSANAAN
PRAKTIK
LAPANGAN

EVALUASI/
PENILAIAN


BAB IV
PEMBAHASAN


4.1         Proses Penjemuran Pada Keripik Kentang
Penjemuran/pengeringan. Atur kentang diatas tampah, jika penjemuran dibawah sinar matahari dan dilakukan 2 hari. Jika pengeringan menggunakan oven, maka dapat menggunakan tray atau loyang alumunium dengan suhu antara 40 - 60 ºC selama 12 – 18 jam. Pengeringan dihentikan apabila kentang sudah mudah dipatahkan.
4.2         Masalah dan Pemecahannnya
a.       Masalah
1).      Langkah apa saja yang dilakukan untuk mencegah tekstur keripik kentang pada saat penjemuran ?
2).      Bagaimana caranya mengatasi kerusakan tekstur keripik kentang pada saat penjemuran ?
b.      Pemacahan  
1).      Untuk menjegah tekstur keripik kentang supaya tidak hancur pada saat penjemuran dengan melakukan penjemuran keripik kentang berpisah-pisah dan tidak bertumpuk tumpuk.
2).      Cara mengatasi kerusakan keripik kentang pada saat penjemuran dengan cara menjemur dengan tidak terlalu lama dan tidak terlalu sebentar.




BAB V
PENUTUP

4.1         Kesimpulan
Berdasarkan hasil yang diperoleh selama Praktik Kerja Industri di Pabrik keripik kentang BBC dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut :
a.       Perusahaan keripik kentang Babakan Cianjur (BBC) berlokasi di Jl. Babakan Cianjur RT/RW. 02/09, Ds. Sukamanah Kec. Pangalengan Kab. Bandung. Pabrik keripik kentang BBC termasuk kedalam industri rumah tangga (Home Industry) dengan izin Depkes RI, SP No. 343/10.20/96.
b.      Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan keripik kentang ini adalah kentang jenis granola, dengan bahan penunjang yaitu garam dapur, bawang putih dan mono sodium glutamate.
c.       Penjemuran/pengeringan. Atur kentang diatas tampah, jika penjemuran dibawah sinar matahari dan dilakukan 2 hari. Jika pengeringan menggunakan oven, maka dapat menggunakan tray atau loyang alumunium dengan suhu antara 40 - 60 ºC selama 12 – 18 jam. Pengeringan dihentikan apabila kentang sudah mudah dipatahkan.
d.      Proses penjemuran kentang supaya tidak hancur yaitu dengan melakukan penjemuran keripik kentang berpisah-pisah dan tidak bertumpuk tumpuk.
e.       Untuk mengatasi kerusakan keripik kentang pada saat penjemuran dengan cara menjemur dengan tidak terlalu lama dan tidak terlalu sebentar.



4.2         Saran
a.       Kegiatan Prakerin diharapkan dapat memberikan dan membekali siswa dengan pengalaman tentang produksi suatu produk.
b.      Dalam kegiatan Prakerin yang akan datang, sekolah dapat menempatkan peserta Prakerin pada perusahaan-perusahaan yang telah mampu dan berfasilitas lengkap.



DAFTAR PUSTAKA


Al Haddad. 2005. A comparative study on production efficiency of brown and white pullet.
Direktorat Jenderal Peternakan. 2001.Peraturan Menteri Pertanian tentang Peternakan Ayam Broiler dan Petelur. http://deptan.go.id
Kartasudjana, R. dan E. Suprijatna. 2006. Manajemen Ternak Unggas. Penebar Swadaya, Jakarta.
ridwanaz.com/kesehatan/pengertian-vitamin-jenis-jenis-vitamin-sumber-sumber-vitamin/













LAMPIRAN-LAMPIRAN





Lampiran 1

Gambar 1. Panen kentang di perusahaan keripik kentang BBC

Lampiran 2

Gambar 2.  Kentang yang sudah di cuci





Lampiran 3
Gambar 3.  Penjemuran Keripik Kentang BBC





0 komentar:

Search This Blog

Popular Posts

Followers

Followers

Total Pageviews