.
.
Nama baru untuk RKH (Rentjana Kegiatan Harian) adalah RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian). Ayah bunda dapat melihat contoh RPPH PAUD Kurikulum 2013 terbaru melalui tulisan ini.
Dalam kurikulum 2013 PAUD pengembangan sikap mencakup seluruh aspek perkembangan, artinya sikap berada di aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, sosial–emosional, bahasa dan seni. Di dalam struktur kurikulum 2013 PAUD pengembangan sikap meliputi kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial.
Format RPPH tidak harus baku tetapi memuat komponen-komponen yang ditetapkan. Komponen RPPH terdiri dari: (1) identitas program, (2) materi, (3) alat dan bahan, (4) kegiatan pembukaan, (5) kegiatan inti, (6) kegiatan penutup, dan (7) rencana penilaian.
Berawal dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) PAUD Kurikulum 2013 untuk
Tema : Diriku
Sub Tema : Tubuhku
Kelompok : B (Usia 5-6 Tahun)
Berikut ini ditentukan materi pembelajaran dan rencana kegiatan sebagaimana gambar di bawah ini:
Kompetensi Dasar dengan Kode 1.1, 2.1, 2.5, 2.6, 2.13 adalah kode untuk kompetensi sikap. Artinya kompetensi sikap dimasukkan ke dalam RPPM dan RPPH sehingga terprogram bukan hanya dampak ikutan. Selanjutnya kompetensi tersebut diturunkan menjadi materi disesuaikan dengan tema yang digunakan minggu tersebut.
Contoh RKH RPPH PAUD Tema Diri Sendiri (Tubuhku) K13
Dari contoh RPPM selanjutnya dijabarkan menjadi RKKH, contohnya:
Semester/bulan/Mingg ke : 1/Juli/2
Hari/Tanggal : Senin/14 Juli 2015
Kelompok/Usia : B/5-6 Tahun
Tema/Sub Tema : Diriku/Tubuhku
Materi dalam kegiatan:
1. Doa sebelum dan sesudah belajar,
2. Nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat,
3. Mengelompokan berdasarkan warna (merah, biru, kuning), bentuk dua dimensi (persegi, segi tiga,), dan jumlah bilangan (5 - 10),
4. Lagu "Aku Ciptaan Tuhan"
Materi yang masuk dalam pembiasaan:
1. Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2. Ucapan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3. Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4. Tata cara mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
Alat dan Bahan
1. Kegiatan membuat bingkai foto diri membutuhkan: lidi/irisan bambu/stik es krim, kertas, lem, kertas warna warni (merah, biru, kuning).
2. Kegiatan membuat boneka foto diri dari tanah liat membutuhkan: kertas koran untuk alas, tanah liat, dan celemak untuk menutup baju anak.
3. Kegiatan membuat boneka diri membutuhkan sutlekok bekas, kertas warna warni, lem, dan asesoris mata.
4. Kegiatan menggunting dan menempel gambar anggota tubuh membutuhkan gambar anggota tubuh, lem, kerta untuk menempel, dan gunting.
Pelaksanaan
a. Pembukaan (30 menit)
1. Bernyanyi “ AKU CIPTAAN TUHAN”
2. Tepuk “AKU CIPTAAN TUHAN”
3. Doa sebelum belajar
4. Membacakan buku cerita
5. Mengenalkan aturan bermain
6. Berdiskusi bagian-bagian tubuh, fungsi, dan cara merawat tubuh
7. Diskusi yang harus dilakukan sebagai rasa terimakasih terhadap Tuhan atas tubuhnya
b. Inti (60 menit)
1. Guru mengajak anak mengamati alat dan bahan yang disediakan
2. Guru menanyakan konsep warna dan bentuk yang ada di alat dan bahan.
3. Guru menanyakan kepada anak dimana mereka pernah menemukan konsep tersebut?
4. Guru mempersilakan anak mengelompokkan alat dan bahan sesuai dengan konsep yang dipahami anak.
5. Anak melakukan kegiatan sesuai yang diminati dan gagasannya:
a. 1 area seni Membuat bingkai foto diri.
b. Kegiatan 2 area keaksaraan: Menjiplak telapak tangan dengan krayon atau spidol.
c. Kegiatan 3area matematika: Mengukur tinggi badan dengan tali rapia.
d. Kegiatan 4 area bermain drama: “Pergi ke dokter gigi”.
6. Anak menceritakan kegiatan main yang dilakukannya
7. Guru menanyakan konsep yang ditemukan anak di kegiatan mainnya.
c. Penutup (15 menit)
1. Menanyakan perasaan selama hari ini
2. Bernyanyi “ AKU CIPTAAN TUHAN”
3. Tepuk “AKU CIPTAAN TUHAN”
4. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
5. Pemberian tugas kepada anak untuk dilakukan di rumah yakni menanyakan bertanya kepada orang tuanya tentang tempat lahir, tanggal lahir, siapa yang menolong kelahiran, dst.
6. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
7. Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
8. Berdoa setelah belajar
e. Rencana Penilaian
1. Indikator Penilaian
2. Teknik Penilaian
• Catatan hasil karya
• Catatan anekdotal, dan
• Skala capaian perkembangan (rating scale)
Dalam kurikulum 2013 PAUD pengembangan sikap mencakup seluruh aspek perkembangan, artinya sikap berada di aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, sosial–emosional, bahasa dan seni. Di dalam struktur kurikulum 2013 PAUD pengembangan sikap meliputi kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial.
Format RPPH tidak harus baku tetapi memuat komponen-komponen yang ditetapkan. Komponen RPPH terdiri dari: (1) identitas program, (2) materi, (3) alat dan bahan, (4) kegiatan pembukaan, (5) kegiatan inti, (6) kegiatan penutup, dan (7) rencana penilaian.
Berawal dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) PAUD Kurikulum 2013 untuk
Tema : Diriku
Sub Tema : Tubuhku
Kelompok : B (Usia 5-6 Tahun)
Berikut ini ditentukan materi pembelajaran dan rencana kegiatan sebagaimana gambar di bawah ini:
Kompetensi Dasar dengan Kode 1.1, 2.1, 2.5, 2.6, 2.13 adalah kode untuk kompetensi sikap. Artinya kompetensi sikap dimasukkan ke dalam RPPM dan RPPH sehingga terprogram bukan hanya dampak ikutan. Selanjutnya kompetensi tersebut diturunkan menjadi materi disesuaikan dengan tema yang digunakan minggu tersebut.
Contoh RKH RPPH PAUD Tema Diri Sendiri (Tubuhku) K13
Dari contoh RPPM selanjutnya dijabarkan menjadi RKKH, contohnya:
Semester/bulan/Mingg ke : 1/Juli/2
Hari/Tanggal : Senin/14 Juli 2015
Kelompok/Usia : B/5-6 Tahun
Tema/Sub Tema : Diriku/Tubuhku
Materi dalam kegiatan:
1. Doa sebelum dan sesudah belajar,
2. Nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat,
3. Mengelompokan berdasarkan warna (merah, biru, kuning), bentuk dua dimensi (persegi, segi tiga,), dan jumlah bilangan (5 - 10),
4. Lagu "Aku Ciptaan Tuhan"
Materi yang masuk dalam pembiasaan:
1. Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2. Ucapan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3. Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4. Tata cara mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
Alat dan Bahan
1. Kegiatan membuat bingkai foto diri membutuhkan: lidi/irisan bambu/stik es krim, kertas, lem, kertas warna warni (merah, biru, kuning).
2. Kegiatan membuat boneka foto diri dari tanah liat membutuhkan: kertas koran untuk alas, tanah liat, dan celemak untuk menutup baju anak.
3. Kegiatan membuat boneka diri membutuhkan sutlekok bekas, kertas warna warni, lem, dan asesoris mata.
4. Kegiatan menggunting dan menempel gambar anggota tubuh membutuhkan gambar anggota tubuh, lem, kerta untuk menempel, dan gunting.
Pelaksanaan
a. Pembukaan (30 menit)
1. Bernyanyi “ AKU CIPTAAN TUHAN”
2. Tepuk “AKU CIPTAAN TUHAN”
3. Doa sebelum belajar
4. Membacakan buku cerita
5. Mengenalkan aturan bermain
6. Berdiskusi bagian-bagian tubuh, fungsi, dan cara merawat tubuh
7. Diskusi yang harus dilakukan sebagai rasa terimakasih terhadap Tuhan atas tubuhnya
b. Inti (60 menit)
1. Guru mengajak anak mengamati alat dan bahan yang disediakan
2. Guru menanyakan konsep warna dan bentuk yang ada di alat dan bahan.
3. Guru menanyakan kepada anak dimana mereka pernah menemukan konsep tersebut?
4. Guru mempersilakan anak mengelompokkan alat dan bahan sesuai dengan konsep yang dipahami anak.
5. Anak melakukan kegiatan sesuai yang diminati dan gagasannya:
a. 1 area seni Membuat bingkai foto diri.
b. Kegiatan 2 area keaksaraan: Menjiplak telapak tangan dengan krayon atau spidol.
c. Kegiatan 3area matematika: Mengukur tinggi badan dengan tali rapia.
d. Kegiatan 4 area bermain drama: “Pergi ke dokter gigi”.
6. Anak menceritakan kegiatan main yang dilakukannya
7. Guru menanyakan konsep yang ditemukan anak di kegiatan mainnya.
c. Penutup (15 menit)
1. Menanyakan perasaan selama hari ini
2. Bernyanyi “ AKU CIPTAAN TUHAN”
3. Tepuk “AKU CIPTAAN TUHAN”
4. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
5. Pemberian tugas kepada anak untuk dilakukan di rumah yakni menanyakan bertanya kepada orang tuanya tentang tempat lahir, tanggal lahir, siapa yang menolong kelahiran, dst.
6. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
7. Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
8. Berdoa setelah belajar
e. Rencana Penilaian
1. Indikator Penilaian
2. Teknik Penilaian
• Catatan hasil karya
• Catatan anekdotal, dan
• Skala capaian perkembangan (rating scale)
0 komentar:
Post a Comment