.
.
Saya ingat salah
seorang teman saya dulu bilang begini:
“Blogger-blogger
ini nulis informasi lengkap, bisa diakses tanpa bayar, buat apa ya?”
Lalu teman saya yang
lain jawab “Mungkin lagi kurang kerjaan, kebanyakan waktu luang“.
…Hebat ya blogger?
Kalau anda sering
mencari informasi lewat Google, memang sebagian besar jawabannya pasti berasal
dari website berbentuk blog.
Artinya blog itu
sumber pengetahuan online terbaik.
Tapi blogger menulis
informasi di internet bukan karena mereka “kurang kerjaan”…
…bukan karena lagi
nganggur,
Tapi karena
mereka bisa mendapatkan uang dari blognya.
Seorang blogger yang
blognya sudah sukses mampu menghasilkan lebih dari $100,000 atau Rp 1
Milyar setiap bulannya.
…Hebat
kan blogger?
Dalam panduan ini,
saya akan memberitahu anda bagaimana cara mendapatkan uang dari blog dan
bagaimana menjadikan blog anda sebuah bisnis.
Bagian
1 – Ini hal-hal yang HARUS anda ketahui
a.k.a.
Mindset seorang blogger yang sukses.
Saya ingin memberitahu
anda cara membuat blog yang mampu menghasilkan minimal ratusan juta per bulan.
Bukan “cuma” jutaan
atau puluhan juta.
Caranya tidak sama,
dalam prosesnya dan perencanaannya ada beberapa hal yang harus anda terapkan.
Pertama, ini yang
perlu saya beritahu:
90% dari apa yang
anda baca di forum-forum dan blog internet marketing itu omong kosong.
Serius.
Saya tidak
membesar-besarkan.
Bahkan
ketika saya mewawancarai blogger-blogger sukses, mereka
juga tidak melakukan 90% dari hal-hal konyol yang diajarkan di forum dan blog.
Baca sendiri kalau tidak percaya.
Karena
itu, lupakan 90% hal yang buang-buang waktu.
Saya
akan mengajarkan anda untuk fokus yang 10% sisanya.
Mari
kita mulai…
…inilah
8 fakta yang perlu anda ketahui:
#1 Blogging
bukan cara termudah untuk mendapatkan uang
Ya…
Blogging
itu hasilnya tidak instan, butuh kesabaran tinggi.
Mereka
yang sukses dalam blogging adalah mereka yang memang benar-benar suka dengan
dunia ini…bukan hanya karena terpancing dengan uang.
Blogger
itu mesti konsisten.
Anda
tidak bisa langsung mendapatkan penghasilan di hari pertama.
Bahkan
mungkin setelah 6 bulan – 1 tahun blogging secara konsisten barulah anda
bisa mulai mendapatkan penghasilan untuk menunjang hidup.
Dalam
rentang waktu berbulan-bulan itu anda mesti konsisten menulis dan mengembangkan
blog tanpa dibayar sepeser pun.
Artinya
begini…
Kalau
anda sekarang sedang butuh penghasilan cepat, JANGAN membuat blog untuk
mendapatkan uang. Percuma, seminggu kemudian pasti sudah bosan.
Tapi
kalau anda butuh hobi atau pekerjaan sampingan yang berpotensi menjadi sumber
penghasilan, silahkan lanjut.
#2
Mendapatkan penghasilan = mendapatkan traffic
Ini
poin terpenting yang harus anda ketahui.
Ngomong-ngomong,
artikel yang sedang anda baca ini sudah di-edit berkali-kali.
Ketika
pertama kali diterbitkan, banyak yang protes:
Katanya “Ini
kan artikel tentang mendapatkan uang, kenapa yang dibahas malah cara-cara
mengembangkan blog. Bukan cara mendapatkan uangnya?”
Begini…
Tanpa
traffic, mustahil bisa mendapatkan penghasilan.
Karena
itu, untuk bisa mendapatkan uang, maka fokus utama anda adalah traffic.
Entah
nanti sumber penghasilannya dari mana, terserah anda…
…sama
saja.
Mau pakai
iklan AdSense, iklan pribadi, melakukan affiliate marketing, menjual produk
sendiri, menjual jasa/layanan, semuanya sama saja.
Yang
penting punya traffic dulu:
Maka
dari itu, yang dibahas di artikel ini adalah strategi-strategi mengembangkan
blog dan mendapatkan traffic.
Tidak
ada sumber penghasilan yang bisa mendatangkan uang kalau anda tidak mampu
mendatangkan pengunjung ke blog.
#3
Karena itu, jangan mikir pendapatan sebelum punya 100 pengunjung per
hari
Kalau
anda sibuk memikirkan uang, maka fokus anda akan terpecah antara mengembangkan
blog dan mendapatkan uang.
Fokus
utama kita, tetap, mengembangkan blog.
Kalau
anda sudah berhasil mendapatkan 100 pengunjung per hari, barulah mulai
memikirkan bagaimana cara mendapatkan uang dari blog tersebut.
Oh
ya, satu hal lagi…
Blog
berbahasa Indonesia sebaiknya minimum 500 pengunjung per hari.
Ini
karena penghasilan dari blog Indonesia lebih kecil, rata-rata cuma $0.1
per 100 visitor per hari (AdSense). Seribu rupiah.
100
per hari itu untuk blog berbahasa Inggris.
#4 Tapi
jangan membuat blog berbahasa Inggris tanpa lancar Bahasa Inggris
Ini
mestinya sudah jelas, tapi banyak juga orang yang ngotot membuat blog
Bahasa Inggris cuma karena penghasilannya lebih besar.
Pertanyaan
ini sering ditanyakan oleh pembaca PanduanIM:
“Saya
mau bikin blog Bahasa Inggris tapi saya nggak bisa Bahasa Inggris, gimana ya?”
Solusinya
gampang:
Memang
betul bahwa penghasilan blog berbahasa Inggris (jauh) lebih besar daripada blog
Indonesia.
Tapi
jauh lebih sulit.
Pertama,
ada kendala bahasa.
Bayangkan
kalau ada orang bule yang Bahasa Indonesianya berantakan, lalu dia nulis
artikel berbahasa Indonesia.
Pasti
jadi tidak enak dibaca.
Yang
namanya blog, kalau tidak enak dibaca, saya berani jamin tidak akan bisa
mendapatkan banyak pengunjung. Apalagi uang.
Kedua,
blog berbahasa Inggris persaingannya berat.
Jauh
lebih berat.
Maka
dari itu, buatlah blog berbahasa Indonesia dulu sampai berhasil.
Setelah
itu baru coba terjun ke Bahasa Inggris kalau anda lancar menulis dalam Bahasa
Inggris.
#5
SEO itu penting, tapi jangan buang-buang waktu dengan SEO
(Yang
belum pernah dengar istilah SEO, baca disini)
Teknik
SEO itu penting, tapi sebetulnya tidak penting untuk blogger.
Wah
gimana tuh…
Begini
maksud saya… SEO itu ilmu yang beragam, dari A-Z. Ada ilmu-ilmu dalam SEO yang
perlu anda ketahui, tapi sebagian besar tidak usah diambil pusing.
Ini
yang harus anda ketahui:
·
Seperti
apa prinsip kerjanya
·
Mengapa
sebuah website bisa masuk halaman 1
·
Istilah-istilahnya
·
Bagaimana
supaya blog kita bisa jadi peringkat 1
Tapi
ingat:
Faktor
penentu kesuksesan blog itu bukan SEO.
Yang
menentukan kesuksesan blog anda adalah kualitas dari kontennya dan cara anda
melakukan pemasaran.
SEO
itu ilmu penunjang.
Blogger
sering pusing dengan urusan SEO ini (padahal tidak penting):
1. Kecepatan website
2. Skor SEO
3. Template yang SEO
friendly
4. Mobile-friendly/responsif
5. Mencari backlink dari
blogwalking, social bookmarking, guestbook, dll.
Blog
itu bentuk website yang strukturnya paling sederhana. Meskipun anda
tidak melakukan optimasi nomor 1-4, blog anda tetap bisa masuk halaman 1.
Pengaruhnya
hampir nol.
Sedangkan
yang nomor 5, backlink seperti itu tidak ada pengaruhnya sama sekali. Ini
cara mendapatkan backlink yang benar.
Okelah,
SEO itu penting…
…tapi
sebagian besar SEO untuk blog itu letaknya pada pembuatan konten dan pemasaran.
2 hal itu yang terpenting.
5
hal tadi tidak penting.
Nggak percaya?
Coba
pilih salah satu blog terbesar yang anda ketahui. Lalu cek skor SEO-nya dari
situs pengecekan yang manapun, terserah anda.
Sebagian
besar skornya di bawah rata-rata.
Saya
ambil contoh Quicksprout, blog terbesar di dunia yang membahas tentang SEO dan
online marketing:
#6
Coba hindari menggunakan AdSense sebagai sumber pendapatan
AdSense
itu sumber pendapatan blogger Indonesia yang paling umum.
Karena
mudah…
…tinggal
daftar, tunggu diterima, pasang kode di blog. Duit ngalir.
Maka
dari itu AdSense banyak digunakan oleh blogger..
Tapi
ada fakta yang menyedihkan:
Pendapatan
dari iklan itu JAUH lebih kecil daripada yang lain.
Alasannya?
Penghasilan
per klik untuk Indonesia di AdSense rata-rata hanya $0,04 dengan rasio klik
(RTK atau CTR) rata-rata di bawah 3%.
Artinya
kalau kita punya 10.000 pengunjung sehari, hanya 300 orang yang klik
iklan. 300 orang dikali $0,04 berarti pendapatan anda cuma $12 sehari.
Dari
10ribu cuma $12!
Gila.
Padahal
kalau anda punya pengunjung sebanyak itu dan dengan sumber pendapatan lain,
penghasilan anda per hari bisa lebih dari sejuta.
Bayangkan:
Kalau
anda menjual produk digital atau mempromosikan produk affiliate, misalkan
keuntungan per penjualan $5 (nilainya saya buat sangat rendah).
Dari
10ribu orang, yang beli 0.5% atau 50 orang (ini juga saya rendahkan). Berarti
kita sudah dapat $250 per hari.
Jauh
kan?
Lebih
dari 20x lipat.
Tapi
ada pengecualian:
Untuk
blog yang memiliki banyak topik (istilahnya blog gado-gado) biasanya memang
iklan yang paling efektif karena akan sulit menjual produk/layanan dengan blog
bertopik lebih dari 1.
#7
Jadi, hindari blog gado-gado. Pilih SATU topik utama
Blogger-blogger
pemula biasanya suka membuat blog “gado-gado”.
Artinya
dalam satu blog itu topiknya bermacam-macam. Kadang tentang teknologi, kadang
bisnis, kesehatan, agama, seks, berita, dan lain-lain.
Enak
memang membuat blog gado-gado.
Lebih
mudah…
…karena
kita bisa menulis apapun semau kita, apapun topik yang sedang hangat.
Tapi
ada kelemahan besar.
Mengembangkan
blog gado-gado hingga menjadi blog besar SANGAT susah.
Butuh
biaya besar, butuh sumber daya (penulis) yang banyak, butuh kemampuan marketing
yang tinggi.
Ini
alasannya:
1. Sulit mendapatkan
pembaca setia yang mau mengikuti banyak topik
2. Blog gado-gado sangat
jarang direkomendasikan kepada orang lain
3. Sulit mendapatkan
peringkat tinggi di mesin pencari
4. Harus punya banyak
konten untuk bisa sukses
Karena
topiknya terlalu beragam, tidak ada orang yang setia.
Dibandingkan
blog yang fokus dalam satu topik, sangat sulit untuk bisa sukses dengan
gado-gado.
Satu-satunya
pengecualian membuat website dalam banyak topik hanya kalau anda membuat situs
portal berita (seperti Kompas, Liputan6) atau konten viral (seperti Hipwee,
BuzzFeed).
Tapi
ingat, website seperti itu butuh biaya yang besar.
#8
Hindari terlalu banyak menerbitkan konten blog kalau tidak mampu
Seberapa
sering sebaiknya blog baru menerbitkan konten?
1
artikel sehari? 2 artikel sehari? atau 10 artikel sehari?
…tergantung
dari tipe blog anda.
Tapi
biasanya sekali sehari itu sudah kebanyakan, apalagi kalau anda hanya penulis
seorang diri. Keburu capek duluan sebelum sukses.
Secara
teori, memang blog yang menerbitkan banyak artikel akan lebih cepat ramai.
…karena
lebih banyak artikel, lebih banyak yang muncul di search engine, lebih banyak
yang share, akhirnya lebih banyak pengunjung.
Tapi
kenyataannya tidak semudah itu.
Bagi
blogger baru, tidak mudah untuk membuat banyak konten berkualitas dalam waktu
singkat. Kalau anda menerbitkan banyak konten, justru kualitasnya akan menurun.
Ini
3 contoh blog dalam kategori bisnis & marketing:
·
StrategiManajemen – 1 penulis, 2 konten per
minggu, ~1000 kata
·
Maxmanroe –
banyak penulis, 6 konten per hari, ~700 kata
·
PanduanIM –
1 penulis, 1 konten per bulan, ~3000 kata
·
StartupBisnis –
banyak penulis, 2 konten per hari, ~600 kata
Maxmanroe
dan StartupBisnis punya banyak penulis, karena itulah mereka bisa menerbitkan
banyak artikel berkualitas dalam sehari. Sedangkan StrategiManajemen dan
PanduanIM hanya dikelola oleh 1 orang, sehingga frekuensinya lebih rendah.
Meskipun
berbeda, tapi semuanya bisa berhasil.
Kesimpulannya,
frekuensi tidak berpengaruh terhadap kesuksesan.
Kualitas
lah yang menentukan.
Tips: terbitkan 1-3
konten per minggu untuk blog baru supaya kemampuan menulis anda meningkat,
setelah beberapa minggu sesuaikan frekuensinya dan tingkatkan kualitasnya.
Bagian
II – Langkah-langkah menciptakan blog yang mampu menghasilkan ratusan juta
Rupiah
Sesuai
judul artikel ini, kita akan membuat blog yang bernilai ratusan juta hingga
milyaran Rupiah per bulan.
Bukan
hanya 1-10 juta.
Ada
perbedaan besar dalam keduanya.
Blog
itu sama seperti bisnis.
Tidak
semua bisnis berpotensi menghasilkan lebih dari ratusan juta. Tergantung dari
jenis bisnisnya, caranya mengelola, dan caranya mengembangkan.
Inilah
langkah yang harus anda lakukan:
1.
Pilih topik yang tepat untuk anda, ini caranya
Tak
peduli seberapa kerasnya usaha anda, kalau topiknya salah maka blog anda tidak
akan pernah berhasil.
Menyedihkan…
Karena
itulah tahap pemilihan topik merupakan yang terpenting.
Topik
blog anda sebaiknya merupakan kombinasi dari:
·
Sesuatu
yang merupakan keahlian/minat anda
·
Sesuatu
yang diminati dan bernilai bagi banyak orang
Kenapa
harus sesuai minat?
Begini…
Anda
akan membuat konten di blog.
Konten
yang anda buat ini harus bisa menjadi bacaan yang menarik atau bermanfaat bagi
orang lain.
Kalau
tidak, buat apa capek-capek baca. Ya kan?
Bayangkan.
Kalau anda tidak ahli atau tidak berminat dengan topiknya, apa bisa membuat
konten yang menarik bagi orang yang berminat dengan topik tersebut?
Itu
sebabnya topik yang anda pilih harus yang menarik buat anda sendiri.
Untuk
menguji minat/kemampuan anda, coba jawab pertanyaan ini:
1. Apakah anda sanggup
membaca buku setebal 250 halaman terkait topik tersebut?
2. Apakah anda merasa
bisa menulis 100 artikel tentang topik tersebut? Coba sekarang pikirkan 30
judul artikel dalam topik tersebut
3. Apakah anda merasa
lebih ahli daripada orang yang betul-betul awam?
4. Apakah anda tahu
permasalahan dan harapan terbesar orang-orang terkait topik tersebut?
5. Apakah anda bisa
membuat konten yang setara atau lebih bagus daripada website terpopuler tentang
topik tersebut?
Kalau
anda jawab YA untuk 5 topik tersebut, saya 100% yakin bahwa blog anda pasti
akan jadi sukses.
1.5.
Instalasi blog (dengan WordPress)
Singkat
saja, bagian ini khusus untuk anda yang belum punya blog. Kalau sudah punya,
lanjutkan ke langkah 2.
Prosesnya
tidak sulit, sangat mudah…
2.
Temukan tempat berkumpulnya mereka yang antusias dengan topik tersebut
Ini
langkah terpenting dalam proses pembuatan blog.
Prosesnya
seperti ini:
1. Cari situs komunitas
online yang tepat
2. Bangun reputasi di
komunitas tersebut
3. Perkenalkan
blog anda di sana
Ketiga
langkah ini seringkali dilewatkan. Biasanya sih karena malas, malu, atau hanya
ingin bergantung pada Google untuk mendatangkan traffic.
Kalau
anda seperti itu, akan sangat lama sampai blognya jadi sukses.
Lalu
bagaimana cara mencari komunitasnya?
·
Search
di Google dengan keyword: “forum [topik]”
·
Search
di Facebook dengan keyword: “groups about [topik]”
Gabung
ke beberapa grup terbaik dalam topik yang anda tentukan.
Komunitas-komunitas
ini nantinya akan sangat banyak membantu perkembangan blog anda terutama dalam
6 bulan pertama, sebelum peringkat di Google stabil.
Sebagai
gambaran:
Traffic
PanduanIM.com dalam 3 bulan pertama sebagian besar berasal dari situs komunitas
(Social dan Referral).
Sebelum
mendatangkan traffic, situs komunitas juga bisa digunakan dalam proses
pembuatan konten. Dijelaskan dalam langkah berikutnya.
3.
Temukan permasalahan terbesar dalam topik yang anda pilih
Ada
2 tema konten yang paling umum digunakan dalam blogging:
·
Panduan
·
Informasi
Kedua
tema ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan pembaca.
Jadi
kalau anda ingin sukses memancing pengunjung ke blog anda, maka konten yang
disediakan harus mampu menyelesaikan permasalahan mereka.
Ini
berdasarkan pengalaman saya:
Untuk
blog baru, cara tercepat untuk sukses adalah dengan menyediakan konten berupa solusi
dari permasalahan terbesar yang ada dalam topik tersebut.
Masalah terbesar.
Hal
yang selalu menjadi permasalahan utama bagi orang yang baru mengenal topik
utama blog anda.
Misalnya:
Kalau
saya membuat blog tentang dunia kerja.
Permasalahan
terbesar dalam topik tersebut salah satunya adalah “cara mendapatkan
pekerjaan”. Betul?
Maka
ketika blog masih baru, gunakan lah permasalahan tersebut sebagai topik konten.
Cara
tersebut juga saya lakukan sewaktu membuat blog PanduanIM ini.
4.
Buat konten terbaik yang menyelesaikan permasalahan terbesar
Ini…
Kalau
anda tidak bisa melakukan ini, jangan harap bisa menciptakan blog yang bernilai
ratusan juta Rupiah.
Coba
dipikirkan:
Kalau
dalam suatu topik sudah ada sebuah artikel yang kualitasnya cukup bagus.
Kemudian anda membuat artikel dengan kualitas yang lebih rendah.
Apakah
bisa jadi lebih sukses daripada yang pertama tadi?
Mustahil!
Makanya
setiap konten yang anda buat harus yang terbaik daripada yang lain.
Masih
ingat tadi saya bilang bahwa anda sebaiknya tidak perlu menerbitkan konten
terlalu sering?
Itulah
alasannya.
Lebih
baik fokus membuat 1 buah konten dengan kualitas terbaik, daripada membuat 10
konten yang biasa-biasa saja. Karena konten yang biasa-biasa saja tidak akan
bisa jadi populer, berapapun banyaknya.
Konten
berkualitas tinggi proses pembuatannya lebih lama.
Di
PanduanIM, 1 konten (artikel) biasanya memakan waktu minimal 3 hari.
…makanya
tidak akan bisa membuat konten berkualitas setiap hari.
Baca
panduan ini kalau anda ingin mempelajari Metode KTP untuk membuat konten berkualitas.
5. Promosikan
konten terbaik anda untuk mendapatkan ledakan pengunjung
Saya
sering ditanyai seperti ini oleh pembaca:
“Saya
sudah punya banyak konten di blog, kenapa belum juga punya banyak pengunjung?
Kenapa belum bisa peringkat 1 di Google?”
Lalu
saya tanya balik:
“Kontennya
apa sudah dipromosikan?”
Biasanya
jawabannya belum…
…ya
wajar kalau masih sepi, mana bisa orang lain tiba-tiba secara ajaib ketemu
dengan konten anda kalau bukan anda yang memberitahu mereka?
Inilah
yang membedakan blogger yang sukses dan yang gagal.
Mereka
yang sukses aktif mempromosikan konten-konten terbaiknya.
Sementara
yang gagal hanya menunggu rangking di Google.
Konten
sebagus apapun tidak akan pernah jadi populer kalau tidak dipromosikan. Jangan
juga berharap bisa mendapatkan peringkat 1 di Google kalau anda tidak berusaha
mempromosikan konten.
Ini
screenshot grafik setelah promosi konten:
Kalau
diperhatikan, di awal traffic-nya stagnan, tidak berkembang.
Tapi
sejak ada 2 konten yang jadi viral lewat promosi, traffic-nya jadi berkembang
seiring waktu.
Itulah
mengapa promosi konten sangat penting untuk perkembangan blog.
Ini
2 panduan yang bisa anda baca terkait promosi:
6.
Bangun reputasi, kredibilitas, dan hubungan dengan calon pembaca
Ingat
kembali ketika anda menggunakan Google Search untuk mencari informasi.
Ada
2 jenis website:
Pertama,
website yang ‘biasa aja’:
Entah
karena kontennya kurang bagus, desainnya tidak menarik, atau karena pemiliknya
tidak mengajak kita berinteraksi. Setelah selesai membaca, kita tidak pernah
ingat lagi dengan blog ini.
Kedua,
website yang ‘istimewa’:
Website
yang berbeda dari website lainnya, lebih bagus. Ketika selesai membaca, rasanya
ingin simpan/bookmark halamannya, like/follow akunnya, lalu langganan ke
blognya.
Website
tipe kedua yang akan sukses.
Kalau
anda ingin membuat blog tipe kedua, lakukan ini:
1. Aktif berkontribusi di
komunitas yang tepat
2. Ajak pembaca
like/follow akun social anda
3. Lakukan list building
4. Bicara dengan pembaca
anda
Inilah
10% hal yang tidak dilakukan oleh sebagian besar blogger (seperti yang saya
jelaskan di awal tadi).
Padahal
keempatnya adalah kunci kesuksesan blog.
Blogger
pemula biasanya lebih suka menghabiskan waktu mengutak-atik tampilan, plugin,
kecepatan, dan beberapa urusan SEO yang kurang penting.
Hal
yang penting seperti pembuatan konten berkualitas dan promosinya diabaikan.
Bagian
III – Tentukan sumber pendapatan blog
Ini
sebetulnya tidak penting untuk saya jelaskan…
…anda
nanti bakal tahu sendiri.
Tapi
karena saya “ditodong” oleh para pembaca sekalian untuk menjelaskan beberapa
sumber penghasilan blog, maka saya jabarkan di sini.
Sebelum
kita lanjut, ingat:
Sumber
pendapatan apapun yang anda gunakan, tidak penting. Yang penting adalah
traffic/pengunjungnya karena tanpa pengunjung maka tidak ada penghasilan.
Jadi,
saran saya, jangan pusing di sini.
Berikut
ini adalah 4 jenis sumber pendapatan blog diurutkan dari yang paling
tinggi potensi keuntungannya ke yang paling rendah.
1.
Membuat produk
Produk
merupakan pilihan terbaik untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Ini karena
keuntungannya 100% jadi milik anda, tidak dibagi dengan pihak lain.
Ada
2 jenis produk yang bisa anda buat:
Digital
dan fisik.
Produk
digital berarti produk yang adanya di dalam komputer anda tanpa bentuk fisik.
Berikut
ini beberapa contoh produk digital:
1. Ebook
2. Video tutorial
3. eCourse,
kursus online
4. Webinar (Web
seminar)
5. Membership berbayar
6. Foto dan audio
7. Aplikasi, template,
plugin
8. SaaS (Software as a
Service)
9. Website (jual-beli
website)
Beberapa
contoh seperti ebook, video, ecourse, sangat mudah proses pembuatannya.
Hampir
sama seperti pembuatan konten biasa, hanya saja dalam bentuk lain.
Kalau
anda tertarik membuat produk digital, ikuti panduan bisnis online ini.
Dan
berikut ini contoh produk fisik:
1. Buku
2. DVD
3. Kursus/kelas
4. Produk kreatif
5. Produk manufaktur
6. Merchandise
Sebagai
blogger, anda sebaiknya punya rencana jangka panjang untuk membuat produk…
…entah
itu fisik atau digital.
Karena
kalau hanya mengandalkan iklan, penghasilan blog anda jadi kecil.
Blog
merupakan tempat yang sangat baik untuk mempromosikan produk, apalagi kalau
anda sudah punya pembaca yang loyal. Mereka akan setia membeli produk dari
anda.
Oh
ya produk yang dijual harus sama kategorinya dengan blog.
2.
Program afiliasi (Affiliate program)
Ada
juga orang yang tidak ingin membuat produk sendiri.
Alasannya
karena repot proses pembuatannya, mengurus pembayarannya, dan mengurus customer
service-nya.
Oleh
karena itu, menjadi affiliate marketer bisa jadi alternatif yang bagus.
Prosesnya
seperti ini:
Anda
memilih produk afiliasi untuk dijual. Lalu anda mempromosikan produk
tersebut. Ketika ada pengunjung yang membeli dari anda, maka anda akan
mendapatkan komisi.
Jadi
kita mendapatkan sekian persen dari harga produk.
Ada
2 cara anda bisa mulai mempromosikan produk afiliasi. Pertama, dengan bergabung
dalam Affiliate Network. Kedua, dengan cara mencari langsung program afiliasi
individu yang ada.
Berikut
ini beberapa contoh affiliate network yang populer:
1. Amazon – produk fisik
2. Clickbank – produk
digital
3. ShareASale – berbagai
produk dan layanan
4. CJ – berbagai produk
dan layanan
5. Rakuten Linkshare –
berbagai produk dan layanan
6. WarriorPlus, JVZoo –
produk internet marketing
7. Envato – produk untuk
web developer dan desain grafis
Baca
artikel ini kalau anda ingin memanfaatkan blog untuk mempromosikan produk afiliasi.
Selain
program afiliasi, anda juga bisa mencoba CPA Marketing.
3.
Jasa atau layanan
Bisa
juga dengan menjual jasa yang sesuai dengan topik utama blog anda.
Misalnya
anda punya blog tentang manajemen bisnis, maka anda bisa membuat pelatihan
manajemen bisnis atau jasa konsultasi manajemen bisnis.
Berikut
ini beberapa contoh penjualan jasa yang dapat dilakukan melalui blog:
1. Web developer
2. App developer
3. Desain grafis
4. Social media manager
5. Pembicara
6. Pelatih/tutor
7. Penulis
Secara
umum, harga jasa lebih tinggi daripada harga produk.
Meskipun
begitu, bukan berarti jasa selalu lebih bagus. Alasannya karena untuk menjual
jasa, waktu yang kita keluarkan lebih tinggi daripada produk.
Tapi
ini tergantung lagi dari keinginan anda sendiri.
4.
Publisher iklan
Iklan
yang saya maksud disini bukan hanya AdSense dan jaringan iklan lain, ada banyak
jenis iklan lain yang bisa anda manfaatkan.
Berikut
ini beberapa jenis iklan:
1. Pay per Post, dibayar
untuk setiap artikel yang anda tulis
2. Text link, iklan
berupa link
3. Lowongan kerja
4. Sponsorship
5. Ad Network (AdSense)
Bukannya
AdSense itu tidak bagus…
…tapi
rasio penghasilan dari iklan JAUH lebih kecil daripada kalau anda menjual
produk atau jasa sendiri.
Jadi
kerja keras yang sudah anda lakukan tidak menjadi penghasilan yang optimal.
Meskipun
begitu, ada kondisi dimana AdSense menjadi pilihan satu-satunya:
Pertama,
kalau tidak ada produk/jasa yang bisa dijual terkait blog anda. Misalnya blog
yang berisi konten-konten hiburan atau blog dengan banyak topik.
Sehingga
tidak ada produk yang bisa dijual.
Kasus
lain, kalau anda punya lebih dari 1 blog sehingga tidak sempat untuk membuat
banyak produk apalagi menjual jasa untuk masing-masing blognya.
Sekarang
giliran anda…
Menjadi
blogger itu pekerjaan yang mulia.
Kita
memberikan informasi yang berharga kepada orang lain…secara gratis. Kita
menolong banyak orang untuk memecahkan masalah dengan cara memberikan solusi.
Dan
sambil melakukan hal positif seperti itu, kita mendapatkan penghasilan.
Tapi
sayangnya ada 2 hal:
Pertama,
masih banyak informasi yang keliru seputar blog.
Panduan-panduan
blogging di Indonesia ini banyak yang salah, kadaluarsa, dan menjebak bagi
blogger-blogger pemula.
Sehingga
banyak blogger yang salah paham dan gagal.
Kedua,
banyak blogger yang suka merugikan orang lain.
…entah
disengaja atau tidak.
Misalnya
dengan menulis konten yang informasi di dalamnya tidak kredibel. Bayangkan
kalau ada artikel kesehatan yang ditulis secara asal-asalan, ini bisa berbahaya
bagi orang lain.
Maka
dari itu, buatlah blog dengan cara yang benar.
Buat
konten yang berkualitas, pastikan isinya bermanfaat bagi orang lain, lalu
promosikan dengan etis.
Kalau anda sering mencari informasi lewat Google, memang sebagian besar jawabannya pasti berasal dari website berbentuk blog.
2 komentar:
test
test
Post a Comment