.
.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
...........................................
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :
VII (tujuh) / 2 (dua)
Standar
Kompetensi : 4. Menggunakan konsep
himpunan dan diagram Venn
Dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar : 4.3 Melakukan opersi irisan,
gabungan, kurang (diferent) dan komplemen pada himpunan
Indikator : 4.3.1 Menjelaskan
pengertian irisan dua himpunan
4.3.2 Menjelaskan pengertian gabungan dua
himpunan
4.3.3 Menentuakan irisan dua himpuanan
4.3.4 Menentukan gabungan dua himpunan
4.3.5 Menjelaskan pegertian komplemen dari
suatu himpunan
4.3.6 Menentukan komplemen dari suatu
himpunan
Alokasi waktu :
3 x 40 menit (1 pertemuan )
A Tujuan Pembelajaran :
1.
Mendiskusikan irisan dua himpunan
2.
Mendiskusikan pengertian gabungan
dua himpunan
3.
Menuliskan irisan dua himpunan
4.
Menuiskan gabungan dari dua
himpuanan
5.
Menuiskan opersi kurang
(diferent) dari dua himpunan
6.
Menuliskan notasi gabungan dua
himpunan
7.
Menyatakan notasi irisan dua himpunan
8.
Dapat menentukan komplemen suatu
himpunan
B.Materi Ajar:
- Irisan dua himpunan
- Gabungan dua himpunan
- Operasi kurang dari dua himpunan
- Komplemen suatu himpunan
C. Metode Pembelajaran:
Diskusi dan resitasi
D.Langkah-langkah kegiatan:
Pertemuan
pertama
Pendahuluan :
Apersepsi : 1.
Membahas PR
2. Menanyakan materi yang sudah dipelajari
tetapi belum dipahami
Motivasi :
Materi ini perlu dikuasi dengan baik sebagai dasar pada materi selanjutnya.
Kegiatan Inti
1Dengan berdiskusi dibahas pengertian
irisan dari dua himpunan
2Dengan berdiskusi dibahas pengetian
gabungan dari dua himpunan
3Siswa
menentukan irisan dua himpunan melalui bimbingan guru
4Siswa
menentukan gabungan dua himpunan melalui bimbingan guru
5Dengan berdiskusi
dibahas cara menentukan operasi kurang dua himpunan
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2. Siswa
dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberikan tugas PR.
E.
Alat dan Sumber Belajar
Buku teks,
dan lingkungan
F.
Penilaian
Bentuk Instrumen :
tertulis
Contoh
Instrumen :
1. Jika A = {x / 1 < x < 12, x € prima } dan
B = { x / 2
≤ x <10, x genap} maka tentukan AB
2. Jika K = { x / x <
10, x prima} dan
L = { x / 5 ≤
x <12, x cacah}
Tentukan KL
Pertemuan kedua
Pendahuluan
Apersepsi :
Membahas PR
Motivasi :
Matei ini perlu dikuasai dengan baik sebagai dasar materi berikutnya
Kegiatan inti
- Mendiskusikan komplemen suatu himpunan
- Dengan berdiskusi dibahas cara menentukan cara menentukan komplemen suatu himpunan
Penutup
- Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman
- Siswa dan guru melakukan refleksi
- Guru memberikan tugas (PR)
Alat dan sumber belajar
Buku
teks dan lingkungan
Penilaian
Teknik : Tes
Bentuk : Tertulis
Contoh instrumen
Diketehui S
= { bilangan cacah antara 0 dan
10}
A = { bilangan ganjil yang kurang
dari 8}
B ={bilangan
prima kurang dari 8}
- Buatlah diagram veen yang menggambarkan keadaan himpunan tersebut dengan terlebih dahulu menentukan anggota- anggotanya
- Tentukan himpunan komplemen A dan komplemen B
- Sebutkan anggota dari AB dan (AB)C
Bogor, Guru
Mata Pelajaran,
………………………….
0 komentar:
Post a Comment