.
.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
JULI
|
4
|
1
|
PAUD ...........................................
TAHUN AJARAN ...........................................
HARI 1
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal :
..................................................... ……………………………
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Diriku / Kesukaanku
A. MATERI
DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Tanya jawab tentang nama kegiatan yang disenangi,
3.
Menceritakan gambar yang paling disenangi dengan cara
memberi tanda pada gambar kegiatan yang disukai,
4.
Melakukan 1 perintah “Menunjuk gambar yang disukai di
papan tulis”,
5.
Melengkapi susunan bentuk geometri dengan pola
ABC-ABC,
6.
Lagu “Bermain Ayunan”, dan cerita “Kegiatan yang
Disenangi di Sekolah”
Lagu
“Bermain Ayunan”
Tu dua satu hup…naik..
Adikku terayun-ayun
Di atas ayunan
|
Cerita “Kegiatan Yang Disenangi
di Sekolah”
Kegiatan di sekolah banyak sekali.
Menggambar,mewarnai,menggunting,bercerita,melipat
dsb.
Setiap anak mempunyai kegiatan yang paling
disenangi.
Ani senang mewarnai gambar karena gambarnya
menjadi lebih bagus.
Andi senang bercerita karena dapat
mengungkapan pengalaman.
Budi senang menggambar karena gambarannya
sesalu bagus.
Weni senang menari karena bias
bergaya dll.
|
B. MATERI
YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan
penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT
DAN BAHAN
1.
Gambar macam-macam kegiatan yang dilakukan anak,
2.
Bentuk-bentuk geometri,
3.
Garis lurus,
4.
Buku Seri Diri Sendiri halaman 20
D. KEGIATAN
BELAJAR
Kegiatan
belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Bercerita
tentang kegiatan yang disenangi di sekolah
|
30’
|
Kegiatan yang disenangi di
sekolah
|
Inti
|
2.
Tanya
jawab tentang nama kegiatan yang disenangi
3.
Menceritakan
gambar yang paling disenangi dengan cara memberi tanda
pada gambar kegiatan yang disukai
4.
Melakukan 1 perintah “Menunjuk gambar yang
disukai di papan tulis”
5.
Melengkapi susunan bentuk geometri dengan pola ABC-ABC
|
60’
|
Nama kegiatan yang paling
disenangi
Buku Seri Diri Sendiri hal 20
Gambar macam-macam kegiatan yang dilakukan anak
Bentuk-bentuk geometri
|
Istirahat
|
Cuci tangan, makan, minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
6. Berjalan ke
samping pada garis lurus
7. Menyanyi lagu “Bermain
Ayunan”
|
30’
|
Garis lurus
Lagu Bermain Ayunan
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
3. Mengucapkan doa sebelum dan /atau sesudah melakukan
sesuatu.
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
5. Membiasakan diri berperilaku baik.
6. Mengucapkan salam dan membalas salam.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Berdoa sebelum melakukan kegiatan
b. Berdoa sesudah melakukan kegiatan
c. Berpakaian sesuai dengan keperluan
d. Mau bekerja/bermain dengan teman
e. Membalas salam dari teman
|
II
|
Fisik Motorik
|
a.6 Melakukan gerakan
antisipasi
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Berjalan ke samping dan mundur pada garis lurus
sejauh 1 – 2 meter
|
III
|
Kognitif
|
b.4 Mengenal pola AB-AB dan ABC-ABC.
|
3.6
4.6
|
a. Melengkapi susunan bentuk geometri dengan pola
AB – AB
|
IV
|
Bahasa
|
b.3 Menjawab pertanyaan
sesuai pertanyaan.
b.5 Menyebutkan
kata-kata yang dikenal.
|
3.11
4.11
|
a. Melakukan 1 perintah
a. Bercerita tentang gambar yang disediakan atau
dibuat sendiri
|
V
|
Sosial Emosional
|
a.2 Mengendalikan
perasaan.
b.3 Mau berbagi,
menolong, dan membantu teman.
|
3.13
4.13
|
a. Mau membagikan makanan yang dimilikinya
b. Tidak cengeng
|
VI
|
Seni
|
b.5 Menggunakan dialog,
perilaku, dan berbagai materi dalam menceritakan suatu cerita
|
3.15
4.15
|
a. Berbicara sesuai dengan kebutuhan (kapan
harus bertanya, berpendapat)
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
,
|
||
Mengetahui,
Kepala TK/PAUD .............................................. |
Guru
|
|
…………………………………
|
…………………………………
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
JULI
|
4
|
2
|
PAUD ...........................................
TAHUN AJARAN ...........................................
HARI 2
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal :
.....................................................
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Diriku / Kesukaanku
A. MATERI
DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Menyebutkan bentuk geometri dengan memberi warna
bentuk geometri pada gambar selimut sesuai perintah,
3.
Mengurutkan buku dari tipis ke tebal,
4.
Memberi jawaban ya atau tidak jika tidur diberi
selimut,
5.
Tanya jawab tentang bentuk-bentuk geometri,
6.
Lagu “Bentuk-Bentuk Geometri” (pakai nada lagu Satu
satu Aku Sayang Ibu)
Lagu “Bentuk-Bentuk Geometri”
Satu – satu sebuah persegi
Dua – dua sebuah segi tiga
Tiga – tiga sebuah lingkaran
Satu Dua Tiga Bentuk-bentuk Geometri
|
B. MATERI
YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan
kedatangan anak dan penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT
DAN BAHAN
1.
Buku dengan berbagai tingkat ketebalan,
2.
Berbagai macam balok bentuk geometri,
3.
Bola kecil,
4.
Buku Seri Diri Sendiri halaman 21
D. KEGIATAN
BELAJAR
Kegiatan
belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Menyanyi
lagu “Bentuk-bentuk Geometri”
|
30’
|
Lagu Bentuk-bentuk geometri
|
Inti
|
2.
Menyebutkan
bentuk geometri dengan memberi warna bentuk geometri pada gambar selimut
sesuai perintah
3.
Mengurutkan buku dari tipis ke tebal
4.
Memberi jawaban ya atau tidak jika tidur diberi
selimut
6.
Tanya jawab tentang bentuk-bentuk geometri
|
60’
|
Buku seri Diri Sendiri hal 21
Buku dengan berbagai bentuk ketebalannya
Jawaban anak
Macam-macam bentuk geometri
|
Istirahat
|
Cuci tangan, makan, minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
7.
Menangkap bola kecil yang dilempar secara mendatar
|
30’
|
Bola kecil
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
3. Mengucapkan doa sebelum dan /atau sesudah melakukan
sesuatu.
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
5. Membiasakan diri berperilaku baik.
6. Mengucapkan salam dan membalas salam.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Berdoa sebelum melakukan kegiatan
b. Berdoa sesudah melakukan kegiatan
c. Berpakaian sesuai dengan keperluan
d. Mau bekerja/bermain dengan teman
e. Membalas salam dari teman
|
II
|
Fisik Motorik
|
a.5 Menangkap sesuatu
secara tepat
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Menangkap bola kecil yang dilempar mendatar
|
III
|
Kognitif
|
b.1 Mengklasifikasikan
benda berdasarkan bentuk atau warna atau ukuran.
b.5 Mengurutkan benda
berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna.
|
3.6
4.6
|
a. Menyebebutkan bentuk-bentuk geometri
a. Mengurutkan benda dari tipis ke tebal atau sebaliknya
|
IV
|
Bahasa
|
b.3 Menjawab pertanyaan
sesuai pertanyaan.
|
2.14
3.10
4.10
|
a. Menjawab pertanyaan dengan jawaban ya atau tidak
|
V
|
Sosial Emosional
|
a.2 Mengendalikan
perasaan.
b.3 Mau berbagi,
menolong, dan membantu teman.
|
2.5
2.6
|
a. Mau membagikan makanan yang dimilikinya
b. Tidak cengeng
|
VI
|
Seni
|
a.1 Senang mendengarkan berbagai macam musik
atau lagu kesukaannya
b.2 Bernyanyi sendiri
|
3.15
4.15
|
a. Berani menyanyikan lagu di depan anak atau orang
lain
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar teknik penilaian disajikan
pada lembar terpisah.
,
|
||
Mengetahui,
Kepala TK/PAUD ................................ |
Guru
|
|
…………………………
|
…………………………
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
JULI
|
4
|
3
|
PAUD ...........................................
TAHUN AJARAN ...........................................
HARI 3
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal :
..................................................... Rabu, 27 Juli 2016
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Diriku / Kesukaanku
A. MATERI
DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Menyebut nama buah sesuai tulisan namanya,
3.
Membilangurutan bilangan 1-10,
4.
Membilang banyak buah pisang,
5.
Tepuk “Pisang”, dan cerita ”Buah Pisang yang Cerdik”
Tepuk
“Pisang”
Plok- plok- plok
Ambil pisang
Plok- plok- plok
Dikupas
Plok- plok- plok
Dimakan
Plok- plok- plok
Enak betul tul tul tul enak betul.
|
Cerita
“Buah Pisang yang Cerdik”
Di taman terdapat dua jenis buah.
Buah mangga dan buah pisang.
Di taman tersebut juga ada seekor kera yang tinngal.
Suatu ketika perut Kera lapar sekali.
Kera pergi keluar kandang untuk mencari makan.
Di tengah taman Kera bertemu dengan buah mangga.
Kera ingin makan buah mangga tersebut.
Buah mangga tidak mau dan berlari mencari buah pisang.
Buah mangga menbujuk buah pisang supaya menemui Kera.
Buah pisang berpikir-pikir
sejenak.
Buah pisang sudah hafal kebiasaan jelek buah mangga.
Buah pisang beralasan hari itu ingin membantu ibunya memasak.
Kera berhasil mengejar Buah mangga.
Buah mangga dimakannya dengan lahap.
Di dalam rumah Buah pisang selamat dari kejaran kera,karena kecerdikannya.
|
B. MATERI
YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan
penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum
dan sesudah makan.
C. ALAT
DAN BAHAN
1.
Urutan bilangan dari 1-10,
2.
Buah pisang,
3.
Papan palang dari besi,
4.
Buku Seri Diri Sendiri halaman 22
D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan
belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Mendengarkan
cerita “Buah Pisang Yang Cerdik”
|
30’
|
Cerita Buah Pisang Yang
Cerdik
|
Inti
|
2.
Menyebut nama buah sesuai tulisan namanya
3.
Membilangurutan bilangan 1-10
4.
Membilang banyak buah pisang
|
60’
|
Buku Seri diri Sendiri hal 22
Urutan bilangan 1-10
Buah pisang
|
Istirahat
|
Cuci tangan, makan, minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
5.
Bergelayut pada papan palang dari besi
6.
Bertepuk
tangan “Tepuk Pisang”
|
30’
|
Papan palang dari besi
Tepuk Pisang
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
3. Mengucapkan doa sebelum dan /atau sesudah melakukan
sesuatu.
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
5. Membiasakan diri berperilaku baik.
6. Mengucapkan salam dan membalas salam.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Berdoa sebelum melakukan
kegiatan
b. Berdoa sesudah melakukan kegiatan
c. Berpakaian sesuai dengan keperluan
d. Mau bekerja/bermain dengan teman
e. Membalas salam dari teman
|
II
|
Fisik Motorik
|
a.2 Melakukan
gerakan menggantung (bergelayut).
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Bergelayut pada bidang vertikal
|
III
|
Kognitif
|
c.1 Membilang banyak
benda satu sampai sepuluh.
|
3.6
4.6
|
a. membilang/ menyebutkan urutan bilangan 1 – 10
b. membilang banyak benda 1 – 10
|
IV
|
Bahasa
|
c.1 Mengenal
simbol-simbol.
|
2.14
3.10
4.10
|
a. menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan nama benda
|
V
|
Sosial Emosional
|
a.2 Mengendalikan
perasaan.
b.3 Mau berbagi,
menolong, dan membantu teman.
|
2.5
2.6
|
a. Mau membagikan makanan yang dimilikinya
b. Tidak cengeng
|
VI
|
Seni
|
b.6 Mengekspresikan gerakan dengan irama yang bervariasi
|
3.15
4.15
|
a. Menyanyikan lagu dan mengekspresikan tepuk
sesuai dengan tema hari itu
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
,
|
||
Mengetahui,
Kepala TK/PAUD .............................. |
Guru
|
|
……………………
|
………………………
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
JULI
|
4
|
4
|
PAUD ...........................................
TAHUN AJARAN ...........................................
HARI 4
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal :
..................................................... Kamis, 28 Juli 2016
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Diriku / Kesukaanku
A. MATERI
DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Menebalkan bentuk gambar apel, jeruk
3.
Menyebut urutan bilangan 1-10,
4.
Menyebut nama buah yang diberi tulisan: jeruk, apel, pisang,
nanas,
5.
Lagu “Buah Jeruk Bali”, dan tepuk ”Jeruk Bali”
Mataku Ada
Dua
Buah jeruk bali
Rasanya manis
Tumbuh di halaman
Depan rumahku
Warna merah jambu
Kesayanganku
Buah kesukaanku
Jeruk bali
|
Tepuk
“Jeruk Bali”
Plok- plok- plok
Bentuknya bulat
Plok- plok- plok
Rasanya manis
Plok- plok- plok
Besarnya se-kepalaku
Plok- plok- plok
JERUK BALI
|
B. MATERI
YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan
penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT
DAN BAHAN
1.
Urutan bilangan 1-10
2.
Buah jeruk, apel, pisang, nanas yang diberi tulisan
namanya,
3.
Buku Seri Diri Sendiri halaman 23
D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Menyanyi lagu “Buah Jeruk Bali”
|
30’
|
Lagu Buah Jeruk Bali
|
Inti
|
2.
Menebalkan bentuk gambar apel, jeruk
3.
Menyebut urutan bilangan 1-10
4.
Menyebut nama buah yang diberi tulisan: jeruk,
apel, pisang, nanas
|
60’
|
Buku Seri Diri Sendiri hal 23
Urutan bilangan 1-10
Buah jeruk, apel, pisang, nanas yang diberi
tulisan namanya
|
Istirahat
|
Cuci tangan, makan, minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
5.
Mengulang lagu Buah Jeruk Bali
6.
Bertepuk
tangan”Tepuk Jeruk Bali”
|
30’
|
Lagu Buah Jeruk Bali
Tepuk Jeruk Bali
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
3. Mengucapkan doa sebelum dan /atau sesudah melakukan
sesuatu.
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
5. Membiasakan diri berperilaku baik.
6. Mengucapkan salam dan membalas salam.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Berdoa sebelum melakukan kegiatan
b. Berdoa sesudah melakukan kegiatan
c. Berpakaian sesuai dengan keperluan
d. Mau bekerja/bermain dengan teman
e. Membalas salam dari teman
|
II
|
Fisik Motorik
|
b.1 Membuat garis
vertikal, horizontal, lengkung kiri/ kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Menebalkan lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan
|
III
|
Kognitif
|
c.1 Membilang banyak
benda satu sampai sepuluh.
|
3.6
4.6
|
a. membilang/ menyebutkan urutan bilangan 1 – 10
|
IV
|
Bahasa
|
c.1 Mengenal
simbol-simbol.
|
2.14
3.10
4.10
|
a. menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan nama benda
|
V
|
Sosial Emosional
|
a.2 Mengendalikan
perasaan.
b.3 Mau berbagi,
menolong, dan membantu teman.
|
2.5
2.6
|
a. Mau membagikan makanan yang dimilikinya
a. Tidak cengeng
|
VI
|
Seni
|
b.7 Mengekspresikan gerakan dengan irama yang
bervariasi
|
3.15
4.15
|
a. Melakukan tepuk mengikuti irama bersama teman
pada hari itu
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
………………………………………
|
||
Mengetahui,
Kepala TK/PAUD .............................................. |
Guru
|
|
…………………………………
|
…………………………………
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
JULI
|
4
|
5
|
PAUD ...........................................
TAHUN AJARAN ...........................................
HARI 5
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal :
..................................................... Jumat, 29 Juli 2016
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Diriku / Kesukaanku
A. MATERI
DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Membilang banyak gambar mainan,
3.
Menyebutkan sebab akibat jika hujan-hujanan,
4.
Menyebutkan kata-kata yang baru didengar ”Nama alat
mainan”,
5.
Merobek kertas dibentuk layang-layang,
6.
Lagu “Bermain Ayunan”, dan cerita ”Pengalaman Bermain”
Lagu
“Bermain Ayunan”
Tu dua satu hup…naik..
Adikku terayun-ayun
Meninggi menurun
Di atas ayunan
|
Cerita
Pengalaman Bermain di Sekolah
Anak-anak menceritakan pengalaman bermain di sekolah.
Ada yang berpengalaman bermain ayunan.
Ada yang berpengalaman bermain prosotan.
Bermain yang lainnya……
Perasaan pada saat bermain : senang, puas,takut,berani….
Perasaan setelah bermain : puas, lelah, senang, kurang lagi….
Permainan yang paling berkesan…….
Alat permainan yang paling ditakuti…..
|
B. MATERI
YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan
penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT
DAN BAHAN
1.
Kertas warna,
2.
Nama-nama alat mainan,
3.
Buku Seri Diri Sendiri halaman 24
D. KEGIATAN
BELAJAR
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Tanya jawab nama mainan kesukaannya
2.
Bercerita
tentang pengalaman bermain di sekolah
|
30’
|
Nama mainan kesukaan
Cerita pengalaman bermain
|
Inti
|
3.
Membilang banyak gambar mainan
4.
Menyebutkan sebab akibat jika hujan-hujanan
5.
Menyebutkan kata-kata yang baru didengar ”Nama alat mainan”
6.
Merobek kertas dibentuk layang-layang
|
60’
|
Buku Seri Diri Sendiri hal 24
Jawaban anak sebab akibat jika hujan-hujanan
Nama-nama alat mainan
Kertas warna
|
Istirahat
|
Cuci tangan, makan. minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
7. Menyanyi lagu Bermain
Ayunan
|
30’
|
Lagu Bermain Ayunan
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
3. Mengucapkan doa sebelum dan /atau
sesudah melakukan sesuatu.
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
5. Membiasakan diri berperilaku baik.
6. Mengucapkan salam dan membalas salam.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Berdoa sebelum melakukan kegiatan
b. Berdoa sesudah melakukan kegiatan
c. Berpakaian sesuai dengan keperluan
d. Mau bekerja/bermain dengan teman
e. Membalas salam dari teman
|
II
|
Fisik Motorik
|
b.3 Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang
rumit.
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Merobek
|
III
|
Kognitif
|
b.2 Mengenal gejala
sebab-akibat yang terkait dengan dirinya.
c.1 Membilang banyak
benda satu sampai sepuluh
|
3.6
4.6
|
a. Mengungkapkan sebab akibat hujan-hujanan
b. membilang banyak benda 1 – 10
|
IV
|
Bahasa
|
b.5 Menyebutkan
kata-kata yang dikenal.
|
2.14
3.10
4.10
|
a. Menyebutkan kata-kata yang baru didengar (cerita)
|
V
|
Sosial Emosional
|
a.2 Mengendalikan perasaan.
b.3 Mau berbagi,
menolong, dan membantu teman.
|
2.5
2.6
|
a. Mau membagikan makanan yang dimilikinya
b. Tidak cengeng
|
VI
|
Seni
|
a.2 Memainkan alat musik/ instrumen/ benda
yang dapat membentuk irama yang teratur
b.6 Mengekspresikan gerakan dengan irama yang
bervariasi
|
3.15
4.15
|
a.
Menyanyikan lagu bersama teman lainnya
b.
Menghargai penampilan karya seni anak lain dengan bimbingan (misal dengan
bertepuk tangan dan memuji)
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
,
|
||
Mengetahui,
Kepala TK/PAUD .............................................. |
Guru
|
|
…………………………………
|
…………………………………
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
JULI
|
4
|
6
|
PAUD ...........................................
TAHUN AJARAN ...........................................
HARI 6
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal :
..................................................... Sabtu, 30 Juli 2016
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Diriku / Kesukaanku
A. MATERI
DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Menyebutkan kegunaan alat tulis: pensil, crayon,
serutan dsb
3.
Menunjuk nama huruf yang disebutkan guru:
a,i,u,e,o,b,c,d,g dari spon
4.
Menjawab pertanyaan tentang identitas diri “ciri-ciri
tubuh anak”
5.
Lagu “Badan Aku Amat Gaya”.
Lagu
“Badan Aku Amat Gaya”
Badan aku amat gaya
Tidakkan lembek atau lemah
Sebagai laskar yang gagah
Badan aku membela Nusa
|
B. MATERI
YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan
penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci
tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT
DAN BAHAN
1.
Bola kecil,
2.
Hruf-huruf: a,i,u,e,o,b,c,d,g dari spon,
3.
Pensil, crayon, dan serutan,
D. KEGIATAN
BELAJAR
Kegiatan
belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Menyanyi
lagu Badan Aku Amat Gaya
|
30’
|
Lagu Badan Aku Amat Gaya
|
Inti
|
2.
Menyebutkan kegunaan alat tulis: pensil, crayon, serutan dsb
3.
Menunjuk nama huruf yang disebutkan guru:
a,i,u,e,o,b,c,d,g dari spon
5.
Menjawab pertanyaan tentang identitas diri ”ciri-ciri tubuh
anak”
|
60’
|
Kegunaan alat-alat tulis
Hruf-huruf: a,i,u,e,o,b,c,d,g dari spon
Ciri-ciri tubuh anak
|
Istirahat
|
Cuci tangan, makan, minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
6.
Menyanyi lagu Badan aku Amat Gaya
7.
Menangkap bola kecil yang dilempar mendatar
|
30’
|
Lagu Badan Aku Amat Gaya
Bola kecil
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
3. Mengucapkan doa sebelum dan /atau
sesudah melakukan sesuatu.
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
5. Membiasakan diri berperilaku baik.
6. Mengucapkan salam dan membalas salam.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Berdoa sebelum melakukan kegiatan
b. Berdoa sesudah melakukan kegiatan
c. Berpakaian sesuai dengan keperluan
d. Mau bekerja/bermain dengan teman
e. Membalas salam dari teman
|
II
|
Fisik Motorik
|
a.5 Menangkap sesuatu
secara tepat
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Menangkap bola kecil yang dilempar mendatar
|
III
|
Kognitif
|
a.1 Mengenal benda
berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis).
c.4 Mengenal lambang
huruf.
|
3.6
4.6
|
a. Menyebutkan kegunaan alat tulis: pinsil,
krayon, serutan, penghapus, penggaris
a. Menunjukkan nama huruf dan lambangnya
|
IV
|
Bahasa
|
b.3 Menjawab pertanyaan
sesuai pertanyaan.
|
2.14
3.10
4.10
|
a. Menjawab pertanyaan tentang identitas dirinya
|
V
|
Sosial Emosional
|
a.2 Mengendalikan
perasaan.
b.3 Mau berbagi,
menolong, dan membantu teman.
|
2.5
2.6
|
a. Mau membagikan makanan yang dimilikinya
b. Tidak cengeng
|
VI
|
Seni
|
b.6 Mengekspresikan gerakan dengan irama yang
bervariasi
|
3.15
4.15
|
a. Menyanyikan lagu dan mengekspresikannya sesuai
dengan tema hari itu
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
,
|
||
Mengetahui,
Kepala TK/PAUD .............................................. |
Guru
|
|
…………………………………
|
…………………………………
|
0 komentar:
Post a Comment