. 
. 
| 
RENCANA
  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13 | |||
| 
SEMESTER | 
BULAN | 
MINGGU
  KE | 
HARI KE | 
| 
1 | 
AGUSTUS | 
8 | 
1 | 
TK/PAUD ..............................
TAHUN AJARAN 20.../20..
HARI 1
Model Pembelajaran  : Kelompok
Hari, Tanggal              : Senin, 22 Agustus 20...
Kelompok / Usia         : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema        : Keluarga / Rumahku
A. MATERI
DALAM KEGIATAN
1.     
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.     
Membuat bentuk rumah dari kardus bekas,
3.     
Menggambar bebas yang bertemakan rumah,
4.     
Menyebutkan nama huruf depan pada gambar: jendela,
atap, pintu
5.     
Menyebutkan posisi orang yang sedang membangun rumah,
6.     
Tepuk ”Rumah”, dan cerita gambar seri “Orang Membangun
Rumah”
| 
Tepuk
  “Rumah” 
Plok- plok- plok 
Gali pundasi 
Plok- plok- plok 
Pasang  dinding 
Plok- plok- plok 
Pasang genting 
Plok- plok- plok 
Pasang keramik 
Palok- plok- plok 
RUMAH | 
Cerita
  gambar seri “Orang Membangun Rumah” 
1. Gambar orang membeli bahan bangunan untuk membangun rumah. 
2. Gambar menggali pundasi rumah. 
3. Gambar orang membuat/membangun tembok/dinding. 
4. Gambar orang memasang genteng. 
5. Gambar orang memasang keramik/lantai. 
6. Gambaro rang mengecat rumah | 
B. MATERI
YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.     
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.     
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan
penjemputan
3.     
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.     
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT
DAN BAHAN
1.     
Gambar seri orang membangun rumah,
2.     
Kardus-kardus bekas, buku gambar, crayon,
3.     
Gambar jendela, atap, pintu,
4.     
Buku Seri Keluarga halaman 19
D. KEGIATAN
BELAJAR
| 
Kegiatan
  belajar | 
Waktu | 
Sumber | |
| 
Pembukaan | 
1.     
  Mengurutkan
  gambar seri “Orang Membangun Rumah” | 
30’ | 
Gambar seri ”Orang
  Membangun Rumah” | 
| 
Inti | 
2.     
  Membuat bentuk rumah dari kardus bekas 
3.     
  Menggambar bebas yang bertemakan rumah 
4.     
  Menyebutkan nama huruf depan pada gambar:
  jendela, atap, pintu 
5.     
  Menyebutkan posisi orang yang sedang membangun
  rumah | 
60’ | 
Kardus-kardus bekas 
Buku gambar, crayon 
Gambar jendela, atap, pintu 
Buku Seri Keluarga hal 19 | 
| 
Istirahat | 
Cuci tangan, makan, minum | 
30’ | 
Bekal anak | 
| 
Penutup | 
6.     
  Bertepuk
  tangan “Tepuk Rumah” 
7.     
  Berjalan
  jinjit ke belakang di atas garis lurus | 
30’ | 
Tepuk Rumah 
Garis lurus | 
E. PENILAIAN
1.     
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
| 
No | 
Lingkup Perkembangan | 
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
  (STPPA) | 
KD | 
Indikator | 
| 
I | 
Nilai Agama 
dan Moral | 
2. Meniru gerakan beribadah. 
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk. 
5. Membiasakan diri berperilaku baik. | 
1.1 
3.1 
4.1 
3.2 
4.2 | 
a. Meniru sikap berdoa 
b. Meniru gerakan sembahyang 
c. Bersikap ramah 
d. Mau bekerja/bermain dengan teman | 
| 
II | 
Fisik Motorik | 
a.6. Melakukan gerakan
  antisipasi 
b.5 Mengekspresikan
  diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media. | 
2.1 
3.3 
4.3 | 
a. Berjalan berjinjit 
b. Menggambar bebas | 
| 
III | 
Kognitif | 
a.2 Menggunakan
  benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil). 
c.4 Mengenal lambang
  huruf. | 
3.6 
4.6 | 
a. Mempergunakan barang bekas sebagai barang jualan 
b. Menyebutkan nama huruf
  depan pada kata nama suatu benda | 
| 
IV | 
Bahasa | 
a.4 Mengungkapkan
  perasaan dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani,
  baik, jelek, dsb.). 
b.5 Menyebutkan
  kata-kata yang dikenal.   
b.8 Menceritakan
  kembali cerita/ dongeng yang pernah
  didengar. | 
3.11 
4.11 | 
a. Menceritakan
  pengalamannya sendiri 
b. Menyebutkan posisi /
  keterangan tempat Misalnya : di luar, di dalam, di atas di bawah, di depan,
  dibelakang, di kiri, di kanan dsb 
c. Mengurutkan gambar seri
  (3-4 gambar) | 
| 
V | 
Sosial Emosional | 
b.3 Mau berbagi,
  menolong, dan membantu teman. 
c.2 Menaati aturan yang
  berlaku dalam suatu permainan. | 
3.13 
4.13 | 
a. Mau mengambilkan sesuatu untuk kepentingan teman 
b. Bermain sesuai dengan prosedur | 
| 
VI | 
Seni | 
b.6 Mengekspresikan
  gerakan dengan irama yang bervariasi | 
3.15 
4.15 | 
a. Melakukan tepuk dengan irama yang bervariasi bersama dengan teman | 
2.     
Teknik
Penilaian
a)     
Catatan hasil karya
b)     
Catatan anekdot, dan
c)      
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
|  |  | 
           ,                     20... | 
| 
Mengetahui, Kepala TK /PAUD ........... |  | 
Guru | 
| 
…………………… |  | 
…………………… | 
| 
RENCANA
  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13 | |||
| 
SEMESTER | 
BULAN | 
MINGGU
  KE | 
HARI KE | 
| 
1 | 
AGUSTUS | 
8 | 
2 | 
TK/PAUD ..............................
TAHUN AJARAN 20.../20..
HARI 2
Model Pembelajaran  : Kelompok
Hari, Tanggal                          : Selasa, 23 Agustus 20...
Kelompok / Usia                     : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema                    : Keluarga / Rumahku
A. MATERI
DALAM KEGIATAN
1.     
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.     
Mempergunakan meja untu bermain petak umpet di rumah,
3.     
Merobek kertas untuk membuat bentuk rumah,
4.     
Menyebut nama benda yang memiliki tulisan: jendela, pintu, pagar, atap.
5.     
Meniru garis miring “bentuk pagar”
6.     
Menyusun bentuk geometri dengan pola AB-AB
7.     
Tepuk “Rumah”, sajak “Rumahku”, dan cerita “Rumah Vino Baru”
| 
Tepuk
  “Rumah” 
Plok- plok- plok 
Gali pundasi 
Plok- plok- plok 
Pasang  dinding 
Plok- plok- plok 
Pasang genting 
Plok- plok- plok 
Pasang keramik 
Palok- plok- plok 
RUMAH |  | 
Sajak
  “Rumahku” 
Aku
  punya rumah baru 
Dindingnya
  berwarna abu-abu 
Tiap hari dibersihkan dan disapu 
Kusenang tinggal di rumahku 
Terima
  kasih ya Tuhanku 
Engkau
  sudah baik kepadaku | 
| 
Cerita
  “Rumah Vino Baru” 
Rumah
  tinggal di rumah yang masih kontrak. 
Suatu hari
  ayah ibunya membeli rumah baru. 
Rumah Vino
  bercat biru. 
Rumah Vino
  tidak terlalu besar, tetapi rapi. 
Hari
  Minggu Vino dan keluarga pindah di rumah yang baru. 
Keluarga
  Vino sibuk merapikan barang di rumah baru. 
Vino dan
  keluarganya amat bersyukur kepada Tuhan atas rumah barunya | ||
B. MATERI
YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.     
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.     
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan
kedatangan anak dan penjemputan
3.     
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.     
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT
DAN BAHAN
1.     
Meja,
2.     
Kertas berwarna, lem kertas
3.     
Bentuk pagar di papan tulis
4.     
Balok mainan dengan bentuk-bentuk geometri
5.     
Buku Seri Keluarga halaman 20
D. KEGIATAN
BELAJAR
| 
Kegiatan
  belajar | 
Waktu | 
Sumber | |
| 
Pembukaan | 
1.   
  Bercerita
  “Rumah Vino Baru” | 
30’ | 
Cerita Rumah Vino Baru | 
| 
Inti | 
2.   
  Mempergunakan meja untu bermain petak umpet di
  rumah 
3.   
  Merobek kertas untuk membuat bentuk rumah 
4.   
  Menyebut nama benda yang memiliki tulisan: jendela, pintu, pagar, atap. 
5.   
  Meniru
  garis miring “bentuk pagar” 
6.   
  Menyusun
  bentuk geometri dengan pola AB-AB | 
60’ | 
Meja 
Kertas berwarna,
  lem 
Buku Seri Keluarga hal 20 
Bentuk pagar di papan tulis 
Bentuk-bentuk geometri | 
| 
Istirahat | 
Cuci tangan, makan, minum | 
30’ | 
Bekal anak | 
| 
Penutup | 
7.   
  Bertepuk
  tangan ”Tepuk Rumah” 
8.   
  Mengucap
  sajak “Rumahku” | 
30’ | 
Tepuk Rumah 
Sajak Rumahku | 
E. PENILAIAN
1.     
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
| 
No | 
Lingkup Perkembangan | 
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
  (STPPA) | 
KD | 
Indikator | 
| 
I | 
Nilai Agama 
dan Moral | 
2. Meniru gerakan beribadah..  
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk. 
5. Membiasakan diri berperilaku baik. | 
1.1 
3.1 
4.1 
3.2 
4.2 | 
a. Meniru sikap berdoa 
b. Meniru gerakan sembahyang 
c. Bersikap ramah 
d. Mau bekerja/bermain dengan teman | 
| 
II | 
Fisik Motorik | 
b.1 Membuat garis
  vertikal, horizontal, lengkung kiri/ kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran 
b.3 Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang
  rumit. | 
2.1 
3.3 
4.3 | 
a. Meniru lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan 
b. Merobek | 
| 
III | 
Kognitif | 
a.2 Menggunakan
  benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil). 
b.4 Mengenal pola
  (misal, AB-AB dan ABC-ABC) dan mengulanginya | 
3.6 
4.6 | 
a. Mempergunakan meja sebagai mainan rumah 
b. Melengkapi susunan bentuk geometri dengan pola AB – AB | 
| 
IV | 
Bahasa | 
c.1 Mengenal
  simbol-simbol. | 
2.14 
3.10 
4.10 | 
a. Menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan nama benda | 
| 
V | 
Sosial Emosional | 
b.3 Mau berbagi,
  menolong, dan membantu teman. 
c.2 Menaati aturan yang
  berlaku dalam suatu permainan. | 
2.5 
2.6 | 
a. Mau mengambilkan sesuatu untuk kepentingan teman 
b. Bermain sesuai dengan prosedur | 
| 
VI | 
Seni | 
b.8 Membentuk berdasarkan objek yang dilihatnya
  (mis. dengan plastisin, tanah liat) | 
3.15 
4.15 | 
a. Menampil kan karya seni sederhana membuat bentuk
  rumah dari kertas robekan | 
2.     
Teknik
Penilaian
a)     
Catatan hasil karya
b)     
Catatan anekdot, dan
c)      
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
|  |  | 
           ,                     20... | 
| 
Mengetahui, Kepala TK /PAUD ........... |  | 
Guru | 
| 
…………………… |  | 
…………………… | 
| 
RENCANA
  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13 | |||
| 
SEMESTER | 
BULAN | 
MINGGU
  KE | 
HARI KE | 
| 
1 | 
AGUSTUS | 
4 | 
3 | 
TK/PAUD ..............................
TAHUN AJARAN 20.../20..
HARI 3
Model Pembelajaran  : Kelompok
Hari, Tanggal              : Rabu, 24 Agustus 20...
Kelompok / Usia         : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema        : Keluarga / Rumahku
A. MATERI
DALAM KEGIATAN
1.     
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.     
Mencoba dan menceritakan jika warna dicampur untuk
mewarnai gambar rumah
3.     
Membedakan berat ringan dari pot, bunga, meja anak,
kursi anak
4.     
Menyebut nama benda yang memiliki tulisan nama:
lemari, kulkas, pot bunga, sofa, pagar
5.     
Cerita “Bunga Mawar Menghiasi Rumah Indi”
| 
Cerita “Bunga Mawar Menghiasi Rumah Indi” 
Rumah keluarga Indi bercat merah jambu 
Rumahnya bersih dan asri. 
Setiap hari dibersihkan dan disapu selalu. 
Halaman rumah Indi cukup luas. 
Halaman rumahnya ditanami berbagai tanaman bunga. 
Bunga mawar banyak tumbuh menghiasi halaman rumah Indi. 
Setiap hari tanaman tersebut disiram dan dirawat. 
Rumah Indi semakin terlihat asri karena dihiasi bunga-bunga mawar. 
Banyak orang senang memandang rumah Indi. | 
B. MATERI
YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.     
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.     
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan
penjemputan
3.     
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.     
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT
DAN BAHAN
1.     
Lego,
2.     
Cat air dengan bernagai warna
3.     
Pot, bunga, kursi anak, meja anak
4.     
Buku Seri Keluarga hal 21
D. KEGIATAN
BELAJAR
| 
Kegiatan
  belajar | 
Waktu | 
Sumber | |
| 
Pembukaan | 
1.      
  Menjawab
  pertanyaan macam-macam barang yang ada di rumah | 
30’ | 
Nama barang yang ada di
  rumah | 
| 
Inti | 
2.      
  Mencoba dan menceritakan jika warna dicampur
  untuk mewarnai gambar rumah 
3.      
  Membedakan berat ringan dari pot, bunga, meja anak, kursi anak 
4.      
  Menyebut nama benda yang memiliki tulisan nama:
  lemari, kulkas, pot bunga, sofa, pagar | 
60’ | 
Cat air dengan bernagai warna 
Pot, bunga, kursi anak, meja anak 
Buku Seri Keluarga hal 21 | 
| 
Istirahat | 
5.      
  Cuci tangan, makan, minum | 
30’ | 
Bekal anak | 
| 
Penutup | 
6.      
  Membuat
  bentuk rumah dari lego 
7.      
  Mendengarkan
  ceritab”Bunga Mawar Menghiasi Depan Rumah Indi” | 
30’ | 
Lego 
Cerita Bunga Mawar
  Menghiasi Rumah Indi” | 
E. PENILAIAN
1.     
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
| 
No | 
Lingkup Perkembangan | 
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
  (STPPA) | 
KD | 
Indikator | 
| 
I | 
Nilai Agama 
dan Moral | 
2. Meniru gerakan beribadah. 
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk. 
5. Membiasakan diri berperilaku baik. | 
1.1 
3.1 
4.1 
3.2 
4.2 | 
a. Meniru sikap berdoa 
b. Meniru gerakan sembahyang 
c. Bersikap ramah 
d. Mau bekerja/bermain dengan teman | 
| 
II | 
Fisik Motorik | 
b.4 Melakukan gerakan
  manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan berbagai
  media. | 
2.1 
3.3 
4.3 | 
a. Membuat berbagai bentuk menggunakan lego | 
| 
III | 
Kognitif | 
a.5 Mengkreasikan
  sesuatu sesuai dengan idenya sendiri yang terkait dengan berbagai pemecahan
  masalah 
b.1 Mengklasifikasikan
  benda berdasarkan bentuk atau warna atau ukuran. | 
3.6 
4.6 | 
a. Mencoba menceritakan apa yang terjadi jika warna dicampur 
b. Membedakan kasar-halus, berat-ringan, panjang- pendek, jauh-dekat,
  banyak- sedikit, sama- tidak sama. | 
| 
IV | 
Bahasa | 
b.6 Mengutarakan
  pendapat kepada orang lain. 
c.1 Mengenal
  simbol-simbol. | 
2.14 
3.10 
4.10 | 
a. Berani menjawab pertanyaan 
b. menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan nama benda | 
| 
V | 
Sosial Emosional | 
b.3 Mau berbagi,
  menolong, dan membantu teman. 
c.2 Menaati aturan yang
  berlaku dalam suatu permainan. | 
2.5 
2.6 | 
a. Mau mengambilkan sesuatu untuk kepentingan teman 
b. Bermain sesuai dengan prosedur | 
| 
VI | 
Seni | 
a.1 Senang mendengarkan berbagai macam musik
  atau lagu kesukaannya | 
3.15 
4.15 | 
a. Menyanyikan lagu sesuai dengan tema hari itu 
b. Bermain
  perkusi menggunakan alat perkusi sederhana | 
2.     
Teknik
Penilaian
a)     
Catatan hasil karya
b)     
Catatan anekdot, dan
c)      
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
|  |  | 
           ,                     20... | 
| 
Mengetahui, Kepala TK /PAUD ........... |  | 
Guru | 
| 
…………………… |  | 
…………………… | 
| 
RENCANA
  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13 | |||
| 
SEMESTER | 
BULAN | 
MINGGU
  KE | 
HARI KE | 
| 
1 | 
AGUSTUS | 
8 | 
4 | 
TK/PAUD ..............................
TAHUN AJARAN 20.../20..
HARI 4
Model Pembelajaran  : Kelompok
Hari, Tanggal              : Kamis, 25 Agustus 20...
Kelompok / Usia         : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema        : Keluarga / Rumahku
A. MATERI
DALAM KEGIATAN
1.     
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.     
Memasangkan ruangan di rumah dengan kegunaannya
3.     
Meniru lambang bilangan 2 
4.     
Menyebut nama benda yang memiliki tulisan: piring,
sendok, garpu
5.     
Tepuk “Makan”
| 
Tepuk “Makan” 
Plok- plok- plok 
Ambil piring 
Plok- plok- plok 
Ambil nasi 
Plok- plok- plok 
Ambil sayur 
Plok- plok- plok 
Ambil lauk 
Plok- plok- plok 
Berdoa 
Plok- plok- plok 
MAKAN | 
B. MATERI
YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.     
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.     
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan
penjemputan
3.     
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.     
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT
DAN BAHAN
1.     
Buku tulis, pensil
2.     
Lambang bilangan 2
3.     
Gambar yang memiliki tulisan piring, sendok, garpu
4.     
Buku Seri Keluarga halaman 22
D. KEGIATAN BELAJAR
| 
Kegiatan
  belajar | 
Waktu | 
Sumber | |
| 
Pembukaan | 
1.        
  Tanya
  jawab tentang nama benda yang terdapat di dapur | 
30’ | 
Nama benda yang terdapat di
  dapur | 
| 
Inti | 
2.        
  Memasangkan ruangan di rumah dengan kegunaannya 
3.        
  Meniru lambang bilangan 2  
4.        
  Menyebut nama benda yang memiliki     tulisan: piring, sendok, garpu | 
60’ | 
Buku Seri Keluarga hal 22 
Buku tulis, pensil 
Gambar yang memiliki tulisan piring, sendok, garpu | 
| 
Istirahat | 
Cuci tangan, makan, minum | 
30’ | 
Bekal anak | 
| 
Penutup | 
5.        
  Bertepuk
  tangan ”Tepuk Makan” 
6.        
  Menggerakkan
  kepala, tangan, kaki | 
30’ | 
Tepuk makan 
Gerakan anak | 
E. PENILAIAN
1.     
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
| 
No | 
Lingkup Perkembangan | 
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
  (STPPA) | 
KD | 
Indikator | 
| 
I | 
Nilai Agama 
dan Moral | 
2. Meniru gerakan beribadah. 
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk. 
5. Membiasakan diri berperilaku baik. | 
1.1 
3.1 
4.1 
3.2 
4.2 | 
a. Meniru sikap berdoa 
b. Meniru gerakan sembahyang 
c. Bersikap ramah 
d. Mau bekerja/bermain dengan teman | 
| 
II | 
Fisik Motorik | 
b.4 Mengekspresikan
  diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media. | 
2.1 
3.3 
4.3 | 
a. Menggerakan kepala, tangan atau kaki sesuai dengan iringan musik/ritmik | 
| 
III | 
Kognitif | 
b.3 Mengklasifikasikan
  benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok
  yang berpasangan dengan 2 variasi 
c.3 Mengenal lambang
  bilangan. | 
3.6 
4.6 | 
a. Memasangkan benda dengan pasangannya : ruangan dengan kegunaannya 
b. Meniru lambang bilangan 1 – 10 | 
| 
IV | 
Bahasa | 
c.1 Mengenal
  simbol-simbol. | 
2.14 
3.10 
4.10 | 
a. Menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan nama benda | 
| 
V | 
Sosial Emosional | 
b.3 Mau berbagi,
  menolong, dan membantu teman. 
c.2 Menaati aturan yang
  berlaku dalam suatu permainan. | 
2.5 
2.6 | 
a. Mau mengambilkan sesuatu untuk kepentingan teman 
b. Bermain sesuai dengan prosedur | 
| 
VI | 
Seni | 
b.7 Mengekspresikan gerakan dengan irama yang
  bervariasi | 
3.15 
4.15 | 
a. Melakukan tepuk mengikuti irama bersama teman
  dengan penuh ekspresi | 
2.     
Teknik
Penilaian
a)     
Catatan hasil karya
b)     
Catatan anekdot, dan
c)      
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
|  |  | 
           ,                     20... | 
| 
Mengetahui, Kepala TK /PAUD ........... |  | 
Guru | 
| 
…………………… |  | 
…………………… | 
| 
RENCANA
  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13 | |||
| 
SEMESTER | 
BULAN | 
MINGGU
  KE | 
HARI KE | 
| 
1 | 
AGUSTUS | 
8 | 
5 | 
TK/PAUD ..............................
TAHUN AJARAN 20.../20..
HARI 5
Model Pembelajaran  : Kelompok
Hari, Tanggal              : Jumat, 26 Agustus 20...
Kelompok / Usia         : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema        : Keluarga / Rumahku
A. MATERI
DALAM KEGIATAN
1.     
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.     
Meniru garis dengan cara menebalkan garis lengkung,miring pada bentuk
rumah,
3.     
Mencoba dan menceritakan jika pewarna dicampur untuk mewarnai gambar
rumah,
4.     
Menyebut nama huruf depan pada gambar : pohon, pagar, tembok, genting
5.     
Lagu “Rumahku”,
| 
Lagu “Rumahku” 
Rumahku ada satu 
Dindingnya bercat biru 
Kubersihkan selalu 
Nyaman senang hatik | 
B. MATERI
YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.     
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.     
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan
penjemputan
3.     
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.     
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT
DAN BAHAN
Pewarna,
Gambar yang ada tulisannya: pohon,
pagar, tembok, genting
Papan untuk bergantung,
Buku Seri Keluarga halaman 23
D. KEGIATAN BELAJAR
| 
Kegiatan
  belajar | 
Waktu | 
Sumber | |
| 
Pembukaan | 
1.        
  Menyanyi
  lagu ”Rumahku” | 
30’ | 
Lagu Rumahku | 
| 
Inti | 
2.        
  Meniru
  garis dengan cara menebalkan garis lengkung,miring pada bentuk rumah 
3.        
  Mencoba dan menceritakan jika pewarna dicampur untuk mewarnai gambar rumah 
4.        
  Menyebut nama
  huruf depan pada gambar: pohon, pagar, tembok, genting | 
60’ | 
Buku Seri Keluarga hal 23 
Pewarna 
Gambar yang ada tulisannya: pohon, pagar, tembok, genting | 
| 
Istirahat | 
Cuci tangan, makan, minum | 
30’ | 
Bekal anak | 
| 
Penutup | 
5.        
  Tanya jawab “bagian-bagian rumah” 
6.        
  Menggantung
  pada papan bergantung | 
30’ | 
Nama bagian-bagian rumah 
Papan untuk bergantung | 
E. PENILAIAN
1.     
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
| 
No | 
Lingkup Perkembangan | 
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
  (STPPA) | 
KD | 
Indikator | 
| 
I | 
Nilai Agama 
dan Moral | 
2. Meniru gerakan beribadah. 
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk. 
5. Membiasakan diri berperilaku baik. | 
1.1 
3.1 
4.1 
3.2 
4.2 | 
a. Meniru sikap berdoa 
b. Meniru gerakan sembahyang 
c. Bersikap ramah 
d. Mau bekerja/bermain dengan teman | 
| 
II | 
Fisik Motorik | 
a.2 Melakukan gerakan
  menggantung (bergelayut). 
b.1 Membuat garis
  vertikal, horizontal, lengkung kiri/ kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran | 
2.1 
3.3 
4.3 | 
a. Menggantung pada bidang horisontal yang lebih tinggi dari kepalanya 
b. Meniru lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan | 
| 
III | 
Kognitif | 
a.5 Mengkreasikan
  sesuatu sesuai dengan idenya sendiri yang terkait dengan berbagai pemecahan
  masalah 
c.4 Mengenal lambang huruf. | 
3.6 
4.6 | 
a. Mencoba menceritakan apa yang terjadi jika warna dicampur 
b. Menyebutkan nama huruf depan pada kata nama suatu benda | 
| 
IV | 
Bahasa | 
b.6 Mengutarakan
  pendapat kepada orang lain. | 
2.14 
3.10 
4.10 | 
a. Berani menjawab pertanyaan | 
| 
V | 
Sosial Emosional | 
b.3 Mau berbagi,
  menolong, dan membantu teman. 
c.2 Menaati aturan yang
  berlaku dalam suatu permainan. | 
2.5 
2.6 | 
a. Mau mengambilkan sesuatu untuk kepentingan teman 
b. Bermain sesuai dengan prosedur | 
| 
VI | 
Seni | 
a.1 Senang mendengarkan berbagai macam musik
  atau lagu kesukaannya 
b.2 Bernyanyi sendiri | 
3.15 
4.15 | 
a.
  Bernyanyi lagu bersama teman dan bernyanyi sendiri di depan temannya | 
2.     
Teknik
Penilaian
a)     
Catatan hasil karya
b)     
Catatan anekdot, dan
c)      
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
|  |  | 
           ,                     20... | 
| 
Mengetahui, Kepala TK /PAUD ........... |  | 
Guru | 
| 
…………………… |  | 
…………………… | 
| 
RENCANA
  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13 | |||
| 
SEMESTER | 
BULAN | 
MINGGU
  KE | 
HARI KE | 
| 
1 | 
AGUSTUS | 
8 | 
6 | 
TK/PAUD ..............................
TAHUN AJARAN 20.../20..
HARI 6
Model Pembelajaran  : Kelompok
Hari, Tanggal              : Sabtu, 27 Agustus 20...
Kelompok / Usia         : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema        : Keluarga / Rumahku
A. MATERI
DALAM KEGIATAN
1.     
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.     
Mencoba dan menceritakan jika: piring, sendok
didekatkan magnet,
3.     
Membilang banyak gambar rumah,
4.     
Menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan: rumah,
taman, kolam
5.     
Lagu “Rumahku”, dan tepuk “Rumah”
| 
Lagu “Rumahku” 
Rumahku ada satu 
Dindingnya bercat biru 
Kubersihkan selalu 
Nyaman senang hatiku | 
Tepuk “Rumah” 
Plok- plok- plok 
Gali pundasi 
Plok- plok- plok 
Pasang dinding 
Plok- plok- plok 
Pasang genting 
Plok- plok- plok 
Pasang keramik 
Palok- plok- plok 
RUMAH | 
B. MATERI
YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.     
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.     
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan
penjemputan
3.     
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.     
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT
DAN BAHAN
1.     
Bola kecil,
2.     
Piring, sendok, magnet
3.     
Buku Seri Keluarga hal 24
4.     
Gambar: rumah, taman, kolam yang memiliki tulisan
D. KEGIATAN BELAJAR
| 
Kegiatan
  belajar | 
Waktu | 
Sumber | |
| 
Pembukaan | 
1.        
   Menyanyi lagu “Rumahku” | 
30’ | 
Lagu Rumahku | 
| 
Inti | 
2.        
  Mencoba dan menceritakan jika: piring, sendok
  didekatkan magnet 
3.        
  Membilang banyak gambar rumah 
4.        
  Menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan: rumah, taman, kolam | 
60’ | 
Piring, sendok, magnet 
Buku Seri Keluarga hal 24 
Gambar: rumah, taman, kolam yang memiliki
  tulisan | 
| 
Istirahat | 
Cuci tangan, makan, minum | 
30’ | 
Bekal anak | 
| 
Penutup | 
5.        
  Bertepuk
  tangan ”Tepuk Rumah” 
6.        
  Melempar
  bola kecil ke atas | 
30’ | 
Tepuk Rumah 
Bola kecil | 
E. PENILAIAN
1.     
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
| 
No | 
Lingkup Perkembangan | 
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
  (STPPA) | 
KD | 
Indikator | 
| 
I | 
Nilai Agama 
dan Moral | 
2. Meniru gerakan beribadah. 
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk. 
5. Membiasakan diri berperilaku baik. | 
1.1 
3.1 
4.1 
3.2 
4.2 | 
a. Meniru sikap berdoa 
b. Meniru gerakan sembahyang 
c. Bersikap ramah 
d. Mau bekerja/bermain dengan teman | 
| 
II | 
Fisik Motorik | 
a.4 Melempar sesuatu
  secara terarah | 
2.1 
3.3 
4.3 | 
a. Melempar bola kecil ke atas (melambung) | 
| 
III | 
Kognitif | 
a.5 Mengkreasikan sesuatu sesuai dengan idenya sendiri yang terkait
  dengan berbagai pemecahan masalah 
c.1 Membilang banyak benda satu sampai sepuluh. | 
3.6 
4.6 | 
a. Mencoba menceritakan apa yang terjadi jika benda-benda didekatkan pada
  magnet 
b. membilang banyak benda 1 – 10  | 
| 
IV | 
Bahasa | 
c.1 Mengenal simbol-simbol. | 
2.14 
3.10 
4.10 | 
a. menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan nama benda | 
| 
V | 
Sosial Emosional | 
b.3 Mau berbagi,
  menolong, dan membantu teman. 
c.2 Menaati aturan yang
  berlaku dalam suatu permainan. | 
2.5 
2.6 | 
a. Mau mengambilkan sesuatu untuk kepentingan teman 
b. Bermain sesuai dengan prosedur | 
| 
VI | 
Seni | 
b.2 Bernyanyi sendiri 
b.6 Mengekspresikan gerakan dengan irama
  yang bervariasi | 
3.15 
4.15 | 
a.
  Menyanyikan sendiri lagu dan melakukan tepuk dihadapan teman-temannya | 
2.     
Teknik
Penilaian
a)     
Catatan hasil karya
b)     
Catatan anekdot, dan
c)      
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar teknik penilaian disajikan
pada lembar terpisah.
|  |  | 
           ,                     20... | 
| 
Mengetahui, Kepala TK /PAUD ........... |  | 
Guru | 
| 
…………………… |  | 
…………………… | 


 
 
 

 
 Posts
Posts
 
 

0 komentar:
Post a Comment