.
.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
AGUSTUS
|
8
|
1
|
TK/PAUD ..............................
TAHUN AJARAN 20.../20..
HARI 1
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal : Senin, 22 Agustus 20...
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Keluarga / Rumahku
A. MATERI
DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Membuat bentuk rumah dari kardus bekas,
3.
Menggambar bebas yang bertemakan rumah,
4.
Menyebutkan nama huruf depan pada gambar: jendela,
atap, pintu
5.
Menyebutkan posisi orang yang sedang membangun rumah,
6.
Tepuk ”Rumah”, dan cerita gambar seri “Orang Membangun
Rumah”
Tepuk
“Rumah”
Plok- plok- plok
Gali pundasi
Plok- plok- plok
Pasang dinding
Plok- plok- plok
Pasang genting
Plok- plok- plok
Pasang keramik
Palok- plok- plok
RUMAH
|
Cerita
gambar seri “Orang Membangun Rumah”
1. Gambar orang membeli bahan bangunan untuk membangun rumah.
2. Gambar menggali pundasi rumah.
3. Gambar orang membuat/membangun tembok/dinding.
4. Gambar orang memasang genteng.
5. Gambar orang memasang keramik/lantai.
6. Gambaro rang mengecat rumah
|
B. MATERI
YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan
penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT
DAN BAHAN
1.
Gambar seri orang membangun rumah,
2.
Kardus-kardus bekas, buku gambar, crayon,
3.
Gambar jendela, atap, pintu,
4.
Buku Seri Keluarga halaman 19
D. KEGIATAN
BELAJAR
Kegiatan
belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Mengurutkan
gambar seri “Orang Membangun Rumah”
|
30’
|
Gambar seri ”Orang
Membangun Rumah”
|
Inti
|
2.
Membuat bentuk rumah dari kardus bekas
3.
Menggambar bebas yang bertemakan rumah
4.
Menyebutkan nama huruf depan pada gambar:
jendela, atap, pintu
5.
Menyebutkan posisi orang yang sedang membangun
rumah
|
60’
|
Kardus-kardus bekas
Buku gambar, crayon
Gambar jendela, atap, pintu
Buku Seri Keluarga hal 19
|
Istirahat
|
Cuci tangan, makan, minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
6.
Bertepuk
tangan “Tepuk Rumah”
7.
Berjalan
jinjit ke belakang di atas garis lurus
|
30’
|
Tepuk Rumah
Garis lurus
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
2. Meniru gerakan beribadah.
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
5. Membiasakan diri berperilaku baik.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Bersikap ramah
d. Mau bekerja/bermain dengan teman
|
II
|
Fisik Motorik
|
a.6. Melakukan gerakan
antisipasi
b.5 Mengekspresikan
diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media.
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Berjalan berjinjit
b. Menggambar bebas
|
III
|
Kognitif
|
a.2 Menggunakan
benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil).
c.4 Mengenal lambang
huruf.
|
3.6
4.6
|
a. Mempergunakan barang bekas sebagai barang jualan
b. Menyebutkan nama huruf
depan pada kata nama suatu benda
|
IV
|
Bahasa
|
a.4 Mengungkapkan
perasaan dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani,
baik, jelek, dsb.).
b.5 Menyebutkan
kata-kata yang dikenal.
b.8 Menceritakan
kembali cerita/ dongeng yang pernah
didengar.
|
3.11
4.11
|
a. Menceritakan
pengalamannya sendiri
b. Menyebutkan posisi /
keterangan tempat Misalnya : di luar, di dalam, di atas di bawah, di depan,
dibelakang, di kiri, di kanan dsb
c. Mengurutkan gambar seri
(3-4 gambar)
|
V
|
Sosial Emosional
|
b.3 Mau berbagi,
menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang
berlaku dalam suatu permainan.
|
3.13
4.13
|
a. Mau mengambilkan sesuatu untuk kepentingan teman
b. Bermain sesuai dengan prosedur
|
VI
|
Seni
|
b.6 Mengekspresikan
gerakan dengan irama yang bervariasi
|
3.15
4.15
|
a. Melakukan tepuk dengan irama yang bervariasi bersama dengan teman
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
|
|
, 20...
|
Mengetahui,
Kepala TK /PAUD ........... |
|
Guru
|
……………………
|
|
……………………
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
AGUSTUS
|
8
|
2
|
TK/PAUD ..............................
TAHUN AJARAN 20.../20..
HARI 2
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal : Selasa, 23 Agustus 20...
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Keluarga / Rumahku
A. MATERI
DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Mempergunakan meja untu bermain petak umpet di rumah,
3.
Merobek kertas untuk membuat bentuk rumah,
4.
Menyebut nama benda yang memiliki tulisan: jendela, pintu, pagar, atap.
5.
Meniru garis miring “bentuk pagar”
6.
Menyusun bentuk geometri dengan pola AB-AB
7.
Tepuk “Rumah”, sajak “Rumahku”, dan cerita “Rumah Vino Baru”
Tepuk
“Rumah”
Plok- plok- plok
Gali pundasi
Plok- plok- plok
Pasang dinding
Plok- plok- plok
Pasang genting
Plok- plok- plok
Pasang keramik
Palok- plok- plok
RUMAH
|
|
Sajak
“Rumahku”
Aku
punya rumah baru
Dindingnya
berwarna abu-abu
Tiap hari dibersihkan dan disapu
Kusenang tinggal di rumahku
Terima
kasih ya Tuhanku
Engkau
sudah baik kepadaku
|
Cerita
“Rumah Vino Baru”
Rumah
tinggal di rumah yang masih kontrak.
Suatu hari
ayah ibunya membeli rumah baru.
Rumah Vino
bercat biru.
Rumah Vino
tidak terlalu besar, tetapi rapi.
Hari
Minggu Vino dan keluarga pindah di rumah yang baru.
Keluarga
Vino sibuk merapikan barang di rumah baru.
Vino dan
keluarganya amat bersyukur kepada Tuhan atas rumah barunya
|
B. MATERI
YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan
kedatangan anak dan penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT
DAN BAHAN
1.
Meja,
2.
Kertas berwarna, lem kertas
3.
Bentuk pagar di papan tulis
4.
Balok mainan dengan bentuk-bentuk geometri
5.
Buku Seri Keluarga halaman 20
D. KEGIATAN
BELAJAR
Kegiatan
belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Bercerita
“Rumah Vino Baru”
|
30’
|
Cerita Rumah Vino Baru
|
Inti
|
2.
Mempergunakan meja untu bermain petak umpet di
rumah
3.
Merobek kertas untuk membuat bentuk rumah
4.
Menyebut nama benda yang memiliki tulisan: jendela, pintu, pagar, atap.
5.
Meniru
garis miring “bentuk pagar”
6.
Menyusun
bentuk geometri dengan pola AB-AB
|
60’
|
Meja
Kertas berwarna,
lem
Buku Seri Keluarga hal 20
Bentuk pagar di papan tulis
Bentuk-bentuk geometri
|
Istirahat
|
Cuci tangan, makan, minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
7.
Bertepuk
tangan ”Tepuk Rumah”
8.
Mengucap
sajak “Rumahku”
|
30’
|
Tepuk Rumah
Sajak Rumahku
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
5. Membiasakan diri berperilaku baik.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Bersikap ramah
d. Mau bekerja/bermain dengan teman
|
II
|
Fisik Motorik
|
b.1 Membuat garis
vertikal, horizontal, lengkung kiri/ kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran
b.3 Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang
rumit.
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Meniru lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan
b. Merobek
|
III
|
Kognitif
|
a.2 Menggunakan
benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil).
b.4 Mengenal pola
(misal, AB-AB dan ABC-ABC) dan mengulanginya
|
3.6
4.6
|
a. Mempergunakan meja sebagai mainan rumah
b. Melengkapi susunan bentuk geometri dengan pola AB – AB
|
IV
|
Bahasa
|
c.1 Mengenal
simbol-simbol.
|
2.14
3.10
4.10
|
a. Menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan nama benda
|
V
|
Sosial Emosional
|
b.3 Mau berbagi,
menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang
berlaku dalam suatu permainan.
|
2.5
2.6
|
a. Mau mengambilkan sesuatu untuk kepentingan teman
b. Bermain sesuai dengan prosedur
|
VI
|
Seni
|
b.8 Membentuk berdasarkan objek yang dilihatnya
(mis. dengan plastisin, tanah liat)
|
3.15
4.15
|
a. Menampil kan karya seni sederhana membuat bentuk
rumah dari kertas robekan
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
|
|
, 20...
|
Mengetahui,
Kepala TK /PAUD ........... |
|
Guru
|
……………………
|
|
……………………
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
AGUSTUS
|
4
|
3
|
TK/PAUD ..............................
TAHUN AJARAN 20.../20..
HARI 3
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal : Rabu, 24 Agustus 20...
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Keluarga / Rumahku
A. MATERI
DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Mencoba dan menceritakan jika warna dicampur untuk
mewarnai gambar rumah
3.
Membedakan berat ringan dari pot, bunga, meja anak,
kursi anak
4.
Menyebut nama benda yang memiliki tulisan nama:
lemari, kulkas, pot bunga, sofa, pagar
5.
Cerita “Bunga Mawar Menghiasi Rumah Indi”
Cerita “Bunga Mawar Menghiasi Rumah Indi”
Rumah keluarga Indi bercat merah jambu
Rumahnya bersih dan asri.
Setiap hari dibersihkan dan disapu selalu.
Halaman rumah Indi cukup luas.
Halaman rumahnya ditanami berbagai tanaman bunga.
Bunga mawar banyak tumbuh menghiasi halaman rumah Indi.
Setiap hari tanaman tersebut disiram dan dirawat.
Rumah Indi semakin terlihat asri karena dihiasi bunga-bunga mawar.
Banyak orang senang memandang rumah Indi.
|
B. MATERI
YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan
penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT
DAN BAHAN
1.
Lego,
2.
Cat air dengan bernagai warna
3.
Pot, bunga, kursi anak, meja anak
4.
Buku Seri Keluarga hal 21
D. KEGIATAN
BELAJAR
Kegiatan
belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Menjawab
pertanyaan macam-macam barang yang ada di rumah
|
30’
|
Nama barang yang ada di
rumah
|
Inti
|
2.
Mencoba dan menceritakan jika warna dicampur
untuk mewarnai gambar rumah
3.
Membedakan berat ringan dari pot, bunga, meja anak, kursi anak
4.
Menyebut nama benda yang memiliki tulisan nama:
lemari, kulkas, pot bunga, sofa, pagar
|
60’
|
Cat air dengan bernagai warna
Pot, bunga, kursi anak, meja anak
Buku Seri Keluarga hal 21
|
Istirahat
|
5.
Cuci tangan, makan, minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
6.
Membuat
bentuk rumah dari lego
7.
Mendengarkan
ceritab”Bunga Mawar Menghiasi Depan Rumah Indi”
|
30’
|
Lego
Cerita Bunga Mawar
Menghiasi Rumah Indi”
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
2. Meniru gerakan beribadah.
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
5. Membiasakan diri berperilaku baik.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Bersikap ramah
d. Mau bekerja/bermain dengan teman
|
II
|
Fisik Motorik
|
b.4 Melakukan gerakan
manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan berbagai
media.
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Membuat berbagai bentuk menggunakan lego
|
III
|
Kognitif
|
a.5 Mengkreasikan
sesuatu sesuai dengan idenya sendiri yang terkait dengan berbagai pemecahan
masalah
b.1 Mengklasifikasikan
benda berdasarkan bentuk atau warna atau ukuran.
|
3.6
4.6
|
a. Mencoba menceritakan apa yang terjadi jika warna dicampur
b. Membedakan kasar-halus, berat-ringan, panjang- pendek, jauh-dekat,
banyak- sedikit, sama- tidak sama.
|
IV
|
Bahasa
|
b.6 Mengutarakan
pendapat kepada orang lain.
c.1 Mengenal
simbol-simbol.
|
2.14
3.10
4.10
|
a. Berani menjawab pertanyaan
b. menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan nama benda
|
V
|
Sosial Emosional
|
b.3 Mau berbagi,
menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang
berlaku dalam suatu permainan.
|
2.5
2.6
|
a. Mau mengambilkan sesuatu untuk kepentingan teman
b. Bermain sesuai dengan prosedur
|
VI
|
Seni
|
a.1 Senang mendengarkan berbagai macam musik
atau lagu kesukaannya
|
3.15
4.15
|
a. Menyanyikan lagu sesuai dengan tema hari itu
b. Bermain
perkusi menggunakan alat perkusi sederhana
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
|
|
, 20...
|
Mengetahui,
Kepala TK /PAUD ........... |
|
Guru
|
……………………
|
|
……………………
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
AGUSTUS
|
8
|
4
|
TK/PAUD ..............................
TAHUN AJARAN 20.../20..
HARI 4
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal : Kamis, 25 Agustus 20...
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Keluarga / Rumahku
A. MATERI
DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Memasangkan ruangan di rumah dengan kegunaannya
3.
Meniru lambang bilangan 2
4.
Menyebut nama benda yang memiliki tulisan: piring,
sendok, garpu
5.
Tepuk “Makan”
Tepuk “Makan”
Plok- plok- plok
Ambil piring
Plok- plok- plok
Ambil nasi
Plok- plok- plok
Ambil sayur
Plok- plok- plok
Ambil lauk
Plok- plok- plok
Berdoa
Plok- plok- plok
MAKAN
|
B. MATERI
YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan
penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT
DAN BAHAN
1.
Buku tulis, pensil
2.
Lambang bilangan 2
3.
Gambar yang memiliki tulisan piring, sendok, garpu
4.
Buku Seri Keluarga halaman 22
D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan
belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Tanya
jawab tentang nama benda yang terdapat di dapur
|
30’
|
Nama benda yang terdapat di
dapur
|
Inti
|
2.
Memasangkan ruangan di rumah dengan kegunaannya
3.
Meniru lambang bilangan 2
4.
Menyebut nama benda yang memiliki tulisan: piring, sendok, garpu
|
60’
|
Buku Seri Keluarga hal 22
Buku tulis, pensil
Gambar yang memiliki tulisan piring, sendok, garpu
|
Istirahat
|
Cuci tangan, makan, minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
5.
Bertepuk
tangan ”Tepuk Makan”
6.
Menggerakkan
kepala, tangan, kaki
|
30’
|
Tepuk makan
Gerakan anak
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
2. Meniru gerakan beribadah.
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
5. Membiasakan diri berperilaku baik.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Bersikap ramah
d. Mau bekerja/bermain dengan teman
|
II
|
Fisik Motorik
|
b.4 Mengekspresikan
diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media.
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Menggerakan kepala, tangan atau kaki sesuai dengan iringan musik/ritmik
|
III
|
Kognitif
|
b.3 Mengklasifikasikan
benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok
yang berpasangan dengan 2 variasi
c.3 Mengenal lambang
bilangan.
|
3.6
4.6
|
a. Memasangkan benda dengan pasangannya : ruangan dengan kegunaannya
b. Meniru lambang bilangan 1 – 10
|
IV
|
Bahasa
|
c.1 Mengenal
simbol-simbol.
|
2.14
3.10
4.10
|
a. Menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan nama benda
|
V
|
Sosial Emosional
|
b.3 Mau berbagi,
menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang
berlaku dalam suatu permainan.
|
2.5
2.6
|
a. Mau mengambilkan sesuatu untuk kepentingan teman
b. Bermain sesuai dengan prosedur
|
VI
|
Seni
|
b.7 Mengekspresikan gerakan dengan irama yang
bervariasi
|
3.15
4.15
|
a. Melakukan tepuk mengikuti irama bersama teman
dengan penuh ekspresi
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
|
|
, 20...
|
Mengetahui,
Kepala TK /PAUD ........... |
|
Guru
|
……………………
|
|
……………………
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
AGUSTUS
|
8
|
5
|
TK/PAUD ..............................
TAHUN AJARAN 20.../20..
HARI 5
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal : Jumat, 26 Agustus 20...
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Keluarga / Rumahku
A. MATERI
DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Meniru garis dengan cara menebalkan garis lengkung,miring pada bentuk
rumah,
3.
Mencoba dan menceritakan jika pewarna dicampur untuk mewarnai gambar
rumah,
4.
Menyebut nama huruf depan pada gambar : pohon, pagar, tembok, genting
5.
Lagu “Rumahku”,
Lagu “Rumahku”
Rumahku ada satu
Dindingnya bercat biru
Kubersihkan selalu
Nyaman senang hatik
|
B. MATERI
YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan
penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT
DAN BAHAN
Pewarna,
Gambar yang ada tulisannya: pohon,
pagar, tembok, genting
Papan untuk bergantung,
Buku Seri Keluarga halaman 23
D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan
belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Menyanyi
lagu ”Rumahku”
|
30’
|
Lagu Rumahku
|
Inti
|
2.
Meniru
garis dengan cara menebalkan garis lengkung,miring pada bentuk rumah
3.
Mencoba dan menceritakan jika pewarna dicampur untuk mewarnai gambar rumah
4.
Menyebut nama
huruf depan pada gambar: pohon, pagar, tembok, genting
|
60’
|
Buku Seri Keluarga hal 23
Pewarna
Gambar yang ada tulisannya: pohon, pagar, tembok, genting
|
Istirahat
|
Cuci tangan, makan, minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
5.
Tanya jawab “bagian-bagian rumah”
6.
Menggantung
pada papan bergantung
|
30’
|
Nama bagian-bagian rumah
Papan untuk bergantung
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
2. Meniru gerakan beribadah.
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
5. Membiasakan diri berperilaku baik.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Bersikap ramah
d. Mau bekerja/bermain dengan teman
|
II
|
Fisik Motorik
|
a.2 Melakukan gerakan
menggantung (bergelayut).
b.1 Membuat garis
vertikal, horizontal, lengkung kiri/ kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Menggantung pada bidang horisontal yang lebih tinggi dari kepalanya
b. Meniru lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan
|
III
|
Kognitif
|
a.5 Mengkreasikan
sesuatu sesuai dengan idenya sendiri yang terkait dengan berbagai pemecahan
masalah
c.4 Mengenal lambang huruf.
|
3.6
4.6
|
a. Mencoba menceritakan apa yang terjadi jika warna dicampur
b. Menyebutkan nama huruf depan pada kata nama suatu benda
|
IV
|
Bahasa
|
b.6 Mengutarakan
pendapat kepada orang lain.
|
2.14
3.10
4.10
|
a. Berani menjawab pertanyaan
|
V
|
Sosial Emosional
|
b.3 Mau berbagi,
menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang
berlaku dalam suatu permainan.
|
2.5
2.6
|
a. Mau mengambilkan sesuatu untuk kepentingan teman
b. Bermain sesuai dengan prosedur
|
VI
|
Seni
|
a.1 Senang mendengarkan berbagai macam musik
atau lagu kesukaannya
b.2 Bernyanyi sendiri
|
3.15
4.15
|
a.
Bernyanyi lagu bersama teman dan bernyanyi sendiri di depan temannya
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
|
|
, 20...
|
Mengetahui,
Kepala TK /PAUD ........... |
|
Guru
|
……………………
|
|
……………………
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
AGUSTUS
|
8
|
6
|
TK/PAUD ..............................
TAHUN AJARAN 20.../20..
HARI 6
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal : Sabtu, 27 Agustus 20...
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Keluarga / Rumahku
A. MATERI
DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Mencoba dan menceritakan jika: piring, sendok
didekatkan magnet,
3.
Membilang banyak gambar rumah,
4.
Menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan: rumah,
taman, kolam
5.
Lagu “Rumahku”, dan tepuk “Rumah”
Lagu “Rumahku”
Rumahku ada satu
Dindingnya bercat biru
Kubersihkan selalu
Nyaman senang hatiku
|
Tepuk “Rumah”
Plok- plok- plok
Gali pundasi
Plok- plok- plok
Pasang dinding
Plok- plok- plok
Pasang genting
Plok- plok- plok
Pasang keramik
Palok- plok- plok
RUMAH
|
B. MATERI
YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan
penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT
DAN BAHAN
1.
Bola kecil,
2.
Piring, sendok, magnet
3.
Buku Seri Keluarga hal 24
4.
Gambar: rumah, taman, kolam yang memiliki tulisan
D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan
belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Menyanyi lagu “Rumahku”
|
30’
|
Lagu Rumahku
|
Inti
|
2.
Mencoba dan menceritakan jika: piring, sendok
didekatkan magnet
3.
Membilang banyak gambar rumah
4.
Menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan: rumah, taman, kolam
|
60’
|
Piring, sendok, magnet
Buku Seri Keluarga hal 24
Gambar: rumah, taman, kolam yang memiliki
tulisan
|
Istirahat
|
Cuci tangan, makan, minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
5.
Bertepuk
tangan ”Tepuk Rumah”
6.
Melempar
bola kecil ke atas
|
30’
|
Tepuk Rumah
Bola kecil
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
2. Meniru gerakan beribadah.
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
5. Membiasakan diri berperilaku baik.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Bersikap ramah
d. Mau bekerja/bermain dengan teman
|
II
|
Fisik Motorik
|
a.4 Melempar sesuatu
secara terarah
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Melempar bola kecil ke atas (melambung)
|
III
|
Kognitif
|
a.5 Mengkreasikan sesuatu sesuai dengan idenya sendiri yang terkait
dengan berbagai pemecahan masalah
c.1 Membilang banyak benda satu sampai sepuluh.
|
3.6
4.6
|
a. Mencoba menceritakan apa yang terjadi jika benda-benda didekatkan pada
magnet
b. membilang banyak benda 1 – 10
|
IV
|
Bahasa
|
c.1 Mengenal simbol-simbol.
|
2.14
3.10
4.10
|
a. menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan nama benda
|
V
|
Sosial Emosional
|
b.3 Mau berbagi,
menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang
berlaku dalam suatu permainan.
|
2.5
2.6
|
a. Mau mengambilkan sesuatu untuk kepentingan teman
b. Bermain sesuai dengan prosedur
|
VI
|
Seni
|
b.2 Bernyanyi sendiri
b.6 Mengekspresikan gerakan dengan irama
yang bervariasi
|
3.15
4.15
|
a.
Menyanyikan sendiri lagu dan melakukan tepuk dihadapan teman-temannya
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar teknik penilaian disajikan
pada lembar terpisah.
|
|
, 20...
|
Mengetahui,
Kepala TK /PAUD ........... |
|
Guru
|
……………………
|
|
……………………
|
0 komentar:
Post a Comment