.
.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
AGUSTUS
|
6
|
1
|
PAUD .................................................
TAHUN AJARAN 20.../20...
HARI 1
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal : Senin, 8 Agustus 2016
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Keluarga / Kebiasaan Dalam Keluarga
A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Memperagakan menggunakan alat tulis dengan benar,
3.
Menunjuk lambang bilangan yang disebut guru di papan
tulis,
4.
Merobek kertas warna membentuk kain ibu,
5.
Membedakan jauh – dekat dengan cara mewarnai gambar
yang jauh dan yang dekat,
6.
Menirukan kembali urutan kata ”Ibu menjemur pakaian”
7.
Menyebut kata yang mamiliki tulisan ”baju, celana,
kaos kaki”
8.
Cerita ”Tugas Ibu”
Cerita “Tugas Ibu”
Ada seorang ibu.
Ibu Tuti namanya.
Setiap hari ibu Tuti selalu bangun pagi .
Menyiapkan sarapan pagi : nasi, lauk sayur, lauk untuk keluarganya.
Setelah membuat sarapan ibu Tuti memandikan anaknya, mencuci: pakaian,
piring dsb.
Ibu Tuti menjemur pakaian yang sudah dicuci, menggosok pakaian setelah
kering.
Ketika siang hari ibu Tuti menyediakan makanan untuk makan siang.
Sore hari ibu Tuti menyiram tanaman, menyapu halaman, memandikan anak.
Semua pekerjaan dikerjakan ibu Tuti dengan senang hati.
|
B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan
penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT DAN BAHAN
1.
Buku, Pensil, Kertas warna
2.
Lambang bilangan di papan tulis,
3.
Baju, celana, dan kaos kaki milik anak
4.
Buku Seri Keluarga halaman 12
D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan
belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Menceritakan
pengalaman “Tugas Ibuku”
|
30’
|
Cerita pengalaman tentang
tugas ibuku
|
Inti
|
2.
Memperagakan menggunakan alat tulis dengan benar
3.
Menunjuk lambang bilangan yang disebut guru di
papan tulis
4.
Merobek kertas warna membentuk kain ibu
5.
Membedakan
jauh – dekat dengan cara mewarnai
gambar yang jauh dan yang dekat
6.
Menirukan kembali urutan kata ”Ibu menjemur
pakaian”
7.
Menyebut
kata yang mamiliki tulisan ”baju, celana, kaos kaki” milik ibu
|
60’
|
Buku, pensil
Lambang bilangan di papan tulis
Kertas warna
Buku Seri Keluarga hal 12
Kalimat Ibu Menjemur Pakaian
Baju, celana, kaos kaki
|
Istirahat
|
Cuci tangan,makan,minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
8.
Menggantung
pada papan bergantung
|
30’
|
Papan untuk bergantung
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
2. Meniru gerakan beribadah.
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
2.4. Meniru sikap berdoa
2.5. Meniru gerakan sembahyang
4.6. Menjaga kebersihan
waktu makan
|
II
|
Fisik Motorik
|
a.2 Melakukan gerakan
menggantung (bergelayut).
b.3 MengkoordinasI-kan mata dan tangan untuk
melakukan gerakan yang rumit.
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Menggantung pada bidang
horisontal yang sama atau lebih rendah dari kepalanya
b. Merobek
|
III
|
Kognitif
|
a.1 Mengenal benda
berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis).
c.3 Mengenal lambang
bilangan.
|
3.6
4.6
|
a. Memperagakan penggunaan
alat tulis
b. Membedakan kasar-halus, berat-ringan, panjang-
pendek, jauh-dekat, banyak- sedikit, sama- tidak sama.
c. Menunjuk lambang bilangan 1 – 10
|
IV
|
Bahasa
|
a.1 Menyimak perkataan
orang lain (bahasa ibu atau bahasa lainnya).
c.1 Mengenal
simbol-simbol.
|
3.11
4.11
|
a. Menirukan kembali 3 – 4
urutan kata
b. menyebutkan nama benda
yang memiliki tulisan nama benda
|
V
|
Sosial Emosional
|
b.1 Menjaga diri
sendiri dari lingkungannya
b.3 Mau berbagi, menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang
berlaku dalam suatu permainan.
|
3.13
4.13
|
a. Mau meminjamkan alat tulis kepada teman
b. Sabar menunggu giliran
c. Mengenal dan menghindari benda-benda berbahaya
|
VI
|
Seni
|
b.5 Menggunakan dialog,
perilaku, dan berbagai materi dalam menceritakan suatu cerita
|
3.15
4.15
|
a. Menceritakan pengalaman tugas ibu di rumah di depan temannya
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
|
|
, 20....
|
Mengetahui,
Kepala .............................. |
|
Guru
|
……………………
|
|
……………………
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
AGUSTUS
|
6
|
2
|
PAUD .................................................
TAHUN AJARAN 20.../20...
HARI 2
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal : Selasa, 9 Agustus 2016
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Keluarga / Kebiasaan Dalam Keluarga
A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Membuat bentuk bola dengan plastisin,
3.
Menyebutkan akibat jika tidak menggosok gigi,
4.
Menyebutkan nama huruf depan pada kata nama suatu
benda ”bola, sikat gigi, cangkir”
5.
Mengurutkan gambar seri ”Kegiatan anak sebelum
berangkat sekolah”
6.
Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita gambar seri ”Kegiatan
anak sebelum berangkat sekolah”
7.
Lagu “Pergi Sekolah”,
Lagu “Pergi Sekolah”
Oh ibu dan ayah selamat pagi
Kupergi sekolah sampaikan nanti
Selamat belajar nak penuh semangat
Rajinlah selalu tentu kau dapat
Hormati gurumu sayangi teman
Itulah tandanya kau murid budiman
|
B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan
kedatangan anak dan penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT DAN BAHAN
1.
Plastisin,
2.
Bola, sikat gigi, dan cangkir
3.
Buku Seri Keluarga halaman 8
D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan
belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Menyanyi
lagu “Pergi Sekolah”
|
30’
|
Lagu Pergi Sekolah
|
Inti
|
2.
Membuat bentuk bola dengan plastisin
3.
Menyebutkan akibat jika tidak
menggosok gigi
4.
Menyebutkan nama huruf depan pada kata nama
suatu benda ”bola, sikat gigi, cangkir”
5.
Mengurutkan gambar seri ”Kegiatan anak
sebelum berangkat sekolah”
6.
Menyebutkan
tokoh-tokoh dalam cerita gambar seri ”Kegiatan Anak Sebelum Berangkat
Sekolah”
|
60’
|
Plastisin
Bola, sikat gigi, cangkir
Buku Seri Keluarga hal 8
Gambar seri pada Lembar
kertas (LK)
|
Istirahat
|
Cuci tangan, makan, minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
7.
Melambungkan bola kecil ke atas
|
30’
|
Bola kecil
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup Perkembangan,
STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Menjaga kebersihan waktu makan
|
II
|
Fisik Motorik
|
a.4 Melempar sesuatu
secara terarah
b.4 Melakukan gerakan
manipulatif untuk menghasil kan suatu bentuk dengan menggunakan berbagai media.
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Melempar bola kecil ke
atas (melambung)
b. Membuat berbagai bentuk
menggunakan plastisin atau tanah liat
|
III
|
Kognitif
|
b.2 Mengenal gejala
sebab-akibat yang terkait dengan dirinya.
c.4 Mengenal lambang
huruf.
|
3.6
4.6
|
c. Mengungkapkan sebab
akibat tidak gosok gigi
d. Menyebutkan nama huruf
depan pada kata nama suatu benda
|
IV
|
Bahasa
|
a.3 Memahami cerita
yang dibacakan
b.8 Menceritakan
kembali cerita/dongeng yang pernah didengar.
|
2.14
3.10
4.10
|
a. Menyebutkan tokoh-tokoh
dalam cerita yang didengarnya
b. Mengurutkan gambar seri
(3-4 gambar)
|
V
|
Sosial Emosional
|
b.1 Menjaga diri
sendiri dari lingkungannya
b.3 Mau berbagi,
menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang
berlaku dalam suatu permainan.
|
2.5
2.6
|
a. Mau meminjamkan alat tulis kepada teman
b. Sabar menunggu giliran
c. Mengenal dan menghindari benda-benda berbahaya
|
VI
|
Seni
|
b.8 Membentuk berdasarkan objek yang dilihatnya
(mis. dengan plastisin, tanah liat)
|
3.15
4.15
|
a. Menampil kan karya seni sederhana di depan anak
atau orang lain melalui plastisin
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
|
|
, 20....
|
Mengetahui,
Kepala .............................. |
|
Guru
|
……………………
|
|
……………………
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
AGUSTUS
|
6
|
3
|
PAUD .................................................
TAHUN AJARAN 20.../20...
HARI 3
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal :
Rabu, 10 Agustus 2016
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Keluarga / Kebiasaan Dalam Keluarga
A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Bermain dengan alat perkusi ”piring dan sendok”
3.
Membedakan berat ringan dari: buku, pensil, piring,
sendok
4.
Menyatakan waktu dalam melakukan kegiatan di rumah,
5.
Menjawab pertanyaan tokoh-tokoh dalam lembaran kertas
(LK)
6.
Tepuk “Tugas Ibu”, cerita “Tugas Ibu Hani di Pagi
Hari”,
Tepuk “Tugas Ibu”
Plok- plok- plok
Bangun Pagi
Plok- plok- plok
Memasak
Plok- plok- plok
Beres-beres rumah
Plok- plok- plok
Merawat adik
Plok- plok- plok
TUGAS IBU
|
Cerita “Tugas Ibu Hani di Pagi Hari”
Ada seorang ibu, biasa dipanggil Ibu Hani.
Ibu Hani kecuali seorang ibu rumah tangga, tetapi juga bekerja di
kantor.
Setiap hari Ibu Hani selalu bangun pagi.
Kegiatan yang dilakukan Ibu Hani : Merapikan tempat tidur, memasak,
memandikan putranya, menyiapkan bekal tidak ketinggalan.
Setelah semua siap/rapi ibu Hani bersiap diri untuk mandi.
Ketika sudah siap ibu Hani mengantar putranya sambil berangkat ke
kantor.
Setelah mengantar putranya ibu Hani berangkat ke kantor naik bus.
|
B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan
penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT DAN BAHAN
1.
Piring dan sendok,
2.
Buku, pensil, piring, dan sendok
3.
Buku Seri Keluarga hal 9
4.
Tokoh-tokoh cerita dalam Lembar Kertas
D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan
belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Bercerita
“Tugas Bu Hani di Pagi Hari”
|
30’
|
Cerita Tugas Bu Hani di
Pagi Hari
|
Inti
|
2.
Bermain dengan alat perkusi ”pring dan sendok”
3.
Membedakan berat ringan dari: buku, pensil, piring, sendok
4.
Menyatakan waktu dalam melakukan kegiatan di rumah
5.
Menjawab
pertanyaan tokoh-tokoh dalam Lembar Kertas (LK)
|
60’
|
Piring dan sendok
Buku, pensil, piring, dan sendok
Buku Seri Keluarga hal 9
Tokoh-tokoh cerita dalam LK
|
Istirahat
|
6.
Cuci tangan, makan, minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
7.
Menangkap
bola kecil yang dilempar
8.
Bertepuk
tangan “Tepuk Tugas Ibu “
|
30’
|
Bola kecil
Tepuk Tugas Ibu
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Menjaga kebersihan waktu makan
|
II
|
Fisik Motorik
|
a.5 Menangkap sesuatu
secara tepat
b.5 Mengekspresikan
diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media.
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Menangkap bola kecil yang
dilempar mendatar
b. Bermain dengan alat
perkusi sederhana
|
III
|
Kognitif
|
a.3 Mengenal konsep
sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang,
temaram, dsb).
b1 Mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk
atau warna atau ukuran.
|
3.6
4.6
|
a. Menyatakan pagi, siang,
sore atau malam
b. Membedakan kasar-halus, berat-ringan,
panjang- pendek, jauh-dekat, banyak- sedikit, sama- tidak sama.
|
IV
|
Bahasa
|
b.3 Menjawab pertanyaan
sesuai pertanyaan.
|
2.14
3.10
4.10
|
a. Menjawab pertanyaan tokoh-tokoh dalam cerita
|
V
|
Sosial Emosional
|
b.1 Menjaga diri
sendiri dari lingkungannya
b.3 Mau berbagi,
menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang
berlaku dalam suatu permainan.
|
2.5
2.6
|
a. Mau meminjamkan alat tulis kepada teman
b. Sabar menunggu giliran
c. Mengenal dan menghindari benda-benda berbahaya
|
VI
|
Seni
|
a.1 Senang mendengarkan berbagai macam musik
atau lagu kesukaannya
|
3.15
4.15
|
a. Menyanyikan lagu sesuai dengan tema hari itu
b. Bermain
perkusi menggunakan alat perkusi sederhana
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
|
|
, 20....
|
Mengetahui,
Kepala .............................. |
|
Guru
|
……………………
|
|
……………………
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
AGUSTUS
|
6
|
4
|
PAUD .................................................
TAHUN AJARAN 20.../20...
HARI 4
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal : Kamis, 11 Agustus 2016
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Keluarga / Kebiasaan Dalam Keluarga
A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Meniru garis lengkung,
3.
Melengkapi susunan bentuk geometri dengan pola AB-AB,
4.
Menyebutkan cerita yang baru didengar dari teman sebelahnya,
5.
Lagu “Lingkaran Besar Lingkaran Kecil”, dan cerita
”Tugas Pak Hari di Pagi Hari”
Lagu
“Lingkaran Besar Lingkaran Kecil”
Lingkaran besar
3x
Lingkaran kecil
3x
Lengkung –
lengkung – melengkung-lengkung
Diberi garis 3x
|
Cerita “Tugas Pak Hari di Pagi Hari”
Pak Hari selalu
bangun di pagi hari.
Setelah bangun
tidur, pak Hari melakukan olah raga lari pagi.
Sambil
mengilangkan keringat setelah olah raga, pak Hari menyiram tanaman di
halaman.
Setelah menyiram
tanaman pak Hari mandi pagi, kemudian sarapan pagi.
Ketika sudah siap
dan beres pak Hari berpamitan dengan ibu Hari dan putranya.
Pak
Hari berangkat ke kantor dengan rapi.
|
B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT DAN BAHAN
1.
Bentuk geometri,
2.
Garis lurus,
3.
Buku Seri Keluarga halaman 10
D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Mendengarkan
cerita “Tugas Pak Hari di Pagi Hari”
|
30’
|
Cerita Tugas Pak Hari di
Pagi Hari
|
Inti
|
2.
Meniru garis lengkung
3.
Melengkapi susunan
bentuk geometri dengan
pola AB-AB
4.
Menyebutkan cerita yang baru didengar dari teman sebelahnya
|
60’
|
Buku Seri Keluarga hal 10
Bentuk geometri
Cerita dari anak
|
Istirahat
|
Cuci tangan, makan, minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
5.
Menyanyi lagu Lingkaran besar Lingkaran Kecil
6.
Berjalan
ke samping pada garis lurus
|
30’
|
Lagu “Lingkaran Besar
Lingkaran kecil”
Garis lurus
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Menjaga kebersihan waktu makan
|
II
|
Fisik Motorik
|
a.6 Melakukan gerakan
antisipasi
b.1 Membuat garis
vertikal, horizontal, lengkung kiri/ kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Berjalan ke samping dan
mundur pada garis lurus sejauh 1 – 2 meter
b. Meniru garis vertikal dan
horizontal
|
III
|
Kognitif
|
b.4 Mengenal pola
(misal, AB-AB dan ABC-ABC) dan mengulanginya
|
3.6
4.6
|
a. Melengkapi susunan bentuk
geometri dengan pola AB – AB
|
IV
|
Bahasa
|
b.5 Menyebutkan
kata-kata yang dikenal.
|
2.14
3.10
4.10
|
a. Menyebutkan kata-kata yang baru didengar (cerita)
|
V
|
Sosial Emosional
|
b.1 Menjaga diri
sendiri dari lingkungannya
b.3 Mau berbagi,
menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang
berlaku dalam suatu permainan.
|
2.5
2.6
|
a. Mau meminjamkan alat tulis kepada teman
b. Sabar menunggu giliran
c. Mengenal dan menghindari benda-benda berbahaya
|
VI
|
Seni
|
b.7 Mengekspresikan gerakan dengan irama yang
bervariasi
|
3.15
4.15
|
a. Melakukan tepuk mengikuti irama bersama teman
pada hari itu
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan
hasil karya
b)
Catatan
anekdot, dan
c)
Skala
capaian perkembangan (rating scale)
Lembar teknik penilaian
disajikan pada lembar terpisah.
|
|
, 20....
|
Mengetahui,
Kepala .............................. |
|
Guru
|
……………………
|
|
……………………
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
AGUSTUS
|
6
|
5
|
PAUD .................................................
TAHUN AJARAN 20.../20...
HARI 5
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal : Jumat, 12 Agustus 2016
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Keluarga / Kebiasaan Dalam Keluarga
A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Membedakan panjang-pendek dari: Gagang sapu, gagang
kain pel,
3.
Mengurutkan benda dari rendah ke tinggi gambar sapu
dengan berbagai ukuran”
4.
Menyebut kata-kata yang baru didengar ”sapu, kain pel”
5.
Menyebutkan nama kegiatan yang dilakukan anak pada
gambar,
6.
Lagu “Membantu Ibu”,
Lagu “Membantu Ibu”
Ada kakek kakek tua
Ada nenek nenek tua
Kakek menggandeng nenek
Nenek menggandeng kakek
Kakek nenek gandeng-gandengan
|
B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan
penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT DAN BAHAN
1.
Gagang sapu, gagang kain pel,
2.
Gambar sapu dengan berbagai ukuran ukuran,
3.
Spidol board marker, atau kapur tulis,
4.
Buku Seri Keluarga halaman 11
D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan
belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Menyanyi
lagu “Membantu Ibu”
|
30’
|
Lagu Membantu Ibu
|
Inti
|
2.
Membedakan panjang-pendek dari: Gagang sapu, gagang kain pel
3.
Mengurutkan benda dari rendah ke tinggi gambar sapu dengan
berbagai ukuran”
4.
Menyebut kata-kata yang baru didengar ”sapu, kain pel”
5.
Menyebutkan nama kegiatan yang dilakukan anak
pada gambar
|
60’
|
Gagang sapu, gagang kain
pel
Gambar sapu dengan berbagai ukuran
Sapu, pel / gambarnya
Buku Seri Keluarga hal 11
|
Istirahat
|
Cuci tangan, makan, minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
6.
Bermain
prosotan
|
30’
|
Prosotan di sekolah
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Menjaga kebersihan waktu makan
|
II
|
Fisik Motorik
|
a.8 Memanfaatkan alat
permainan di luar kelas.
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Menggunakan alat main:
jungkitan, perosotan, ayunan dan komedi putar
|
III
|
Kognitif
|
b.1 Mengklasifikasikan
benda berdasarkan bentuk atau warna atau ukuran.
b.5 Mengurutkan benda
berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna.
|
3.6
4.6
|
a. Membedakan kasar-halus,
berat-ringan, panjang- pendek, jauh-dekat, banyak- sedikit, sama- tidak sama.
b. Mengurutkan benda dari
rendah ke tinggi atau sebaliknya
|
IV
|
Bahasa
|
b.5 Menyebutkan
kata-kata yang dikenal.
c.1 Mengenal
simbol-simbol.
|
2.14
3.10
4.10
|
a. Menyebutkan kata-kata yang baru didengar (cerita)
b. menyebutkan nama benda
yang memiliki tulisan nama benda
|
V
|
Sosial Emosional
|
b.1 Menjaga diri
sendiri dari lingkungannya
b.3 Mau berbagi,
menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang
berlaku dalam suatu permainan.
|
2.5
2.6
|
a. Mau meminjamkan alat tulis kepada teman
b. Sabar menunggu giliran
c. Mengenal dan menghindari benda-benda berbahaya
|
VI
|
Seni
|
b.6 Mengekspresikan gerakan dengan irama yang
bervariasi
|
3.15
4.15
|
a.
Menyanyikan lagu bersama teman lainnya dengan ekspresi
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar teknik penilaian disajikan
pada lembar terpisah.
|
|
, 20....
|
Mengetahui,
Kepala .............................. |
|
Guru
|
……………………
|
|
……………………
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
AGUSTUS
|
6
|
6
|
PAUD .................................................
TAHUN AJARAN 20.../20...
HARI 6
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal : Sabtu, 13 Agustus 2016
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Keluarga / Kebiasaan Dalam Keluarga
A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Meniru garis horisontal di buku ”bentuk baju”
3.
Membilang banyak gambar benda yang dicuci Ibu
4.
Menjawab pertanyaan tentang “Benda-benda yang ada di dapur”
5.
Lagu “Membantu Ibu”, dan tepuk “Mencuci Baju”
Lagu “Membantu Ibu”
Ayo membantu ibu
Mencuci dan menyapu
Tak lupa ku selalu
Membereskan tempat tidurku
|
Tepuk “Mencuci Baju”
Plok- plok- plok
Rendan baju
Plok- plok- plok
Oles detergen
Plok- plok- plok
Gosok- - gosok
Plok- plok- plok
Dibilas
Plok- plok- plok
Diperas
Plok- plok- plok
Dijemur
Plok- plok- plok
MENCUCI BAJU
|
B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT DAN BAHAN
1.
Benda yang ada di dapur (misalnya spatula, wajan, dll
dari sentra memasak),
2.
Garis horisontal, pensil
3.
Buku Seri Keluarga halaman 13
D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan
belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Menyanyi lagu “Membantu Ibu”
|
30’
|
Lagu Membantu Ibu
|
Inti
|
2.
Meniru garis horisontal di buku ”bentuk baju”
3.
Membilang banyak gambar benda yang dicuci Ibu
4.
Menjawab pertanyaan tentang “Benda-benda yang
ada di dapur”
|
60’
|
Garis horisontal,
pensil
Buku Seri Keluarga hal 13
Nama benda yang ada di dapur
|
Istirahat
|
Cuci tangan, makan, minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
5.
Bertepuk
tangan ”Tepuk Mencuci Baju”
|
30’
|
Tepuk Mencuci Baju
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Menjaga kebersihan waktu makan
|
II
|
Fisik Motorik
|
b.1 Membuat garis
vertikal, horizontal, lengkung kiri/ kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Meniru garis vertikal dan
horizontal
|
III
|
Kognitif
|
c.1 Membilang banyak
benda satu sampai sepuluh.
|
3.6
4.6
|
a. membilang banyak benda 1
– 10
|
IV
|
Bahasa
|
b.6 Mengutarakan pendapat kepada orang lain.
|
2.14
3.10
4.10
|
a. Berani menjawab pertanyaan
|
V
|
Sosial Emosional
|
b.1 Menjaga diri
sendiri dari lingkungannya
b.3 Mau berbagi,
menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang
berlaku dalam suatu permainan.
|
2.5
2.6
|
a. Mau meminjamkan alat tulis kepada teman
b. Sabar menunggu giliran
c. Mengenal dan menghindari benda-benda berbahaya
|
VI
|
Seni
|
b.2 Bernyanyi sendiri
b.6 Mengekspresikan gerakan dengan irama
yang bervariasi
|
3.15
4.15
|
a.
Menyanyikan sendiri lagu dan melakukan tepuk dihadapan teman-temannya
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
|
|
, 20....
|
Mengetahui,
Kepala .............................. |
|
Guru
|
……………………
|
|
……………………
|
0 komentar:
Post a Comment