Home » » RPPH TK A K-13 (PAUD USIA 4-5 TH) - MINGGU 6

RPPH TK A K-13 (PAUD USIA 4-5 TH) - MINGGU 6

.
.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
SEMESTER
BULAN
MINGGU KE
HARI KE
1
AGUSTUS
6
1

PAUD .................................................
TAHUN AJARAN 20.../20...

HARI 1

Model Pembelajaran  : Kelompok
Hari, Tanggal              : Senin, 8 Agustus 2016
Kelompok / Usia         : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema        : Keluarga / Kebiasaan Dalam Keluarga

A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.      Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.      Memperagakan menggunakan alat tulis dengan benar,
3.      Menunjuk lambang bilangan yang disebut guru di papan tulis,
4.      Merobek kertas warna membentuk kain ibu,
5.      Membedakan jauh – dekat dengan cara mewarnai gambar yang jauh dan yang dekat,
6.      Menirukan kembali urutan kata ”Ibu menjemur pakaian”
7.      Menyebut kata yang mamiliki tulisan ”baju, celana, kaos kaki”
8.      Cerita ”Tugas Ibu”

Cerita “Tugas Ibu”
Ada seorang ibu.
Ibu Tuti namanya.
Setiap hari ibu Tuti selalu bangun pagi .
Menyiapkan sarapan pagi : nasi, lauk sayur, lauk untuk keluarganya.
Setelah membuat sarapan ibu Tuti memandikan anaknya, mencuci: pakaian, piring dsb.
Ibu Tuti menjemur pakaian yang sudah dicuci, menggosok pakaian setelah kering.
Ketika siang hari ibu Tuti menyediakan makanan untuk makan siang.
Sore hari ibu Tuti menyiram tanaman, menyapu halaman, memandikan anak.
Semua pekerjaan dikerjakan ibu Tuti dengan senang hati.

B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.      Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.      Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3.      Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.      Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.

C. ALAT DAN BAHAN
1.      Buku, Pensil, Kertas warna
2.      Lambang bilangan di papan tulis,
3.      Baju, celana, dan kaos kaki milik anak
4.      Buku Seri Keluarga halaman 12

D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan belajar
Waktu
Sumber
Pembukaan

1.      Menceritakan pengalaman “Tugas Ibuku”
30’
Cerita pengalaman tentang tugas ibuku
Inti






2.      Memperagakan menggunakan alat tulis dengan benar
3.      Menunjuk lambang bilangan yang disebut guru di papan tulis
4.      Merobek kertas warna membentuk kain ibu
5.      Membedakan jauh – dekat dengan cara mewarnai gambar yang jauh dan yang dekat
6.      Menirukan kembali urutan kata ”Ibu menjemur pakaian”

7.      Menyebut kata yang mamiliki tulisan ”baju, celana, kaos kaki” milik ibu

60’
Buku, pensil

Lambang bilangan di papan tulis
Kertas warna
Buku Seri Keluarga hal 12

Kalimat Ibu Menjemur Pakaian

Baju, celana, kaos kaki
Istirahat

Cuci tangan,makan,minum
30’
Bekal anak
Penutup

8.      Menggantung pada papan bergantung

30’
Papan untuk bergantung

E. PENILAIAN
1.      Lingkup Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
Lingkup Perkembangan
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA)
KD
Indikator
I
Nilai Agama
dan Moral
2. Meniru gerakan beribadah.
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.

1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
2.4. Meniru sikap berdoa
2.5. Meniru gerakan sembahyang
4.6. Menjaga kebersihan waktu makan
II
Fisik Motorik
a.2 Melakukan gerakan menggantung (bergelayut).
b.3 MengkoordinasI-kan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit.
2.1
3.3
4.3
a. Menggantung pada bidang horisontal yang sama atau lebih rendah dari kepalanya
b. Merobek

III
Kognitif
a.1 Mengenal benda berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis).
c.3 Mengenal lambang bilangan.


3.6
4.6
a. Memperagakan penggunaan alat tulis
b. Membedakan kasar-halus, berat-ringan, panjang- pendek, jauh-dekat, banyak- sedikit, sama- tidak sama.
c. Menunjuk lambang bilangan 1 – 10
IV
Bahasa
a.1 Menyimak perkataan orang lain (bahasa ibu atau bahasa lainnya).
c.1 Mengenal simbol-simbol.

3.11
4.11
a. Menirukan kembali 3 – 4 urutan kata
b. menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan nama benda

V
Sosial Emosional
b.1 Menjaga diri sendiri dari lingkungannya
b.3 Mau berbagi, menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan.
3.13
4.13
a. Mau meminjamkan alat tulis kepada teman
b. Sabar menunggu giliran
c. Mengenal dan menghindari benda-benda berbahaya
VI
Seni
b.5 Menggunakan dialog, perilaku, dan berbagai materi dalam menceritakan suatu cerita
3.15
4.15
a. Menceritakan pengalaman tugas ibu di rumah di depan temannya

2.      Teknik Penilaian
a)      Catatan hasil karya
b)      Catatan anekdot, dan
c)       Skala capaian perkembangan (rating scale)

Lembar teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.



                     ,              20....
Mengetahui,
Kepala ..............................


Guru


……………………



……………………


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
SEMESTER
BULAN
MINGGU KE
HARI KE
1
AGUSTUS
6
2

PAUD .................................................
TAHUN AJARAN 20.../20...

HARI 2

Model Pembelajaran  : Kelompok
Hari, Tanggal              : Selasa, 9 Agustus 2016
Kelompok / Usia         : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema        : Keluarga / Kebiasaan Dalam Keluarga

A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.      Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.      Membuat bentuk bola dengan plastisin,
3.      Menyebutkan akibat jika tidak menggosok gigi,
4.      Menyebutkan nama huruf depan pada kata nama suatu benda ”bola, sikat gigi, cangkir”
5.      Mengurutkan gambar seri ”Kegiatan anak sebelum berangkat sekolah”
6.      Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita gambar seri ”Kegiatan anak sebelum berangkat sekolah”
7.      Lagu “Pergi Sekolah”,

Lagu “Pergi Sekolah”
Oh ibu dan ayah selamat pagi
Kupergi sekolah sampaikan nanti
Selamat belajar nak penuh semangat
Rajinlah selalu tentu kau dapat
Hormati gurumu sayangi teman
Itulah tandanya kau murid budiman


B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.      Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.      Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan kedatangan anak dan penjemputan
3.      Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.      Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.

C. ALAT DAN BAHAN
1.      Plastisin,
2.      Bola, sikat gigi, dan cangkir
3.      Buku Seri Keluarga halaman 8

D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan belajar
Waktu
Sumber
Pembukaan

1.      Menyanyi lagu “Pergi Sekolah”
30’
Lagu Pergi Sekolah
Inti






2.      Membuat bentuk bola dengan plastisin
3.      Menyebutkan akibat  jika tidak menggosok gigi
4.      Menyebutkan nama huruf depan pada kata nama suatu benda ”bola, sikat gigi, cangkir”
5.      Mengurutkan gambar seri ”Kegiatan anak    sebelum berangkat sekolah”

6.      Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita gambar seri ”Kegiatan Anak Sebelum Berangkat Sekolah”
60’
Plastisin


Bola, sikat gigi, cangkir
Buku Seri Keluarga hal 8
Gambar seri pada Lembar kertas (LK)
Istirahat

Cuci tangan, makan, minum
30’
Bekal anak
Penutup

7.       Melambungkan bola kecil ke atas
30’
Bola kecil


E. PENILAIAN
1.      Lingkup Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
Lingkup Perkembangan
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA)
KD
Indikator
I
Nilai Agama
dan Moral
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.

1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Menjaga kebersihan waktu makan
II
Fisik Motorik
a.4 Melempar sesuatu secara terarah
b.4 Melakukan gerakan manipulatif untuk menghasil kan suatu bentuk dengan menggunakan berbagai media.

2.1
3.3
4.3
a. Melempar bola kecil ke atas (melambung)
b. Membuat berbagai bentuk menggunakan plastisin atau tanah liat

III
Kognitif
b.2 Mengenal gejala sebab-akibat yang terkait dengan dirinya.
c.4 Mengenal lambang huruf.
3.6
4.6
c. Mengungkapkan sebab akibat tidak gosok gigi
d. Menyebutkan nama huruf depan pada kata nama suatu benda
IV
Bahasa
a.3 Memahami cerita yang dibacakan
b.8 Menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah didengar.

2.14
3.10
4.10
a. Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita yang didengarnya
b. Mengurutkan gambar seri (3-4 gambar)
V
Sosial Emosional
b.1 Menjaga diri sendiri dari lingkungannya
b.3 Mau berbagi, menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan.
2.5
2.6
a. Mau meminjamkan alat tulis kepada teman
b. Sabar menunggu giliran
c. Mengenal dan menghindari benda-benda berbahaya
VI
Seni
b.8 Membentuk berdasarkan objek yang dilihatnya (mis. dengan plastisin, tanah liat)
3.15
4.15
a. Menampil kan karya seni sederhana di depan anak atau orang lain melalui plastisin


2.      Teknik Penilaian
a)      Catatan hasil karya
b)      Catatan anekdot, dan
c)       Skala capaian perkembangan (rating scale)

Lembar teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.




                     ,              20....
Mengetahui,
Kepala ..............................


Guru


……………………



……………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
SEMESTER
BULAN
MINGGU KE
HARI KE
1
AGUSTUS
6
3

PAUD .................................................
TAHUN AJARAN 20.../20...

HARI 3

Model Pembelajaran  : Kelompok
Hari, Tanggal              : Rabu, 10 Agustus 2016
Kelompok / Usia         : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema        : Keluarga / Kebiasaan Dalam Keluarga

A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.      Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.      Bermain dengan alat perkusi ”piring dan sendok”
3.      Membedakan berat ringan dari: buku, pensil, piring, sendok
4.      Menyatakan waktu dalam melakukan kegiatan di rumah,
5.      Menjawab pertanyaan tokoh-tokoh dalam lembaran kertas (LK)
6.      Tepuk “Tugas Ibu”, cerita “Tugas Ibu Hani di Pagi Hari”,

Tepuk “Tugas Ibu”
Plok- plok- plok
Bangun Pagi
Plok- plok- plok
Memasak
Plok- plok- plok
Beres-beres rumah
Plok- plok- plok
Merawat adik
Plok- plok- plok
TUGAS IBU

Cerita “Tugas Ibu Hani di Pagi Hari”
Ada seorang ibu, biasa dipanggil Ibu Hani.
Ibu Hani kecuali seorang ibu rumah tangga, tetapi juga bekerja di kantor.
Setiap hari Ibu Hani selalu bangun pagi.
Kegiatan yang dilakukan Ibu Hani : Merapikan tempat tidur, memasak, memandikan putranya, menyiapkan bekal tidak ketinggalan.
Setelah semua siap/rapi ibu Hani bersiap diri untuk mandi.
Ketika sudah siap ibu Hani mengantar putranya sambil berangkat ke kantor.
Setelah mengantar putranya ibu Hani berangkat ke kantor naik bus.

B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.      Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.      Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3.      Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.      Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.

C. ALAT DAN BAHAN
1.      Piring dan sendok,
2.      Buku, pensil, piring, dan sendok
3.      Buku Seri Keluarga hal 9
4.      Tokoh-tokoh cerita dalam Lembar Kertas

D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan belajar
Waktu
Sumber
Pembukaan

1.       Bercerita “Tugas Bu Hani di Pagi Hari”
30’
Cerita Tugas Bu Hani di Pagi Hari
Inti






2.       Bermain dengan alat perkusi ”pring dan sendok”
3.       Membedakan berat ringan dari: buku, pensil, piring, sendok
4.       Menyatakan waktu dalam melakukan kegiatan di rumah

5.       Menjawab pertanyaan tokoh-tokoh dalam Lembar Kertas (LK)


60’
Piring dan sendok

Buku, pensil, piring, dan sendok
Buku Seri Keluarga hal 9

Tokoh-tokoh cerita dalam LK
Istirahat

6.       Cuci tangan, makan, minum
30’
Bekal anak
Penutup

7.       Menangkap bola kecil yang dilempar
8.       Bertepuk tangan “Tepuk Tugas Ibu “
30’
Bola kecil
Tepuk Tugas Ibu



E. PENILAIAN
1.      Lingkup Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
Lingkup Perkembangan
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA)
KD
Indikator
I
Nilai Agama
dan Moral
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.

1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Menjaga kebersihan waktu makan
II
Fisik Motorik
a.5 Menangkap sesuatu secara tepat
b.5 Mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media.

2.1
3.3
4.3
a. Menangkap bola kecil yang dilempar mendatar
b. Bermain dengan alat perkusi sederhana

III
Kognitif
a.3 Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang, temaram, dsb).
b1 Mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk atau warna atau ukuran.
3.6
4.6
a. Menyatakan pagi, siang, sore atau malam
b. Membedakan kasar-halus, berat-ringan, panjang- pendek, jauh-dekat, banyak- sedikit, sama- tidak sama.
IV
Bahasa
b.3 Menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan.

2.14
3.10
4.10
a. Menjawab pertanyaan tokoh-tokoh dalam cerita

V
Sosial Emosional
b.1 Menjaga diri sendiri dari lingkungannya
b.3 Mau berbagi, menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan.
2.5
2.6
a. Mau meminjamkan alat tulis kepada teman
b. Sabar menunggu giliran
c. Mengenal dan menghindari benda-benda berbahaya
VI
Seni
a.1 Senang mendengarkan berbagai macam musik atau lagu kesukaannya

3.15
4.15
a. Menyanyikan lagu sesuai dengan tema hari itu
b. Bermain perkusi menggunakan alat perkusi sederhana


2.      Teknik Penilaian
a)      Catatan hasil karya
b)      Catatan anekdot, dan
c)       Skala capaian perkembangan (rating scale)

Lembar teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.


                     ,              20....
Mengetahui,
Kepala ..............................


Guru


……………………



……………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
SEMESTER
BULAN
MINGGU KE
HARI KE
1
AGUSTUS
6
4

PAUD .................................................
TAHUN AJARAN 20.../20...

HARI 4

Model Pembelajaran  : Kelompok
Hari, Tanggal              : Kamis, 11 Agustus 2016
Kelompok / Usia         : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema        : Keluarga / Kebiasaan Dalam Keluarga

A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.      Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.      Meniru garis lengkung,
3.      Melengkapi susunan bentuk geometri dengan pola AB-AB,
4.      Menyebutkan cerita yang baru didengar dari teman sebelahnya,
5.      Lagu “Lingkaran Besar Lingkaran Kecil”, dan cerita ”Tugas Pak Hari di Pagi Hari”

Lagu “Lingkaran Besar Lingkaran Kecil”

Lingkaran besar 3x
Lingkaran kecil 3x
Lengkung – lengkung – melengkung-lengkung
Diberi garis 3x

Cerita “Tugas Pak Hari di Pagi Hari”
Pak Hari selalu bangun di pagi hari.
Setelah bangun tidur, pak Hari melakukan olah raga lari pagi.
Sambil mengilangkan keringat setelah olah raga, pak Hari menyiram tanaman di halaman.
Setelah menyiram tanaman pak Hari mandi pagi, kemudian sarapan pagi.
Ketika sudah siap dan beres pak Hari berpamitan dengan ibu Hari dan putranya.
Pak Hari berangkat ke kantor dengan rapi.

B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.      Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.      Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3.      Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.      Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.

C. ALAT DAN BAHAN
1.      Bentuk geometri,
2.      Garis lurus,
3.      Buku Seri Keluarga halaman 10

D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan Belajar
Waktu
Sumber
Pembukaan

1.       Mendengarkan cerita “Tugas Pak Hari di Pagi Hari”
30’

Cerita Tugas Pak Hari di Pagi Hari
Inti




2.       Meniru garis lengkung
3.       Melengkapi susunan bentuk geometri dengan pola AB-AB
4.       Menyebutkan cerita yang baru didengar dari  teman sebelahnya
60’
Buku Seri Keluarga hal 10
Bentuk geometri

Cerita dari anak

Istirahat

Cuci tangan, makan, minum
30’
Bekal anak
Penutup

5.       Menyanyi lagu Lingkaran besar Lingkaran Kecil

6.       Berjalan ke samping pada garis lurus
30’
Lagu Lingkaran Besar Lingkaran kecil

Garis lurus


E. PENILAIAN
1.      Lingkup Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
Lingkup Perkembangan
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA)
KD
Indikator
I
Nilai Agama
dan Moral
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.

1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Menjaga kebersihan waktu makan
II
Fisik Motorik
a.6 Melakukan gerakan antisipasi
b.1 Membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri/ kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran
2.1
3.3
4.3
a. Berjalan ke samping dan mundur pada garis lurus sejauh 1 – 2 meter
b. Meniru garis vertikal dan horizontal

III
Kognitif
b.4 Mengenal pola (misal, AB-AB dan ABC-ABC) dan mengulanginya

3.6
4.6
a. Melengkapi susunan bentuk geometri dengan pola AB – AB

IV
Bahasa
b.5 Menyebutkan kata-kata yang dikenal. 

2.14
3.10
4.10
a. Menyebutkan kata-kata yang baru didengar (cerita)

V
Sosial Emosional
b.1 Menjaga diri sendiri dari lingkungannya
b.3 Mau berbagi, menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan.
2.5
2.6
a. Mau meminjamkan alat tulis kepada teman
b. Sabar menunggu giliran
c. Mengenal dan menghindari benda-benda berbahaya
VI
Seni
b.7 Mengekspresikan gerakan dengan irama yang bervariasi

3.15
4.15
a. Melakukan tepuk mengikuti irama bersama teman pada hari itu


2.      Teknik Penilaian
a)      Catatan hasil karya
b)      Catatan anekdot, dan
c)       Skala capaian perkembangan (rating scale)

Lembar teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.




                     ,              20....
Mengetahui,
Kepala ..............................


Guru


……………………



……………………


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
SEMESTER
BULAN
MINGGU KE
HARI KE
1
AGUSTUS
6
5

PAUD .................................................
TAHUN AJARAN 20.../20...

HARI 5

Model Pembelajaran  : Kelompok
Hari, Tanggal              : Jumat, 12 Agustus 2016
Kelompok / Usia         : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema        : Keluarga / Kebiasaan Dalam Keluarga

A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.      Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.      Membedakan panjang-pendek dari: Gagang sapu, gagang kain pel,
3.      Mengurutkan benda dari rendah ke tinggi gambar sapu dengan berbagai ukuran”
4.      Menyebut kata-kata yang baru didengar ”sapu, kain pel”
5.      Menyebutkan nama kegiatan yang dilakukan anak pada gambar,
6.      Lagu “Membantu Ibu”,

Lagu “Membantu Ibu”
Ada kakek kakek tua
Ada nenek nenek tua
Kakek menggandeng nenek
Nenek menggandeng kakek
Kakek nenek gandeng-gandengan


B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.      Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.      Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3.      Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.      Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.

C. ALAT DAN BAHAN
1.      Gagang sapu, gagang kain pel,
2.      Gambar sapu dengan berbagai ukuran ukuran,
3.      Spidol board marker, atau kapur tulis,
4.      Buku Seri Keluarga halaman 11

D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan belajar
Waktu
Sumber
Pembukaan

1.       Menyanyi lagu “Membantu Ibu”
30’
Lagu Membantu Ibu
Inti









2.       Membedakan panjang-pendek dari: Gagang sapu, gagang kain pel

3.       Mengurutkan benda dari rendah ke tinggi gambar sapu dengan berbagai ukuran”
4.       Menyebut kata-kata yang baru didengar ”sapu, kain pel”

5.       Menyebutkan nama kegiatan yang dilakukan anak pada gambar
60’
Gagang sapu, gagang kain pel

Gambar sapu dengan berbagai ukuran
Sapu, pel / gambarnya


Buku Seri Keluarga hal 11

Istirahat

Cuci tangan, makan, minum
30’
Bekal anak
Penutup

6.       Bermain prosotan
30’
Prosotan di sekolah


E. PENILAIAN
1.      Lingkup Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
Lingkup Perkembangan
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA)
KD
Indikator
I
Nilai Agama
dan Moral
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.

1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Menjaga kebersihan waktu makan
II
Fisik Motorik
a.8 Memanfaatkan alat permainan di luar kelas.

2.1
3.3
4.3
a. Menggunakan alat main: jungkitan, perosotan, ayunan dan komedi putar

III
Kognitif
b.1 Mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk atau warna atau ukuran.
b.5 Mengurutkan benda berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna.

3.6
4.6
a. Membedakan kasar-halus, berat-ringan, panjang- pendek, jauh-dekat, banyak- sedikit, sama- tidak sama.
b. Mengurutkan benda dari rendah ke tinggi atau sebaliknya

IV
Bahasa
b.5 Menyebutkan kata-kata yang dikenal.
c.1 Mengenal simbol-simbol.

2.14
3.10
4.10
a. Menyebutkan kata-kata yang baru didengar (cerita)
b. menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan nama benda

V
Sosial Emosional
b.1 Menjaga diri sendiri dari lingkungannya
b.3 Mau berbagi, menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan.
2.5
2.6
a. Mau meminjamkan alat tulis kepada teman
b. Sabar menunggu giliran
c. Mengenal dan menghindari benda-benda berbahaya
VI
Seni
b.6 Mengekspresikan gerakan dengan irama yang bervariasi

3.15
4.15
a. Menyanyikan lagu bersama teman lainnya dengan ekspresi


2.      Teknik Penilaian
a)      Catatan hasil karya
b)      Catatan anekdot, dan
c)       Skala capaian perkembangan (rating scale)

Lembar teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.



                     ,              20....
Mengetahui,
Kepala ..............................


Guru


……………………



……………………



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
SEMESTER
BULAN
MINGGU KE
HARI KE
1
AGUSTUS
6
6

PAUD .................................................
TAHUN AJARAN 20.../20...

HARI 6

Model Pembelajaran  : Kelompok
Hari, Tanggal              : Sabtu, 13 Agustus 2016
Kelompok / Usia         : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema        : Keluarga / Kebiasaan Dalam Keluarga

A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.      Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.      Meniru garis horisontal di buku ”bentuk baju”
3.      Membilang banyak gambar benda yang dicuci Ibu
4.      Menjawab pertanyaan tentang “Benda-benda yang ada di dapur”
5.      Lagu “Membantu Ibu”, dan tepuk “Mencuci Baju”

Lagu “Membantu Ibu”
Ayo membantu ibu
Mencuci dan menyapu
Tak lupa ku selalu
Membereskan tempat tidurku

Tepuk “Mencuci Baju”
Plok- plok- plok
Rendan baju
Plok- plok- plok
Oles detergen
Plok- plok- plok
Gosok-  - gosok
Plok- plok- plok
Dibilas
Plok- plok- plok
Diperas
Plok- plok- plok
Dijemur
Plok- plok- plok
MENCUCI BAJU

B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.      Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.      Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3.      Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.      Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.

C. ALAT DAN BAHAN
1.      Benda yang ada di dapur (misalnya spatula, wajan, dll dari sentra memasak),
2.      Garis horisontal, pensil
3.      Buku Seri Keluarga halaman 13

D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan belajar
Waktu
Sumber
Pembukaan

1.      Menyanyi lagu “Membantu Ibu”
30’
Lagu Membantu Ibu
Inti






2.      Meniru garis horisontal di buku ”bentuk baju”

3.      Membilang banyak gambar benda yang dicuci Ibu
4.      Menjawab pertanyaan tentang “Benda-benda yang ada di dapur”
60’
Garis horisontal, pensil
Buku Seri Keluarga hal 13
Nama benda yang ada di dapur
Istirahat

Cuci tangan, makan, minum
30’
Bekal anak
Penutup

5.      Bertepuk tangan ”Tepuk Mencuci Baju”
30’
Tepuk Mencuci Baju


E. PENILAIAN
1.      Lingkup Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
Lingkup Perkembangan
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA)
KD
Indikator
I
Nilai Agama
dan Moral
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.

1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Menjaga kebersihan waktu makan
II
Fisik Motorik
b.1 Membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri/ kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran

2.1
3.3
4.3
a. Meniru garis vertikal dan horizontal

III
Kognitif
c.1 Membilang banyak benda satu sampai sepuluh.

3.6
4.6
a. membilang banyak benda 1 – 10

IV
Bahasa
b.6 Mengutarakan pendapat kepada orang lain.

2.14
3.10
4.10
a. Berani menjawab pertanyaan

V
Sosial Emosional
b.1 Menjaga diri sendiri dari lingkungannya
b.3 Mau berbagi, menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan.
2.5
2.6
a. Mau meminjamkan alat tulis kepada teman
b. Sabar menunggu giliran
c. Mengenal dan menghindari benda-benda berbahaya
VI
Seni
b.2 Bernyanyi sendiri
b.6 Mengekspresikan gerakan dengan irama yang bervariasi

3.15
4.15
a. Menyanyikan sendiri lagu dan melakukan tepuk dihadapan teman-temannya


2.      Teknik Penilaian
a)      Catatan hasil karya
b)      Catatan anekdot, dan
c)       Skala capaian perkembangan (rating scale)

Lembar teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.




                     ,              20....
Mengetahui,
Kepala ..............................


Guru


……………………



……………………


0 komentar:

Search This Blog

Popular Posts

Followers

Followers

Total Pageviews