.
.
CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
PAUD KURIKULUM 2013
CONTOH RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARlAN (RPPH)
Semester / Bulan/Minggu ke :
2/April/4
Hari / Tanggal :
22 April 2015
Kelompok / Usia :
3-4 tahun
Tema / Sub Tema :
Budaya / Wayang
Materi :
1. Menghargai hasil karya orang lain
2.
Membuat Wayang dan Kandus bekas
3.
Konsep Angka dengan menghitung
jumlah wayang “Tokoh Punakawan”
Kegiatan Main di :
Sentra Persiapan
Media :
Buku cerita Bergambar Wayang
Punakawan Wayang Kulit Punakawan
Alat dan bahan :
Kertas pola wayang “Tokoh Punakawan”
Kardus bekas
Gunting, lem, pewarna
Tusuk sate
Double tip
PROSES KEGIATAN:
A.
Pembukaan:
Menggali pemahaman anak tentang karakter tokoh Punakawan
Bernyanyi yang membangunkarakter anak:
Judul :
SayangTeman (Nadanya : Balonku)
Tanganku
ada 2, yang kanan dan yang kiri, kupakai untuk makan, kupakai untuk menulis
Bolehkah
cubit teman????(anak menjawab : tidak boleh)
Bolehkah
pukul teman????(anak menjawab : tidak boleh)
Bolehkah
tending teman????(anak menjawab : tidak boleh)
Teman
harus disayang.....
2. Tepuk Punakawan:
Tepuk Punakawan ( X X X )
Diesem e semar,
di pepepe petruk,
disigar sigareng, dibuka cilub bagong.
3. Dibangun penghayatan karakter, Bu Guru mengajak
anak-anak untuk mendengarkan sebuah cerita Punokawan” dan meminta anak untuk
mendengarkan cerita sampai bu guru selesal bercerita. Dengan memberikan
informasi bahwa Punakawan artinyaTeman/saudara disaat susah dan sedih.
4. Bu Guru
mulai bercerita tentang Punokawan dengan media buku bergambar dan wayang kulit
Punakawan
5. Selesai bercerita, anak-anak diminta untuk
mengamati ciri-ciri, atribut yang Dikenakan oleh masing-masing tokoh pewayangan
sambil bergantian memegang, meraba Wayang kulit Punakawan tersebut.
6. Berdiskusi tentang karakter masing-masing tokoh
dan wayang merupakan ciptaan manusia yang harus dijaga dan dilestarikan.
7. Berdoa sebelum belajar
8. Menggunakan kata tolong, terimakasih, dan maaf
dalam setiap kesempatan yang tepat
9. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan
bermain.
B.
Inti (kegiatan main)
1.
Mewarnai, Menggunting dan menempel gam barbentuk
wayang pada kardus bekas Kemudian di ben tusuk sate sebagai pegangannya.
2.
Menghitung jumlah tokoh Punakawan
Recalling:
1.
Merapikan mainan dan mengembalikan ketempat
semula.
2.
Diskusi tentang perasaan din selama melakukan
kegiatan bermain
3.
Bila ada penilaku yang kurang tepat harus
didiskusikan bersama
4.
Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.
Penguatan pengetahuan yang didapat anak
C.
PENUTUP
1.
Menanyakan perasaan selama han mi
2.
Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkan han i, mainan apa yang paling disukai
3.
Recalling cenita “Punakawan”, teman disaat susah
dan sedih, maka kita harus selalu sayang teman.
4.
Menginformasikan kegiatan untuk esok han
5.
Ikrar Pulang Sekolah:
Pulang Sekolah, lepas sepatu dan kaos kaki
Gant ibaju... .,cuci tangan, cuci kaki Makan siang, lalu
tidur siang
Jangan lupa belajar... Mendengar dan melaksanakan nasehat
ayah dan ibu
Berdoa setelah belajar.
0 komentar:
Post a Comment