Home » » CONTOH RPPH PAUD KURTILAS

CONTOH RPPH PAUD KURTILAS

.
.


CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD KURIKULUM 2013

CONTOH RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARlAN (RPPH)
Semester / Bulan/Minggu ke         : 2/April/4
Hari / Tanggal                                : 22 April 2015
Kelompok / Usia                            : 3-4 tahun
Tema / Sub Tema                          : Budaya / Wayang
Materi                                           : 1. Menghargai hasil karya orang lain
                                                       2. Membuat Wayang dan Kandus bekas
                                                       3. Konsep Angka dengan menghitung
                                                            jumlah wayang “Tokoh Punakawan”
Kegiatan Main di                           : Sentra Persiapan
Media                                           : Buku cerita Bergambar Wayang
                                                       Punakawan Wayang Kulit Punakawan
Alat dan bahan                              : Kertas pola wayang “Tokoh Punakawan”
                                                       Kardus bekas
                                                       Gunting, lem, pewarna
                                                       Tusuk sate
                                                       Double tip
PROSES KEGIATAN:
A.    Pembukaan:
Menggali pemahaman anak tentang karakter tokoh Punakawan
Bernyanyi yang membangunkarakter anak:
Judul         :    SayangTeman (Nadanya : Balonku)
                      Tanganku ada 2, yang kanan dan yang kiri, kupakai untuk makan, kupakai untuk menulis
                      Bolehkah cubit teman????(anak menjawab : tidak boleh)
                      Bolehkah pukul teman????(anak menjawab : tidak boleh)
                      Bolehkah tending teman????(anak menjawab : tidak boleh)
                  Teman harus disayang.....
2. Tepuk Punakawan:
Tepuk Punakawan ( X X X )
Diesem e semar,
di pepepe petruk,
disigar sigareng, dibuka cilub bagong.
3. Dibangun penghayatan karakter, Bu Guru mengajak anak-anak untuk mendengarkan sebuah cerita Punokawan” dan meminta anak untuk mendengarkan cerita sampai bu guru selesal bercerita. Dengan memberikan informasi bahwa Punakawan artinyaTeman/saudara disaat susah dan sedih.
4.  Bu Guru mulai bercerita tentang Punokawan dengan media buku bergambar dan wayang kulit Punakawan
5. Selesai bercerita, anak-anak diminta untuk mengamati ciri-ciri, atribut yang Dikenakan oleh masing-masing tokoh pewayangan sambil bergantian memegang, meraba Wayang kulit Punakawan tersebut.
6. Berdiskusi tentang karakter masing-masing tokoh dan wayang merupakan ciptaan manusia yang harus dijaga dan dilestarikan.
7. Berdoa sebelum belajar
8. Menggunakan kata tolong, terimakasih, dan maaf dalam setiap kesempatan yang tepat
9. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain.
B.    Inti (kegiatan main)
1.    Mewarnai, Menggunting dan menempel gam barbentuk wayang pada kardus bekas Kemudian di ben tusuk sate sebagai pegangannya.
2.    Menghitung jumlah tokoh Punakawan
Recalling:
1.    Merapikan mainan dan mengembalikan ketempat semula.
2.    Diskusi tentang perasaan din selama melakukan kegiatan bermain
3.    Bila ada penilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.    Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.    Penguatan pengetahuan yang didapat anak
C. PENUTUP
1.    Menanyakan perasaan selama han mi
2.    Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan han i, mainan apa yang paling disukai
3.    Recalling cenita “Punakawan”, teman disaat susah dan sedih, maka kita harus selalu sayang teman.
4.    Menginformasikan kegiatan untuk esok han
5.    Ikrar Pulang Sekolah:
Pulang Sekolah, lepas sepatu dan kaos kaki
Gant ibaju... .,cuci tangan, cuci kaki Makan siang, lalu tidur siang
Jangan lupa belajar... Mendengar dan melaksanakan nasehat ayah dan ibu
Berdoa setelah belajar.

0 komentar:

Search This Blog

Popular Posts

Followers

Followers

Total Pageviews