Home » » RPPH PAUD USIA 4-5 TAHUN MINGGU KE 5

RPPH PAUD USIA 4-5 TAHUN MINGGU KE 5

.
.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
SEMESTER
BULAN
MINGGU KE
HARI KE
1
AGUSTUS
5
1

............................... .........................................
TAHUN AJARAN 20..../20....

HARI 1

Model Pembelajaran  : Kelompok
Hari, Tanggal              : Senin, 1 Agustus 20....
Kelompok / Usia         : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema        : Keluarga / Anggota Keluarga

A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.      Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.      Meremas kain selendang nenek,
3.      Memperagakan cara menulis dengan pensil,
4.      Menyebut nama benda dengan cara membaca gambar “anggota keluarga”
5.      Lagu “Keluarga”, dan cerita ”Keluarga Pak Budi yang Baik Hati”

Lagu “Keluarga”
Satu – satu ayah dan ibu
Dua – dua semua saudara
Tiga – tiga bersama-sama
Itulah itulah Keluarga

Cerita “Keluarga Pak Budi yang Baik Hati”
Ada sebuah keluarga.
Keluarga Pak Budi namanya.
Pak Budi dan ibu Budi mempunyai 2 orang anak,laki-laki dan perempuan.
Nama anak Pak Budi yaitu Rudi dan Rini.
Kel Pak Budi sangat baik dengan tetangganya.
Mereka suka menolong orang yang membutuhkan pertolongan.
Pak Budi sering membantu tetangga yang sedang sakit.
Ibu Budi sering membantu tetangga membagi makanan bagi yang tidak mampu.
Rudi dan Rini sering member sedekah kepada pengemis.
Rudi dan Rini sering membantu teman yang menemui kesulitan dalam belajar.
Keluarga Pak Budi sangat patut diteladani.

B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.      Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.      Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3.      Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.      Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.

C. ALAT DAN BAHAN
1.      Pensil,
2.      Selendang nenek,
3.      Buku Seri Keluarga halaman 3

D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan Belajar
Waktu
Sumber
Pembukaan

1.   Mendengarkan cerita “Keluarga Pak Budi yang Baik Hati”

30’
Cerita “Keluarga Pak Budi yang Baik Hati”
Inti



2.   Meremas kain selendang nenek
3.   Memperagakan cara menulis dengan pensil

4.    Menyebut nama benda dengan cara membaca gambar “anggota keluarga”
60’
Selendang nenek
Pensil

Buku Seri Keluarga hal 3
Istirahat

Cuci tangan, makan, minum
30’
Bekal anak
Penutup

5.     Menggantung pada papan bergantung

6.   Menyanyi lagu “Keluarga”
30
Papan untuk bergantung
Lagu Keluarga

E. PENILAIAN
1.      Lingkup Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
Lingkup Perkembangan
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA)
KD
Indikator
I
Nilai Agama
dan Moral
2. Meniru gerakan beribadah.

4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
6. Mengucapkan salam dan membalas salam.
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Bersikap sopan waktu makan
d. Mengucapkan salam dengan warga sekolah
II
Fisik Motorik
a.2 Melakukan gerakan menggantung (bergelayut).
b.3 Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit.

2.1
3.3
4.3
a. Menggantung pada bidang horisontal yang sama atau lebih rendah dari kepalanya
a. Meremas
III
Kognitif
a.1 Mengenal benda berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis).
3.6
4.6
a. Memperagakan penggunaan alat tulis


IV
Bahasa
a.3 Memahami cerita yang dibacakan
c.1 Mengenal simbol-simbol.
3.11
4.11
a. Menceritakan kembali isi cerita

b. menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan nama benda
V
Sosial Emosional
a.2 Mengendalikan perasaan.
b.1 Menjaga diri sendiri dari lingkungannya
b.3 Mau berbagi, menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan.
3.13
4.13
a. Mau bermain dengan teman
b. Tidak cengeng
c. Berhenti bermain pada waktunya
d. Mengenal dan menghindari cara bermain yang dapat membahayakan dirinya dan orang lain
VI
Seni
b.5 Menggunakan dialog, perilaku, dan berbagai materi dalam menceritakan suatu cerita
3.15
4.15
a. Membaca gambar yang memiliki kata sederhana

2.      Teknik Penilaian
a)      Catatan hasil karya
b)      Catatan anekdot, dan
c)       Skala capaian perkembangan (rating scale)

Lembar teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.



.....................................20....
Mengetahui,
Kepala ...............................


Guru


…………………………………



…………………………………



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
SEMESTER
BULAN
MINGGU KE
HARI KE
1
AGUSTUS
5
2

............................... .........................................
TAHUN AJARAN 20..../20....

HARI 2

Model Pembelajaran    : Kelompok
Hari, Tanggal                : Selasa, 2 Agustus 20....
Kelompok / Usia           : A (45 Tahun)
Tema / Sub Tema         : Keluarga / Anggota Keluarga

A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.      Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.      Membilang banyak gambar anggota keluarga,
3.      Menyebutkan posisi pada gambar anggota keluarga,
4.      Mewarnai gambar: “kakek”,
5.      Lagu “Sayang Semuanya”, tepuk “Keluarga”, dan cerita ”Kakekku yang Baik Hati”

Cerita “Kakekku yang Baik Hati”
Aku mempunyai seorang kakek yang sudah tua.
Kakekku sedah memakai tongkat jika berjalan.
Jika aku ke rumah Kakek, kakekku senang sekali.
Jika aku nakal selalu dinasehati supaya menjadi anak baik.
Jika aku lapar dan haus Kakekku memberiku makan dan minum.
Kakekku sedih jika mendengar aku sakit ataupun aku nakal.
Kakekku selalu mendoakanku supaya aku menjadi anak yang pintar dan sukses.
Jika lama aku tidak bermain ke rumah kakek, kakekku datang ke rumahku.
Terima kasih kakek…kau amat baik padaku.
Aku selalu mendoakan supaya kakek selalu sehat dan diberi umur yang panjang.
Tepuk “Keluarga”
Plok- plok- plok
Ada ayah
Plok- plok- plok
Ada ibu
Plok- plok- plok
Ada Kakek
Plok- plok- plok
Ada nenek
Plok- plok- plok
Ada anak-anak
Plok- plok- plok
KELUARGA
Lagu “Sayang Semuanya”
Satu – satu  aku sayang ibu
Dua – dua juga sayang ayah
Tiga – tiga sayang adik kakak
Satu - dua – tiga
Sayang semuanya

B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.      Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.      Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan kedatangan anak dan penjemputan
3.      Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.      Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.

C. ALAT DAN BAHAN
1.      Gambar anggota keluarga,
2.      Gambar kakek,
3.      Bola besar,
4.      Buku Seri Keluarga halaman 4

D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan belajar
Waktu
Sumber
Pembukaan

1.      Menyanyi lagu “Sayang Semuanya”
2.      Mendengarkan cerita “Kakekku yang Baik Hati”
30’
Lagu Sayang Semuanya
Cerita Kakekku yang Baik Hati
Inti






3.      Membilang banyak gambar anggota keluarga

4.      Menyebutkan posisi pada gambar anggota keluarga
5.      Mewarnai gambar: “kakek”

60’
Gambar anggota keluarga

Buku Seri Keluarga hal 4

Gambar Kakek,
Istirahat

Cuci tangan, makan, minum
30’
Bekal anak
Penutup

6. Bertepuk tangan “Tepuk Keluarga”
7. Melempar bola besar lurus ke depan
30’
Tepuk Keluarga
Bola besar

E. PENILAIAN
1.      Lingkup Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
Lingkup Perkembangan
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA)
KD
Indikator
I
Nilai Agama
dan Moral
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
6. Mengucapkan salam dan membalas salam.
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
4.5. Bersikap sopan  waktu makan
c. Mengucapkan salam dengan warga sekolah
II
Fisik Motorik
a.4 Melempar sesuatu secara terarah.
b.3 Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit.
2.1
3.3
4.3
a. Melempar bola kecil lurus ke depan
b. Mewarnai gambar

III
Kognitif
c.1 Membilang banyak benda satu sampai sepuluh.

3.6
4.6
a. membilang banyak benda 1 – 10

IV
Bahasa
b.5 Menyebutkan kata-kata yang dikenal.
2.14
3.10
4.10
a. Menyebutkan posisi / keterang-an tempat Misalnya : di luar, di dalam, di atas di bawah, di depan, dibelakang, di kiri, di kanan dsb.
V
Sosial Emosional
a.2 Mengendalikan perasaan.
b.1 Menjaga diri sendiri dari lingkungannya
b.3 Mau berbagi, menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan.
2.5
2.6
a. Mau bermain dengan teman
b. Tidak cengeng
c. Berhenti bermain pada waktunya
d. Mengenal dan  menghindari cara bermain yang dapat membahayakan dirinya dan orang lain
VI
Seni
b.6 Mengekspresikan gerakan dengan irama yang bervariasi
3.15
4.15
a. Menyanyi dan melakukan tepuk bersama sesuai dengan ekspresi yang tepat

2.      Teknik Penilaian
a)      Catatan hasil karya
b)      Catatan anekdot, dan
c)       Skala capaian perkembangan (rating scale)

Lembar teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.



.....................................20....
Mengetahui,
Kepala ...............................


Guru


…………………………………



…………………………………


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
SEMESTER
BULAN
MINGGU KE
HARI KE
1
AGUSTUS
5
3

............................... .........................................
TAHUN AJARAN 20..../20....

HARI 3

Model Pembelajaran  : Kelompok
Hari, Tanggal              : Rabu, 3 Agustus 20....
Kelompok / Usia         : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema        : Keluarga / Anggota Keluarga

A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.      Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.      Menunjuk lambang bilangan di papan tulis,
3.      Menggunting bentuk segi empat ”lantai rumah”
4.      Menjawab pertanyaan tentang ”tugas dari masing-masing anggota keluarga”
5.      Lagu “Keluarga”, sajak “Keluarga”, dan cerita ”Tugas Masing-Masing Anggota Keluarga”

Lagu “Keluarga”
Satu – satu ayah dan ibu
Dua – dua semua saudara
Tiga – tiga bersama-sama
Itulah itulah Keluarga

Sajak “Keluarga”
Aku mempunyai keluarga
Kakek nenek ibu dan ayah
Kami hidup saling membantu bersama
Bahagia selalu sepanjang masa
Cerita “Tugas Masing-Masing Anggota Keluarga”
Anggota keluarga terdiri dari ayah, ibu, kakek, nenek, anak.
Masing-masing anggota keluarga mempunyai tudas masing-masing.
Tugas ayah : menjadi pemimpin keluarga dan mencari nafkah.
Tugas ibu : Mengurus rumah tangga, ada juga yang membantu ayah mencari nafkah.
Tugas kakek : memupuk dan menyiram tanaman,bunga.
Tugas nenek : Membantu ibu di dapur, mencuci piring, menyapu.
Tugas anak : belajar, membantu ibu menyapu, mengepel, juga menjaga adik.
Dalam keluarga pekerjaan dikerjakan secara bersama-sama.

B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.      Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.      Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3.      Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.      Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.

C. ALAT DAN BAHAN
1.      Lambang bilangan di papan tulis,
2.      Pola segi empat,
3.      Gunting,

D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan Belajar
Waktu
Sumber
Pembukaan

1.      Bercerita tentang “Tugas masing-masing anggota keluarga”
30’
Cerita tentang tugas masing-masing anggota keluarga
Inti






2.      Menunjuk lambang bilangan di papan tulis
3.      Menggunting bentuk segi empat ”lantai      rumah”

4.      Menjawab pertanyaan tentang ”tugas dari masing-masing anggota keluarga”
60’
Lambang bilangan di papan tulis
Pola segi empat, gunting

Tugas dari masing- masing anggota keluarga
Istirahat

Cuci tangan, makan, minum
30’
Bekal anak
Penutup

5.      Menyanyi laguKeluargaku”
6.      Berjalan berjinjit lurus ke depan

7.      Mengucap Sajak ”Keluarga”
30’
Lagu Keluargaku
Peragaan anak dalam berjinjit
Sajak Keluarga

E. PENILAIAN
1.      Lingkup Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
Lingkup Perkembangan
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA)
KD
Indikator
I
Nilai Agama
dan Moral
2. Meniru gerakan beribadah..

4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
6. Mengucapkan salam dan membalas salam.
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Bersikap sopan  waktu makan
d. Mengucapkan salam dengan warga sekolah
II
Fisik Motorik
a.6 Melakukan gerakan antisipasi
b.3 Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit.
2.1
3.3
4.3
a. Berjalan berjinjit
b. Menggunting bentuk beraturan (garis, lengkungan, segi empat, segitiga, lingkaran)
III
Kognitif
c.3 Mengenal lambang bilangan.

3.6
4.6
a. Menunjuk lambang bilangan 1 – 10
IV
Bahasa
b.3 Menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan.
2.14
3.10
4.10
a. Menjawab pertanyaan tentang nama-nama benda, hewan atau buah-buahan
V
Sosial Emosional
a.2 Mengendalikan perasaan.
b.1 Menjaga diri sendiri dari lingkungannya
b.3 Mau berbagi, menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan.

2.5
2.6
a. Mau bermain dengan teman
b. Tidak cengeng
c. Berhenti bermain pada waktunya
d. Mengenal dan menghindari cara bermain yang dapat membahayakan dirinya dan orang lain
VI
Seni
a.1 Senang mendengarkan berbagai macam musik atau lagu kesukaannya

3.15
4.15
a. Menyanyikan lagu sesuai dengan tema hari itu

2.      Teknik Penilaian
a)      Catatan hasil karya
b)      Catatan anekdot, dan
c)       Skala capaian perkembangan (rating scale)

Lembar teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.



.....................................20....
Mengetahui,
Kepala ...............................


Guru


…………………………………



…………………………………



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
SEMESTER
BULAN
MINGGU KE
HARI KE
1
AGUSTUS
5
4

............................... .........................................
TAHUN AJARAN 20..../20....

HARI 4

Model Pembelajaran  : Kelompok
Hari, Tanggal              : Kamis, 4 Agustus 20....
Kelompok / Usia         : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema        : Keluarga / Anggota Keluarga

A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.      Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.      Menyebut nama huruf depan pada benda yang ditunjukkan guru ”ember, sapu, piring”
3.      Menyebutkan benda yang memiliki tulisan ”Kegiatan yang dilakukan anak dalam satu minggu”
4.      Lagu “Nama-Nama Hari”, dan tepuk ”Tepuk Mata”

Lagu “Nama-Nama Hari”
Senin- selasa
Rabu -Kamis
Jumat- sabtu- Minggu
Itu nama-nama hari


B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.      Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.      Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3.      Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.      Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.

C. ALAT DAN BAHAN
1.      Ember, sapu, piring
2.      Bola besar,
3.      Buku Seri Keluarga halaman 6

D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan belajar
Waktu
Sumber
Pembukaan

1.      Tanya jawab tentang kegiatan yang dilakukan anggota keluarga di rumah
30’
Kegiatan yang dilakukan anggota keluarga di rumah
Inti






2.      Menyebut nama huruf depan pada benda
yang ditunjukkna guru ”ember, sapu, piring”

3.      Menyebutkan benda yang memiliki
Tulisan ”Kegiatan yang dilakukan anak dalam satu minggu”

60’
Ember, sapu, piring



Buku Seri Keluarga hal 6

Istirahat

Cuci tangan, makan, minum
30’
Bekal anak
Penutup

4.       Menendang bola besar lurus ke depan
5.      Menyanyi lagu Nama-nama Hari

30’
Lagu Nama-nama hari
Bola besar


E. PENILAIAN
1.      Lingkup Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
Lingkup Perkembangan
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA)
KD
Indikator
I
Nilai Agama
dan Moral
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
6. Mengucapkan salam dan membalas salam.
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Bersikap sopan waktu makan
d. Mengucapkan salam dengan warga sekolah
II
Fisik Motorik
a.7 Menendang sesuatu secara terarah
2.1
3.3
4.3
a. Menendang bola kecil atau besar lurus ke depan
III
Kognitif
c.4 Mengenal lambang huruf.
3.6
4.6
a. Menyebutkan nama huruf depan pada kata nama suatu benda
IV
Bahasa
c.1 Mengenal simbol-simbol.

2.14
3.10
4.10
a. menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan nama benda

V
Sosial Emosional
a.2 Mengendalikan perasaan.
b.1 Menjaga diri sendiri dari lingkungannya
b.3 Mau berbagi, menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan.
2.5
2.6
a. Mau bermain dengan teman
b. Tidak cengeng
c. Berhenti bermain pada waktunya
d. Mengenal dan  menghindari cara bermain yang dapat membahayakan dirinya dan orang lain
VI
Seni
b.7 Mengekspresikan gerakan dengan irama yang bervariasi

3.15
4.15
a. Melakukan tepuk mengikuti irama bersama teman pada hari itu

2.      Teknik Penilaian
a)      Catatan hasil karya
b)      Catatan anekdot, dan
c)       Skala capaian perkembangan (rating scale)

Lembar teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.




.....................................20....
Mengetahui,
Kepala ...............................


Guru


…………………………………



…………………………………



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
SEMESTER
BULAN
MINGGU KE
HARI KE
1
AGUSTUS
5
5

............................... .........................................
TAHUN AJARAN 20..../20....

HARI 5

Model Pembelajaran  : Kelompok
Hari, Tanggal              : Jumat, 5 Agustus 20....
Kelompok / Usia         : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema        : Keluarga / Anggota Keluarga

A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.      Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.      Menyebut nama-nama hari dalam seminggu,
3.      Menebalkan garis ”Tongkat Kakek”,
4.      Mengurutkan berat tongkat dari ringan ke berat,
5.      Membuat bentuk tongkat di papan tulis,
6.      Lagu “Ada Kakek Tua Ada Nenek Tua”, dan tepuk ”Keluarga”

Lagu “Ada Kakek Tua Ada Nenek Tua”
Ada kakek kakek tua
Ada nenek nenek tua
Kakek menggandeng nenek
Nenek menggandeng kakek
Kakek nenek gandeng-gandengan
( gandeng dapat diganti cubit/tolong dll)

Tepuk “Keluarga”
Plok- plok- plok
Ada ayah
Plok- plok- plok
Ada ibu
Plok- plok- plok
Ada Kakek
Plok- plok- plok
Ada nenek
Plok- plok- plok
Ada anak-anak
Plok- plok- plok
KELUARGA

B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.      Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.      Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3.      Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.      Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.

C. ALAT DAN BAHAN
1.      Nama-nama hari
2.      Tongkat dengan berbagai macam ukuran
3.      Spidol board marker, atau kapur tulis
4.      Buku Seri Keluarga halaman 5

D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan belajar
Waktu
Sumber
Pembukaan

1.      Menyanyi lagu Ada Kakek Ada Nenek Tua
30’
Lagu Ada Kakek Ada Nenek Tua
Inti






2.      Menyebut nama-nama hari dalam seminggu
3.      Menebalkan garis ”Tongkat Kakek”
4.      Mengurutkan berat tongkat dari ringan ke berat
5.       Membuat bentuk tongkat di papan tulis
60’
Nama-nama hari

Buku Seri Keluarga hal 5
Tongkat dengan berbagai macam ukuran
Spidol/ kapur tulis
Istirahat

Cuci tangan,makan,minum
30’
Bekal anak
Penutup

6.      Mengulang lagu Ada Kakek Ada Nenek Tua

7.      Bertepuk tangan”Tepuk Keluarga"
30’
Lagu Ada Kakek ada nenek Tua

Tepuk Keluarga

E. PENILAIAN
1.      Lingkup Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
Lingkup Perkembangan
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA)
KD
Indikator
I
Nilai Agama
dan Moral
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
6. Mengucapkan salam dan membalas salam.
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Bersikap sopan waktu makan
d. Mengucapkan salam dengan warga sekolah
II
Fisik Motorik
b.1 Membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri/ kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran

2.1
3.3
4.3
a. Menebalkan lingkaran

III
Kognitif
b.5 Mengurutkan benda berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna.
3.6
4.6
a. Mengurutkan benda dari ringan ke berat atau sebaliknya
IV
Bahasa
b.5 Menyebutkan kata-kata yang dikenal.
c.3 Membuat coretan yang bermakna.

2.14
3.10
4.10
a. Mengetahui nama-nama hari dan nama bulan
a. Membuat coretan yang menggambarkan benda atau kejadian
V
Sosial Emosional
a.2 Mengendalikan perasaan.
b.1 Menjaga diri sendiri dari lingkungannya
b.3 Mau berbagi, menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan.
2.5
2.6
a. Mau bermain dengan teman
b. Tidak cengeng
c. Berhenti bermain pada waktunya
d. Mengenal dan menghindari cara bermain yang dapat membahayakan dirinya dan orang lain
VI
Seni
a.2 Memainkan alat musik/ instrumen/ benda yang dapat membentuk irama yang teratur
b.6 Mengekspresikan gerakan dengan irama yang bervariasi

3.15
4.15
a. Menyanyikan lagu bersama teman lainnya
b. Menghargai penampilan karya seni anak lain dengan bimbingan (misal dengan bertepuk tangan dan memuji)

2.      Teknik Penilaian
a)      Catatan hasil karya
b)      Catatan anekdot, dan
c)       Skala capaian perkembangan (rating scale)

Lembar teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.



.....................................20....
Mengetahui,
Kepala ...............................


Guru


…………………………………



…………………………………




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
SEMESTER
BULAN
MINGGU KE
HARI KE
1
AGUSTUS
5
6

............................... .........................................
TAHUN AJARAN 20..../20....

HARI 6

Model Pembelajaran  : Kelompok
Hari, Tanggal              : Sabtu, 6 Agustus 20....
Kelompok / Usia         : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema        : Keluarga / Anggota Keluarga

A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.      Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.      Meniru bentuk garis vertikal ”tongkat kakek” di papan tulis,
3.      Membilang gambar gambar orang kemudian menyilang sesuai angka,
4.      Menyebut posisi gambar anggota keluarga yang ditunjukkan guru
5.      Lagu “Sayang Semuanya”, dan tepuk “Keluarga”

Lagu “Sayang Semuanya”
Satu – satu aku sayang ibu
Dua – dua juga sayang ayah
Tig – tiga sayang adik kakak
Satu – dua – tiga
Sayang semuanya

Tepuk “Keluarga”
Plok- plok- plok
Ada ayah
Plok- plok- plok
Ada ibu
Plok- plok- plok
Ada Kakek
Plok- plok- plok
Ada nenek
Plok- plok- plok
Ada anak-anak
Plok- plok- plok
KELUARGA

B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.      Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.      Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3.      Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.      Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.

C. ALAT DAN BAHAN
1.      Papan tulis/ white board + kapur tulis / board marker / spidol
2.      Gambar anggota keluarga,
3.      Buku Seri Keluarga halaman 7

D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan belajar
Waktu
Sumber
Pembukaan

1.      Menyanyi lagu “Sayang Semuanya”
2.      Menyebutkan nama-nama anggota keluarga
30’
Lagu Sayang Semuanya
Nama-nama dalam anggota keluarga

Inti





3.      Meniru bentuk garis vertikaltongkat kakek” di papan tulis
4.      Membilang gambar gambar orang kemudian menyilang sesuai angka

5.      Menyebut posisi gambar anggota keluarga yang ditunjukkan guru
60’
Papan tulis, spidol/ kapur tulis
Buku Seri Keluarga hal 7


Gambar anggota keluarga


Istirahat

Cuci tangan, makan, minum
30’
Bekal anak
Penutup

6.      Bertepuk tangan “Tepuk Keluarga”
30’
Tepuk Keluarga


E. PENILAIAN
1.      Lingkup Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
Lingkup Perkembangan
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA)
KD
Indikator
I
Nilai Agama
dan Moral
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
6. Mengucapkan salam dan membalas salam.
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Bersikap sopan waktu makan
d. Mengucapkan salam dengan warga sekolah
II
Fisik Motorik
b.1 Membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri/ kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran

2.1
3.3
4.3
a. Meniru garis vertikal dan horizontal

III
Kognitif
c.1 Membilang banyak benda satu sampai sepuluh.

3.6
4.6
a. Membilang banyak benda 1 – 10

IV
Bahasa
b.5 Menyebutkan kata-kata yang dikenal. 

2.14
3.10
4.10
a. Menyebutkan posisi / keterang-an tempat Misalnya : di luar, di dalam, di atas di bawah, di depan, dibelakang, di kiri, di kanan dsb.

V
Sosial Emosional
a.2 Mengendalikan perasaan.
b.1 Menjaga diri sendiri dari lingkungannya
b.3 Mau berbagi, menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan.
2.5
2.6
a. Mau bermain dengan teman
b. Tidak cengeng
c. Berhenti bermain pada waktunya
d. Mengenal dan menghindari cara bermain yang dapat membahayakan dirinya dan orang lain
VI
Seni
b.2 Bernyanyi sendiri
b.6 Mengekspresikan gerakan dengan irama yang bervariasi

3.15
4.15
a. Menyanyikan sendiri lagu kesukaan dihadapan teman-temannya

2.      Teknik Penilaian
a)      Catatan hasil karya
b)      Catatan anekdot, dan
c)       Skala capaian perkembangan (rating scale)

Lembar teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.







.....................................20....
Mengetahui,
Kepala ...............................


Guru


…………………………………



…………………………………

0 komentar:

Search This Blog

Popular Posts

Followers

Followers

Total Pageviews