.
.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
AGUSTUS
|
5
|
1
|
............................... .........................................
TAHUN AJARAN 20..../20....
HARI 1
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal : Senin, 1 Agustus 20....
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Keluarga / Anggota Keluarga
A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Meremas kain selendang nenek,
3.
Memperagakan cara menulis dengan pensil,
4.
Menyebut nama benda dengan cara membaca gambar
“anggota keluarga”
Lagu
“Keluarga”
Satu – satu ayah dan ibu
Dua – dua semua saudara
Tiga – tiga bersama-sama
Itulah itulah Keluarga
|
Cerita
“Keluarga Pak Budi yang Baik Hati”
Ada sebuah keluarga.
Keluarga Pak Budi namanya.
Pak Budi dan ibu Budi mempunyai 2 orang anak,laki-laki dan perempuan.
Nama anak Pak Budi yaitu Rudi dan Rini.
Kel Pak Budi sangat baik dengan tetangganya.
Mereka suka menolong orang yang membutuhkan pertolongan.
Pak Budi sering membantu tetangga yang sedang sakit.
Ibu Budi sering membantu tetangga membagi makanan bagi yang tidak mampu.
Rudi dan Rini sering member sedekah kepada pengemis.
Rudi dan Rini sering membantu teman yang menemui kesulitan dalam
belajar.
Keluarga Pak Budi sangat patut diteladani.
|
B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan
penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT DAN BAHAN
1.
Pensil,
2.
Selendang nenek,
3.
Buku Seri Keluarga halaman 3
D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Mendengarkan cerita “Keluarga Pak Budi yang Baik Hati”
|
30’
|
Cerita “Keluarga Pak Budi
yang Baik Hati”
|
Inti
|
2.
Meremas kain selendang nenek
3.
Memperagakan cara menulis dengan pensil
4.
Menyebut
nama benda dengan cara membaca gambar “anggota keluarga”
|
60’
|
Selendang nenek
Pensil
Buku Seri Keluarga hal 3
|
Istirahat
|
Cuci tangan, makan,
minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
5.
Menggantung pada papan bergantung
6.
Menyanyi
lagu “Keluarga”
|
30’
|
Papan untuk bergantung
Lagu Keluarga
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
2. Meniru gerakan beribadah.
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
6. Mengucapkan salam dan membalas salam.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Bersikap sopan waktu makan
d. Mengucapkan salam dengan warga sekolah
|
II
|
Fisik Motorik
|
a.2 Melakukan gerakan menggantung
(bergelayut).
b.3 Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk
melakukan gerakan yang rumit.
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Menggantung pada bidang horisontal yang sama
atau lebih rendah dari kepalanya
a. Meremas
|
III
|
Kognitif
|
a.1 Mengenal benda berdasarkan fungsi (pisau
untuk memotong, pensil untuk menulis).
|
3.6
4.6
|
a. Memperagakan penggunaan alat tulis
|
IV
|
Bahasa
|
a.3 Memahami cerita yang dibacakan
c.1 Mengenal
simbol-simbol.
|
3.11
4.11
|
a. Menceritakan kembali isi cerita
b. menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan
nama benda
|
V
|
Sosial Emosional
|
a.2 Mengendalikan
perasaan.
b.1 Menjaga diri
sendiri dari lingkungannya
b.3 Mau berbagi,
menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang
berlaku dalam suatu permainan.
|
3.13
4.13
|
a. Mau bermain dengan teman
b. Tidak cengeng
c. Berhenti bermain pada waktunya
d. Mengenal dan menghindari cara bermain yang
dapat membahayakan dirinya dan orang lain
|
VI
|
Seni
|
b.5 Menggunakan dialog,
perilaku, dan berbagai materi dalam menceritakan suatu cerita
|
3.15
4.15
|
a. Membaca gambar yang memiliki kata sederhana
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
.....................................20....
|
||
Mengetahui,
Kepala ............................... |
Guru
|
|
…………………………………
|
…………………………………
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
AGUSTUS
|
5
|
2
|
............................... .........................................
TAHUN AJARAN 20..../20....
HARI 2
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal : Selasa, 2 Agustus 20....
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Keluarga / Anggota Keluarga
A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Membilang banyak gambar anggota keluarga,
3.
Menyebutkan posisi pada gambar anggota keluarga,
4.
Mewarnai gambar: “kakek”,
5.
Lagu “Sayang Semuanya”, tepuk “Keluarga”, dan cerita
”Kakekku yang Baik Hati”
Cerita “Kakekku yang Baik
Hati”
Aku mempunyai seorang kakek yang sudah tua.
Kakekku sedah memakai tongkat jika berjalan.
Jika aku ke rumah Kakek, kakekku senang sekali.
Jika aku nakal selalu dinasehati supaya menjadi anak baik.
Jika aku lapar dan haus Kakekku memberiku makan dan minum.
Kakekku sedih jika mendengar aku sakit ataupun aku nakal.
Kakekku selalu mendoakanku supaya aku menjadi anak yang pintar dan
sukses.
Jika lama aku tidak bermain ke rumah kakek, kakekku datang ke rumahku.
Terima kasih kakek…kau amat baik padaku.
Aku selalu mendoakan supaya kakek selalu sehat dan diberi umur yang
panjang.
|
Tepuk “Keluarga”
Plok- plok- plok
Ada ayah
Plok- plok- plok
Ada ibu
Plok- plok- plok
Ada Kakek
Plok- plok- plok
Ada nenek
Plok- plok- plok
Ada anak-anak
Plok- plok- plok
KELUARGA
|
Lagu “Sayang Semuanya”
Satu – satu
aku sayang ibu
Dua – dua juga sayang ayah
Tiga –
tiga sayang adik kakak
Satu - dua – tiga
Sayang semuanya
|
B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan
kedatangan anak dan penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT DAN BAHAN
1.
Gambar anggota keluarga,
2.
Gambar kakek,
3.
Bola besar,
4.
Buku Seri Keluarga halaman 4
D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan
belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Menyanyi
lagu “Sayang Semuanya”
2.
Mendengarkan
cerita “Kakekku yang Baik Hati”
|
30’
|
Lagu Sayang Semuanya
Cerita Kakekku yang Baik
Hati
|
Inti
|
3.
Membilang banyak gambar anggota keluarga
4.
Menyebutkan posisi pada gambar anggota keluarga
5.
Mewarnai gambar: “kakek”
|
60’
|
Gambar anggota keluarga
Buku Seri Keluarga hal 4
Gambar Kakek,
|
Istirahat
|
Cuci tangan, makan, minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
6. Bertepuk tangan “Tepuk
Keluarga”
7. Melempar bola besar
lurus ke depan
|
30’
|
Tepuk Keluarga
Bola besar
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
6. Mengucapkan salam dan membalas salam.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
4.5. Bersikap sopan waktu makan
c. Mengucapkan salam dengan warga sekolah
|
II
|
Fisik Motorik
|
a.4 Melempar sesuatu secara terarah.
b.3 Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit.
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Melempar bola kecil lurus
ke depan
b. Mewarnai gambar
|
III
|
Kognitif
|
c.1 Membilang banyak benda satu sampai sepuluh.
|
3.6
4.6
|
a. membilang banyak benda 1
– 10
|
IV
|
Bahasa
|
b.5 Menyebutkan kata-kata yang dikenal.
|
2.14
3.10
4.10
|
a. Menyebutkan posisi /
keterang-an tempat Misalnya : di luar, di dalam, di atas di bawah, di depan,
dibelakang, di kiri, di kanan dsb.
|
V
|
Sosial Emosional
|
a.2 Mengendalikan
perasaan.
b.1 Menjaga diri
sendiri dari lingkungannya
b.3 Mau berbagi,
menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang
berlaku dalam suatu permainan.
|
2.5
2.6
|
a. Mau bermain dengan teman
b. Tidak cengeng
c. Berhenti bermain pada waktunya
d. Mengenal dan menghindari cara
bermain yang dapat membahayakan dirinya dan orang lain
|
VI
|
Seni
|
b.6 Mengekspresikan gerakan dengan irama yang
bervariasi
|
3.15
4.15
|
a. Menyanyi dan melakukan tepuk bersama sesuai
dengan ekspresi yang tepat
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
.....................................20....
|
||
Mengetahui,
Kepala ............................... |
Guru
|
|
…………………………………
|
…………………………………
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
AGUSTUS
|
5
|
3
|
............................... .........................................
TAHUN AJARAN 20..../20....
HARI 3
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal : Rabu, 3 Agustus 20....
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Keluarga / Anggota Keluarga
A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Menunjuk lambang bilangan di papan tulis,
3.
Menggunting bentuk segi empat ”lantai rumah”
4.
Menjawab pertanyaan tentang ”tugas dari masing-masing
anggota keluarga”
5.
Lagu “Keluarga”, sajak “Keluarga”, dan cerita ”Tugas
Masing-Masing Anggota Keluarga”
Lagu “Keluarga”
Satu
– satu ayah dan ibu
Dua –
dua semua saudara
Tiga
– tiga bersama-sama
Itulah
itulah Keluarga
|
Sajak “Keluarga”
Aku mempunyai
keluarga
Kakek nenek ibu
dan ayah
Kami hidup saling
membantu bersama
Bahagia selalu
sepanjang masa
|
Cerita “Tugas Masing-Masing Anggota
Keluarga”
Anggota keluarga
terdiri dari ayah, ibu, kakek, nenek, anak.
Masing-masing
anggota keluarga mempunyai tudas masing-masing.
Tugas ayah :
menjadi pemimpin keluarga dan mencari nafkah.
Tugas ibu :
Mengurus rumah tangga, ada juga yang membantu ayah mencari nafkah.
Tugas kakek :
memupuk dan menyiram tanaman,bunga.
Tugas nenek :
Membantu ibu di dapur, mencuci piring, menyapu.
Tugas anak :
belajar, membantu ibu menyapu, mengepel, juga menjaga adik.
Dalam keluarga
pekerjaan dikerjakan secara bersama-sama.
|
B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan
penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT DAN BAHAN
1.
Lambang bilangan di papan tulis,
2.
Pola segi empat,
3.
Gunting,
D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Bercerita
tentang “Tugas masing-masing anggota keluarga”
|
30’
|
Cerita tentang tugas
masing-masing anggota keluarga
|
Inti
|
2.
Menunjuk lambang bilangan di papan tulis
3.
Menggunting bentuk segi empat ”lantai rumah”
4.
Menjawab pertanyaan tentang ”tugas dari masing-masing anggota keluarga”
|
60’
|
Lambang bilangan di papan tulis
Pola segi empat,
gunting
Tugas dari masing- masing anggota
keluarga
|
Istirahat
|
Cuci tangan, makan, minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
5.
Menyanyi lagu “Keluargaku”
6.
Berjalan
berjinjit lurus ke depan
7.
Mengucap
Sajak ”Keluarga”
|
30’
|
Lagu Keluargaku
Peragaan anak dalam
berjinjit
Sajak Keluarga
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
6. Mengucapkan salam dan membalas salam.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Bersikap sopan
waktu makan
d. Mengucapkan salam dengan warga sekolah
|
II
|
Fisik Motorik
|
a.6 Melakukan gerakan
antisipasi
b.3 Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan
yang rumit.
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Berjalan berjinjit
b. Menggunting bentuk
beraturan (garis, lengkungan, segi empat, segitiga, lingkaran)
|
III
|
Kognitif
|
c.3 Mengenal lambang
bilangan.
|
3.6
4.6
|
a. Menunjuk
lambang bilangan 1 – 10
|
IV
|
Bahasa
|
b.3 Menjawab pertanyaan
sesuai pertanyaan.
|
2.14
3.10
4.10
|
a. Menjawab pertanyaan
tentang nama-nama benda, hewan atau buah-buahan
|
V
|
Sosial Emosional
|
a.2 Mengendalikan
perasaan.
b.1 Menjaga diri
sendiri dari lingkungannya
b.3 Mau berbagi,
menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang
berlaku dalam suatu permainan.
|
2.5
2.6
|
a. Mau bermain dengan teman
b. Tidak cengeng
c. Berhenti bermain pada waktunya
d. Mengenal dan menghindari cara bermain yang dapat membahayakan dirinya
dan orang lain
|
VI
|
Seni
|
a.1 Senang mendengarkan berbagai macam musik
atau lagu kesukaannya
|
3.15
4.15
|
a. Menyanyikan lagu sesuai dengan tema hari itu
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar teknik penilaian disajikan
pada lembar terpisah.
.....................................20....
|
||
Mengetahui,
Kepala ............................... |
Guru
|
|
…………………………………
|
…………………………………
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
AGUSTUS
|
5
|
4
|
............................... .........................................
TAHUN AJARAN 20..../20....
HARI 4
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal : Kamis, 4 Agustus 20....
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Keluarga / Anggota Keluarga
A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Menyebut nama huruf depan pada benda yang ditunjukkan
guru ”ember, sapu, piring”
3.
Menyebutkan benda yang memiliki tulisan ”Kegiatan yang
dilakukan anak dalam satu minggu”
4.
Lagu “Nama-Nama Hari”, dan tepuk ”Tepuk Mata”
Lagu “Nama-Nama Hari”
Senin- selasa
Rabu -Kamis
Jumat- sabtu- Minggu
Itu nama-nama hari
|
B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan
penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT DAN BAHAN
1.
Ember, sapu, piring
2.
Bola besar,
3.
Buku Seri Keluarga halaman 6
D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan
belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Tanya jawab tentang kegiatan yang dilakukan
anggota keluarga di rumah
|
30’
|
Kegiatan yang dilakukan anggota keluarga di rumah
|
Inti
|
2.
Menyebut nama huruf depan pada benda
yang ditunjukkna
guru ”ember,
sapu, piring”
3.
Menyebutkan benda yang memiliki
Tulisan ”Kegiatan yang
dilakukan anak dalam satu minggu”
|
60’
|
Ember, sapu, piring
Buku Seri Keluarga hal 6
|
Istirahat
|
Cuci tangan, makan, minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
4.
Menendang
bola besar lurus ke depan
5.
Menyanyi lagu Nama-nama Hari
|
30’
|
Lagu Nama-nama hari
Bola besar
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
6. Mengucapkan salam dan membalas salam.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Bersikap sopan waktu makan
d. Mengucapkan salam dengan warga sekolah
|
II
|
Fisik Motorik
|
a.7 Menendang sesuatu
secara terarah
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Menendang bola kecil atau
besar lurus ke depan
|
III
|
Kognitif
|
c.4 Mengenal lambang
huruf.
|
3.6
4.6
|
a. Menyebutkan nama huruf
depan pada kata nama suatu benda
|
IV
|
Bahasa
|
c.1 Mengenal simbol-simbol.
|
2.14
3.10
4.10
|
a. menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan nama benda
|
V
|
Sosial Emosional
|
a.2 Mengendalikan
perasaan.
b.1 Menjaga diri
sendiri dari lingkungannya
b.3 Mau berbagi,
menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang
berlaku dalam suatu permainan.
|
2.5
2.6
|
a. Mau bermain dengan teman
b. Tidak cengeng
c. Berhenti bermain pada waktunya
d. Mengenal dan menghindari cara
bermain yang dapat membahayakan dirinya dan orang lain
|
VI
|
Seni
|
b.7 Mengekspresikan gerakan dengan irama yang
bervariasi
|
3.15
4.15
|
a. Melakukan tepuk mengikuti irama bersama teman
pada hari itu
|
2.
Teknik Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
.....................................20....
|
||
Mengetahui,
Kepala ............................... |
Guru
|
|
…………………………………
|
…………………………………
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
AGUSTUS
|
5
|
5
|
............................... .........................................
TAHUN AJARAN 20..../20....
HARI 5
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal : Jumat, 5 Agustus 20....
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Keluarga / Anggota Keluarga
A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Menyebut nama-nama hari dalam seminggu,
3.
Menebalkan garis ”Tongkat Kakek”,
4.
Mengurutkan berat tongkat dari ringan ke berat,
5.
Membuat bentuk tongkat di papan tulis,
6.
Lagu “Ada Kakek Tua Ada Nenek Tua”, dan tepuk
”Keluarga”
Lagu “Ada Kakek Tua Ada Nenek Tua”
Ada kakek kakek tua
Ada nenek nenek tua
Kakek menggandeng nenek
Nenek menggandeng kakek
Kakek nenek gandeng-gandengan
( gandeng dapat
diganti cubit/tolong dll)
|
Tepuk “Keluarga”
Plok- plok- plok
Ada ayah
Plok- plok- plok
Ada ibu
Plok- plok- plok
Ada Kakek
Plok- plok- plok
Ada nenek
Plok- plok- plok
Ada anak-anak
Plok- plok- plok
KELUARGA
|
B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT DAN BAHAN
1.
Nama-nama hari
2.
Tongkat dengan berbagai macam ukuran
3.
Spidol board marker, atau kapur tulis
4.
Buku Seri Keluarga halaman 5
D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan
belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Menyanyi lagu Ada Kakek Ada Nenek Tua
|
30’
|
Lagu Ada Kakek Ada Nenek Tua
|
Inti
|
2.
Menyebut nama-nama hari dalam seminggu
3.
Menebalkan garis ”Tongkat Kakek”
4.
Mengurutkan berat tongkat dari ringan ke berat
5.
Membuat
bentuk tongkat di papan tulis
|
60’
|
Nama-nama hari
Buku Seri Keluarga hal 5
Tongkat dengan berbagai macam ukuran
Spidol/ kapur tulis
|
Istirahat
|
Cuci tangan,makan,minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
6.
Mengulang lagu Ada Kakek Ada Nenek Tua
7.
Bertepuk
tangan”Tepuk Keluarga"
|
30’
|
Lagu Ada Kakek ada nenek Tua
Tepuk Keluarga
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup Perkembangan,
STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
6. Mengucapkan salam dan membalas salam.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Bersikap sopan waktu makan
d. Mengucapkan salam dengan warga sekolah
|
II
|
Fisik Motorik
|
b.1 Membuat garis vertikal, horizontal, lengkung
kiri/ kanan, miring kiri/kanan,
dan lingkaran
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Menebalkan lingkaran
|
III
|
Kognitif
|
b.5 Mengurutkan benda
berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna.
|
3.6
4.6
|
a. Mengurutkan benda dari
ringan ke berat atau sebaliknya
|
IV
|
Bahasa
|
b.5 Menyebutkan
kata-kata yang dikenal.
c.3 Membuat coretan yang bermakna.
|
2.14
3.10
4.10
|
a. Mengetahui nama-nama hari
dan nama bulan
a. Membuat coretan yang
menggambarkan benda atau kejadian
|
V
|
Sosial Emosional
|
a.2 Mengendalikan
perasaan.
b.1 Menjaga diri
sendiri dari lingkungannya
b.3 Mau berbagi,
menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang
berlaku dalam suatu permainan.
|
2.5
2.6
|
a. Mau bermain dengan teman
b. Tidak cengeng
c. Berhenti bermain pada waktunya
d. Mengenal dan menghindari cara bermain yang dapat membahayakan dirinya
dan orang lain
|
VI
|
Seni
|
a.2 Memainkan alat musik/ instrumen/ benda
yang dapat membentuk irama yang teratur
b.6 Mengekspresikan gerakan dengan irama yang
bervariasi
|
3.15
4.15
|
a.
Menyanyikan lagu bersama teman lainnya
b.
Menghargai penampilan karya seni anak lain dengan bimbingan (misal dengan
bertepuk tangan dan memuji)
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
.....................................20....
|
||
Mengetahui,
Kepala ............................... |
Guru
|
|
…………………………………
|
…………………………………
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
AGUSTUS
|
5
|
6
|
............................... .........................................
TAHUN AJARAN 20..../20....
HARI 6
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal : Sabtu, 6 Agustus 20....
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Keluarga / Anggota Keluarga
A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Meniru bentuk garis vertikal ”tongkat kakek” di papan
tulis,
3.
Membilang gambar gambar orang kemudian menyilang
sesuai angka,
4.
Menyebut posisi gambar anggota keluarga yang
ditunjukkan guru
5.
Lagu “Sayang Semuanya”, dan tepuk “Keluarga”
Lagu “Sayang Semuanya”
Satu – satu aku sayang ibu
Dua – dua juga sayang ayah
Tig – tiga sayang adik kakak
Satu – dua – tiga
Sayang semuanya
|
Tepuk “Keluarga”
Plok- plok- plok
Ada ayah
Plok- plok- plok
Ada ibu
Plok- plok- plok
Ada Kakek
Plok- plok- plok
Ada nenek
Plok- plok- plok
Ada anak-anak
Plok- plok- plok
KELUARGA
|
B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan
penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT DAN BAHAN
1.
Papan tulis/ white board + kapur tulis / board marker
/ spidol
2.
Gambar anggota keluarga,
3.
Buku Seri Keluarga halaman 7
D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan
belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Menyanyi
lagu “Sayang Semuanya”
2.
Menyebutkan nama-nama anggota keluarga
|
30’
|
Lagu Sayang Semuanya
Nama-nama dalam anggota keluarga
|
Inti
|
3.
Meniru bentuk garis vertikal “tongkat kakek” di papan tulis
4.
Membilang gambar gambar orang kemudian menyilang
sesuai angka
5.
Menyebut posisi gambar anggota keluarga yang
ditunjukkan guru
|
60’
|
Papan tulis, spidol/ kapur tulis
Buku Seri Keluarga hal 7
Gambar anggota keluarga
|
Istirahat
|
Cuci tangan, makan, minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
6.
Bertepuk
tangan “Tepuk Keluarga”
|
30’
|
Tepuk Keluarga
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
6. Mengucapkan salam dan membalas salam.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Bersikap sopan waktu makan
d. Mengucapkan salam dengan warga sekolah
|
II
|
Fisik Motorik
|
b.1 Membuat garis vertikal, horizontal, lengkung
kiri/ kanan, miring
kiri/kanan, dan lingkaran
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Meniru garis vertikal dan horizontal
|
III
|
Kognitif
|
c.1 Membilang banyak
benda satu sampai sepuluh.
|
3.6
4.6
|
a. Membilang banyak benda 1 – 10
|
IV
|
Bahasa
|
b.5 Menyebutkan
kata-kata yang dikenal.
|
2.14
3.10
4.10
|
a. Menyebutkan posisi / keterang-an tempat Misalnya : di luar, di dalam, di
atas di bawah, di depan, dibelakang, di kiri, di kanan dsb.
|
V
|
Sosial Emosional
|
a.2
Mengendalikan perasaan.
b.1
Menjaga diri sendiri dari lingkungannya
b.3
Mau berbagi, menolong, dan membantu teman.
c.2
Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan.
|
2.5
2.6
|
a. Mau bermain dengan teman
b. Tidak cengeng
c. Berhenti bermain pada waktunya
d. Mengenal dan menghindari cara bermain yang dapat membahayakan dirinya
dan orang lain
|
VI
|
Seni
|
b.2 Bernyanyi sendiri
b.6 Mengekspresikan gerakan dengan irama
yang bervariasi
|
3.15
4.15
|
a.
Menyanyikan sendiri lagu kesukaan dihadapan teman-temannya
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
.....................................20....
|
||
Mengetahui,
Kepala ............................... |
Guru
|
|
…………………………………
|
…………………………………
|
0 komentar:
Post a Comment