Home » » RPPH TK A K-13 (PAUD USIA 4-5 TH) - MINGGU 7

RPPH TK A K-13 (PAUD USIA 4-5 TH) - MINGGU 7

.
.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
SEMESTER
BULAN
MINGGU KE
HARI KE
1
AGUSTUS
7
1

TK / PAUD ...........................
TAHUN AJARAN 20.../20...

HARI 1

Model Pembelajaran  : Kelompok
Hari, Tanggal              : Senin, 15 Agustus 2016
Kelompok / Usia         : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema        : Keluarga / Makanan dan Pakaian

A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.      Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.      Memperagakan cara memasak nasi,
3.      Meniru lambang bilangan 1,
4.      Mengurutkan Cerita gambar seri ”Ibu Menanak Nasi”
5.      Meneyebutkan sifat-sifat tokoh dari cerita “Ibu Menanak Nasi”
6.      Lagu ”Membantu Ibu” dan cerita “Ibu Menanak Nasi”

Lagu “Membantu Ibu” (nada menggunakan lagu Balonku)

Ayo membantu ibu
Mencuci dan menyapu
Tak lupa ku selalu
Membereskan tempat tidurku

Cerita “Ibu Menanak Nasi”
Setiap pagi Ibu menyiapkan sarapan untuk ayah dan anak-anak. Ibu bangun sebelum ayah dan anak-anak bangun, meskipun pagi itu udara terasa dingin dan membuat semua orang malas bangun. Di dapur ibu memasak nasi, menggoreng lauk, memasak sayur dan menjerang air untuk membuat minuman bagi seluruh keluarga.
Tak lama kemudian ayah dan anak-anak bangun. Ayah menyapu halaman dan anak-anak menyapu rumah. Setelah itu mereka mandi. Setelah berpakaian rapi, mereka berkumpul di meja makan. Hidangan telah siap tersedia. Aroma masakan yang lezat menggugah keinginan untuk bersantap. Sebelum makan ayah memimpin doa makan pagi lalu semua menikmati sarapan yang enak dan lezat.

B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.      Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.      Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3.      Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.      Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.

C. ALAT DAN BAHAN
1.      Panci dan kebutuhan menanak nasi di sentra memasak,
2.      Lambang bilangan 1,
3.      Pensil.
4.      Buku Seri Keluarga halaman 14

D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan belajar
Waktu
Sumber
Pembukaan

1.         Menyanyi lagu “Membantu Ibu”
30’
Lagu Membantu Ibu
Inti







2.         Memperagakan cara memasak nasi 
3.         Meniru lambang bilangan 1

4.         Mengurutkan Cerita gambar seri ”Ibu Menanak Nasi”
5.         Meneyebutkan sifat-sifat tokoh dari cerita “Ibu Menanak Nasi”
60’
Peragaan anak
Lambang bilangan 1, pensil
Buku Seri Keluarga hal 14
Cerita Ibu Menanak Nasi
Istirahat

Cuci tangan,makan,minum
30’
Bekal anak
Penutup

6.         Menggantung pada papan bergantung

30’
Papan untuk bergantung


E. PENILAIAN
1.      Lingkup Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
Lingkup Perkembangan
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA)
KD
Indikator
I
Nilai Agama
dan Moral
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.

1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Tidak mengganggu teman
II
Fisik Motorik
a.2 Melakukan gerakan menggantung (bergelayut).
b.5 Mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media.
2.1
3.3
4.3
a. Menggantung pada bidang horisontal yang lebih tinggi dari kepalanya
b. Menyanyi 15 lagu sederhana

III
Kognitif
a.1 Mengenal benda berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis).
c.3 Mengenal lambang bilangan.
3.6
4.6
a. Memperagakan penggunaan alat tulis
b. Meniru lambang bilangan 1 – 10


IV
Bahasa
a.4 Mengenal perbendaharaan kata mengenai kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb.).
b.8 Menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah didengar.
3.11
4.11
a. Menyebutkan sifat-sifat tokoh dalam cerita yang didengarnya
b. Mengurutkan gambar seri (3-4 gambar)

V
Sosial Emosional
b.3 Mau berbagi, menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan.

3.13
4.13
a. Mau meminjamkan alat main kepada teman
b. Merapikan/mengembalikan alat main
VI
Seni
b.5 Menggunakan dialog, perilaku, dan berbagai materi dalam menceritakan suatu cerita
3.15
4.15
a. Menceritakan pengalaman tugas peran ibu ayah setiap hari di depan temannya


2.      Teknik Penilaian
a)      Catatan hasil karya
b)      Catatan anekdot, dan
c)       Skala capaian perkembangan (rating scale)

Lembar teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.




              ,              20...
Mengetahui,
Kepala TK/ PAUD....................


Guru


....................



....................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
SEMESTER
BULAN
MINGGU KE
HARI KE
1
AGUSTUS
7
2

TK / PAUD ...........................
TAHUN AJARAN 20.../20...

HARI 2

Model Pembelajaran  : Kelompok
Hari, Tanggal              : Selasa, 16 Agustus 2016
Kelompok / Usia         : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema        : Keluarga / Makanan dan Pakaian

A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.      Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.      Membuat bentuk baju dari koran bekas,
3.      Menggambar bebas yang berhubungan dengan pakaian,
4.      Menyebutkan nama huruf depan gambar: baju, jaket, celana, rok
5.      Menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan: baju, jaket, rok, celana, buku
6.      Tepuk “Pergi Sekolah”, dan cerita “Pengalaman Membantu Ibu Mencuci Baju”

Tepuk “Mencuci Baju”
Plok- plok- plok
Rendan baju
Plok- plok- plok
Oles detergen
Plok- plok- plok
Gosok-  - gosok
Plok- plok- plok
Dibilas
Plok- plok- plok
Diperas
Plok- plok- plok
Dijemur
Plok- plok- plok
MENCUCI BAJU
Cerita “Pengalaman Membantu Ibu Mencuci Baju”
Ibu mempunyai tugas yang amat banyak.
Tugas ibu : memasak, merawat adik, menyapu, mencuci dll.
Pengalaman mencuci baju.
Senang sekali karena mencuci menyenangkan.
Bajunya ikut basah terkena air.
Wajahnya terkena busa detergen.
Ibu senang karena sudah dibantu mencuci.


B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.      Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.      Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan kedatangan anak dan penjemputan
3.      Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.      Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.

C. ALAT DAN BAHAN
1.      Koran bekas, garis lurus,
2.      Buku gambar, crayon
3.      Gambar baju, jaket, celana, rok
4.      Buku Seri Keluarga halaman 15

D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan belajar
Waktu
Sumber
Pembukaan

1.   Menceritakan pengalaman ketika mambantu ibu mencuci
30’
Cerita pangalaman membantu ibu mencuci baju
Inti





2.   Membuat bentuk baju dari koran bekas
3.   Menggambar bebas yang berhubungan dengan pakaian
4.   Menyebutkan nama huruf depan gambar: baju, jaket, celana, rok
5.   Menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan: baju, jaket, rok, celana, buku
60’
Koran bekas
Buku gambar, crayon

Gambar baju, jaket, celana, rok
Buku Seri Keluarga hal 15
Istirahat

Cuci tangan, makan, minum
30’
Bekal anak
Penutup

6.   Berjalan berjinjit pada garis lurus sambil membawa baju
7.   Bertepuk tangan “Tepuk Mencuci Baju”
30’
Garis lurus, baju

Tepuk Mencuci Baju


E. PENILAIAN
1.      Lingkup Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
Lingkup Perkembangan
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA)
KD
Indikator
I
Nilai Agama
dan Moral
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.

1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Tidak mengganggu teman
II
Fisik Motorik
a.6 Melakukan gerakan antisipasi
b.5 Mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media.
2.1
3.3
4.3
a. Berjalan berjinjit
b. Menggambar bebas

III
Kognitif
a.2 Menggunakan benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil).
c.4 Mengenal lambang huruf.
3.6
4.6
a. Mempergunakan barang bekas sebagai barang jualan
b. Menyebutkan nama huruf depan pada kata nama suatu benda
IV
Bahasa
b.4 Mengungkapkan perasaan dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb.).
c.1 Mengenal simbol-simbol.

2.14
3.10
4.10
a. Menceritakan pengalamannya sendiri
b. menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan nama benda

V
Sosial Emosional
b.3 Mau berbagi, menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan.

2.5
2.6
a. Mau meminjamkan alat main kepada teman
b. Merapikan/mengembalikan alat main
VI
Seni
b.8 Membentuk berdasarkan objek yang dilihatnya (mis. dengan plastisin, tanah liat)
3.15
4.15
a. Menampil kan karya seni sederhana di depan anak atau orang lain melalui koran bekas

2.      Teknik Penilaian
a)      Catatan hasil karya
b)      Catatan anekdot, dan
c)       Skala capaian perkembangan (rating scale)

Lembar teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.



              ,              20...
Mengetahui,
Kepala TK/ PAUD....................


Guru


....................



....................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
SEMESTER
BULAN
MINGGU KE
HARI KE
1
AGUSTUS
7
3

TK / PAUD ...........................
TAHUN AJARAN 20.../20...

HARI 3

Model Pembelajaran  : Kelompok
Hari, Tanggal              : Rabu, 17 Agustus 2016
Kelompok / Usia         : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema        : Keluarga / Makanan dan Pakaian

A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.      Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.      Mengungkapkan sebab akibat jika menggoreng telur sambil bermain,
3.      Menentukan gambar yang termasuk makanan,
4.      Menyebutkan posisi gambar yang termasuk makanan,
5.      Meniru garis lengkung ”telur”
6.      Menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan: roti, ikan ,tempe, telur
7.      Lagu “Empat Sehat Lima Sempurna”,

Lagu “Empat Sehat Lima Sempurna”
Satu – satu  nasi sudah tentu
Dua – dua sayur, lauk, buah
Tiga – tiga susu tambahannya
Satu – Dua – Tiga
Empat Sehat Lima Sempurna


B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.      Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.      Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3.      Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.      Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.

C. ALAT DAN BAHAN
1.      Contoh garis lengkung,
2.      Buku Seri Keluarga hal 16
3.      Gambar yang memiliki tulisan: roti, ikan, tempe, telur

D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan belajar
Waktu
Sumber
Pembukaan

1.    Menyanyi lagu Empat Sehat Lima Sempurna
30’
Lagu Empat Sehat Lima Sempurna
Inti







2.    Mengungkapkan sebab akibat jika menggoreng telur sambil bermain
3.    Menentukan gambar yang termasuk makanan
4.    Menyebutkan posisi gambar yang termasuk makanan
5.    Meniru garis lengkung ”telur”

7.    Menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan: roti, ikan, tempe, telur

60’
Pengalaman anak

Buku seri Keluarga hal 16



Contoh garis lengkung

Gambar yang memiliki tulisan: roti, ikan, tempe, telur
Istirahat

Cuci tangan, makan, minum
30’
Bekal anak
Penutup

8.     Mengulang lagu Empat Sehat Lima Sempurna
30’
Lagu Empat Sehat Lima Sempurna



E. PENILAIAN
1.      Lingkup Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
Lingkup Perkembangan
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA)
KD
Indikator
I
Nilai Agama
dan Moral
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Tidak mengganggu teman
II
Fisik Motorik
b.1 Membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri/ kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran

2.1
3.3
4.3
a. Meniru lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan

III
Kognitif
b.2 Mengenal gejala sebab-akibat yang terkait dengan dirinya.
b.3 Mengklasifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan dengan 2 variasi
3.6
4.6
a. Mengungkapkan sebab akibat tidak mandi
b. Menentukan suatu benda apakah termasuk makanan dan bukan makanan
IV
Bahasa
b.5 Menyebutkan kata-kata yang dikenal. 
c.1 Mengenal simbol-simbol.

2.14
3.10
4.10
a. Menyebutkan posisi / keterang-an tempat Misalnya : di luar, di dalam, di atas di bawah, di depan, dibelakang, di kiri, di kanan dsb.
b. Menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan nama benda

V
Sosial Emosional
b.3 Mau berbagi, menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan.

2.5
2.6
2.4. Mau meminjamkan alat main kepada teman
5.3. Merapikan/mengembalikan alat main
VI
Seni
a.1 Senang mendengarkan berbagai macam musik atau lagu kesukaannya

3.15
4.15
a. Menyanyikan lagu sesuai dengan tema hari itu
b. Bermain perkusi menggunakan alat perkusi sederhana


2.      Teknik Penilaian
a)      Catatan hasil karya
b)      Catatan anekdot, dan
c)       Skala capaian perkembangan (rating scale)

Lembar teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.



              ,              20...
Mengetahui,
Kepala TK/ PAUD....................


Guru


....................



....................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
SEMESTER
BULAN
MINGGU KE
HARI KE
1
AGUSTUS
7
4

TK / PAUD ...........................
TAHUN AJARAN 20.../20...

HARI 4

Model Pembelajaran  : Kelompok
Hari, Tanggal              : Kamis, 18 Agustus 2016
Kelompok / Usia         : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema        : Keluarga / Makanan dan Pakaian

A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.      Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.      Meniru garis lengkung pada menebalkan titik-titik bentu baju,
3.      Menunjuk gambar baju yang ukurannya paling besar,
4.      Menyebutkan posisi baju yang diletakkan di paling kanan,
5.      Lagu “Membeli Baju Baru”, tepuk ”Baju”, dan sajak “Baju Baru”

Lagu “Membeli Baju Baru”
Kemaren ku pergi dengan ibuku
Ke pasar membeli baju yang baru
Warna merah potongan istimewa
Kanan kiri ada sakunya

Tepuk “Baju”
Plok- plok- plok
Beli bahan
Plok- plok- plok
Digunting
Plok- plok- plok
Dijahit
Plok- plok- plok
BAJU
Sajak “Baju Baru”
Aku punya baju baru
Warnanya merah dan biru
Kantongnya ada Satu
Krahnya ada lis biru
Kudapat dari ibuku
Sebagai hadiah ulang tahunku

B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.      Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.      Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3.      Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.      Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.

C. ALAT DAN BAHAN
1.      Baju dengan berbagai ukuran,
2.      Baju diletakkan pada papan tulis,
3.      Buku Seri Keluarga halaman 17

D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan belajar
Waktu
Sumber
Pembukaan

1.       Menyanyi lagu Membeli Baju Baru”
30’
Lagu Membeli Baju Baru
Inti





2.       Meniru garis lengkung pada menebalkan titik-titik bentu baju
3.       Menunjuk gambar baju yang ukurannya paling besar
4.       Menyebutkan posisi baju yang diletakkan di paling kanan
60’
Buku Seri Keluarga hal 17
Baju dengan berbagai ukuran
Baju diletakkan pada papan tulis
Istirahat

Cuci tangan, makan, minum
30’
Bekal anak
Penutup

6.       Bertepuk tepuk tangan “Tepuk Baju”
5.       Mengucap sajak “Baju Baru“
30’
Tepuk Baju
Sajak Baju Baru



E. PENILAIAN
1.      Lingkup Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
Lingkup Perkembangan
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA)
KD
Indikator
I
Nilai Agama
dan Moral
2. Meniru gerakan beribadah.
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.


1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Tidak mengganggu teman
II
Fisik Motorik
b.1 Membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri/ kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran
2.1
3.3
4.3
a. Meniru lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan

III
Kognitif
b.1 Mengklasifikasi-kan benda berdasarkan bentuk atau warna atau ukuran.

3.6
4.6
a. Menunjuk sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman yang memiliki ukuran tertentu
IV
Bahasa
b.5 Menyebutkan kata-kata yang dikenal. 

2.14
3.10
4.10
a Menyebutkan posisi / keterang-an tempat Misalnya : di luar, di dalam, di atas di bawah, di depan, dibelakang, di kiri, di kanan dsb.

V
Sosial Emosional
b.3 Mau berbagi, menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan.

2.5
2.6
a. Mau meminjamkan alat main kepada teman
b. Merapikan/mengembalikan alat main
VI
Seni
b.7 Mengekspresikan gerakan dengan irama yang bervariasi

3.15
4.15
a. Melakukan tepuk dan sajak mengikuti irama bersama teman dengan penuh ekspresi


2.      Teknik Penilaian
a)      Catatan hasil karya
b)      Catatan anekdot, dan
c)       Skala capaian perkembangan (rating scale)

Lembar teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.



              ,              20...
Mengetahui,
Kepala TK/ PAUD....................


Guru


....................



....................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
SEMESTER
BULAN
MINGGU KE
HARI KE
1
AGUSTUS
7
5

TK / PAUD ...........................
TAHUN AJARAN 20.../20...

HARI 5

Model Pembelajaran  : Kelompok
Hari, Tanggal              : Jumat, 19 Agustus 2016
Kelompok / Usia         : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema        : Keluarga / Makanan dan Pakaian

A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.      Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.      Menentukan benda yang termasuk pakaian,
3.      Menghitung jumlah gambar :kaos, kaos kaki, celana, jaket
4.      Menyebutkan nama gambar yang memiliki tulisan di papan tulis: baju, kaos, jaket, celana
5.      Meremas kaos kaki,
6.      Cerita “Kaos Kaki yang Cerdik”,

Cerita “Kaos Kaki yang Cerdik”
Sebuah cerita persahabatan kaos tangan dan kaos kaki.
Kaos tangan berhati kurang baik.
Kaos kaki berhati amat baik dan cerdik.
Suatu ketika kaos kaki dan kaos tangan kan dibuang tuannua karena sudah using.
Kaos tangan merajuk kepada tuan rumah agar yang dibuang kaos kaki saja.
Kaos tangan sedih sambil berpangku tangan dan melamun terus.
Kaos kaki berpikir keras.
Kaos kaki tanpa merajuk menunjukkan bahwa ia masih sangat berguna.
Kaos kaki mengepel lantai semua rumah dengan badannya.
Tuan rumah iba melihat kelebihan kaos kaki.
Kaos kaki dipungut, dicuci, digosok dan dirawat lagi.
Kaos tangan dibuang karena sudah tidak berguna lagi.


B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.      Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.      Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3.      Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.      Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.

C. ALAT DAN BAHAN
1.      Kaos, kaos kaki, apel, jeruk, celana
2.      Gambar benda yang memiliki tulisan: baju, kaos, jaket, celana
3.      Kaos kaki
4.      Buku Seri Keluarga halaman 18

D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan belajar
Waktu
Sumber
Pembukaan

1.       Tanya jawab tentang macam-macam pakaian

30’
Macam-macam pakaian

Inti









2.       Menentukan benda yang termasuk pakaian

3.       Menghitung jumlah gambar :kaos, kaos kaki, celana, jaket
4.       Menyebutkan nama gambar yang memiliki tulisan di papan tulis: baju, kaos, jaket, celana
5.       Meremas kaos kaki
60’
Kaos, kaos kaki, apel, jeruk, celana

Buku Seri Keluarga hal 18

Gambar benda yang memiliki tulisan: baju, kaos, jaket, celana
Kaos kaki
Istirahat

Cuci tangan, makan, minum
30’
Bekal anak


6.       Bermain Kaos Kaki- Kaos Kaki

7.       Mendengarkan cerita ”Kaos kaki Yang Cerdik”
30’
Peramainan Kaos kaki-kaos kaki
Cerita Kaos Kaki Yang Cerdik

E. PENILAIAN
1.      Lingkup Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
Lingkup Perkembangan
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA)
KD
Indikator
I
Nilai Agama
dan Moral
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.


1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Tidak mengganggu teman
II
Fisik Motorik
b.3 Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit.
2.1
3.3
4.3
a. Meremas

III
Kognitif
b.3 Mengklasifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan dengan 2 variasi
c.2 Mengenal konsep bilangan

3.6
4.6
a. Menentukan suatu benda apakah termasuk makanan dan bukan makanan
a. Membilang banyak benda 1 – 10
IV
Bahasa
c.1 Mengenal simbol-simbol.

2.14
3.10
4.10
a. Menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan nama benda

V
Sosial Emosional
b.3 Mau berbagi, menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan.

2.5
2.6
a. Mau meminjamkan alat main kepada teman
b. Merapikan/mengembalikan alat main
VI
Seni
B.3 Menggunakan imajinasi untuk mencerminkan perasaan dalam sebuah peran

3.15
4.15
a. Mengenal perasaan kaos kaki yang ada di dalam sebuah cerita

2.      Teknik Penilaian
a)      Catatan hasil karya
b)      Catatan anekdot, dan
c)       Skala capaian perkembangan (rating scale)

Lembar teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.



              ,              20...
Mengetahui,
Kepala TK/ PAUD....................


Guru


....................



....................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
SEMESTER
BULAN
MINGGU KE
HARI KE
1
AGUSTUS
7
6

TK / PAUD ...........................
TAHUN AJARAN 20.../20...

HARI 6

Model Pembelajaran  : Kelompok
Hari, Tanggal              : Sabtu, 20 Agustus 2016
Kelompok / Usia         : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema        : Keluarga / Makanan dan Pakaian

A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.      Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.      Membuat bentuk lemari baju dari balok,
3.      Membilang banyak gambar baju yang ditunjuk guru,
4.      Membuat coretan berbentuk baju,
5.      Lagu “Membeli Baju Baru”, dan tepuk “Baju”

Lagu “Membeli Baju Baru”
Kemaren ku pergi dengan ibuku
Ke pasar membeli baju yang baru
Warna merah potongan istimewa
Kanan kiri ada sakunya

Tepuk “Baju”
Plok- plok- plok
Beli bahan
Plok- plok- plok
Digunting
Plok- plok- plok
Dijahit
Plok- plok- plok
BAJU

B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.      Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.      Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3.      Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.      Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.

C. ALAT DAN BAHAN
1.      Balok-balok yang tersedia di sekolah
2.      Gambar baju
3.      Buku gambar, spidol

D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan belajar
Waktu
Sumber
Pembukaan

1.       Menyanyi lagu “Membeli Baju Baru”
30’
Lagu Membeli Baju Baru
Inti




2.       Membuat bentuk lemari baju dari balok

3.       Membilang banyak gambar baju yang ditunjuk guru

4.       Membuat coretan berbentuk baju
60’
Balok-balok yang tersedia di sekolah
Gambar baju


Buku gambar, spidol
Istirahat

Cuci tangan, makan, minum
30’
Bekal anak
Penutup

5.       Memamerkan hasil coretan bentuk baju yang dibuat anak
6.       Bertepuk tangan “Tepuk Baju”
30’
Hasil coretan anak

Tepuk Baju


E. PENILAIAN
1.      Lingkup Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
Lingkup Perkembangan
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA)
KD
Indikator
I
Nilai Agama
dan Moral
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.


1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Tidak mengganggu teman
II
Fisik Motorik
b.4 Melakukan gerakan manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan berbagai media.

2.1
3.3
4.3
a. Membuat berbagai bentuk menggunakan balok

III
Kognitif
c.2 Mengenal konsep bilangan

3.6
4.6
a. membilang banyak benda 1 – 10

IV
Bahasa
c.3 Membuat coretan yang bermakna.

2.14
3.10
4.10
a. Membuat coretan yang menggambarkan benda atau kejadian

V
Sosial Emosional
b.3 Mau berbagi, menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan.

2.5
2.6
a. Mau meminjamkan alat main kepada teman
b. Merapikan/mengembalikan alat main
VI
Seni
b.2 Bernyanyi sendiri
b.6 Mengekspresikan gerakan dengan irama yang bervariasi

3.15
4.15
a. Menyanyikan sendiri lagu dan melakukan tepuk dihadapan teman-temannya


2.      Teknik Penilaian
a)      Catatan hasil karya
b)      Catatan anekdot, dan
c)       Skala capaian perkembangan (rating scale)

Lembar teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.



              ,              20...
Mengetahui,
Kepala TK/ PAUD....................


Guru


....................



....................

0 komentar:

Search This Blog

Popular Posts

Followers

Followers

Total Pageviews