.
.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
AGUSTUS
|
7
|
1
|
TK / PAUD ...........................
TAHUN AJARAN 20.../20...
HARI 1
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal : Senin, 15 Agustus 2016
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Keluarga / Makanan dan Pakaian
A. MATERI
DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Memperagakan cara memasak nasi,
3.
Meniru lambang bilangan 1,
4.
Mengurutkan Cerita gambar seri ”Ibu Menanak Nasi”
5.
Meneyebutkan sifat-sifat tokoh dari cerita “Ibu
Menanak Nasi”
6.
Lagu ”Membantu Ibu” dan cerita “Ibu Menanak Nasi”
Lagu “Membantu Ibu” (nada
menggunakan lagu Balonku)
Ayo membantu ibu
Mencuci dan menyapu
Tak lupa ku selalu
Membereskan tempat tidurku
|
Cerita “Ibu Menanak Nasi”
Setiap pagi Ibu menyiapkan sarapan untuk ayah dan anak-anak. Ibu bangun
sebelum ayah dan anak-anak bangun, meskipun pagi itu udara terasa dingin dan
membuat semua orang malas bangun. Di dapur ibu memasak nasi, menggoreng lauk,
memasak sayur dan menjerang air untuk membuat minuman bagi seluruh keluarga.
Tak lama kemudian ayah dan anak-anak bangun. Ayah menyapu halaman dan
anak-anak menyapu rumah. Setelah itu mereka mandi. Setelah berpakaian rapi,
mereka berkumpul di meja makan. Hidangan telah siap tersedia. Aroma masakan
yang lezat menggugah keinginan untuk bersantap. Sebelum makan ayah memimpin
doa makan pagi lalu semua menikmati sarapan yang enak dan lezat.
|
B. MATERI
YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan
penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT
DAN BAHAN
1.
Panci dan kebutuhan menanak nasi di sentra memasak,
2.
Lambang bilangan 1,
3.
Pensil.
4.
Buku Seri Keluarga halaman 14
D. KEGIATAN
BELAJAR
Kegiatan
belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Menyanyi lagu “Membantu Ibu”
|
30’
|
Lagu Membantu Ibu
|
Inti
|
2.
Memperagakan cara memasak nasi
3.
Meniru lambang bilangan 1
4.
Mengurutkan Cerita gambar seri ”Ibu Menanak Nasi”
5.
Meneyebutkan
sifat-sifat tokoh dari cerita “Ibu Menanak Nasi”
|
60’
|
Peragaan anak
Lambang bilangan 1, pensil
Buku Seri Keluarga hal 14
Cerita
Ibu Menanak Nasi
|
Istirahat
|
Cuci
tangan,makan,minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
6.
Menggantung
pada papan bergantung
|
30’
|
Papan untuk bergantung
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Tidak mengganggu teman
|
II
|
Fisik Motorik
|
a.2 Melakukan gerakan
menggantung (bergelayut).
b.5 Mengekspresikan
diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media.
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Menggantung pada bidang
horisontal yang lebih tinggi dari kepalanya
b. Menyanyi 15 lagu sederhana
|
III
|
Kognitif
|
a.1 Mengenal benda
berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis).
c.3 Mengenal lambang
bilangan.
|
3.6
4.6
|
a. Memperagakan penggunaan alat tulis
b. Meniru
lambang bilangan 1 – 10
|
IV
|
Bahasa
|
a.4 Mengenal
perbendaharaan kata mengenai kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani,
baik, jelek, dsb.).
b.8 Menceritakan
kembali cerita/dongeng yang pernah didengar.
|
3.11
4.11
|
a. Menyebutkan sifat-sifat
tokoh dalam cerita yang didengarnya
b. Mengurutkan gambar seri (3-4 gambar)
|
V
|
Sosial Emosional
|
b.3 Mau berbagi,
menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang
berlaku dalam suatu permainan.
|
3.13
4.13
|
a. Mau meminjamkan alat main kepada teman
b. Merapikan/mengembalikan alat main
|
VI
|
Seni
|
b.5 Menggunakan dialog,
perilaku, dan berbagai materi dalam menceritakan suatu cerita
|
3.15
4.15
|
a. Menceritakan pengalaman tugas peran ibu ayah setiap hari di depan
temannya
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
|
|
, 20...
|
Mengetahui,
Kepala TK/ PAUD.................... |
|
Guru
|
....................
|
|
....................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
AGUSTUS
|
7
|
2
|
TK / PAUD ...........................
TAHUN AJARAN 20.../20...
HARI 2
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal : Selasa, 16 Agustus 2016
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Keluarga / Makanan dan Pakaian
A. MATERI
DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Membuat bentuk baju dari koran bekas,
3.
Menggambar bebas yang berhubungan dengan pakaian,
4.
Menyebutkan nama huruf depan gambar: baju, jaket, celana,
rok
5.
Menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan: baju,
jaket, rok, celana, buku
6.
Tepuk “Pergi Sekolah”, dan cerita “Pengalaman Membantu
Ibu Mencuci Baju”
Tepuk
“Mencuci Baju”
Plok- plok- plok
Rendan baju
Plok- plok- plok
Oles detergen
Plok- plok- plok
Gosok- - gosok
Plok- plok- plok
Dibilas
Plok- plok- plok
Diperas
Plok- plok- plok
Dijemur
Plok- plok- plok
MENCUCI BAJU
|
Cerita
“Pengalaman Membantu Ibu Mencuci Baju”
Ibu mempunyai tugas yang
amat banyak.
Tugas ibu : memasak,
merawat adik, menyapu, mencuci dll.
Pengalaman mencuci baju.
Senang sekali karena
mencuci menyenangkan.
Bajunya ikut basah
terkena air.
Wajahnya terkena busa
detergen.
Ibu senang karena sudah
dibantu mencuci.
|
B. MATERI
YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan
kedatangan anak dan penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT
DAN BAHAN
1.
Koran bekas, garis lurus,
2.
Buku gambar, crayon
3.
Gambar baju, jaket, celana, rok
4.
Buku Seri Keluarga halaman 15
D. KEGIATAN
BELAJAR
Kegiatan
belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Menceritakan
pengalaman ketika mambantu ibu mencuci
|
30’
|
Cerita pangalaman membantu
ibu mencuci baju
|
Inti
|
2.
Membuat bentuk baju dari koran bekas
3.
Menggambar bebas yang berhubungan dengan pakaian
4.
Menyebutkan nama huruf depan gambar: baju, jaket, celana, rok
5.
Menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan: baju, jaket, rok, celana, buku
|
60’
|
Koran bekas
Buku gambar, crayon
Gambar baju, jaket, celana, rok
Buku Seri Keluarga hal 15
|
Istirahat
|
Cuci tangan, makan, minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
6.
Berjalan
berjinjit pada garis lurus sambil membawa baju
7.
Bertepuk
tangan “Tepuk Mencuci Baju”
|
30’
|
Garis lurus, baju
Tepuk Mencuci Baju
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Tidak mengganggu teman
|
II
|
Fisik Motorik
|
a.6 Melakukan gerakan antisipasi
b.5 Mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media.
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Berjalan berjinjit
b. Menggambar bebas
|
III
|
Kognitif
|
a.2 Menggunakan benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai
mobil).
c.4
Mengenal lambang huruf.
|
3.6
4.6
|
a. Mempergunakan barang bekas sebagai barang jualan
b. Menyebutkan nama huruf
depan pada kata nama suatu benda
|
IV
|
Bahasa
|
b.4 Mengungkapkan perasaan
dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani, baik,
jelek, dsb.).
c.1 Mengenal simbol-simbol.
|
2.14
3.10
4.10
|
a. Menceritakan
pengalamannya sendiri
b. menyebutkan nama benda
yang memiliki tulisan nama benda
|
V
|
Sosial Emosional
|
b.3 Mau berbagi, menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan.
|
2.5
2.6
|
a. Mau meminjamkan alat main kepada teman
b. Merapikan/mengembalikan alat main
|
VI
|
Seni
|
b.8 Membentuk berdasarkan objek yang dilihatnya
(mis. dengan plastisin, tanah liat)
|
3.15
4.15
|
a. Menampil kan karya seni sederhana di depan anak
atau orang lain melalui koran bekas
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
|
|
, 20...
|
Mengetahui,
Kepala TK/ PAUD.................... |
|
Guru
|
....................
|
|
....................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
AGUSTUS
|
7
|
3
|
TK / PAUD ...........................
TAHUN AJARAN 20.../20...
HARI 3
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal : Rabu, 17 Agustus 2016
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Keluarga / Makanan dan Pakaian
A. MATERI
DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Mengungkapkan sebab akibat jika menggoreng telur
sambil bermain,
3.
Menentukan gambar yang termasuk makanan,
4.
Menyebutkan posisi gambar yang termasuk makanan,
5.
Meniru garis lengkung ”telur”
6.
Menyebutkan nama benda yang memiliki tulisan: roti,
ikan ,tempe, telur
7.
Lagu “Empat Sehat Lima Sempurna”,
Lagu
“Empat Sehat Lima Sempurna”
Satu – satu nasi sudah tentu
Dua – dua sayur, lauk, buah
Tiga – tiga susu tambahannya
Satu – Dua – Tiga
Empat Sehat Lima Sempurna
|
B. MATERI
YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan
penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT
DAN BAHAN
1.
Contoh garis lengkung,
2.
Buku Seri Keluarga hal 16
3.
Gambar yang memiliki tulisan: roti, ikan, tempe, telur
D. KEGIATAN
BELAJAR
Kegiatan
belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Menyanyi
lagu Empat Sehat Lima Sempurna
|
30’
|
Lagu Empat Sehat Lima
Sempurna
|
Inti
|
2.
Mengungkapkan sebab akibat jika menggoreng telur
sambil bermain
3.
Menentukan gambar yang termasuk makanan
4.
Menyebutkan posisi gambar yang termasuk makanan
5.
Meniru
garis lengkung ”telur”
7.
Menyebutkan
nama benda yang memiliki tulisan: roti, ikan, tempe, telur
|
60’
|
Pengalaman anak
Buku seri Keluarga hal 16
Contoh garis lengkung
Gambar yang memiliki
tulisan: roti, ikan, tempe, telur
|
Istirahat
|
Cuci tangan, makan, minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
8.
Mengulang lagu Empat Sehat Lima Sempurna
|
30’
|
Lagu Empat Sehat Lima
Sempurna
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Tidak mengganggu teman
|
II
|
Fisik Motorik
|
b.1 Membuat garis
vertikal, horizontal, lengkung kiri/ kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Meniru lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan
|
III
|
Kognitif
|
b.2 Mengenal gejala
sebab-akibat yang terkait dengan dirinya.
b.3 Mengklasifikasikan
benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok
yang berpasangan dengan 2 variasi
|
3.6
4.6
|
a. Mengungkapkan sebab akibat tidak mandi
b. Menentukan suatu benda apakah termasuk
makanan dan bukan makanan
|
IV
|
Bahasa
|
b.5 Menyebutkan
kata-kata yang dikenal.
c.1 Mengenal
simbol-simbol.
|
2.14
3.10
4.10
|
a. Menyebutkan posisi /
keterang-an tempat Misalnya : di luar, di dalam, di atas di bawah, di depan,
dibelakang, di kiri, di kanan dsb.
b. Menyebutkan
nama benda yang memiliki tulisan nama benda
|
V
|
Sosial Emosional
|
b.3 Mau berbagi, menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan.
|
2.5
2.6
|
2.4. Mau meminjamkan alat main kepada teman
5.3. Merapikan/mengembalikan alat main
|
VI
|
Seni
|
a.1 Senang mendengarkan berbagai macam musik
atau lagu kesukaannya
|
3.15
4.15
|
a. Menyanyikan lagu sesuai dengan tema hari itu
b. Bermain
perkusi menggunakan alat perkusi sederhana
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
|
|
, 20...
|
Mengetahui,
Kepala TK/ PAUD.................... |
|
Guru
|
....................
|
|
....................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
AGUSTUS
|
7
|
4
|
TK / PAUD ...........................
TAHUN AJARAN 20.../20...
HARI 4
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal : Kamis, 18 Agustus 2016
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Keluarga / Makanan dan Pakaian
A. MATERI
DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Meniru garis lengkung pada menebalkan titik-titik
bentu baju,
3.
Menunjuk gambar baju yang ukurannya paling besar,
4.
Menyebutkan posisi baju yang diletakkan di paling
kanan,
5.
Lagu “Membeli Baju Baru”, tepuk ”Baju”, dan sajak
“Baju Baru”
Lagu
“Membeli Baju Baru”
Kemaren ku pergi dengan ibuku
Ke pasar membeli baju yang baru
Warna merah potongan istimewa
Kanan kiri ada sakunya
|
Tepuk “Baju”
Plok- plok- plok
Beli bahan
Plok- plok- plok
Digunting
Plok- plok- plok
Dijahit
Plok- plok- plok
BAJU
|
Sajak “Baju Baru”
Aku punya baju baru
Warnanya merah dan biru
Kantongnya ada Satu
Krahnya ada lis biru
Kudapat dari ibuku
Sebagai hadiah ulang tahunku
|
B. MATERI
YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan
penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT
DAN BAHAN
1.
Baju dengan berbagai ukuran,
2.
Baju diletakkan pada papan tulis,
3.
Buku Seri Keluarga halaman 17
D. KEGIATAN
BELAJAR
Kegiatan
belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Menyanyi lagu ”Membeli
Baju Baru”
|
30’
|
Lagu Membeli Baju Baru
|
Inti
|
2.
Meniru garis lengkung pada menebalkan
titik-titik bentu baju
3.
Menunjuk gambar baju yang ukurannya paling besar
4.
Menyebutkan posisi baju yang diletakkan di
paling kanan
|
60’
|
Buku Seri Keluarga hal 17
Baju dengan berbagai ukuran
Baju diletakkan pada papan tulis
|
Istirahat
|
Cuci tangan, makan, minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
6.
Bertepuk
tepuk tangan “Tepuk Baju”
5.
Mengucap
sajak “Baju Baru“
|
30’
|
Tepuk Baju
Sajak Baju Baru
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
2. Meniru gerakan beribadah.
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Tidak mengganggu teman
|
II
|
Fisik Motorik
|
b.1 Membuat garis
vertikal, horizontal, lengkung kiri/ kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran
|
2.1
3.3
4.3
|
a.
Meniru lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan
|
III
|
Kognitif
|
b.1 Mengklasifikasi-kan
benda berdasarkan bentuk atau warna atau ukuran.
|
3.6
4.6
|
a. Menunjuk sebanyak-banyaknya benda, hewan,
tanaman yang memiliki ukuran tertentu
|
IV
|
Bahasa
|
b.5 Menyebutkan
kata-kata yang dikenal.
|
2.14
3.10
4.10
|
a Menyebutkan posisi / keterang-an tempat
Misalnya : di luar, di dalam, di atas di bawah, di depan, dibelakang, di
kiri, di kanan dsb.
|
V
|
Sosial Emosional
|
b.3 Mau berbagi, menolong,
dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang
berlaku dalam suatu permainan.
|
2.5
2.6
|
a.
Mau meminjamkan alat main kepada teman
b. Merapikan/mengembalikan alat main
|
VI
|
Seni
|
b.7 Mengekspresikan gerakan dengan irama yang
bervariasi
|
3.15
4.15
|
a. Melakukan tepuk dan sajak mengikuti irama
bersama teman dengan penuh ekspresi
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar teknik penilaian disajikan
pada lembar terpisah.
|
|
, 20...
|
Mengetahui,
Kepala TK/ PAUD.................... |
|
Guru
|
....................
|
|
....................
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
AGUSTUS
|
7
|
5
|
TK / PAUD ...........................
TAHUN AJARAN 20.../20...
HARI 5
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal : Jumat, 19 Agustus 2016
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Keluarga / Makanan dan Pakaian
A. MATERI
DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Menentukan benda yang termasuk pakaian,
3.
Menghitung jumlah gambar :kaos, kaos kaki, celana,
jaket
4.
Menyebutkan nama gambar yang memiliki tulisan di papan
tulis: baju, kaos, jaket, celana
5.
Meremas kaos kaki,
6.
Cerita “Kaos Kaki yang Cerdik”,
Cerita
“Kaos Kaki yang Cerdik”
Sebuah cerita persahabatan kaos tangan dan kaos kaki.
Kaos tangan berhati kurang baik.
Kaos kaki berhati amat baik dan cerdik.
Suatu ketika kaos kaki dan kaos tangan kan dibuang tuannua karena sudah
using.
Kaos tangan merajuk kepada tuan rumah agar yang dibuang kaos kaki saja.
Kaos tangan sedih sambil berpangku tangan dan melamun terus.
Kaos kaki berpikir keras.
Kaos kaki tanpa merajuk menunjukkan bahwa ia masih sangat berguna.
Kaos kaki mengepel lantai semua rumah dengan badannya.
Tuan rumah iba melihat kelebihan kaos kaki.
Kaos kaki dipungut, dicuci, digosok dan dirawat lagi.
Kaos tangan dibuang karena sudah tidak berguna lagi.
|
B. MATERI
YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan
penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT
DAN BAHAN
1.
Kaos, kaos kaki, apel, jeruk, celana
2.
Gambar benda yang memiliki tulisan: baju, kaos, jaket,
celana
3.
Kaos kaki
4.
Buku Seri Keluarga halaman 18
D. KEGIATAN
BELAJAR
Kegiatan belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Tanya jawab tentang macam-macam pakaian
|
30’
|
Macam-macam pakaian
|
Inti
|
2.
Menentukan benda yang termasuk pakaian
3.
Menghitung jumlah gambar :kaos, kaos kaki, celana, jaket
4.
Menyebutkan nama gambar yang memiliki tulisan di
papan tulis: baju, kaos, jaket, celana
5.
Meremas
kaos kaki
|
60’
|
Kaos, kaos kaki, apel, jeruk, celana
Buku Seri Keluarga hal 18
Gambar benda yang memiliki tulisan: baju, kaos, jaket, celana
Kaos kaki
|
Istirahat
|
Cuci tangan,
makan, minum
|
30’
|
Bekal anak
|
|
6.
Bermain
Kaos Kaki- Kaos Kaki
7.
Mendengarkan
cerita ”Kaos kaki Yang Cerdik”
|
30’
|
Peramainan Kaos kaki-kaos
kaki
Cerita Kaos Kaki Yang
Cerdik
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Tidak mengganggu teman
|
II
|
Fisik Motorik
|
b.3 Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang
rumit.
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Meremas
|
III
|
Kognitif
|
b.3 Mengklasifikasikan
benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok
yang berpasangan dengan 2 variasi
c.2 Mengenal konsep
bilangan
|
3.6
4.6
|
a. Menentukan suatu benda
apakah termasuk makanan dan bukan makanan
a. Membilang banyak benda 1 – 10
|
IV
|
Bahasa
|
c.1 Mengenal
simbol-simbol.
|
2.14
3.10
4.10
|
a. Menyebutkan
nama benda yang memiliki tulisan nama benda
|
V
|
Sosial Emosional
|
b.3
Mau berbagi, menolong, dan membantu teman.
c.2
Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan.
|
2.5
2.6
|
a. Mau meminjamkan alat main kepada teman
b. Merapikan/mengembalikan alat main
|
VI
|
Seni
|
B.3 Menggunakan imajinasi untuk mencerminkan
perasaan dalam sebuah peran
|
3.15
4.15
|
a.
Mengenal perasaan kaos kaki yang ada di dalam sebuah cerita
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar
teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
|
|
, 20...
|
Mengetahui,
Kepala TK/ PAUD.................... |
|
Guru
|
....................
|
|
....................
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13
|
|||
SEMESTER
|
BULAN
|
MINGGU
KE
|
HARI KE
|
1
|
AGUSTUS
|
7
|
6
|
TK / PAUD ...........................
TAHUN AJARAN 20.../20...
HARI 6
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal : Sabtu, 20 Agustus 2016
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Keluarga / Makanan dan Pakaian
A. MATERI
DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.
Membuat bentuk lemari baju dari balok,
3.
Membilang banyak gambar baju yang ditunjuk guru,
4.
Membuat coretan berbentuk baju,
5.
Lagu “Membeli Baju Baru”, dan tepuk “Baju”
Lagu
“Membeli Baju Baru”
Kemaren ku pergi dengan ibuku
Ke pasar membeli baju yang baru
Warna merah potongan istimewa
Kanan kiri ada sakunya
|
Tepuk “Baju”
Plok- plok- plok
Beli bahan
Plok- plok- plok
Digunting
Plok- plok- plok
Dijahit
Plok- plok- plok
BAJU
|
B. MATERI
YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan
penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam
SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP
sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT
DAN BAHAN
1.
Balok-balok yang tersedia di sekolah
2.
Gambar baju
3.
Buku gambar, spidol
D. KEGIATAN
BELAJAR
Kegiatan
belajar
|
Waktu
|
Sumber
|
|
Pembukaan
|
1.
Menyanyi lagu “Membeli Baju Baru”
|
30’
|
Lagu Membeli Baju Baru
|
Inti
|
2.
Membuat bentuk lemari baju dari balok
3.
Membilang banyak gambar baju yang ditunjuk guru
4.
Membuat coretan berbentuk baju
|
60’
|
Balok-balok yang tersedia di sekolah
Gambar baju
Buku gambar, spidol
|
Istirahat
|
Cuci tangan, makan,
minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
5.
Memamerkan hasil coretan bentuk baju yang dibuat
anak
6.
Bertepuk
tangan “Tepuk Baju”
|
30’
|
Hasil coretan anak
Tepuk Baju
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup
Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
2. Meniru gerakan beribadah..
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Meniru sikap berdoa
b. Meniru gerakan sembahyang
c. Tidak mengganggu teman
|
II
|
Fisik Motorik
|
b.4 Melakukan gerakan manipulatif untuk
menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan berbagai media.
|
2.1
3.3
4.3
|
a. Membuat berbagai bentuk menggunakan balok
|
III
|
Kognitif
|
c.2 Mengenal konsep bilangan
|
3.6
4.6
|
a. membilang banyak benda 1 – 10
|
IV
|
Bahasa
|
c.3 Membuat coretan yang bermakna.
|
2.14
3.10
4.10
|
a. Membuat coretan yang
menggambarkan benda atau kejadian
|
V
|
Sosial Emosional
|
b.3 Mau berbagi, menolong, dan membantu teman.
c.2 Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan.
|
2.5
2.6
|
a. Mau meminjamkan alat main kepada teman
b. Merapikan/mengembalikan alat main
|
VI
|
Seni
|
b.2 Bernyanyi sendiri
b.6 Mengekspresikan gerakan dengan irama
yang bervariasi
|
3.15
4.15
|
a.
Menyanyikan sendiri lagu dan melakukan tepuk dihadapan teman-temannya
|
2.
Teknik
Penilaian
a)
Catatan hasil karya
b)
Catatan anekdot, dan
c)
Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar teknik penilaian disajikan
pada lembar terpisah.
|
|
, 20...
|
Mengetahui,
Kepala TK/ PAUD.................... |
|
Guru
|
....................
|
|
....................
|
0 komentar:
Post a Comment