.
.
Nomor : MTs.22.03.063/PP.00.5/009/2017 Cianjur, 22 Mei 2017
Lampiran : 1 bundeul
Perihal : Permohonan Bantuan Dana Pembangunan RKB
Kepada ;
Yth. Presiden RI
Ir. H. Joko
Widodo
Cq : Kantor
Sekretariat Presiden
Jln Peteran No.
16
Di
Jakarta Pusat
Assalamu’alaikum, Wr. Wb.
Diberitahukan
dengan hormat kami sampaikan dalam rangka meningkatkan standar sarana/prasarana
serta kelayakan sarana/prasarana penunjang kegiatan KBM di MTs Nurul Hidayah Desa Mekarsari Kecamatan Naringgul Kabupaten
Cianjur kondisi ruang kelas masih kurang ditambah lagi prasarana yang tidak
memadai sehingga tidak mendukung proses KBM dengan layak.
Sehubungan
dengan hal tersebut, agar pendidikan berlangsung kondusif dan nyaman, maka
Ruangan Kelas yang layak sangat dibutuhkan. Oleh karena itu besar harapan kami
agar bapak berkenan memberikan bantuan dana untuk pembangunan ruang kelas baru
(RKB).
Demikian
permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan terkabulnya permohonan ini,
kami mengucapkan terimakasih.
Pemohon
Ketua Komite Sekolah
DADANG
|
Kepala MTs Nurul
Hidayah
SAHIDIN, S.Ag
|
|
Mengetahui
Ketua
WAWAS KOSASIH
|
KATA
PENGANTAR
Assalamu’alaikum.
Wr. Wb.
Dengan mengucapkan puja dan puji
kehadirat Illahi Rabi, semoga apa yang menjadi tujuan kita dalam membangun
dunia pendidikan yang berbasis madrasah selalu ada dalam lindungan dan rahmat
dari Allah SWT. Solawat serta salam tak lupa kami sampaikan kepada jungjunan
alam baginda Muhammad SAW.
Pada kesempatan ini, seraya tetap
mengucap sukur atas apa yang kami terima, dan kami dapatkan dari Allah STW dan
semoga apa yang akan kami terima dan telah kami terima menjadi barokah serta
bermanfaat bagi kita semua kelak di yaumal zaja wal hisab. Amin. .
Berkaitan dengan permohonan pada
proposal ini, berharap agar sekiranya menjadi bahan pertimbangan dan perhatian
dan dapat berjalan dengan lancar tanpa ada halangan dan gangguan yang berarti.
Demikian Kata Pengantar ini kami
sampaikan agar sekiranya, menjadi perhatian dan pedoman, sekian dan terima
kasih.
Wassalamu’alaikum.
Wr. Wb.
Naringgul, 22 Mei 2017
Kepala Madrasah
SAHIDIN, S.Ag
NIP. -
|
DAFTAR
ISI
SURAT PERMOHONAN ...............................................................................
|
i
|
||
KATA PENGANTAR ......................................................................................
|
ii
|
||
DAFTAR ISI ....................................................................................................
|
iii
|
||
BAB
I
|
PENDAHULUAN .................................................................................
|
1
|
|
A
|
LATAR
BELAKANG .............................................................................
|
1
|
|
B
|
TUJUAN
DAN TARGET ......................................................................
|
2
|
|
C
|
TEMPAT
PEMBANGUNAN RUANG KELAS BARU ( RKB )............
|
3
|
|
BAB
II
|
PROFIL SEKOLAH/
MADRASAH ....................................................
|
4
|
|
BAB
III
|
PENUTUP ............................................................................................
|
7
|
|
A
|
KRITIK
DAN SARAN ...........................................................................
|
8
|
|
B
|
KATA
PENUTUP .................................................................................
|
9
|
|
LAMPIRAN – LAMPIRAN...............................................................................
|
10
|
||
1.
Rencana
Anggaran Biaya
|
|||
2.
SK
Kepala Madrasah
|
|||
3.
Fhotocopy
NPWP Madrasah
|
|||
4.
Piagam
Akreditasi
|
|||
5.
Nomor
Statistik Madrasah (NSM)
|
|||
6.
Fhotocopy
Akta Pendirian
|
|||
7.
Izin
Operasional Madrasah
|
|||
8.
Surat
Kepemilikan Tanah
|
BAB
I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Jenjang pendidikan
setingkat SLTP sangat diperlukan saat ini sebagai acuan bagi generasi muda
untuk meraih cita-cita yang diharapkan, sesuai dengan amanat Peraturan
Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan terutama
Sarana dan Prasarana, hal ini tak luput bagi anak-anak seusia sekolah lanjutan
atas di daerah kami kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa
Barat.
Antusiasme Orang Tua murid
yang ingin menyekolahkan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi di daerah kami
menjadi motivasi bagi kami para tenaga pendidik untuk lebih giat lagi
memberikan segenap ilmu dan kemampuan yang kami miliki kepada anak didik kami,
namun hal itu sangatlah sulit untuk di realisasikan mengingat kurang layaknya
beberapa bangunan yang kami miliki untuk sarana kegiatan belajar mengajar.
Madrasah Tsanawiyah ( MTs
) Nurul Hidayah adalah lembaga
pendidikan setingkat SLTP tertua di Kecamatan Naringgul, berdiri sejak Tahun 2004
dengan berbekal keyakinan dan usaha keras untuk dapat memberikan yang terbaik kepada
para siswa dan siswi di Madrasah kami, kami berharap agar semua lulusan dari Madrasah
Tsanawiyah ( MTs ) Nurul Hidayah lebih mampu bersaing di masyarakat dan era
globalisasi saat ini,
dan tentunya dengan
dibekali dengan tambahan ilmu-ilmu keagamaan yang menjadi andalan yang
diajarkan di Madrasah. Maka dari itu sudah selayaknya kita para pemerhati
pendidikan yang khususnya berada dalam naungan Kementerian Agama dapat
memberikan yang terbaik bagi generasi-generasi penerus bangsa.
Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) Nurul Hidayah ,
kini sedang berupaya membawa misi pendidikan yang representatif dan siap
membantu program pemerintah dalam wajib belajar guna menopang terealisasinya
tujuan dan hakikat pembangunan nasional yakni pembangunan manusia Indonesia
seutuhnya yang selaras dan seimbang antara nilai-nilai duniawi dan nilai
ukhrowi, sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an Surat Ali Imran ayat 222 :
Keberhasilan dalam
pendidikan bukan hanya ditunjang dengan satu aspek, akan tetapi dari berbagai
aspek, dan salah satunya adalah kenyamanan tempat proses belajar mengajar.
B. TUJUAN DAN TARGET
1.
TUJUAN
Pemenuhan Standar
Pelayanan Minimal dalah hal yang paling penting dan musti dilakukan dalam
pelaksanaan proses belajar mengajar di madrasah, dan hal ini tidak hanya
didapat dengan transfer keilmuan dari tenaga pendidik kepada peserta didik,
namun hal yang menjadi penunjang terhadap kenyamanan pada saat pentransferan itulah
yang menjadi pokok keberhasilan proses pembelajaran di madrasah. Dengan kata
lain tujuan dari Rencana Pembangunan Ruang Kelas Baru ( RKB ) adalah membantu program
pemerintah dalam penetapan dan pemerataan Standar kelayakan dalam Sarana
Pembelajaran yang dalam hal ini adalah Ruang Kelas Belajar.
Berkaitan dengan fenomena
diatas, maka didapatlah tujuan inti dari proposal ini, yaitu :
a)
Kenyamanan
dalam proses belajar mengajar
b)
Pemenuhan
Standar minimal pelayanan
c)
Pemenuhan
Standar kelayakan sarana dan prasarana
2.
TARGET
Target yang ingin dicapai
Madrasah berkaitan dengan permohonan bantuan Ruang Kelas Baru (RKB) ini adalah
kenyamanan dalam proses pembelajaran, karena keberhasilan proses pembelajaran
salah satunya ditunjang dengan ruang kelas yang baik, dan memenuhi standar
kelayakan Ruang Kelas setingkat SLTP, dan kami rasa dengan kondisi saat ini
serta ditambah semakin banyaknya minat orang tua yang mau menyekolahkan anaknya
ke Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) Nurul Hidayah
, kebutuhan akan Ruang Kelas Baru dirasa sangat mendesak. Maka dari itu
semoga apa yang menjadi harapan kami, dapat segera terwujud dengan perantara
bantuan dari Bapak-bapak sekalian.
C. TEMPAT PELAKSANAAN PEMBANGUNAN RKB
Tempat pelaksanaan
pembangunan Ruang Kelas Baru ( RKB ) sudah pasti di lingkungan Madrasah Tsanawiyah
Swasta Nurul Hidayah, yang Alhamdulillah pada saat ini kami pihak pengelola
Madrasah masih memiliki lahan kosong untuk pengembangan lokasi Ruang Kelas
Baru.
BAB
I
PROFIL SEKOLAH/MADRASAH
1.
Nama
Madrasah : MTs. S Nurul Hidayah
2.
Nomor
Statistik Madrasah : 121232030063
3.
Akreditasi Madrasah : Terakreditasi B
4.
Alamat Lengkap Madrasah : Kp. Ciawitali Rt. 01 Rw. 01
Desa Mekarsari
Kecamatan Naringgul
Kabupaten Cianjur
5.
NPWP :
00.539.338.4-406.000
6.
Nama
Kepala : SAHIDIN, S.Ag
7.
Nomor
Telepon HP. : 085315715654
8.
Nama
Yayasan : Yayasan Hikmah Nurul Hidayah
9.
Alamat
Yayasan : Kp. Ciawitali, Desa Mekarsari, Kec. Naringgul, Cianjur
10. Telp. Yayasan :
081563506975
11. No. Akte Pendirian Yayasan : Akta Notaris : NISA YULIANI, SH., M.Kn
12. Kepemilikan Tanah : Pemerintah/Yayasan/Pribadi/Menumpang *)
a.
Status
Tanah ( Sertakan Copynya ) *)
b.
Luas
Tanah 5.000 m2
13.
Status Bangunan :
Pemerintah/Yayasan/Pribadi/Menumpang *)
14. Luas Bangunan :
5000 m2
15. Photo Copy NSM ( dilampirkan )
16. Piagam Akreditasi ( dilampirkan )
17. Bukti Kepemilikan Tanah ( dilampirkan )
18. Photo Copy NPWP atas nama Madrasah
KEBERADAAN BANGUNAN
No
|
Bangunan/Meubeuler
|
Banyak/Buah/SET
|
Kondisi
|
||
Baik
|
Rusak Ringan
|
Rusak Berat
|
|||
1
|
Ruang
Kelas
|
5
|
3
|
1
|
1
|
2
|
Ruang
Kepala Madrasah
|
1
|
1
|
||
3
|
Ruang
Guru
|
1
|
1
|
||
4
|
Ruang
Tata Usaha
|
1
|
1
|
||
5
|
Ruang
Tamu
|
1
|
1
|
||
6
|
Ruang
BP/BK
|
-
|
-
|
-
|
-
|
7
|
Ruang
Lab IPA
|
-
|
-
|
-
|
-
|
8
|
Ruang
Lab Komputer
|
-
|
-
|
-
|
-
|
9
|
Ruang
Lab Bahasa
|
-
|
-
|
-
|
-
|
22
|
Ruang
Perpustakaan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
11
|
WC
|
||||
- WC Siswa
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
- WC Kepala
Madrasah
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
- WC Guru
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
- WC Tata
Usaha
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
12
|
Meja
|
||||
- Meja Kepala
Madrasah
|
1
|
1
|
-
|
-
|
|
- Meja Guru
|
8
|
6
|
2
|
-
|
|
- Meja Tata
Usaha
|
2
|
-
|
1
|
-
|
|
-
Meja Belajar Siswa
|
91
|
80
|
8
|
3
|
|
- Meja Tamu
|
2
|
2
|
-
|
-
|
|
- Meja BP/BK
|
1
|
-
|
-
|
-
|
|
- Meja Lab IPA
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
- Meja Lab
Komputer
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
- Meja Lab
Bahasa
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
- Meja
Perpustakaan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
13
|
Kursi
|
||||
- Kursi Kepala
Madrasah
|
1
|
-
|
-
|
-
|
|
- Kursi Guru
|
8
|
7
|
1
|
-
|
|
- Kursi Tata
Usaha
|
2
|
2
|
-
|
-
|
|
- Kursi
Belajar Siswa
|
91
|
70
|
15
|
6
|
|
- Kursi Tamu
|
2
|
1
|
-
|
-
|
|
- Kursi BP/BK
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
- Kursi Lab
IPA
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
- Kursi Lab
Komputer
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
- Kursi Lab
Bahasa
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
- Kursi
Perpustakaan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
14
|
Lemari/Rak
|
||||
- Lemari /
Rak Kepala
|
1
|
1
|
-
|
-
|
|
- Lemari /
Rak Guru
|
8
|
6
|
2
|
-
|
|
- Lemari /
Rak Tata Usaha
|
2
|
1
|
1
|
-
|
|
- Lemari /
Rak Belajar Siswa
|
2
|
1
|
1
|
-
|
|
- Lemari /
Rak Tamu
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
- Lemari /
Rak BP/BK
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
- Lemari /
Rak Lab IPA
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
- Lemari /
Rak Lab Komputer
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
- Lemari /
Rak Lab Bahasa
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
- Lemari /
Rak Perpustakaan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
No
|
Bangunan/Meubeuler
|
Banyak/Buah/SET
|
Kondisi
|
||
Baik
|
Rusak Ringan
|
Rusak Berat
|
|||
15
|
Sarana
Pendukung Lain
|
||||
- Komputer PC
|
1
|
1
|
-
|
-
|
|
- Monitor LCD
|
1
|
1
|
-
|
-
|
|
- Laptop
|
5
|
3
|
1
|
1
|
|
- Printer
|
2
|
-
|
-
|
2
|
|
- Scanner
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
- Projektor
|
2
|
-
|
-
|
2
|
|
- Layar/Screen
|
1
|
1
|
-
|
-
|
|
- Genset
|
1
|
-
|
1
|
-
|
|
- Televisi
|
1
|
1
|
-
|
-
|
|
- Parabola +
Receiver Digital
|
1
|
1
|
-
|
-
|
Rekapitulasi
Keadaan Siswa 3 Tahun
No
|
Tahun Pelajaran
|
Pendaftar
|
Kelas 7
|
Kelas 8
|
Kelas 9
|
|||
Siswa
|
Rombel
|
Siswa
|
Rombel
|
Siswa
|
Rombel
|
|||
1
|
2013-2014
|
89
|
24
|
2
|
36
|
2
|
29
|
2
|
2
|
2014-2015
|
91
|
34
|
2
|
28
|
2
|
29
|
2
|
3
|
2015-2016
|
95
|
26
|
2
|
34
|
2
|
35
|
2
|
4
|
2016-2017
|
99
|
28
|
2
|
28
|
2
|
43
|
2
|
Data Tenaga
Kependidikan
No
|
Kepala Madrasah
|
Kualifikasi Pendidikan
|
Status Kepegawaian
|
Golongan
|
JML
|
|||||||||||
SMA
|
D.2
|
D.3
|
D.4
|
S1
|
S.2
|
PNS
|
Non PNS
|
I
|
II
|
IIII
|
IV
|
V
|
||||
1
|
Kepala
Madrasah
|
1
|
1
|
11
|
1
|
|||||||||||
2
|
Guru
Definitif/DPK
|
|||||||||||||||
3
|
Guru
Tetap Yayasan
|
4
|
7
|
|||||||||||||
4
|
Guru
Tidak Tetap
|
|||||||||||||||
Data Tenaga
Kependidikan
No
|
Kepala Madrasah
|
Kualifikasi Pendidikan
|
Status Kepegawaian
|
Golongan
|
JML
|
||||||||||
SLTA
|
D.2
|
D.3
|
D.4
|
S1
|
S.2
|
PNS
|
Non PNS
|
I
|
II
|
IIII
|
IV
|
V
|
|||
1
|
Kaur
TU
|
2
|
|||||||||||||
2
|
Bendahara
|
1
|
|||||||||||||
3
|
Kepala
Perpus
|
||||||||||||||
4
|
Kep.
Kab IPA
|
||||||||||||||
5
|
Kep.
Lab Kom
|
||||||||||||||
6
|
Kep
Lab BHS
|
||||||||||||||
7
|
Staf
TU
|
1
|
|||||||||||||
8
|
Tenaga
Lasus
|
Mengetahui
Naringgul, 22 Mei 2017
Ketua Komite, Kepala
Madrasah,
DADANG
SAHIDIN, S.Ag
6
|
7
|
BAB
III
PENUTUP
A. KRITIK DAN SARAN
1.
KRITIK
Madrasah Tsanawiyah ( MTs
) Nurul Hidayah adalah lembaga
pendidikan formal yang berada dalam naungan Kementerian Agama, Madrasah
Tsanawiyah ( MTs ) Nurul Hidayah merupakan
jembatan atau penghubung antara pemerintah dengan masyarakat melalui jalur
pendidikan formal, maka dari itu, sudah selayaknya intansi-intansi terkait ikut
membantu kami dalam mewujudkan visi, misi dan tujuan Madrasah kami dalam
menjalankan amanat Undang-Undang terkait dengan dunia pendidikan. Bantuan –
bantuan yang kami harapkan dari para intansi dan donatur sangat berarti bagi
peningkatan kualitas pelayanan minimal pendidikan di Madrasah kami. Madrasah
Tsanawiyah (MTs) Nurul Hidayah tidak
hanya merupakan lembaga pendidikan formal yang berdiri sendiri, akan tetapi Madrasah
Tsanawiyah (MTs) Nurul Hidayah juga
partner bagi pemerintah dan intansi terkait gunan menjalankan program wajib
belajar, maka sudah selayaknya bagi pihak terkait dari segenap lapisan dan
jajaran ikut memberikan perhatian lebih pada Madrasah yang sudah banyak
memberikan kontribusi dalam membangun Bangsa ini.
2.
SARAN
Besar harapan kami agar
sekiranya Program pengembangan dilingkungan lembaga pendidikan seperti Madrasah
menjadi catatan khusus dan agenda bagi pemerintah serta intansi terkait sebagai
kontinuitas program unggulan berbasis pendidikan`
B. PENUTUP
Akhir kata pada Proposal
ini, semoga Bapak-bapak sekalian selalu dilindungi dan mendapat Rahmat dari
Allah SWT, dan apa-apa yang menjadi kebaikan dari Bapak-bapak sekalian semoga
dibalas oleh Allah dengan ganjaran dan pahala yang berlipat ganda.
Kami yakin, bahwa
Bapak-bapak sekalian sangat memperhatikan kemajuan dunia pendidikan di
Indonesia, khususnya lembaga pendidikan berbasis Madrasah, karena kami juga
sangat optimis akan kemajuan pendidikan itu tertumpu dari kami lembaga
pendidikan berbasis Madrasah.
Akhir kata dari kami
semoga semua yang kami cita-citakan dapat terwujud dan terlaksana dengan lancar
dan tanpa ada gangguan yang berarti.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
0 komentar:
Post a Comment