Home » » CONTOH PROPOSAL PEMBANGUNAN RKB MADRASAH

CONTOH PROPOSAL PEMBANGUNAN RKB MADRASAH

.
.



Nomor                 :  MTs.22.03.063/PP.00.5/009/2017           Cianjur, 22 Mei 2017
Lampiran             : 1 bundeul
Perihal                 :  Permohonan Bantuan Dana Pembangunan RKB

Kepada ;
Yth. Presiden RI
Ir. H. Joko Widodo
Cq : Kantor Sekretariat Presiden
Jln Peteran No. 16
Di
Jakarta Pusat

Assalamu’alaikum, Wr. Wb.

Diberitahukan dengan hormat kami sampaikan dalam rangka meningkatkan standar sarana/prasarana serta kelayakan sarana/prasarana penunjang kegiatan KBM di MTs Nurul Hidayah  Desa Mekarsari Kecamatan Naringgul Kabupaten Cianjur kondisi ruang kelas masih kurang ditambah lagi prasarana yang tidak memadai sehingga tidak mendukung proses KBM dengan layak.
Sehubungan dengan hal tersebut, agar pendidikan berlangsung kondusif dan nyaman, maka Ruangan Kelas yang layak sangat dibutuhkan. Oleh karena itu besar harapan kami agar bapak berkenan memberikan bantuan dana untuk pembangunan ruang kelas baru (RKB).
Demikian permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan terkabulnya permohonan ini, kami mengucapkan terimakasih.
Pemohon

Ketua Komite  Sekolah



DADANG

Kepala MTs Nurul Hidayah



SAHIDIN, S.Ag
Mengetahui
Ketua


WAWAS KOSASIH



KATA PENGANTAR


Assalamu’alaikum. Wr. Wb.

Dengan mengucapkan puja dan puji kehadirat Illahi Rabi, semoga apa yang menjadi tujuan kita dalam membangun dunia pendidikan yang berbasis madrasah selalu ada dalam lindungan dan rahmat dari Allah SWT. Solawat serta salam tak lupa kami sampaikan kepada jungjunan alam baginda Muhammad SAW.

Pada kesempatan ini, seraya tetap mengucap sukur atas apa yang kami terima, dan kami dapatkan dari Allah STW dan semoga apa yang akan kami terima dan telah kami terima menjadi barokah serta bermanfaat bagi kita semua kelak di yaumal zaja wal hisab. Amin. .

Berkaitan dengan permohonan pada proposal ini, berharap agar sekiranya menjadi bahan pertimbangan dan perhatian dan dapat berjalan dengan lancar tanpa ada halangan dan gangguan yang berarti.

Demikian Kata Pengantar ini kami sampaikan agar sekiranya, menjadi perhatian dan pedoman, sekian dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.





Naringgul, 22 Mei 2017
Kepala Madrasah





SAHIDIN, S.Ag
NIP. -






DAFTAR ISI


                                                                                                                                 
SURAT PERMOHONAN ...............................................................................
i
KATA PENGANTAR ......................................................................................
ii
DAFTAR ISI ....................................................................................................
iii
BAB I
PENDAHULUAN .................................................................................
1
A
LATAR BELAKANG .............................................................................
1
B
TUJUAN DAN TARGET ......................................................................
2
C
TEMPAT PEMBANGUNAN RUANG KELAS BARU ( RKB )............
3




BAB II
PROFIL SEKOLAH/ MADRASAH ....................................................
4




BAB III
PENUTUP ............................................................................................
7
A
KRITIK DAN SARAN ...........................................................................
8
B
KATA PENUTUP .................................................................................
9




LAMPIRAN – LAMPIRAN...............................................................................
10
1.    Rencana Anggaran Biaya

2.    SK Kepala Madrasah

3.    Fhotocopy NPWP Madrasah

4.    Piagam Akreditasi

5.    Nomor Statistik Madrasah (NSM)

6.    Fhotocopy Akta Pendirian

7.    Izin Operasional Madrasah

8.    Surat Kepemilikan Tanah






BAB I
PENDAHULUAN








A.  LATAR BELAKANG
Jenjang pendidikan setingkat SLTP sangat diperlukan saat ini sebagai acuan bagi generasi muda untuk meraih cita-cita yang diharapkan, sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan terutama Sarana dan Prasarana, hal ini tak luput bagi anak-anak seusia sekolah lanjutan atas di daerah kami kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.
Antusiasme Orang Tua murid yang ingin menyekolahkan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi di daerah kami menjadi motivasi bagi kami para tenaga pendidik untuk lebih giat lagi memberikan segenap ilmu dan kemampuan yang kami miliki kepada anak didik kami, namun hal itu sangatlah sulit untuk di realisasikan mengingat kurang layaknya beberapa bangunan yang kami miliki untuk sarana kegiatan belajar mengajar.
Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) Nurul Hidayah  adalah lembaga pendidikan setingkat SLTP tertua di Kecamatan Naringgul, berdiri sejak Tahun 2004 dengan berbekal keyakinan dan usaha keras untuk dapat memberikan yang terbaik kepada para siswa dan siswi di Madrasah kami, kami berharap agar semua lulusan dari Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) Nurul Hidayah lebih mampu bersaing di masyarakat dan era globalisasi saat ini,

dan tentunya dengan dibekali dengan tambahan ilmu-ilmu keagamaan yang menjadi andalan yang diajarkan di Madrasah. Maka dari itu sudah selayaknya kita para pemerhati pendidikan yang khususnya berada dalam naungan Kementerian Agama dapat memberikan yang terbaik bagi generasi-generasi penerus bangsa.
 Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) Nurul Hidayah , kini sedang berupaya membawa misi pendidikan yang representatif dan siap membantu program pemerintah dalam wajib belajar guna menopang terealisasinya tujuan dan hakikat pembangunan nasional yakni pembangunan manusia Indonesia seutuhnya yang selaras dan seimbang antara nilai-nilai duniawi dan nilai ukhrowi, sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an Surat Ali Imran ayat 222 :


Keberhasilan dalam pendidikan bukan hanya ditunjang dengan satu aspek, akan tetapi dari berbagai aspek, dan salah satunya adalah kenyamanan tempat proses belajar mengajar.

B.  TUJUAN DAN TARGET
1.   TUJUAN
Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal dalah hal yang paling penting dan musti dilakukan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di madrasah, dan hal ini tidak hanya didapat dengan transfer keilmuan dari tenaga pendidik kepada peserta didik, namun hal yang menjadi penunjang terhadap kenyamanan pada saat pentransferan itulah yang menjadi pokok keberhasilan proses pembelajaran di madrasah. Dengan kata lain tujuan dari Rencana Pembangunan Ruang Kelas Baru ( RKB ) adalah membantu program pemerintah dalam penetapan dan pemerataan Standar kelayakan dalam Sarana Pembelajaran yang dalam hal ini adalah Ruang Kelas Belajar.
Berkaitan dengan fenomena diatas, maka didapatlah tujuan inti dari proposal ini, yaitu :
a)     Kenyamanan dalam proses belajar mengajar
b)     Pemenuhan Standar minimal pelayanan
c)     Pemenuhan Standar kelayakan sarana dan prasarana

2.   TARGET
Target yang ingin dicapai Madrasah berkaitan dengan permohonan bantuan Ruang Kelas Baru (RKB) ini adalah kenyamanan dalam proses pembelajaran, karena keberhasilan proses pembelajaran salah satunya ditunjang dengan ruang kelas yang baik, dan memenuhi standar kelayakan Ruang Kelas setingkat SLTP, dan kami rasa dengan kondisi saat ini serta ditambah semakin banyaknya minat orang tua yang mau menyekolahkan anaknya ke Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) Nurul Hidayah  , kebutuhan akan Ruang Kelas Baru dirasa sangat mendesak. Maka dari itu semoga apa yang menjadi harapan kami, dapat segera terwujud dengan perantara bantuan dari Bapak-bapak sekalian.

C.  TEMPAT PELAKSANAAN PEMBANGUNAN RKB
Tempat pelaksanaan pembangunan Ruang Kelas Baru ( RKB ) sudah pasti di lingkungan Madrasah Tsanawiyah Swasta Nurul Hidayah, yang Alhamdulillah pada saat ini kami pihak pengelola Madrasah masih memiliki lahan kosong untuk pengembangan lokasi Ruang Kelas Baru.




BAB I
PROFIL SEKOLAH/MADRASAH

1.    Nama Madrasah                       : MTs. S Nurul Hidayah
2.    Nomor Statistik Madrasah       : 121232030063
3.    Akreditasi Madrasah                : Terakreditasi B
4.    Alamat Lengkap Madrasah     : Kp. Ciawitali Rt. 01 Rw. 01
Desa Mekarsari
Kecamatan Naringgul
Kabupaten Cianjur
5.    NPWP                                         : 00.539.338.4-406.000
6.    Nama Kepala                             : SAHIDIN, S.Ag
7.    Nomor Telepon HP.                  : 085315715654
8.    Nama Yayasan                         : Yayasan Hikmah Nurul Hidayah
9.    Alamat Yayasan                        : Kp. Ciawitali, Desa Mekarsari, Kec. Naringgul, Cianjur
10. Telp. Yayasan                           : 081563506975
11. No. Akte Pendirian Yayasan  : Akta Notaris : NISA YULIANI, SH., M.Kn
12. Kepemilikan Tanah                  : Pemerintah/Yayasan/Pribadi/Menumpang *)
a.    Status Tanah ( Sertakan Copynya )  *)
b.    Luas Tanah 5.000 m2
13. Status Bangunan                     : Pemerintah/Yayasan/Pribadi/Menumpang *)
14. Luas Bangunan                                    : 5000 m2
15. Photo Copy NSM ( dilampirkan )
16. Piagam Akreditasi ( dilampirkan )
17. Bukti Kepemilikan Tanah ( dilampirkan )
18. Photo Copy NPWP atas nama Madrasah

KEBERADAAN BANGUNAN
No
Bangunan/Meubeuler
Banyak/Buah/SET
Kondisi
Baik
Rusak Ringan
Rusak Berat
1
Ruang Kelas
5
3
1
1
2
Ruang Kepala Madrasah
1
1


3
Ruang Guru
1

1

4
Ruang Tata Usaha
1

1

5
Ruang Tamu
1

1

6
Ruang BP/BK
-
-
-
-
7
Ruang Lab IPA
-
-
-
-
8
Ruang Lab Komputer
-
-
-
-
9
Ruang Lab Bahasa
-
-
-
-
22
Ruang Perpustakaan
-
-
-
-
11
WC





-       WC Siswa
-
-
-
-

-       WC Kepala Madrasah
-
-
-
-

-       WC Guru
-
-
-
-

-       WC Tata Usaha
-
-
-
-
12
Meja





-       Meja Kepala Madrasah
1
1
-
-

-       Meja Guru
8
6
2
-

-       Meja Tata Usaha
2
-
1
-

-       Meja Belajar Siswa
91
80
8
3

-       Meja Tamu
2
2
-
-

-       Meja BP/BK
1
-
-
-

-       Meja Lab IPA
-
-
-
-

-       Meja Lab Komputer
-
-
-
-

-       Meja Lab Bahasa
-
-
-
-

-       Meja Perpustakaan
-
-
-
-
13
Kursi





-       Kursi Kepala Madrasah
1
-
-
-

-       Kursi Guru
8
7
1
-

-       Kursi Tata Usaha
2
2
-
-

-       Kursi Belajar Siswa
91
70
15
6

-       Kursi Tamu
2
1
-
-

-       Kursi BP/BK
-
-
-
-

-       Kursi Lab IPA
-
-
-
-

-       Kursi Lab Komputer
-
-
-
-

-       Kursi Lab Bahasa
-
-
-
-

-       Kursi Perpustakaan
-
-
-
-
14
Lemari/Rak





-       Lemari / Rak  Kepala
1
1
-
-

-       Lemari / Rak  Guru
8
6
2
-

-       Lemari / Rak  Tata Usaha
2
1
1
-

-       Lemari / Rak  Belajar Siswa
2
1
1
-

-       Lemari / Rak  Tamu
-
-
-
-

-       Lemari / Rak  BP/BK
-
-
-
-

-       Lemari / Rak  Lab IPA
-
-
-
-

-       Lemari / Rak  Lab Komputer
-
-
-
-

-       Lemari / Rak  Lab Bahasa
-
-
-
-

-       Lemari / Rak  Perpustakaan
-
-
-
-


No
Bangunan/Meubeuler
Banyak/Buah/SET
Kondisi
Baik
Rusak Ringan
Rusak Berat
15
Sarana Pendukung Lain





-       Komputer PC
1
1
-
-

-       Monitor LCD
1
1
-
-

-       Laptop
5
3
1
1

-       Printer
2
-
-
2

-       Scanner
-
-
-
-

-       Projektor
2
-
-
2

-       Layar/Screen
1
1
-
-

-       Genset
1
-
1
-

-       Televisi
1
1
-
-

-       Parabola + Receiver Digital
1
1
-
-

Rekapitulasi Keadaan Siswa 3 Tahun
No
Tahun Pelajaran
Pendaftar
Kelas 7
Kelas 8
Kelas 9
Siswa
Rombel
Siswa
Rombel
Siswa
Rombel
1
2013-2014
89
24
2
36
2
29
2
2
2014-2015
91
34
2
28
2
29
2
3
2015-2016
95
26
2
34
2
35
2
4
2016-2017
99
28
2
28
2
43
2

Data Tenaga Kependidikan
No
Kepala Madrasah
Kualifikasi Pendidikan
Status Kepegawaian
Golongan
JML
SMA
D.2
D.3
D.4
S1
S.2
PNS
Non PNS
I
II
IIII
IV
V
1
Kepala Madrasah




1

1
11


1



2
Guru Definitif/DPK














3
Guru Tetap Yayasan
4



7









4
Guru Tidak Tetap
































Data Tenaga Kependidikan
No
Kepala Madrasah
Kualifikasi Pendidikan
Status Kepegawaian
Golongan
JML
SLTA
D.2
D.3
D.4
S1
S.2
PNS
Non PNS
I
II
IIII
IV
V
1
Kaur TU
2













2
Bendahara




1









3
Kepala Perpus














4
Kep. Kab IPA














5
Kep. Lab Kom














6
Kep Lab BHS














7
Staf TU
1













8
Tenaga Lasus














           Mengetahui                                                              Naringgul, 22 Mei 2017
           Ketua Komite,                                                                       Kepala Madrasah,




           DADANG                                                                               SAHIDIN, S.Ag
6
7
 

 


BAB III
PENUTUP

A.  KRITIK DAN SARAN
1.   KRITIK
Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) Nurul Hidayah  adalah lembaga pendidikan formal yang berada dalam naungan Kementerian Agama, Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) Nurul Hidayah  merupakan jembatan atau penghubung antara pemerintah dengan masyarakat melalui jalur pendidikan formal, maka dari itu, sudah selayaknya intansi-intansi terkait ikut membantu kami dalam mewujudkan visi, misi dan tujuan Madrasah kami dalam menjalankan amanat Undang-Undang terkait dengan dunia pendidikan. Bantuan – bantuan yang kami harapkan dari para intansi dan donatur sangat berarti bagi peningkatan kualitas pelayanan minimal pendidikan di Madrasah kami. Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Hidayah  tidak hanya merupakan lembaga pendidikan formal yang berdiri sendiri, akan tetapi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Hidayah  juga partner bagi pemerintah dan intansi terkait gunan menjalankan program wajib belajar, maka sudah selayaknya bagi pihak terkait dari segenap lapisan dan jajaran ikut memberikan perhatian lebih pada Madrasah yang sudah banyak memberikan kontribusi dalam membangun Bangsa ini.

2.   SARAN
Besar harapan kami agar sekiranya Program pengembangan dilingkungan lembaga pendidikan seperti Madrasah menjadi catatan khusus dan agenda bagi pemerintah serta intansi terkait sebagai kontinuitas program unggulan berbasis pendidikan`




B.  PENUTUP
Akhir kata pada Proposal ini, semoga Bapak-bapak sekalian selalu dilindungi dan mendapat Rahmat dari Allah SWT, dan apa-apa yang menjadi kebaikan dari Bapak-bapak sekalian semoga dibalas oleh Allah dengan ganjaran dan pahala yang berlipat ganda.
Kami yakin, bahwa Bapak-bapak sekalian sangat memperhatikan kemajuan dunia pendidikan di Indonesia, khususnya lembaga pendidikan berbasis Madrasah, karena kami juga sangat optimis akan kemajuan pendidikan itu tertumpu dari kami lembaga pendidikan berbasis Madrasah.
Akhir kata dari kami semoga semua yang kami cita-citakan dapat terwujud dan terlaksana dengan lancar dan tanpa ada gangguan yang berarti.











LAMPIRAN-LAMPIRAN



0 komentar:

Search This Blog

Popular Posts

Followers

Followers

Total Pageviews